Sabtu, 16 Juli 2016

Cegah Anyang-anyangan Sekarang Juga Yuk!

Assalamu'alaikum :)

Hai sahabat blogger, pernah dengar kata anyang-anyangan tidak? Itu lho jika kita terus-terusan pipis tapi pipisnya cuma sedikit. Sebel banget jika harus mengalami anyang-anyangan ini. Apalagi sebagai perempuan yang aktif, jika gejala tersebut melanda maka segala konsentrasi akan buyar. Gimana gak buyar coba, mau aktivitas tapi kitanya malah dikit-dikit ke kamar mandi, dikit-dikit pipis, belum lagi rasa sakit buang air kecil, pasti sangat mengganggu.

Berbicara soal anyang-anyangan, saya sendiri pernah mempunyai pengalaman serupa. Awalnya saya tidak tahu kenapa sering pipis dan sakit di area V. Setelah tanya pada orang tua ternyata gejala yang saya alami ini disebut sebagai anyang-anyangan. Pantas saja hampir tiap menit saya ke kamar mandi untuk pipis. Sayangnya pipis yang saya keluarkan hanya sedikit dan sakit sekali. Orang tua menyarankan untuk segera minum air putih yang banyak. Namun tetap saja anyang-anyangan tersebut tidak kunjung sembuh.

Cerita lucu di balik anyang-anyangan juga pernah saya rasakan. Dulu saat anyang-anyangan terjadi, nenek menyuruh saya untuk mengambil sehelai benang, terserah benang apa saja baik yang masih nempel di baju maupun benang jahit. Saat saya tanya untuk apa, nenek buru-buru menyuruh saya untuk segala mengaitkan benang tersebut di jempol kaki saya. Alasannya supaya anyang-anyangan cepat sembuh. Saya tidak tahu apakah mengaitkan benang di jempol kaki itu mitos atau fakta, yang jelas saya mengikuti instruksi nenek, hahaha.


Setelah dipikir-pikir apa coba hubungannya sehelai benang dengan anyang-anyangan? Tapi karena saya anak yang penurut jadi semua kata nenek juga bakalan saya jalani. Itu dulu, lain cerita kalau sekarang. Zaman sudah berubah dan teknologi dunia kesehatan telah berkembang. Setelah baca beberapa referensi ternyata anyang-anyangan ini bukan hal yang sepele. Pasalnya, secara anatomi saluran kemih wanita lebih rentan diserang oleh bakteri jahat E-Coli dan bisa mengakibatkan infeksi saluran kemih (1). Ngeri bukan? 

Sekarang sudah banyak cara untuk menyembuhkan penyakit ayang-anyangan ini. Salah satunya dengan mengkonsumsi jus Cranberry. Buah kecil berwarna merah ini ternyata mampu menghambat infeksi baktei pada saluran kencing (2). 


Dengan adanya perkembangan dunia medis kini ekstrak buah Cranberry bisa didapatkan di dalam kandungan produk dari Prive Uri-Cran. Apa itu Prive Uri-Cran? Yuk kenalan dulu.

Prive Uri-Cran adalah salah satu produk dari Combiphar yang membantu kesehatan saluran kemih. Prive Uri-Cran ini juga mengandung ekstrak Cranberry yang dapat mencegah bakteri E-Coli menempel pada dinding kemih. Ada dua jenis produk yaitu Prive Uri-Cran berupa kapsul dan Prive Uri-Cran Plus berupa sachet yang keduanya bisa diminum kapanpun dan dimanapun.

Komposisi: 250 mg Ekstrak Cranberry Sediaan: Kapsul Dosis: 1-2 Kapsul / Hari

Komposisi: 375 mg Ekstrak Cranberry, 60 mg Vit C, 0.1 mg Lactobacillus Achidopillus,0.1 mg Bifidobacterium bifidum. Sediaan: Powder Sachet Dosis: 1-2 Sachet / Hari 

Prive Uri-Cran ini mudah didapatkan di toko apotek terdekat maupun store seperti Indomaret, Watsons, Guardian, MatahariMall dan lain-lain.


Sekarang saya jadi sedikit tahu tentang infeksi saluran kemih ini ternyata gejala awalnya adalah anyang-anyangan. Sayapun mulai menjaga diri supaya tidak mudah terkena penyakit tersebut seperti zaman dulu itu. Apalagi sebagai perempuan saya rentan mengidap penyakit yang cukup berbahaya tersebut. Mengingat faktor penyebabnya adalah faktor intern, maka saya juga berusaha menjalani 6 hal. Berikut diantaranya:

1). Tidak memakai pakaian dalam terlalu ketat, karena selain menghambat gerakan dan membuat tidak nyaman ternyata memakai pakaian ketat berisiko meningkatkan infeksi saluran kemih.
2). Menjaga kebersihan toilet.
3). Membasuh daerah kewanitaan dengan benar, seperti membilasnya dari depan ke belakang supaya terhindar dari bakteri.
4). Mandi minimal 2 kali sehari.
5). Sering ganti pakaian dalam secara rutin.
6). Perbanyak minum air putih.

Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan? Ini caraku menghadapi anyang-anyangan, kalian bagaimana? Cerita ya di kolom komentar. Cegah anyang-anyangan sekarang juga yuk!

Salam,
@meifariwis

Sumber:
(1) http://www.mypriveworld.com/
(2) http://www.mypriveworld.com/cranberry-story/
(3) Infografis karya pribadi dengan merujuk materi pada web http://www.mypriveworld.com/

16 komentar :

  1. Aku sering anyang-anyangan sewaktu hamil tua, Mbak... galau plus baper waktu itu
    sebel juga, karena area V jadi lembab, pekerjaan terganggu dan malam enggak bisa tidur nyenyak karena bolak balik ke toilet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener mbak, karena wanita lebih rentan terkena anyang2an.
      Galau plus gak enak karena mengganggu aktivitas.
      Tapi sekarang mah ada Prive Uri-cran solusinya

      Hapus
  2. Hoalaaaah itu namanya anyang2an ya 😂 baru tau. Jarang sih ngalamin, hampir ga pernah malahan. Tak kira anyang2an itu penyakit yang terjadi kalo minum aer panas dan dingin secara barengan.
    Hmmm itu apa namanya yak? Wkwk


    tulisandarihatikecilku.blogspot.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya itu namanya anyang2an, pernah ngalamin ga? hahahaha

      Apa ya itu namanya, ga tau nih

      Sekarang kalau anyang2an udah ada obatnya prive uri cran

      Hapus
  3. Kalau anyang-anyangan, biasanya sih saya minum air putih yang banyak... haha. tapi pernah waktu kecil, disuruh ngaretin jempol pake karet gelang.., kata bapak saya bisa cepet ngilangin anyang-anyangan. Agak nggak masuk akal sih. hihihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu juga disaranin ortu begitu mbak, sekarang udah gak lagi. Misal anyan2an bisa coba prive uri cran

      Hapus
  4. Saya, meskipun cowok, kena anyang-anyangan udah 16 tahun Mbak Mei alias udah jadi ISK atau infeksi saluran kemih. Bermacam terapi saya coba tapi hasilnya instan lalu muncul lagi anyang-anyangannyya. Alhamdulillah hampir sebulan konsumsi prive uri-cran saya ngerasa enak banget. Biasanya tiap solat pasti BAK, sekarang enggak lagi. Tiap mau pergi ke luar pasti berkali-kali BAK dulu, sekarang enggak. Bikin waktu produktif, semoga dampaknya awet. Semoga yang anyang-anyangan bisa pada reda bahkan sembuh total. Terima kasih share-nya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ampun mas lama banget 16 tahun pasti sakit banget hiksss
      Apalagi kalau sering BAK ya dah pasti ganggu produktivitas
      Syukurlah sekarang sembuh total

      Hapus
  5. Hehehe di daerah asalku jg ada mitos pasang karet kalau anyang2en mbak :D
    Untung jaman skrng informasi medis mudah kita dapatkan ya jd tau cara pencegahan dan pengobatannya yg sbnrnya gmn

    BalasHapus
    Balasan
    1. WAH hampir sama ya mbak mitosnya hahhaa
      iya untuk sekarang dunia medis udah berkembang, jadi bisa memberi penanganan maupun obat yang pas. Salah satunya dgn Prive uricran ini

      Hapus
  6. saya pernah terkena anyang-anyangan sampe pipisnya berdarah loh Mba Mei dan rasanya memang gak enak banget. untungnya sekarang udah ada obatnya yah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ampunsampai berdarah? pasti sakitnya minta ampun ya mbak
      iya sekarang ada obatnya

      Hapus
  7. kalau aku dulu disuruh iket pake karet gelang jempolnya hehe

    BalasHapus
  8. saya baru tahu bu ternyata ada juga,minuman seperti ini yang dapat membantu mengatasi anyang anyangan, alhamdulillah saya dari kecil belum pernah sih, tapi pernah itu waktu benar-benar nahan kencing saat di bus umum luar pulau, bisa tidak berhenti sama sekali T_T

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung :)

Back to Top