Educational Field Trip: Taman Mini Indonesia Indah (Charis Global School)

Educational Field Trip: Taman Mini Indonesia Indah (Charis Global School). Postingan kali ini menyambung cerita yang kemarin ya, cerita mengenai field trip yang di adakan oleh sekolah. Sebelum field trip pastinya kami (panitia) melakukan berbagai persiapan. Apalagi yang akan ikut kegiatan ini adalah anak-anak SD yang lumayan ribet, jadinya panitia harus total (((TOTAL))).


Hari Kamis tanggal 26 Januari 2017 lalu, Charis Global School punya hajatan besar berupa kegiatan field trip. Kali ini saya yang jadi ketua panitianya, jadi maaf-maaf saja kalau postingan ini nanti bakal banyak sesi curhatnya, lol.

Tujuan field trip kali ini adalah ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Pesertanya adalah semua siswa-siswi kelas 1-6 SD plus guru-guru kece. Kenapa saya bilang kece? Karena kami memang kece, hahaha (maaf nggak penting).

Bedanya dengan tahun-tahun sebelumnya, field trip kali ini satu tujuan tapi beda wahana, jadi anak-anak akan dibagi menjadi 2 bagian. Kelompok yang pertama adalah kelas 1-3 SD, sedangkan kelompok yang kedua adalah kelas 4-6 SD. Berhubung saya wali kelas 6 jadinya masuk ke grup 2.

Sebelum berangkat kami melakukan breafing, berdoa, dan foto bersama tiap masing-masing kelas untuk dokumentasi. Dimulai dari kelas paling bawah yaitu primary 1 sampai primary 6.

Foto bersama sebelum berangkat

Kelas 4-6

Oh iya, kami memakai 3 bus untuk mengantar perjalanan. Bus 1 dipakai untuk kelas A, bus 2 untuk kelas B, sedangkan bus 3 untuk kelas 4-6. Kami berpisah berdasarkan grup masing-masing. Tapi tenang, meskipun di dalam bus berpisah, nanti di wahana bakal bareng-bareng lagi kok.

Anak-anak siap-siap naik bus

Anak-anak di dalam bus

Perjalanan di mulai pukul 08.00 pagi dan sampai di TMII sekitar pukul 09.00. Untungnya jalanan sedikit lenggang jadi kami sampai di tempat tepat waktu. Berdasarkan itinerary kemarin, saya selaku ketua panitia turun terlebih dulu dari bus untuk menukar tiket yang sudah kami beli dan field trip pun dimulai ..... asyiiiiik!

Cerita field trip kali ini akan saya bagi menjadi 2 bagian ya biar nggak pusing bacanya. 

Kelas 1 – kelas 3

Berhubung saya tidak ikut dalam rombongan kelas kecil, jadi ceritanya sedikit saja ya. Tapi tenang, detail tujuannya tetap saya jelaskan, siapa tahu ada yang penasaran.

Kehebohan grup 1

Tujuan pertama, Museum Komodo dan Taman Reptilia

Dari awal panitia sepakat untuk wahana kelas kecil akan dikaitkan dengan kegiatan Sains dan bersenang-senang. Maklum kan mereka masih kecil jadi pilih wahana yang memang sesuai dengan usia mereka.

Suasana di dalam Museum Komodo

Di sini siswa mengenal jenis-jenis komodo dan melihat langsung hewan-hewan reptil yang ada di Indonesia.

Tujuan kedua, Museum Transportasi

Di tempat inilah anak-anak kelas 1-3 akan bertemu dengan rombongan kelas 4-6, karena museum transportasi kami jadikan tempat untuk makan siang bersama.

Berpose di depan helikopter

Beraksi di depan kereta api

Di museum ini anak-anak banyak belajar mengenai jenis-jenis transportasi di Indonesia, dari yang darat, laut, sampai udara. Bahkan ada jenis transportasi zaman dahulu juga seperti andong, beck, dokar, rakit, dan lain-lain.

Selain bisa melihat langsung miniatur alat transportasi, anak-anak juga bisa tahu siap saja penemu alat transportasi tersebut. Ini sekaligus mengingat pelajaran di kelas 4 tentang jenis-jenis alat transportasi.

Tujuan ketiga, Dunia Air Tawar dan Dunia Serangga


Kalau yang di sini anak-anak bisa melihat langsung berbagai macam jenis ikan tawar. Bisa juga membeli oleh-oleh ikan mas kecil-kecil. Selain ikan, di dunia serangga anak-anak juga bisa melihat jenis serangga berupa kecoa, belalang, kupu-kupu, dan lain sebagainya.

Tujuan keempat, Keong Mas


Tujuan terakhir rombongan kelompok 1 adalah Keong Mas. Di sana anak-anak menoton film tentang tanah Papua, sayangnya saya lupa judulnya hahaha. Filmnya bagus banget lho saudara-saudara, saya aja ogah pindah tempat duduk, penginnya nonton terus sih, tapi durasinya hanya sekitar 45 menit jadinya ya gitu deh, nggak bisa lama-lama.

Selesai nonton film di Keong Mas, rombongan 1 dan 2 foto bersama sambil memegang spanduk field trip sekolah. 


Kelas 4-6

Nah, karena saya berada dalam rombongan kelas atas jadi saya sedikit tahu gambaran dan kegiatan yang grup kami jalani.

Tujuan pertama, Among Putro Sky World


Destinasi pertama yang kami kunjungi adalah Sky World, sebuah wahana yang menceritakan kegiatan astronomi, asal usul planet, dan kisah-kisah luar angkasa. Saat masuk ruangan, kami disambut oleh beberapa foto-foto planet, penemu astronomi, dan beberapa patung astronot.

Menonton film astronomi

Di Sky World ini anak banyak belajar mengenai kehidupan di luar angkasa. Saya sempat takjub saat masuk ke dalam salah satu ruangan, benar-benar berasa sedang berada di planet lain hihihi.

Setelah melihat video dan penjelasan dari orang Sky World, saatnya rombongan masuk ke ruangan terakhir. Sebuah wahana 5 dimensi yang berisi film atau sebuah perjalanan naik roller coaster, padahal kami cuma duduk manis tapi beneran deh berasa sedang jungkir balik naik wahananya, suara saya hampir habis karena teriak-teriak ketakutan.

Sebenarnya setelah nonton film masih ada permainan lagi, tapi kami harus pindah ke wahana berikutnya untuk ketemu dengan rombongan kelas 1-3.

Tujuan kedua, Museum Transportasi

Hormat grak!!!

Lihat penemu alat transportasi

Sama seperti anak-anak kelas 1-3, rombongan kami melihat-lihat jenis transportasi dilanjutkan dengan kegiatan makan siang bersama.

Tujuan ketiga, Museum PP-IPTEK

Yuk Jen kita main bareng!

Wow rambutku bisa berdiri

Tujuan ketiga kali ini anak-anak kami biarkan untuk bermain dan bereksperimen sendiri, karena di PP-IPTEK disediakan beberapa percobaan Sains. Saat di wahana ini guru-guru duduk mengawasi sambil sesekali foto selfie hehehe. Maklum anak-anak sudah besar, lagian saat itu rombongan sangat sepi jadi anak-anak bisa main dengan temannya sampai puas.

Ini apa sih?

Tujuan keempat, Keong Mas

Keong Mas tampak depan

Kegiatan di Keong Mas sama dengan anak-anak kelas 1-3, kami berkumpul bersama menonton film. Setelah itu foto bersama deh.


Setelah semua wahana dikunjungi tiba saatnya untuk kembali pulang ke sekolah. Field trip kali ini sungguh menyenangkan, meskipun banyak menguras tenaga dan pikiran. Mudah-mudahan anak-anak juga merasakan kegembiraan yang saya alami.

Foto saat di jalan

Barulah setelah selesai field trip saya bisa tidur nyenyak dan makan enak, karena sebelumnya stres melanda luar biasa hahaha *lebay*

Baca juga cerita field trip lainnya:



Oh iya, saat field trip berlangsung ada beberapa peraturan yang harus anak-anak perhatikan, seperti:
  • Selalu berada dalam rombongan
  • Minta izin kepada guru jika ingin ke toilet atau kemanapun
  • Bersikap sopan dan tertib
  • Tidak lari-larian
  • Dengarkan setiap instruksi dari guru
  • Tidak membuang sampah sembarangan


Itu tadi cerita field trip sekolahku tahun ini. Terima kasih sudah membaca.

Salam,
@meifariwis

20 komentar

  1. ini semacam studytour yang pernah aku lakukan saat masih 5 SD

    sebagai panitia kak mei pasti kesulitan karena mengurus anak anak, pernah kawanku sakit saat studytour dan gurunya kerepotan.
    belum lagi anak anakny susah diatur.

    btw......disana ada tmpat sewa sepeda dan motor kan? didepan keongmas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kayak studytour gitu hehehe
      Lumayan rempong sih tapi syukurlah semua terlaksana dgn baik

      Bukan di depan keong mas, tapi di sekitar parkiran mobil banyak

      Hapus
  2. Itu foto yang anak kelas 1-3 SD, memang disuruh atau gak sengaja samaan semua gayanya? Haahahhaha. Kecil-kecil udah bisa kompak gitu. Salut deh

    Dan satu hal yang aku banggakan dari mereka. Dengan umur segitu udah bisa study tour buat belajar bersama guru-gurunya. Sedangkan aku, waktu masih diumur segitu. Lebih dominan belajar sendiri. Gak mau ikutan study tour. Hahahahha

    BalasHapus
  3. Jadi panitia buat acara anak pasti ribet banget ya mbak..Lebih gampang jadi panitia arisan :D

    BalasHapus
  4. Wah... rame banget ya field tripnya. Kayaknya seru deh kalau jadi adik adik SDnya, jadi inget waktu ke Taman Pintar di Jogja dulu, sebagai anak yang sangat ingin tau, aku mau nyoba semua wahana disitu. Sumpah keren banget waktu itu pas aku nyobain wahana-wahana yang ketika itu aku anggap 'ajaib'. Sayangnya adikku yang kecil waktu itu rewel, jadinya gak sempet nyoba semua wahana, sampai sekarang masih belum kesampaian nyobain sisa wahananya :(

    Lah lah kok aku jadi curhat, hehehe xD. Selamat ya mbak Field Tripnya udah selesai dengan sukses, akhirnya bisa napas lega ya mbak setelah kegiatannya selesai :D

    BalasHapus
  5. Aku dulu pas masih SD nggak pernah trip huhu. Trip nya pas kelas 6 perpisahan aja :D
    Seru ya, kayanya kalo dulu aku ada di sekolah, bakal nggak aku lupain jalan2 sama temen2 begini...

    BalasHapus
  6. waaah keren, emang dari jaman dulu acara jalan-jalan bareng itu paling asyik.
    nais share bund

    BalasHapus
  7. wah seru kak jadi panitia hehehe kebayang deh sama anak-anaknya harus ekstra sabar hehehe

    BalasHapus
  8. Saya baru tau kalo Keong Mas itu di TMII hehe. Dulu pernah nonton disana pas SD juga, jadinya inget deh pengalaman pertama field trip ke TMII pas SD. Kayaknya TMII udah jadi tempat langganan buat murid-murid yg masih kecil buat field trip ya..

    BalasHapus
  9. Kalo untuk klas 4-6, sepertinya bisa mengikuti peraturan, karena mereka udah besar juga. Kalo untuk kelas 1-3, apa mereka bisa gak lari-larian mbak?

    Kalo soal guru, aku cuma bisa cerita soal Melly.

    Dia juga pernah field trip begini di sekolah tempat dia mengajar, padahal dia cuma jadi bagian dokumentasi, tapi udah galau berat. Walaupun jadi bagian dokumentasi, dia juga harus memperhatiin anak-anak PG yang masih belum gampang untuk diminta mengikuti perintah.

    Tapi karena dia sangat menyukai anak-anak, dia gak mikirkan itu. Motivasi dia kerja disekolah, karena dia senang liat tingkah lucu anak kecil.

    BalasHapus
  10. Wah, ke TMII, udah lama banget gak ke sana. Terakhir kali ke sana, saya juga masih kelas 3 SD.

    Salut pokoknya sama perjuangan para guru yang begitu sabar ketika mengawasi para murid pergi study tour seperti yang Kak Mei lakukan ini karena anak-anak kecil terkadang suka banyak ingin tahu, sehingga suka pergi tanpa izin ke tempat yang mereka rasa seru. Hehe.

    BalasHapus
  11. Duh, bayangin gimana ribetnya ngurus anak-anak. Bu Ketua pasti kehabisan suara teriak-teriak mulu.. gapapa, banyak teriak biar kece kan, Bu Guru? haha..

    BalasHapus
  12. Taman Mini Indonesia sekarang banyak Wahananya ya Mbak. Lama gak ke TMII, terakhir kesana muter-muter di miniatur rumah tradisional aja, kemudian kelelahan.. :D
    Gede banget lokasinya, Bo!

    BalasHapus
  13. Aduhh...duh....duh....ngrumati anak segitu banyaknya diluar kota...gak kebayang repotnya kayak apa....Cik Gu Mei Wulandari memang Terbaikkk....sukses ya....sayyyyy....

    BalasHapus
  14. Itu yang bagian menyentuh bundaran lalu rambut bisa berdiri itu biasanya anak-anak awalnya takut-takut gimana gitu, hehe... khawatir kesetrum :)

    BalasHapus
  15. Jadi teringat kelas 6 SD dulu. Piknik seperti ini..hehe

    Teringat juga tentang peraturan yang dituliskan, kalau ada salah satu yg melanggar saja, pisah dari rombongan, bakal susah carinya..

    Gimana ya rasanya kalau rambutnya bisa berdiri gitu kayak ksetrum kali ya mba..hehe

    BalasHapus
  16. Liat wajah-wajah para murid yang happy, jadi ikut berasa happy nih aku liatnyaaa. Hihihii. Emang fieldtrip jaman SD adalah suatu moment yang akan terkesan sepanjang masaa. Naik bus rame-rame bareng temen sekelas. Tapi pasti kalo jadi bu gurunya berasa repotnya ya maaak. Hihihiii

    BalasHapus
  17. Halo Mba Meeeeei, aku berkunjung balik nih *dadah-dadah* :p
    Aduh baca ini aku inget jaman masih jadi guru di Jakarta. Tapi aku guru TK yang kalau field trip gini so pasti lebih rempong dan hebring, hahahaha. Anaknya masih kecil-kecil jadi pengawasannya harus ekstra. Jarang sih field trip nggak melibatkan orangtua, apalagi kalau se sekolahan gini. Kutak shanggup :D

    BalasHapus
  18. menyenangkan sekali mbak :D

    BalasHapus
  19. Wenak Mei bisa jalan-jalan, kamu ngurusin kelas gede agak enteng kali ya, yg ngurusin kelas kecil pasti riweh banget sama anak-anak, :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis