Sabtu, 15 April 2017

Hallo Bumil, Aplikasi Pendamping Kehamilan Interaktif yang Disponsori Prenagen


Tanggal 8 April 2017 kemarin saya datang ke event Prenagen Pregnancy Educational Journey (PPEJ 2017) yang diadakan di Pullman Hotel, Central Park, Jakarta. Event ini diadakan oleh Prenagen sebagai wujud kepeduliannya kepada seluruh masyarakat (terutama calon orang tua) untuk belajar mengenai "Edukasi untuk ibu hamil dan menyusui". PPEJ 2017 ini merupakan kelanjutan dari PPEJ sebelumnya yang sukses dilaksanakan di berbagai kota.

Kemarin saya datang ke sana sendirian pukul 07.30 pagi. Belum terlalu banyak orang yang datang tapi berbagai booth sudah dibuka, termasuk stand untuk registrasi. Saya mulai melihat satu per satu booth yang memang disiapkan khusus untuk melayani pengunjung yang datang. Oh iya, sebelumnya saya registrasi dulu lalu foto di photobooth dari Prenagen. Mumpung sepi jadi narsis dulu dong ya!


HALLO BUMIL, APLIKASI UNTUK PARA CALON IBU

Ada satu booth yang mencuri perhatian saya waktu itu yaitu booth "APLIKASI HALLO BUMIL". Daripada penasaran saya langsung tanya-tanya mengenai aplikasi ini. Ternyata Hallo Bumil adalah sebuah aplikasi pendamping kehamilan pertama di Indonesia yang sangat interaktif dan memberikan informasi kepada ibu yang sedang hamil di waktu yang tepat. 


Saya pun langsung mendownload aplikasi Hallo Bumil ini di smartphone. Caranya gampang sekali, tinggal buka playstore lalu pasang deh. Karena HALLO BUMIL dapat di unduh di Android atau di https://play.google.com/store/apps/details?id=crm.iluvubaby&hl=en jadi memudahkan para ibu atau calon ibu untuk mengaksesnya.


Di zaman yang serba modern ini apa-apa memang maunya yang praktis serta fleksibel, makanya PT Cakra Radha Mustika sebagai pembuat aplikasi Hallo Bumil ini menciptakan aplikasi penamping yang menawarkan beberapa fitur penting. Oh iya, dulu aplikasinya bernama ILUVUBABY sekarang beralih ke HALLO BUMIL. Nah, adapun fitur yang ditawarkan di Hallo Bumil antara lain:


1. FITUR TIMELINE KEHAMILAN

Fitur ini para calon ibu bisa memonitor perkembangan janin dari minggu ke minggu. Si kecil seolah-olah "berbicara" kepada sang ibu serta menyuguhkan informasi yang sesuai dengan usia kehamilan secara lengkap.

2. FITUR ARTIKEL 

Fitur ini sangat memudahkan bunda untuk mencari tips serta saran seputar kehamilan. Semua dibuat khusus dengan menyajikan informasi mengenai kebutuhan nutrisi si ibu dan janin di sepanjang usia kehamilan dari hari ke hari.

3. FITUR KONTROL KEHAMILAN

Fitur penting ini hadir membantu bunda dalam memonitor kehamilannya lewat berat badan mingguan serta dilengkapi informasi terkait dengan kondisi yang benda rasakan.

4. FITUR ALBUM FOTO

Ini fitur yang ingin sekali saya coba jika nanti hamil yaitu Album Foto. Dengan fitur ini bunda dapat merekam perjalanan dan mengupload foto perkembangan janin dari hari ke hari. Foto-foto yang diupload akan menjadi kenangan tersendiri jika si adik bayi sudah lahir nantinya.

Betapa banyak manfaat dari mengunduh aplikasi Hallo Bumil ini, saya saja yang sedang tidak hamil sudah mencobanya. Saya jadi ingin sekali mengabadikan perjalanan kehamilan anak kedua nanti memakai aplikasi Hallo Bumil. Maklum, dulu sewatu hamil nggak pernah pakai aplikasi apapun. Makanya saya mendukung sekali aplikasi interaktif pertama pendamping kehamilan ini. 

PRENAGEN Ahlinya Nutrisi Kehamilan & Menyusui dan KALBE NUTRITIONALS sebagai sponsor utama APPS HALLO BUMIL ini juga tidak main-main dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Makanya dari tahun ke tahun Prenagen selalu meningkatkan kualitas serta membuat aplikasi interaktif ini.

PRENAGEN PREGNANCY EDUCATIONAL JOURNEY (PPEJ) – Siapkan Awal Kehidupan Terbaik Si Kecil & Launch Pregnancy APPS

Selain peluncuran aplikasi Hallo Bumil tadi, dalam acara PPEJ 2017 ini ada berbagai macam kegiatan seperti interaktif talkshow dan senam Prenafit. Tapi sebelum masuk ke acara tersebut, saya akan menunjukkan kegiatan yang berlangsung sebelumnya di berbagai booth, seperti:

1. Bump To Birth Nutrition


Di booth ini ada Chef Eddrian Tjhia yang mempraktekkan menu seimbang dengan menggunakan bahan dari susu Prenagen. Kemarin Chef Eddrian membuat Smoothies Pisang Cokelat yang berbahan dasar pisang, susu Prenagen, madu, serta air. Di booth ini banyak sekali ibu-ibu yang ingin mencari tahu menu apa saja yang bisa dikreasikan dengan susu Prenagen.

2. Bump To Birth Expert


Booth ini menyediakan berbagai macam jenis susu Prenagen yaitu Prenagen Esensis, Mommy Emesis, Mommy, Lactamom, dan juice.

3. Bump To Birth Consultation


Di sini disediakan tempat bagi para ibu hamil untuk berkonsultasi kepada dokter secara gratis.

Sekitar pukul 09.00 semua pengunjung diperbolehkan masuk ke dalam hall untuk menyaksikan Interaktif Talkshow yang dibawakan oleh Mona Ratuliu sebagai moderator acara PPEJ 2017. Tamu yang pertama datang adalah Bapak Andi Wahyu dari PT Kalbe Nutritionals.

Bapak Andi menjabarkan bahwa Prenagen sudah menemani masyarakat Indonesia selama 30 tahun. Wah, sudah lama sekali ya? Umur saya saja belum sampai segitu, keren sekali! Dari tahun ke tahun Prenagen memang selalu memberikan inovasi buat calon ibu, ibu hamil, serta ibu menyusui. Saya pun termasuk ibu menyusui yang memakai produk Prenagen.


Mengapa 1000 hari pertama kehidupan itu sangat penting? Karena 1000 hari pertama itu dimulai dari janin terbentuk dalam kandungan sampai dengan anak berusia 2 tahun. Apabila ada nutrisi yang tidak terpenuhi maka akan berakibat kerusakan permanen, tumbuh kembang anak terganggu, BB dan TB anak rendah, dan resiko terkena penyakit tidak menular.

Oleh karenanya Prenagen selalu berinovasi selama 30 tahun ini menciptakan varian terbaru untuk mencukupi nutrisi ibu hamil dan menyusui serta sebagai solusi nutrisi di 1000 hari pertama ini.

Sharing session bersama Andien


Di sini Andien (brand ambassador Prenagen) banyak bercerita tentang pengalaman menjadi orang tua baru. Dia sangat antusias menjalani masa-masa hamil sampai menyusui. Andien juga selalu menjaga asupan gizi, minum Prenagen, istirahat cukup, serta olahraga.

Dampak Penting Kesehatan Plasenta Untuk Perjalanan Kehidupan Si Kecil


Dalam talkshow interaktif kali ini, Prenagen juga mengundang dokter spesialis kandungan yaitu dr. Boy Abidin, SpOG (K). Beliau menjelaskan mengenai pentingnya kesehatan plasenta untuk si kecil. Menurutnya, kehamilan tanpa kesehatan plasenta adalah SEMU karena plasenta merupakan organ nutrisi sehingga nutrisi dalam kehamilan adalah KEHARUSAN.

”You are WHAT your mother eat”. Begitulah kira-kira pepatah yang paling tepat untuk ibu hamil, sehingga sedari bayi masih dalam kandungan, nutrisi yang dialirkan melalui plasenta harusnya dipilih yang baik. Supaya janin dan ibu sama-sama sehat, untuk itu salah satu cara untuk mendapatkan nutrisi terbaik untuk janin adalah dengan minum susu Ibu Hamil. Karena kalau plaseta tidak dijaga dengan zat nutrisi yang baik akan menimbulkan beberapa resiko seperti preeclampsia, diabetes mellitus gestasional, prematuritas dan kematian janin.


Itulah kenapa ibu hamil penting sekali untuk minum susu hamil. dr. Boy menjelaskan 5 alasan utamanya

1. Supaya kebutuhan nutrisi terpenuhi
2. Supaya tidak ada yang namanya malnutrisi
3. Defek plasentasi
4. Future health
5. Nutrisi dapat diukur

Susu ibu hamil sangat diperlukan untuk perkembangan janin, karena tidak semua kandungan susu ibu hamil ada di susu lainnya.

Pengaruh Nutrisi Terhadap Pembentukan Sistem Saraf & Redflag Si Kecil

Tamu yang ditunggu berikutnya adalah dr. Herbowo AF Soetomenggolo, SpA ( K ). Dalam event kali ini dr. Herbowo memaparkan bahwasannya tumbuh kembang bayi baru lahir sangat ditentukan oleh pemberian nutrisi dimasa kehamilan dan menyusui. Pemberian nutrisi tersebut seperti asam lemak, DHA, Omega 3, Omega 6 serta kolin dapat membantu pembentukan sistem saraf pusat.

Tumbuh kembang anak pun harus sesuai dengan usia si anak. Ada beberapa faktor yang melatarbelakangi perkembangan ini yaitu faktor internal dan eksternal.


dr. Herbowo juga menjelaskan bahwa nutrisi yang terbaik bagi anak adalah ASI. Nutrisi yang diperlukan untuk perkembangan otak anak dapat dipersiapkan oleh ibu dengan mengkonsumsi makanan bergizi serta minum susu Ibu Hamil. Karena perkembangan syaraf dimulai dari dalam kandungan. Nutrisi tersebut seperti laktosa, zat besi, asam amino, taurin, dan lain-lain.

Selanjutnya ada beberapa mitos yang dijabarkan oleh dr. Herbowo seperti Vernix caseosa (lemak untuk menghangatkan bayi), mongolian spot, baby acne, caput, hemangioma, dan cafe au lait. Nah, yang paling berbahaya sebenarnya adalah lingkar kepala bayi saat lahir supaya tidak terjadi kelainan yang serius.

Bila sudah terjadi Red Flag, maka harus segera berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui perkembangan si anak dan tidak melewati batasan perkembangan.


Oh ya, ada acara membuat makanan juga lho di sela-sela sesi talkshow. Chef Eddrian mempraktikkan lagi menu cemilan sehat untuk ibu hamil menggunakan bahan dasar ubi ungu dan susu Prenagen. Saat membuat makanan ini chef Eddrian dibantu oleh Andien.

Stay Fit with Senam PRENAFit 

Dalam rangkaian event PPEJ 2017 ini, ada juga kegiatan senam PRENAFit yang dikhususkan untuk ibu hamil serta ibu pasca melahirkan. Kemarin saya ikutan mempraktikkan senamnya lho, ada bebepa rangkaian senam seperti warming up dan cooling down.


Senam PRENAFit ini dipimpin langsung oleh instruktur kenamaan mbak Adianti Reksoprodjo. Mbak Anti menjelaskan berbagai manfaat senam hamil ini, selain bagus untuk pernafasan, senam ini bisa menguatkan otot panggul, otot perut serta paha. Senam ni pun bisa dilakukan di rumah lho (asalkan sesuai dengan petunjuk dokter ya)

Selesai melakukan senam bersama acara ditutup dengan berkumpulnya jajaran penting dari PT Kalbe Nutritionals serta para bintang tamu. Kami juga sempat melakukan gerakan manequine challenge, seru banget deh pokoknya.


Seluruh kegiatan PPEJ 2017 ini adalah rangkaian kampanye “PRENAGEN Peduli, Ibu Sehat Indonesia Sehat”. Prenagen menyadari bahwa telah banyak ibu di Indonesia yang mengkonsumsi ahlinya nutrisi untuk ibu hamil dan menyusui ini, makanya kampanye ini khusus dilakukan untuk mengedukasi seluruh calon ibu di Indonesia supaya tetap sehat.

Selesai acara, Prenagen membagikan makan siang gratis kepada seluruh peserta. Keren ya, dengan datang ke event PPEJ 2017 dapat goodie bag, dapat ilmu, dapat makan siang, eh bisa sekalian ketemu artis serta dokter profesional. Saya bahagia sekali hihihi!

Untuk info seputar event serta masalah nutrisi ibu hamil dan menyusui ini bisa langsung ke media sosial resmi milik Prenagen: Website: www.prenagen.com, Facebook: Prenagenworld, Twitter: @Prenagenworld, Instagram: @prenagenworld

PRENAGEN, AHLINYA NUTRISI KEHAMILAN DAN MENYUSUI

Salam,
+mei wulandari 

38 komentar :

  1. Manfaat sekali ya mi, salut sama prenagen...aplaus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pi, jadi pengin hamil lagi.. eh
      Maksudnya nanti kalau hamil kitavpakai app hallo bumil ini hehehe

      Hapus
  2. Bermanfaat sekali Mbak. Tengkyu ulasannya! Bisa buat bekal kalo besok hamil (*aamiin*). Jujur baru tahu ttg 1000 hari pertama yg merupakan momen penting untuk janin. Daaan, entah bagaimana aku langsung mupeng download aplikasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalau bermanfaat mbak. Jangan lupa nanti kala hamil pakai app hallo bumil ya hehehe

      Iya 1000 hari pertama emang penting. Jadi harus dijaga mb

      Hapus
  3. PPEJ2017JKT ini seru dan bermanfaat banget ya mak acaranyaaaa. Duh lengkap banget nih tulisannyaaa. Mak Mei emang selalu keceeee. Why oh why kemarin kita nggak ketemuan ya disiniii.. Uhuhuhuhuuu. Mudah-mudahan bisa ketemu dievent selanjutnya ya maaaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aakkk iya i harusnya kemarin kita janjian ya hahaha
      Mudah2an next event ketemu ya.
      Yup PPEJ 2017 emang keren. Banyak ilmu yg aku dapatkan

      Hapus
  4. bermanfaat buat nanti kalau mau buat adenya Kenzo :) Ah senangnya bisa ketemuan di sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb nanti insyaallah aku juga pakai kalau dah hamil lagi hehehe

      Hapus
  5. Waah, cocok buat aku nih appnya. Apalagi ada fitur album fotonya, kayaknya lucu juga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mumpung mb Meriska hamil juga, meski cobain app hallo bumil hehehe

      Hapus
  6. Wah tulisannya lengkap nih. Prenagen dulu susu pilihanku saat hamil mba ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehhee makasih mb aku jug minum prenagen

      Hapus
  7. Keren banget ya aplikasi ini. Aku sampe Download dan pakai meski gak lagi hamil

    BalasHapus
  8. Sayang aku udh ga niat hamil :p. Kalo masih, aku pake deh fitur yg bisa simpen foto2 si dedek nya..

    Tp prenagen ini memang susu hamil yg paling enak menurutku. Udh coba beberapa susu hamil, baliknya ttp aja ke prenagen :p. Hamil anak pertama aku lbh seneng yg udh jadi mba, yg cair tinggal minum, dan hrs rasa coklat. Tp hamil anak kedua aku lbh seneng yg masih bubuk, krn mba ART ku pinter bikin resep2 susunya , dijadiin milk shake yg aku paling seneng. Trs rasa kacang ijonya jg enaaaaak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nanti hamil lagi lah mb fanny wkwkkwkw

      Aku juga suka prenagen, enak soalnya mb Fanny

      Hapus
  9. Wah seru banget nih app nya. I love this tech era, it's so helpful. Jadi banyak apps yang membantu dan menarik banget. Mostly, preggo apps gini yang aku temui buatan luar. Jadi appreciate banget nih Prenagen meluncurkan hallo bumil. Semoga bisa membantu dan bermanfaat buat para bumils yaah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya makin hari makin canggih ya Ges teknologi
      Prenagen pun gitu kasih yg terbaik buat ibu2, sekarang ada Hallo Bumil, makin gampil deh

      Hapus
  10. Waaah, tak kasih tahu Bunyang ah, siapa tahu setelah baca ini jadi pengin hamil lagi, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayyoooo kasih ke bunda sayang biar hamil lagi, eh

      Hapus
  11. Sekarang aplikasi pendamping bumil banyak yah, keren.

    BalasHapus
  12. Seru banget ya mba acaranya, dan app nya perlu di download nanti kalau hamil lagi hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nanti download ya kalau hamil lagi mb

      Hapus
  13. lengkap sekali ya mbak pembahasannya, ini sangat berguna sekali bagi ibu hamil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalau bermanfaat mas :) terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  14. Cocok banget tuh aplikasinya buat emak-emak, kira-kira aplikasi buat bapak-bapak ada gak yah? :D

    BalasHapus
  15. Mau coba install aplikasinya ah :)

    BalasHapus
  16. Hamil tiga kali, daku cocoknya minum prenagen, tapi jaman anak-anakku belum ada aplikasi seperti ini :)

    BalasHapus
  17. saya juga dulu waktu hamil, seneng minum Prenagen hihi

    BalasHapus
  18. Wah.. Fitur aplikasinya lengkap dan keren banget, Mbak..

    Terimakasih sharingnya. :)

    BalasHapus
  19. Aku pun nanti soon kalo hamil mau minum Prenagen, udah terpercaya bagus dari dulu hihi

    BalasHapus
  20. Cocok ini bagi calon emak emak.

    BalasHapus
  21. wih, gokil, trobosan mantap aplikasi buat bumil!
    fitur-fiturnya juga merangkul kebutuhan bumil banget ya. Prenagen memang keren..
    makin keren karena ada ajaran senam buat bumil disana :))

    BalasHapus
  22. wahhh bisa di download nihh , mantap bangett.. makasih dah sharingg:D

    BalasHapus
  23. bagus nih buat rekomnedasi nanti kalo hamill haha ... karena mama ku juga waktu hamil adek ku suka minum susu itu . enak ya .

    BalasHapus
  24. Aku belum tahu banyak tentang kehamilan sih
    tapi info ini passti bakal berguna banget buat ku nanti kalau sudah menika :)
    doakan saja semoga cepat dapat jodoh ya wkwk

    BalasHapus
  25. Saya cari di app store kok ga nemu ya?

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung :)

Back to Top