Minggu, 30 April 2017

Pesona Watu Cenik Wonogiri

Pesona Watu Cenik Wonogiri. Kalau lagi liburan enaknya emang jalan-jalan sih, ya nggak? Apalagi kalau lagi di Wonogiri, enaknya kemana ya? Bisa ke alun-alun Wonogiri, ke Waduk Gajah Mungkur, atau Museum Kart. Tinggal pilih aja.

Baca juga: Menikmati Malam di Aun-alun Wonogiri

Liburan tahun baru kemarin, saya mengajak suami untuk menikmati pemandangan alam Wonogiri dari atas bukit. Konon katanya kita bisa melihat langsung hamparan Waduk Gajah Mungkur dari atas, wuidih keren kan? 

Selain penasaran dengan pemandangan alamnya, saya juga pengin melihat langsung tulisan WATU CENIK yang lagi ngehits di instagram itu.

Hah, Watu Cenik? Apa itu?

Watu Cenik Wonogiri


Watu itu artinya batu, sedangkan Cenik berarti duduk. Jadi jika digabungkan menjadi sebuah batu yang duduk manis (hahaha). Wisata alam ini terletak di kawasan ganthole Wonogiri. Iya, lokasinya sempat beberapa kali dipakai untuk landasan pacu ganthole. Tepatnya berada di Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Untuk menikmati pemandangan dari atas bukit, wisatawan harus melewati jalanan yang terjal, menjulang tinggi, dan tentunya berkelok-kelok. Kemarin saya ke sana naik motor jadinya semacam memacu adrenalin gitu deh. Bisa sih naik mobil, tapi harus gantian lewatnya, karena jalannya lumayan sempit.

Setelah sampai lokasi, pengunjung hanya harus bayar jasa parkir saja, masuknya gratis dong. Untuk parkir motor sebesar 2 ribu, sedangkan mobil sebesar 5 ribu. Area parkir sangat luas, jadi nggak perlu takut kehabisan lahan, hehehe.

Dari tempat parkir kita masih harus jalan menaiki anak tangga hingga sampai di lokasi landasan ganthole. Benar saja, pemandangan yang disuguhkan sangat indah. Saya bisa melihat langsung Waduk Gajah Mungkur dari atas, bagus banget Ya Allah.

Pemandangan dari atas (terlihat Waduk Gajah Mungkur)
Pemandangan dari atas, keren ya?

Lokasi gantole

Setelah puas lihat-lihat pemandangan, saatnya saya menuju lokasi Watu Cenik. Nggak begitu jauh sih, hanya beberapa meter dari landasan ganthole tadi. Ternyata di sana sudah ada beberapa pasang muda-mudi yang asyik berfoto selfie.

Pemandangannya sangat indah

Sebagai orang yang taat antrian, jadinya saya nunggu giliran untuk bisa berfoto di depan Watu Cenik tersebut. Tak lupa foto bareng Kenzo dong, gantian juga sama Bimo biar adil hehehe.

Wefie dulu ya

Oh ya, di sekitar lokasi juga ada beberapa warga setempat yang berjualan makanan ringan, gorengan, dan juga mie instan siap seduh. Cocok untuk mengganjal perut yang lapar. Jadi bisa nyemil sekaligus menikmati panorama yang indah dari atas bukit.

Saat saya ke sana kemarin, ada beberapa orang yang sibuk bikin video, semacam vlog gitu deh. Alat tempurnya juga lengkap, ada kamera sama skrip naskah juga. Kalau saya mah cukup pakai kamera hp saja yang penting bisa mengabadikan momen-momen seru bareng keluarga kecil (Padahal emang nggak punya kamera hahaha).

Selesai foto-foto, saya langsung bergegas pulang karena cuaca agak kurang mendukung. Hari sudah mulai sore dan mendung sekali. Jadi daripada kehujanan mending buru-buru pulang. Meskipun saya di sana cuma sebentar tapi puas sekali karena bisa melihat pemandangan yang indah dan segar.

Oh iya, ada beberapa tips saat mengunjungi Watu Cenik Wonogiri ini:

💗 Datang di waktu yang tepat

Maksudnya, jangan kesorean ya kalau ke sana, karena kalau sore-sore lumayan ngeri dan sepi banget. Jam operasional Watu Cenik dibuka jam 7 pagi sampai jam 6 sore. Tapi masa iya kita kesana magrib-magrib. Saran saya sih ke sana jam 8 pagi atau jam 4 sore, sekalian lihat matahari tenggelam.

💗 Isi bahan bakar kendaraan

Meskipun di daerah sana ada yang jual BBM, tapi mending diisi dulu deh dari rumah, karena medan menuju sana agak susah dan menanjak. Nggak mau dong motor atau mobil mogok di jalan? Yang ada capek dorongnya hahaha

💗 Bawa kamera atau smartphone

Kamera dan hp wajib dibawa banget saat ke sana. Sayang aja saat udah sampai di puncak tapi nggak mengabadikan momen seru gara-gara lupa bawa kamera. Tapi ini sih tergantung niatnya sih, tapi kalau saya mending bawa kamera supaya bisa foto-foto dan upload di medsos, biar wisata Wonogiri makin terkenal.

💗 Hati-hati saat berada di puncak

Iya hati-hati, karena lokasi Watu Cenik ada di atas bukit. Takutnya kepleset gitu, jadi jalan kaki pelan-pelan aja ya.

Jadi, tertarik untuk berwisata melihat Pesona Watu Cenik Wonogiri? Cuss aja langsung ke sana, saya jamin bakal dapat pemandangan yang luar biasa :)

Salam,

15 komentar :

  1. Iya pemandangannya Indah ya mba, hanya memang harus hati-hati saat berada di sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb indah bgt. Yups betul harus hati2 karena bukitnya tinggi banget

      Hapus
  2. Ini kan ga jauh dari solo ya mei. Tp aku malah blm prnh kesana...kdg kalo udh di solo itu, bawaan mager, palingan kluar pas mau makan hahahahaha... Cobalah nanti kalo ke solo lg, mw ajak suami ksana. Mertuaku jg pasti senang kalo dtg k tempat gini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb lumayan deket sama solo. Ayolah jalan2 kalau ke solo. Nanti mampir wonogiri hehe

      Hapus
  3. Kalau sunset pasti cantik pemandangannya. Tapi takut kalau sepi. Hihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bagus mbak bisa lihat matahari langsung hehhehe
      Iya sih jangan datang ke tempat wisata terlalu sore, serem euy hahaa

      Hapus
  4. Cakep ya kalau bisa lihat keseluruhan waduk.
    Wah ada yg sampai bawa skrip buat blog, jd ingat pas bikin video suami jg nyaranin ditulis dlu poin2 yg mau disampaikan pas take :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak total bgt sampai buat skip utk vlog hahahaa

      Hapus
  5. pemandangannya baguuuss.. tapi itu tangganya lumayan bikin deg2 ser karena ngga ada pengangan kiri-kanan, kalau udah sore ke malem bahaya bingits :D

    BalasHapus
  6. Hmm sepertinya wisata di kota wonogiri semakin beragam. Lumayan sebagai alternatif wisata setempat drpd melancong ke daerah2 sebelahnya hehe.
    Hmm apalagi waduk gajahmungkur tetap menjadi primadona utamanyaa.

    BalasHapus
  7. Pemandangan dari atasnya bagus ya, kayaknya enaknya datangnya sore ya untuk menikmati sunset :)

    BalasHapus
  8. Masya Allaaah mengagumkan, kadang kalo ke tempat tempat baru gitu, aku suka sujud syukur, deh.. (kalo ga ada orang)

    atau diam sejenak, merenung keindahan alam Indonesia

    BalasHapus
  9. kalau ke tempat ketinggian itu bawaannya pengen loncat aja pake parasut. hehe
    pasti sensainya lebih menantang lagi ya mba. huhu

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. ini baru kah mbak? klo sama waduk jauh gak sih?

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung :)

Back to Top