Jumat, 19 Mei 2017

Pertanyaan Seputar Pengalaman Melahirkan Anak Pertama

Beberapa hari ini banyak sekali status facebook yang berisi tentang pertanyaan seputar pengalaman melahirkan. Berhubung blog ini lama nggak diisi karena saya sakit, jadinya mau ikutan jawab pertanyaan tersebut di blog aja. Nggak apa-apa kan? hahaha


Memang pertanyaannya apaan sih Mei? Ini lho akan saya tuliskan satu-satu, dishare juga boleh biar banyak yang ikutan jawab pertanyaannya. Supaya banyak yang nostalgia juga sih mengenai pengalaman mereka saat melahirkan si dedek bayi. Nggak usah lama-lama kali ya, ini diaaaaaaa :)



1. Dulu saat melahirkan apakah dibius lokal?

Tidak. Dulu saya mah nggak dibius, jadi ya ngerasain sakit, mules, mual, dan kebelet pup terus. Tapi tiap mau pup malah nggak keluar, katanya itu efek mau melahirkan, hahaha. Maklum masih newbie soal persalinan, jadinya tiap mules langsung ke kemar mandi deh.

2. Apakah ayah sang bayi ada di kamar bersalin?

Iya. Alhamdulillah dari mulai mules sampai proses melahirkan, suami menemani terus. Dia adalah orang yang menyaksikan langsung persalinan saya. Dia juga orang yang sabar saat saya bentak-bentak dan remas-remas tangannya karena saya kesakitan, hahaha. Maafkan aku ya pi, i love you muach!

3. Apakah diinduksi?

Iya dan saya baru sadar ternyata induksi itu lewat infus, saya kira disuntikkan lewat pantat hahaha. Waktu itu, HPL meleset 2 hari, jadinya daripada kelamaan kata dokter diinduksi aja. Lagian cuti suami udah mau habis. Nggak mau dong melahirkan tanpa suami, jadinya diinduksi deh. Rasanya alamakjan, kruwes-kruwes, tiap 10 menit mules.

4. Melahirkan normal atau cesar?

Alhamdulillah normal.


5. Kapan Hari Perkiraan Lahir atau HPLnya?

HPLnya sih tanggal rahasia tapi meleset 2 hari dari HPL. Nggak apa-apa sih, toh melesetnya nggak jauh-jauh amat dan yang terpenting ibu dan bayi sehat. Alhamdulillah ya :)

6. Kapan Anak lahir?

Waktu itu Kenzo lahir hari Senin, tanggalnya rahasia, tepat di bulan suci ramadhan lho. Meskipun meleset 2 hari dari HPL, tapi hal tersebut bukan menjadi kendala yang berarti. Saya justru bersyukur pas tanggal itu suami masih cuti, jadi ditemenin terus sampai bayi lahir.

7. Apakah mengalami morning sickness?

Iya banget. Tiap pagi mual dan muntah luar biasa, sampai lemas sekali badan saya. Tapi alhamdulillah nggak berlangsung lama karena saya tetap prima menjalani hari-hari, bahkan masih sempat ngelatih dance murid-murid di sekolah. 

Baca juga: Gejala hamil muda

8. Ngidam tidak?

Ngidam yang muluk-muluk sih nggak kayaknya deh, lupa e hahaha. Tapi saya ingat suka sekali makan cilok sama lotis. Duh hampir tiap siang makannya lotis buah terus malamnya makan cilok bumbu kacang. Dua makanan itu begitu nikmat saat hamil dedek Kenzo. Untungnya nggak keterusan sampai sekarang, bisa-bisa mules tiap hari karena makan lotis. 

9. Berapa pertambahan berat badannya?

15 kg saudara-saudara hahaha. Bayangkan dari yang cuma 50 kg menjadi 65 kg. Ini adalah berat badan yang super besar yang pernah saya rasakan. Untungnya setelah melahirkan langsung singset alias langsing lagi, hehehe. Sekarang berat badan saya sudah kembali ke angka 50 kg.

10. Apa jenis kelamin si dedek bayi?

Laki-laki. Sesuai prediksi dokter kandungan waktu itu. Alhamdulillah saya memang mendambakan anak pertama adalah laki-laki dan Allah mengabulkannya. Rasanya senang luar biasa :)

11. Lokasi melahirkan bayi dimana?

Saya melahirkan di RSIA di Boyolali. Padahal saya kerjanya di Lippo Cikarang, besarnya di Wonogiri, tapi melahirkannya di Boyolali, aneh ya? hahaha. Itu karena saya lahiran sama om, kebetulan om saya ini dokter kandungan, jadi ya manut aja deh lahir dimana, yang penting gratis hahaha.

12. Berapa lama ada di kamar bersalin?

Saya datang ke rumah sakit pukul 10.00 pagi, lalu masuk ke ruang perawatan dulu. Setelah itu pukul 14.00 baru masuk ke ruang bersalin dan melahirkannya pukul 16.45, jadi ya sekitar 3 jam gitulah. Nggak lama kok, karena saya melahirkannya lumayan cepat.

13. Berapa berat badan bayi?

Kenzo lahir normal dengan berat badan 2,9 kg. Kecil tapi berbobot, halah. 

14. Siapa nama dedek bayinya?

Saya dan suami sepakat memberi nama anak "KENZO ARGHI". Artinya apa Mei? Baca aja ditulisan ini ya "Dibalik nama Kenzo Arghi" hehehe, modus biar banyak yang baca.

15. Berapa umur bayi sekarang?

Berapa ya? hahaha. Bentar saya hitung dulu. Kalau sekarang tanggal 19 Mei 2017 berarti Kenzo sudah sekitar jalan 2 tahuni. Yeyeye sebulan lagi Kenzo ulang tahun yang ke 2. Doain sehat-sehat terus ya :)



16. Hal yang paling diingat sepanjang masa apa?

Saya ingat proses berjuang melahirkan normal dan berada di ruang bersalin, tapi saat mengejan saya malah ngantuk dan lapar. Akhirnya disuruh makan dan minum dulu, hahaha. Tapi ini beneran lho, saya melahirkan sambil makan lol

17. Siapa nama dokter kandungannya?

Dari awal hamil sampai mau melahirkan saya periksa ke dokter kandungan di Cikarang. Tapi beribu maaf, saya lupa nama dokter kandungannya wkwkwkkw. Insyaallah kalau buka-buka album deh nanti tahu siapa obsgyn yang menangani saya waktu itu. Maaf ya dok, saya lupa nama anda. Tapi saat melahirkan saya dibantu oleh om saya sendiri dr. Haris Sukastyo, SpOG.

***

Demikian jawaban saya seputar pertanyaan pengalaman melahirkan anak pertama si dedek Kenzo. Alhamdulillah melahirkannya normal, sehat, dan didampingi oleh orang-orang terkasih. Kalau ibu-ibu bagaimana? Bantu jawab 17 pertanyaan di atas ya, jangan lupa share juga. Sip sip :)

Buat calon ibu mudah-mudahan nanti jika mau melahirkan diberikan kekuatan dan kelancaran ya. Ibu dan bayi semuanya sehat, amin. 

Salam,

7 komentar :

  1. Barokallah ya dek sudah 1 tahun, semoga berkah usianya. Ganteng deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb alhamdulillah ini dah mau 2 tahun

      Hapus
  2. semoga panjang umur ya dedek kenzo. hehe
    ganteng kayak papahnya gak ? haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, makasih ya om
      iya dong ganteng hahaha

      Hapus
  3. Bacain postingan ini di Facebook banyak yang share seru juga, mau nyobain tapi anak pertamaku meninggal di kandungan, huhu. Ntar malah nggak move on-move on.

    BalasHapus
  4. Hehehehe, pertanyaan seperti itu juga pernah terlontar untukku. :'D

    BalasHapus
  5. Hihi pas banget nih saya juga abis lahiran liat yanh gini di fb lagi viral tapi lebih suka cerita penjang lebar di blogpost deh heheh puas aja gt

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung :)

Back to Top