Minggu, 03 September 2017

10 Alasan Anak Malas Sekolah

10 Alasan Anak Malas Sekolah. Setelah hampir 16 tahun mengenyam bangku sekolah, ditambah lagi sekarang 4 tahun menjadi guru SD, rasanya-rasanya udah cukup deh untuk menganalisis alasan-alasan kenapa ada anak yang malas untuk sekolah. Hahaha Idih Mei sok-sokan analisis segala, akh biarinlah ya.



Ya iyalah, menemui anak-anak sekolah udah kayak makanan sehari-hari. Mau nggak mau ketemu mereka terus di sekolah. Jadinya ya tahulah ya apa aja kebiasaan mereka selama ini. Dulu saya pernah menuliskannya dalam postingan ini (silakan diklik).

Analisis pertama yaitu anak jadi malas sekolah saat hari Senin tiba. Yups, jangankan anak-anak, orang dewasa aja kalau ketemu hari Senin juga ada yang malas-malasan (termasuk saya hahaha). Senin adalah hari pertama masuk, jadi kadang masih terbawa suasana-suasana saat weekend. Entah itu masih ingin istirahat di rumah, masih mau jalan-jalan, atau masih pengin tiduran aja gitu.

Analisis kedua akan saya jabarkan per poin ya biar makin enak bacanya. Alasan-alasan kenapa anak malas untuk bersekolah yaitu:

1. Malas bangun pagi
Hayo ngaku aja deh siapa yang suka malas bangun pagi? Udah gitu masih harus buru-buru ganti baju dan sarapan. Padahal mata juga masih lengket, tapi harus bangun. Malah kadang pakai acara diomelin ibu dulu, “Meiiiiiiiiiiiii...ayooo bangun, sekolah-sekolah!!!”

2. Banyak PR

Aduh, PRnya banyak banget huaaaaaaa :(

Pekerjaan rumah atau PR adalah hal lumrah yang biasa diberikan guru pada siswa. Tapi namanya anak-anak ya kadang juga malas sekolah kalau ada PR. Apalagi kalau PRnya banyak dan belum satupun dikerjakan. Akh...siap-siap bolos deh.

3. Tasnya berat

Ini tas buat pindahan apa buat sekolah? berat amat neng

Dulu tiap saya sekolah paling cuma bawa 3 buku tulis ditambah 1 LKS, itu aja isinya include berbagai macam mata pelajaran. Lah kalau sekarang? Coba tengok tas anak kita atau adik-adik kita, bujubuset dach berat banget. Ini mau sekolah apa mau pindahan? Berat amat tasnya? Beban hidupku aja nggak berat-berat gitu *eh *eh

4. Bully
Saya punya sepupu yang tiap diajak sekolah males banget, alasannya karena di sekolah banyak yang membullynya. Ya ampun ini sering banget nggak sih kejadian bullying di sekolah. Apalagi sekarang bullynya ngeri-ngeri, nggak hanya bully secara verbal tapi juga fisik, hiks. Untungnya sekolah tempat saya mengajar nggak begitu.


5. Guru galak

Bukan guru galak

Hahaha hahaha hahaha. Bentar saya ketawa dulu. Ini serius deh, kayaknya tiap sekolah pasti punya guru galak yang ditakuti murid. Kalau ada pelajaran yang gurunya galak, pasti ada juga siswa yang malas ke sekolah jadinya.

6. Olahraga

Awas jangan dekat-dekat, lagi olahraga nih!

Siapa yang malas ikut pelajaran olahraga? Saya, saya, saya! Dulu malas banget deh ke sekolah kalau ada pelajaran olahraga. Apalagi kalau guru olahraganya rese, mata keranjang, atau cuma suka sama murid yang cantik-cantik. Idih males banget kan? Emang ada ya guru begitu? Ada, banyak, haduw.

7. Jam pulang terlalu sore
Mungkin nggak semua sekolah jam pulangnya sama ya. Ada yang memang cuma setengah hari, tapi ada yang menerapkan full day school. Kalau udah sore biasanya anak-anak mengantuk dan malas untuk belajar. Pun dengan jam pulang sore, ada anak yang jadi malas ke sekolah karena kelamaan belajar.

8. Ujian
Yang namanya sekolah pasti ada ujian atau test untuk mendapatkan nilai belajar anak-anak. Nah, ujian ini adalah salah satu momok menakutkan yang membuat siswa malas untuk bersekolah.

9. Nggak punya temen

Tenang sayang, Miss Mei akan selalu di sampingmu kok.

Ini entah anaknya yang jarang bergaul atau bagaimana, tapi ada lho alasan murid nggak mau sekolah gara-gara nggak ada temennya, duh. Yah hampir mirip sama bullying sih, tapi ini lebih mengarah bahwa dirinya nggak ada yang mau deketin.

10. Matematika dan Bahasa Inggris

Math oh Math. English oh English.

Yess, dua mata pelajaran yang mengerikan sekali buat sebagian anak-anak. Saya pun juga gitu, dulu tiap ada pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris duh rasanya males banget. Mana susah pula pelajarannya hufch.


Seharusnya sih kita bersyukur karena masih diberi kesempatan untuk bersekolah. Masih banyak lho yang nggak bisa sekolah di luar sana. Jangankan sekolah, makan aja susah minta ampun.

But, apapun alasannya, malas bersekolah itu emang nggak baik. Yang baik adalah tetap semangat menghadapi hari-hari menyenangkan plus menegangkan di sekolah. Ya meskipun nggak ada yang benar-benar semangat sih. Jadi kalau kamu merasakan seperti yang saya sebutkan di atas berarti “SELAMAT, KAMU TERMASUK SALAH SATU SISWA TERSEBUT” hahaha.

Bye-bye, sampai ketemu di postingan berikutnya.

Salam,
@MEIFARIWIS

7 komentar :

  1. Hahahaha jd inget jaman sekolah. Kalo aku dulu krn pelajaran olahraga jg mei. Paling benciiiiiii apalagi kalo hrs volly. Sumpah itu olahraga yg aku ga bisa blasss.. Tiap kali apa tuh namanya ngelempar bolanya, pasti deh ga bisa lewatin jaring. Kalo bolanya ngarah ke aku yg ada juga nemplok di muka.

    Trs ga sukanya pas hrs ganti baju di kamar mandi, krn rada jorok :( . Aku jiji an orangnyaa...

    Kalo mata pelajaran lain, fisika kimia deh yg bikin sakit kepala :p

    BalasHapus
  2. Hahaha jadi inget waktu sekolah Tas ga prnah awet gara gara selalu bawa buku berat2 :D


    Wkwkw foto guru galaknya bener bener cantik, bukan guru galak :D

    BalasHapus
  3. miss meiii...
    Kalo masih tk maunya nempel emaaak teruuus hiks

    BalasHapus
  4. Kalau anak udah malas sekolah, yang bakal pusing orang tuanya hehhee

    BalasHapus
  5. Kayanya semuanya aku alamin. Tapi ya malasnya nggak datang barengan. Hihii aku jadi ingat masa sekolah.

    BalasHapus
  6. Dari kesepuluh alasan diatas hampir pernah aku rasakan Miss, tapi buat yang no 6 sama no 10 sepertinya malah membuatku semangat berangkat sekolah deh haha, soalnya itu pelajaran favoritku apalagi olahraga hahaha.

    BalasHapus
  7. Zaman aku masih TK dulu, aku termasuk anak yang taku ke sekolah loh. Sampai kaki papahku aku tarik2 ga boleh pergi. Entah kenapa ya? Mungkin aku pemalu dan terlalu takut beradaptasi. Takut sama guru dan ga punya teman hehehe.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung :)

Back to Top