Senin, 02 Oktober 2017

Tingkah Lucu Anak Kelas 1 SD

Menjadi wali kelas 1 SD adalah tantangan besar selama saya jadi guru. Kalau dulu dapat murid yang pintar dan mudah diatur, sekarang dapat murid yang bervariasi. Bervariasi di sini banyak sekali definisinya ya, ada yang pintar, lucu, ngeselin, pendiam, suka menangis, dan cerewet minta ampun.

So, kalau ditanya gimana perasaan saya, jawabannya ada di postingan sebelumnya “Oh Begini Ya Rasanya Jadi Wali Kelas 1 SD”


Selama ini saya melakukan observasi terkait tingkah laku mereka selama di dalam maupun luar kelas. Kadang mereka bisa sweet banget, seperti tiba-tiba memeluk dan bilang “Aku sayang Miss Mei”, aaaaakkkk yang tadinya mau marah eh nggak jadi deh hahaha.

Terkadang mereka juga membuat saya naik darah kalau anak-anak benar-benar nggak bisa diam. Fiyuh ini yang buat saya harus ekstra sabar dan tabah menghadapi anak kelas 1. Ya maklumlah ya, dunia mereka masih seputaran “bermain, bermain, dan bermain lagi”.

Tingkah laku anak kelas 1 SD emang nggak bisa ditebak. Jangan terlalu baik tapi juga jangan terlalu galak juga. Menghadapi mereka harus butuh ilmu kekebalan, hahaha. Nggak ding, maksudnya ya saya harus bisa menempatkan diri sebagai guru sekaligus teman buat mereka.

Saat jadi guru:

Harus Tegas

Iya, jadi wali kelas 1 harus tegas, kalau enggak ya anak-anak bakal ngegelendot (apa ya bahasanya) kayak bayi. Makin didiemin makin menjadi, makin malas-malasan, atau malah makin brutal (maksudnya lari-larian nggak jelas).

Saat jadi teman:

Harus seperti anak-anak

By the way, jadi guru itu harus bisa akting juga lho, hahaha. Terkadang diajakin murid buat bermain bersama dan saya harus bisa akting jadi ibu peri atau bidadari, wkwkwk.

Saat-saat bersama mereka itulah kadang ada beberapa tingkah laku anak yang menurut saya lucu (((MENURUT SAYA LHO YA))), seperti:

😆 Nggak bisa cebok

Anak kelas 1 SD belum bisa cebok? Emang ada ya? Ada dong, hahaha. Kalau udah begini biasanya si anak akan dibantuin oleh mbak yang bersihin kelas. Pernah kapan hari ada murid saya yang ke toilet, kok lama banget ya, setelah saya cek ternyata dia nggak bisa cebok sendiri setelah pup wkwkwkwk.

😆 Pasang muka cute

Ada lho muridku yang ngeselin tapi jago banget pasang muka cute. Iya, sekalinya dia melakukan sesuatu pasti dia langsung terlihat memelas, akting wajah iba, dan mulai berkaca-kaca, hahaha. Hal tersebut malah bikin saya tertawa ngakak, yah gimana mau marah dong, akting mereka bagus banget sih.

😆 Memijat 

Maksudnya memijat apaan sih? Gini lho, kadang tiap saya di kelas ada murid yang tiba-tiba mendatangi saya terus memijat punggung gitu. Ya semacam cari perhatianlah, mereka memijat supaya Miss Mei nggak capek katanya hahaha, lucu kan?

😆 Cepat makan supaya bisa baris number one

Ada dua muridku yang tiap makan siang selalu balapan makan. Sebenarnya kami (guru-guru) udah ingetin buat makan pelan-pelan, tapi jadi lucu karena mereka makan cepat supaya bisa baris di barisan paling depan. Iya, anak kecil sampai segitunya ya mau jadi nomor 1, padahal mah mau baris nomor berapa aja ntar juga bakal baris bareng-bareng, lol.

Sebenarnya masih banyak tingkah laku anak SD yang lucu-lucu, tapi kok saya mendadak lupa ya hahaha. Nanti ya saya tulis ulang kalau udah inget, insyaallah. Atau mungkin teman-teman mau nambahin? Biar nanti saya list ulang di blog, oke.

Salam,

13 komentar :

  1. Mei, aku kok ga bisa bayangin kamu marah ama murid2 kecil ini yaaa hahahahah.. Duuh, yg cebok sendiri ini aku jg lg ngajarin anakku.. Tp memang gampang2 susah. Ga kebayang cebokin anak org sih hihihi.. Walopun di sana yg lakuin mba yg bersih2 ya..

    BalasHapus
  2. Hahaha...nyebokin, nyisi (buang ingus), hahaha...ini pekerjaanku tiap hari, Mbak.

    BalasHapus
  3. So cute mbak mei.. gemay sendiri baca postingan kali ini.
    Aku pribadi kalau disuruh milih antara main sama bayi atau anak usia tanggung kayak TK-SD kelas 2, suka sama anak-anak gini. Mereka bisa aja ya, dan lucu-lucu caranya nyari perhatian. Apalagi yang bagian dia mijitin, rasanya kayak apa mbak dipijitin tangan mungil gitu?
    Ternyata ada juga yang g bisa cebok, tapi kalau gini, ada g kalanya mbak yang nyebokin? Penasaran

    BalasHapus
  4. Hahahaha.. jadi guru SD kelas 1 sama TK B hampir serupa kayaknya. PR nya samaaa. TFS maaak. Aku jadi ngakak malem2 sambil ngebayangin

    BalasHapus
  5. memang hrs ekstra sabar ya mbak, tp kadang mereka itu tingkahnya lucu banget

    BalasHapus
  6. Hihi lucu... aku bisa bayangin. Ruame buanget kayanya... aku jadi nyoba inget-inget pas kelas 1 gmn.

    BalasHapus
  7. aku dulu pas ngajar kelas 3 SD juga gitu awal awal aku lembekin eh malah gelayutan, maksudku geledotan.
    Terus besok besok aku marah marah eh malah pada takut.
    ternyata kuncinya harus tegas :v
    dan ga beberapa lama aku capek, terus ga ngajar lagi.
    kayaknya ada yang salah denganku haha

    BalasHapus
  8. kalo anak kecil gitu biasanya suka curhat hal-hal yang gak penting dengan sangat polos dan jujur. murid calistungku juga gitu, dia pernah berangkat les sambil misek2, gegara lagi males belajar (gak mau les) terus diomelin mamanya. tapi endingnya ya berangkat sambil nangis.

    untung aku ngurusinnya cuma satu anak tiap pertemuan. gak kebayang ruetnya kalo sampe anak sekelas gitu haha

    BalasHapus
  9. Aku bukan tipe orang yang suka anak kecil, mungkin karena kelakuanku yang masih kaya anak kecil hehe..
    Semangat ya kak mei, semoga bisa diberi kesabaran dan kelancaran menjadi guru hehe

    BalasHapus
  10. Haha ia mbak, anak kelas 1 emang masih polos2nya ya, masih unyu2 gitu jadi tingkah mereka lucu2. Tp emang harus ekstra lebih sabar sih ngadapin anak2 yg dunianya masih dunia bermain haha

    BalasHapus
  11. waduh enggak kebayang kalo gue jadi gurunya. saat ada anak yang minta main, gue jadi peran apa yah. enggak mungkin bidadari kayak kak mey. hahaha.

    sabar kak, guru sd banyak pahaalanya. kerja keras dan berjasa banget. salut gue sama guru SD.

    BalasHapus
  12. lucu mba, jadi keinget masa2 waktu sd dlu, dlu bangga banget klo bisa mimpin pasukan pas upacara hh XD , pandai2 memilih sikap klo sama anak sd kelas 1, krn kita bener2 jadi model buat mereka, itu murid mba yang bisa masang muka cute gitu aku jadi ngebayangin yak wkwk, lucuuu haha

    BalasHapus
  13. Hm... kelas 1 sd? Itu masalah baris emang kayaknya pas jaman sd aku juga gitu deh. Pengen cepet-cepet datang ke sekolah biar bisa barisnya paling depan, hehe. Emang sih anak sd ini ngeselin banget, tapi juga sering bikin ketawa sendiri. Aku punya adik yang TK, jadi ya tau gimana ngurusin adik. Walaupun beda ya ngurusin satu anak sama gerombolan anak xD. Mangat Ibu Guru Mei :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung :)

Back to Top