Jumat, 03 November 2017

Kegiatan Yang Dilakukan Guru di Sekolah

Kemarin waktu nulis postingan tentang “Cara Menjaga Kesehatan Ala Miss Mei”, saya sempat nulis beberapa kegiatan guru (tapi nggak lengkap). Emang kerjanya guru ngapain aja sih kalau di sekolah? Biar enak jawabnya, saya bikin postingan di blog aja ya, sekalian biar naikin pageview gitu, hahaha.

Setiap guru, baik itu TK, SD, SMP, maupun SMA saya rasa punya kegiatan yang sama. Cuma beban dan waktunya saja yang beda. Wong ya sama-sama ngajar anak didik kok. Profesi ini emang nggak bisa dibanding-bandingkan ya.


Kegiatan Yang Dilakukan Guru di Sekolah

Ada beberapa hal yang hampir tiap hari guru lakukan. Akh, palingan juga cuma ngajar di kelas. Ya kan?

Eiiitttssss, jangan salah, ngajar di kelas itu sudah pasti, tapi ada beberapa kegiatan lainnya yang mungkin orang lain tidak tahu. Apa saja itu? Berikut diantaranya:

πŸ’œ Persiapan kelas

Setiap guru punya pedoman sebelum mengajar yang biasa disebut RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Biasanya guru akan mengembangkan RPP itu dalam pembelajaran, otomatis guru harus menyiapkan materi sebelum ngajar, entah itu buku yang dipakai, media pembelajarannya, materi penunjang, dan lain sebagainya.

πŸ’› Mengajar

Namanya guru pasti tugas utamanya mengajar ya. Kalau di sekolah saya, tiap guru punya jadwal beda-beda. Bisa saja dalam 1 hari mengajar full atau hanya beberapa jam pelajaran saja. Tentu mengajar di sini banyak tantangannya, apalagi ngajarin anak kecil. Siap-siap naik darah hahaha.


πŸ’š Menyusun administrasi

Jauh sebelum tahun ajaran dimulai, guru-guru wajib menuntaskan administrasi sekolah seperti RPP, Silabus, Prota, Prosem, dll. Semua dokumen itu dikerjakan saat “Rapat Kerja Sekolah 1 & 2”. Tetapi saat tahun ajaran dimulai, guru juga harus mengerjakan administrasi lainnya seperti agenda kelas, raport, komen raport, maupun presensi anak-anak.

πŸ’™ Club atau CCA (co-curricular activities)

Di sekolahku ada yang namanya CLUB, semacam ekstrakurikuler gitu deh. Ada Science, Mathematics, Basketball, Robotics, Music, Mandarin, dan English. Intinya, setelah pulang sekolah (tiap hari Jumat) guru-guru ada jam tambahan untuk mengajar club ini. Menyita waktu sih, tapi ini memang salah satu kewajiban guru.


πŸ’— Mengoreksi jawaban dan memberi nilai pada siswa

Selesai belajar pasti akan ada yang namanya worksheet, exercise, atau PR. Biasanya guru akan memberi penilaian langsung saat di kelas. Tapi juga harus checking jawaban anak-anak sepulang sekolah.  Belum lagi kalau ada ujian seperti pre test, mid test, maupun final test, guru-guru akan mengoreksi sekaligus menginput nilai anak tersebut ke database.


πŸ’™ Perhatian dengan murid

Tugas mulia (((cieee mulia))) guru yang lainnya adalah memerhatikan murid-muridnya. Terlebih sama murid yang akademik maupun tingkah lakunya berbeda dengan anak lainnya. Maklumlah ya, tiap anak punya kecerdasan beda-beda. Tugas guru membimbing dan mengarahkan mereka. Yah meskipun susah dan ada anak yang emang bandel banget, tapi guru mah harus strong.

πŸ’“ Menghadapi orang tua murid

Mau tahu apa saja tipe orang tua murid? Kasih tahu nggak ya, hahaha. Pokoknya selain menghadapi anak di sekolah, guru juga sering berhadapan dengan orang tua murid lho. Kadang sih hanya bahas masalah perkembangan akademik anak, tapi nggak jarang juga ada yang komplen.


πŸ’• Aktif di kegiatan sekolah

Kegiatan sekolah itu ada dua macam, yaitu akademik dan non akademik. Kalau yang akademik misalkan persiapan ikut lomba maupun cerdas cermat. Kalau yang non akademik lebih ke pentas seni, kadang ada berbagai perayaan di sekolah, seperti Natal, CNY, Kathina, dan lain sebagainya.

Namanya juga guru, kerjanya ya gitu-gitulah. Mau dibilang gampang kok ya susah, dibilang susah tapi gampang juga. Yang jelas guru harus punya stok kesabaran yang berlebih karena menghadapi murid dan orang tua itu luar biasa rasanya.

Ada yang ngira nggak kerja jadi guru itu enak? Emang enak sih hehehe

Baca juga: Enaknya jadi guru

Salam,
@MEIFARIWIS

7 komentar :

  1. tambah satu lagi mbak: jadi admin WAG kelas hihihi...

    WAG anak saya suka lucu-lucu isinya. udah diumumkn besok pake seragam anu msh ada yg tanya lg. hihi...

    BalasHapus
  2. Lumayan juga ya mbak job desknya? saya kira cuma ngajar doang hihihihi.
    Ternyata baru ngeh, iya ya guru kan kudu aktif juga di kegiatan sekolah, ekskul dll.
    semangat mbak Meiii :)

    BalasHapus
  3. Kok aku jadi penasaran ya, aku termasuk tipe orang tua murid kek apa... jangan2 yang suka komplain, hihi...

    BalasHapus
  4. tugas guru itu banyak ya apalagi skrg banyak administrasi yg hrs dibuat belum persiapan mengajar

    BalasHapus
  5. Dulu saya suka mikir 'enak kali jadi guru, siang udah kelar ngajar terus bisa pulang. Udah gitu sekolahan kan liburannya lama, gurunya juga libur nggak ya?' hihihi. Ternyataaa....

    Thanks for sharing ��

    BalasHapus
  6. Halo mba mei...salam kenal. Saya juga guru di sekolah swasta.memang benar kalau tugas guru itu banyak sekali.kadang gak cukup waktu dikerjakan di sekolah sehingga harus dibawa pulang..

    BalasHapus
  7. Aku prnh perhatiin guru2ku dulu.. Kerjaannya memang ga ringan sih.. Printilan adminnya banyak :D. Tp buatku ya mei, kalo urusan admin mah aku ga masalah sebanyak apapun.. Stok sabar ngadepin murid ini yg aku ga yakin bisa hahahahaah...

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung :)

Back to Top