Kamis, 30 November 2017

Manfaat So Good Cerdik Bagi Keluarga

Kalau dihitung-hitung, waktu saya bersama anak sepertinya nggak terlalu banyak dalam sehari. Pagi hari, ketika anak-anak seusia Kenzo masih tertidur lelap, dia sudah harus mengikuti ritme kami (papi dan maminya) menjalani rutinitas. Setelah saya dan papinya mandi, Kenzo langsung saya mandikan dan sarapan bareng. Setelah itu saya dan suami kerja, si Kenzo siap bermain dengan temannya di daycare.

Sore hari waktu bersamanya juga singkat, karena saya dan suami kan kalau pulang kerja sore banget. Aktivitas yang biasa kami lakukan ya makan malam, nonton tv, bercerita, dan bergurau di rumah. Kalau lagi males banget ya mau nggak mau Kenzo pegang gadget.


Saya pribadi termasuk ibu yang tidak membatasi anak dalam bermain, ya asal tetap dalam pengawasan sih. Lha gimana lagi, zaman kan juga makin berkembang masa iya kami nggak mau ikuti arus. Bagi kami, asal positif dan bisa mengeksplore kemampuan anak ya nggak masalah.

Berhubung waktu saya dan Kenzo tak banyak, makanya momen makan dan main gadget adalah dua hal yang bisa menambah keintiman kami sebagai ayah, ibu, dan anak. Kabar baiknya kini sudah ada aplikasi interaktif menarik untuk orang tua dan anak, salah satunya adalah So Good Cerdik.

Sebentar-sebentar, bukannya So Good adalah merk makanan ya? Seperti nugget gitu?

Ya, betul sekali.

Makanya saya bilang kabar gembira karena selain So Goodnya bisa dimakan buat cemilan atau lauk, aplikasinya bisa dimainkan bareng buah hati. Saya jelasin sedikit ya mengenai aplikasi So Good Cerdik ini :)


So Good Cerdik merupakan aplikasi cerita digital interaktif yang bisa dimainkan dengan gadget berisi kumpulan dongeng-dongeng. Aplikasi ini bisa diunduh melalui play store lho. Kerennya lagi, So Good Cerdik sudah menggunakan teknologi Augmented Reality atau AR. Cara bermainnya cukup mudah, cukup beli kartunya di dalam kemasan So Good kemasan 400 gram ya seperti Nugget, Stick, Bakso, Sausege, Whole muscle, atau Shaped Nugget.

Kemarin saya beli 2 bungkus yang Stick serta Alphabet. Wah dapat 2 kartu dong? Iya, kartu yang saya miliki bersama Kenzo adalah Chika Chiko dan Lala & Singsing. Sebenarnya masih ada 1 lagi jenis kartunya yaitu Umbo Larage.

Cara mainnya begini ya: 


Buka aplikasi So Good Cerdik di gadget kamu, lalu pilih mulai maka akan diarahkan pada jenis-jenis cerita pilihan. Setelah itu scan frame atau gambar kartu untuk memulai cerita. Gampang deh :) Silakan download di sini ya aplikasinya. 

Manfaat So Good bagi keluarga

Orang tua bisa bagi peran


Dari bermain So Good Cerdik ini saya dan suami malah jadi makin dekat lho. Dalam artian kami jadi saling bagi waktu untuk mendongengkan Kenzo secara bergiliran. Karena aplikasi ini interaktif banget, tinggal scan aja nanti muncul cerita-cerita pilihan seperti yang saya jelaskan di atas. Kalau saya capek ya suami yang menemani Kenzo main So Good Cerdik, begitu sebaliknya.

Audiovisual bersih


Oh iya, selain membuat saya dan suami nggak kebingungan saat mendongeng, So Good Cerdik juga jadi alternatif lain jika anak terlalu jenuh dengan youtube. Jarang-jarang kan ada aplikasi yang langsung berisi dongeng gitu, misalpun ada tapi So Good Cerdik berbeda karena gambarnya seolah-olah nyata dan bersih.

Quality Time



Seperti cerita saya di awal, saya dan suami sama-sama sibuk di luar, dengan main So Good Cerdik ini otomatis membangun quality time tersendiri. Jujur karena waktu bermain sama anak singkat makanya saat mendongeng memakai aplikasi ini rasanya kami bertiga bisa menyatu dan dekat.

Makan jadi lebih menyenangkan


Dulu saya bingung supaya anak mau makan gimana caranya, karena Kenzo tipikal anak susah makan sih. Beruntungnya So Good ini terutama nugget stick adalah kesukaan Kenzo banget, jadi dia lahap gitu deh. Belum lagi ditambah nonton video interaktif So Good Cerdik, bisa menambah bonding time juga karena papi bisa suapin dan Kenzo sambil dengerin dongengnya.

Mengasah kemampuan bercerita



Kenzo sekarang usianya 2 tahun 5 bulan dia lagi aktif-aktifnya berbicara dan menirukan sesuatu. Dari bermain, melihat, dan mendengar langsung dongeng So Good Cerdik ini kosa kata dia bertambah. Dan yang paling saya suka dia sering bertanya “Apa itu mi?”, “Mami apa itu?” Wow, berarti rasa ingin tahunya sudah mulai besar.

Ada resep masakan


Ini sih manfaat banget buat saya, karena ternyata di dalam aplikasi So Good Cerdik juga ada beberapa menu makanan yang praktis untuk dicoba. Lumayan buat bekal Kenzo saat ke daycare.



Pesan moralnya apa dong?

1. Meskipun orang tua sama-sama sibuk kerja, dengan hanya menyisihkan waktu beberapa menit saja bermain So Good Cerdik bersama bisa saling mendekatkan diri dengan si buah hati.

2. Tidak semua permainan dalam gadget itu buruk, ada banyak aplikasi mendidik dan menghibur seperti So Good Cerdik ini sehingga anak bisa makin banyak menguasai dongeng-dongeng baru.

3. Dari berbagai pilihan cerita yang ada di aplikasi So Good Cerdik ternyata endingnya bisa ditarik kesimpulan dan terdapat amanatnya. Seperti cerita “Saat telur Chiko tidak ada maka dia punya ide lain untuk mengganti isi sandwich milik Chika (artinya selalu ada jalan keluar di setiap masalah)” jadi setelah bercerita dengan anak, orang tua bisa sekaligus menjelaskan pesan-pesan yang baik buat anak itu seperti apa.

Sebagai keluarga muda yang punya banyak kegiatan, jujur saya sendiri merasa terbantu dan terdorong secara positif untuk tetap bisa bonding time dengan anak meskipun melalui gadget. Karena kalau kata pepatah bilang “Orang tua zaman now memang harus bisa mengimbangi generasi kids zaman now” 

Yah kira-kira begitulah pepatah buatan saya sendiri, hahaha. Jadi, kalian sudah punya aplikasi So Good Cerdik belum? Nggak hanya buat anak kok, keponakan, tetangga, sepupu, teman juga boleh. Malah saya berencana mau mengenalkan media belajar ini buat murid-murid di sekolah, yess ide briliant!

Bye-bye.

Salam,
Mei Wulandari

5 komentar :

  1. Augmented Reality ya Miss? Seru nih.. coba ah buat si Jasper :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pih bener. Cobain deh sama si Jas

      Hapus
  2. Tos mbak, samaan mendaycare kan anak hehehe.
    Iya lho sama-sama ayam koq anak lebih semangat makan nugget daripada ayam goreng konvensional ya?

    BalasHapus
  3. Teknologi makin maju ya, dongeng aja bisa bagus kayak gitu. Beneran mbak Mei, anak jangan dilarang main gadget yg penting diawasi.

    BalasHapus
  4. Cara mendongenng yang kekinian ya mba. Aku sih belum mencoba nih mba :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung :)

Back to Top