Rabu, 24 Januari 2018

Tips Memilih Batik Modern Online untuk Tampil Trendi dan Kekinian

Tips Memilih Batik Modern Online untuk Tampil Trendi dan Kekinian

Hayo siapa yang nggak punya batik di rumah? Kayaknya nggak ada deh ya, hampir tiap orang punya baju batik, hehehe. Benar nggak sih? Terlebih batik modern alias kekinian itu. Sekarang kan batik nggak hanya jadi trend fashion, melainkan juga untuk kegiatan sehari-hari.

Batik kini bisa dipakai untuk kegiatan formal seperti bekerja, menghadiri acara pernikahan, pertemuan resmi, maupun acara santai seperti hangout bersama teman. Tapi bukannya yang pakai batik itu sering kelihatan tua ya? Kata siapa? Jawabannya belum tentu lho. 


Model batik modern paling pas dipakai di tempat kerja

Yang pertama wajib dilakukan adalah dengan menentukan model pakaian. Hal ini merupakan cara termudah untuk mematahkan anggapan ‘tua karena pakai batik’. Mari kita mulai dari memilih model pakaian untuk bekerja ya.

💙 Kalau untuk pria sih biasanya pilihan modelnya adalah kemeja. Entah itu lengan panjang maupun pendek. Supaya nggak terkesan tua, pilih kemeja dengan kombinasi warna polos dengan menyesuaikan warnanya dengan bawahannya. Atau jika tidak mau ribet, pilih bawahan berwarna netral. Seperti celana chino hitam gitu misalnya.


💙 Sementara untuk wanita, pilihan modelnya sangat beragam. Batik modern memang lebih banyak diaplikasikan pada model-model baju wanita. Seperti mini dress, blouse, dress terusan, dan lain sebagainya. Blouse yang dipadukan dengan rok span berwarna polos sedang banyak digemari untuk dikenakan di tempat kerja. Beberapa juga ada yang memadukannya dengan kardigan sebagai luaran. Kombinasi tersebut terbukti mampu memberikan kesan fresh dan rapi bagi pemakainya.


Ragu dengan batik modern di pasaran? Begini lho cara membedakan batik tulis asli.

Rasa ragu yang datang ketika hendak menentukan pilihan pakaian, punya dua kemungkinan. 

💙 Pertama, ragu karena waspada dan berhati-hati dalam memilih barang. 
💙Kedua, memang bingung karena tidak punya pengetahuan mengenai standar terbaik pakaian tersebut. 

Saya punya beberapa tips nih memilih batik di pasaran. Baca selengkapnya di bawah ini ya:

Lihat

Ada perbedaan jelas antara kain tenun tulis asli dengan jenis cap atau printing bila ditelisik seksama. Kain tenun tulis asli akan memiliki warna lebih natural, kuat, dan solid. Corak di atas kain pun akan terlihat tidak beraturan serta tidak rapi. Berbeda dengan hasil pekerjaan mesin yang pasti presisi dan rapi.

Cium

Kain tenun tulis asli kental akan aroma lilin pada bagian permukaannya. Sementara kain sablon tentu akan menghasilkan aroma kimia tinta sablon ketika dicium. 

Raba

Gunakan saja telapak tangan untuk mengelus kain. Bila terdapat tekstur timbul pada setiap corak permukaan kain, maka bisa dipastikan bahwa kain tersebut asli. 

Balik

Kain tenun tulis asli memiliki motif serta warna sama dengan bagian permukaannya. Sementara yang palsu hanya akan memiliki motif pada bagian permukaannya saja. Sisi belakangnya lebih sering berwarna putih atau kosong.

Harga

Nah, jika sudah masuk dalam kriteria ini kebanyakan pasti langsung tahu kan ya. Kain batik tulis asli tentu memiliki harga lebih baik dari kain jenis lainnya. 

Cara berbelanja batik modern secara online yang pas di badan

Tak dapat dipungkiri, ukuran merupakan bagian paling krusial bila berbicara mengenai pakaian. Apalagi jika membelinya secara online. Berikut adalah beberapa tips memilih ukuran pakaian agar pas di badan :


😊Ukur setiap bagian badanmu. Bagian-bagian yang biasa diukur antara lain ialah lingkar bahu, lingkar lengan, lingkar pinggang, serta panjang badan hingga kaki. 

😊Cek deskripsi produk. Penjual yang baik biasanya menyertakan rincian ukuran-ukuran di setiap produknya. Sesuaikan ukuran tersebut dengan hasil pengukuran badanmu sebelumnya.

😊Cari tabel patokan ukuran. Bila penjual tidak menyertakan rincian ukuran, cari tabel patokan ukuran di internet. Meskipun cara ini agak riskan, bisa diakali dengan memilih ukuran yang lebih besar dari normalmu. Jadi sekalipun ukurannya salah, masih bisa dipermak untuk dikecilkan.

Pengalaman para pembeli batik modern yang membuat saya tertarik mencobanya

Menurut beberapa pembeli batik modern, bagian desain adalah keunggulan utama dari model-model pakaian modern. Karena tergolong masih baru dalam dunia fashion, jadi belum terlalu banyak pabrikan yang memproduksinya secara massal. Sehingga, tak mengejutkan bila keunikan dari desain pakaian mampu menarik perhatian mata yang melihatnya. 

Selain desain, kualitas jahitan serta bahan juga banyak mendapat pengakuan positif. Beberapa dari mereka bahkan mampu mempengaruhi temannya untuk membeli pakaian sejenis dengan model berbeda. Jadi bisa sedikit disimpulkan bahwa anggapan tua terhadap batik modern rasanya mulai runtuh.


Permasalahan mengenai skeptis ‘tua dengan batik’ sudah teratasi. Sekarang tinggal mencari tempat untuk membeli produk-produk tersebut. Produk asli, unik, kualitas premium, serta harganya terjangkau. Kalau bisa beli di pengrajinnya langsung. Biar bisa dipermak supaya lebih eksklusif lagi. Tapi dimana?

Pasti bingung kan? hahaha.

Coba pergi ke Qlapa. Sebuah marketplace tempat berkumpulnya para pengrajin terbaik Indonesia, berikut dengan buah tangan mereka. Hampir semua barang ada di sana semuanya dibuat secara handmade, satu-persatu. Waw keren!

Bisa juga lho melakukan custom terhadap barang pilihanmu dengan fitur pre-order. Tak perlu khawatir perihal harga, semua barang dipasok langsung dari pengrajin sehingga lebih miring. Kualitas? Qlapa melakukan sendiri proses kurasi kualitas produk-produk tersebut sebelum dipasarkan. 

Jadi? Tunggu apalagi? Segera cari dan temukan barang favoritmu sekarang!

Salam,
@meifariwis

7 komentar :

  1. Jujur, aku lebih nyaman pakai batik tulis. Soalnya kalau batik cap, jarang yang muat. Wkwkwk

    BalasHapus
  2. Suka sekali sama batik, melihat motif-motifnya juga suka. Sekarang juga ada yang jualan jilbab batik. Pas dikombinasikan sama dress polos. Enak ya mbak kalau bisa Pre order dan costum pesanan. Bisa sesuai dengan apa yang kita mau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya enaknya bisa custom sehingga ga ada yang ngembarin ya mb

      Hapus
  3. Keren model model Batik..aku bangga pakai batik

    BalasHapus
  4. Aku tau sih batik tulis jauuh lbh mahal harganya. Tp bukan masalah di harga, aku nth napa ga begitu suka batik tulis krn baunya itu loh :p. Kuat banget, dan kdg ga bisa ilang pula. Mana nyucinya sebisa mungkin ga bisa pake detergen, tp sabun khusus yg ga wangi. Lah piye itu baunya ga ilang2 hahahaha. Makanya aku males mei kalo hrs pake batik tulis yg baunya tajem banget

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis

Back to Top