Kamis, 23 Agustus 2018

De Tjolomadoe Wisata Pabrik Gula

De Tjolomadoe Wisata Pabrik Gula. Libur lebaran kemarin saya berniat keliling kota Solo. Maklum selama ini hanya jadi wacana kalau pulang kampung. Apalagi mengingat libur yang sangat panjang (kurang lebih 1 bulan) jadinya cukuplah ya kalau cuma buat jalan-jalan.

Seperti biasa kami sholat idul fitri terlebih dahulu, tahun ini giliran saya sholat id di rumah mertua. Setelah sungkem dan silaturahmi dengan sanak keluarga, saya langsung cuss pergi ke destinasi pertama. Awalnya bingung mau kemana, masa iya ke mall lagi dan lagi. Maklum anak mall sist, wkwwkwk. 


Berkat rekomendasi dari adik ipar, pergilah kami ke De Tjolomadoe, tempat wisata yang lagi hits kala itu. Alamatnya sih berada di daerah Karanganyar, tapi tetep aja orang-orang menyebut lokasinya di kota Solo, hadew. 

Apa sih De Tjolomadoe itu?


Sebuah pabrik gula yang diubah menjadi sebuah tempat wisata keluarga. Dulu De Tjolomadoe ini namanya adalah Pabrik Gula Colomadu dan didirikan oleh Mangkunegaran IV pada tahun 1861. Lalu PT Sinergi Colomadu merevitalisasi pabriknya sehingga menjadi cantik seperti sekarang ini.

Lokasi

Terletak di Jalan Adi Sucipto No 1, Karanganyar, Jawa Tengah. Dekat sama bandara Adi Soemarmo lho, kemana-mana aksesnya juga gampang. Bisa pakai ojek online juga.

Sekitar pukul 11 siang saya udah sampai sana, setelah sebelumnya membeli tiket bus tingkat Werkudara. Nanti ya inysaallah saya share pengalaman keliling kota Solo pakai bus tingkat, semoga nggak males nulisnya, hihihi.

Kemarin itu salah banget sih ke De Tjolomadoe siang-siang, ternyata panas banget euy. Bener-bener cuaca yang terik ditambah pepohonan yang masih jarang, lengkap sudah bikin badan gosong porong, hahaha. 

Meski panas cetar membahana, tapi setimpallah sama wisata pabrik gula yang luas banget itu. Pas ke sana juga lagi ada bazar kuliner, jadi stand makanan ada dimana-mana. Cocok bila terik-terik sambil minum es degan, maknyeeeessss.

Tiket Masuk

Untuk masuk ke sana tidak dipungut biaya sama sekali lho guys, alias gratis tis tis. Nggak tahu sih kalau sekarang. Kemarin saya cuma bayar parkir motor saja, lumayan 2 ribu doang.

Area Parkir

Tenang aja, seperti yang sudah saya bilang tempatnya luas banget nget nget. Mau ratusan motor or mobil juga bisa parkir leluasa. Jadi nggak perlu takut rebutan tempat parkir ya.

Ada apa aja di sana?




Udah bisa ditebak namanya pabrik gula pasti isinya ya mesin-mesin. Tapi jangan salah, mesinnya sudah dipoles sedemikian rupa sehingga bersih dan bisa dijadikan tempat ajang selfie. Selain itu, pabrik ini masih bertemakan zaman old dengan ciri khas Belanda yang masih tersirat dari setiap ornamen bangunannya. 

Mesin-mesin raksasa yang ada di sana menjadi daya tarik tersendiri, bahkan orang-orang banyak yang antri untuk mengambil foto untuk dijadikan kenang-kenangan. Pokoknya lumayan bagus deh spot-spotnya.


Ada pula tempat jual souvenir seperti kain batik dan karya seni buatan tangan. Bolehlah mampir sebentar untuk beli oleh-oleh di sana. Dekat dengan tempat souvenir, ada pula caffe klasik yang mengundang daya tarik tersendiri karena desainnya seperti pabrik gula beneran, hahaha.



Lelah berkeliling saatnya istirahat di taman samping pabrik gula. Di luar ada halaman yang sangat luas berisi bunga-bunga cantik. Cocok juga untuk background selfie bersama pasangan atau keluarga. Ada pula beberapa pajangan berisi sejarah De Tjolomadoe maupun event-event yang sudah berlangsung di sana.



Pembukaannya aja kemarin ngundang David Foster and friends kok, wagelaseeeeh? Hahaha. Bahkan pas saya kemarin ke sana, seminggu setelahnya bakal digelar konser NOAH, itu lho band yang vokalisnya si Ariel ganteng itu.

Selesai berkeliling De Tjolomadoe, saya pun kembali pulang mengingat masih harus berkeliling kota Solo. Panas terik terbayar sudah dengan foto-foto yang kami ambil sebelumnya. Makin sore juga makin rame tempatnya.

Pesan saya sih mending ke sana sore hari aja, karena kalau siang panasnya amit-amit. Jangan lupa bawa kamera juga ya, karena banyak spot kece deh di sana. Bawa uang yang cukup juga, takut tergiur beli jajanan dan oleh-oleh yang memang memanjakan mata.

Tertarik ke sana?

Cuss-lah datang, mumpung lagi ngehits, tiket masuk gratis, dan lokasinya mudah dijangkau. Tapi ingat, jangan buang sampah sembarangan ya!

See u when i see u again.

Salam,
@meifariwis

4 komentar :

  1. Kesan baca judul Angker, setelah Lihat foto cukup Modis tempatnya, :))

    BalasHapus
  2. iya bagus kok gandi. malah instagramable banget haha

    BalasHapus
  3. Mama mertua dan om udh wanti2 kalo aku ke solo lg, hrs kesana mei. Tapi aku bingung, itu berasa panas terik, memangnya tempat outdoor yaaaa? Aku siap2 bawa payung kalo gitu wkwkwkwk

    BalasHapus
  4. Indoor sih MB. Tapi sebelum masuk lewat outdoor di jadi panas banget wkwkkw

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis

Back to Top