10 Merchandise dari Custombagus Sebagai Ajang Promosi Brand Perusahaan

Assalamu'alaikum :)

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika promosi adalah salah satu faktor terpenting dalam memasarkan sebuah produk. Aktivitas promosi ini banyak dilakukan oleh pengusaha, perusahaan, sampai dengan lembaga pemerintahan yang ingin memperkenalkan, mengingatkan, bahkan membujuk konsumen untuk mengenal lebih jauh tentang usahanya tersebut. Selain memberikan informasi kepada konsumen, promosi juga berfungsi sebagai ajang branding perusahaan agar selalu diingat oleh masyarakat luas. Semakin banyak melakukan promosi maka brand atau merek perusahaan akan menjadi terkenal dan mudah diingat. Salah satu media yang paling sering digunakan untuk ajang branding ini adalah melalui media produk. Media produk ini dapat kita temukan di berbagai macam merchandise yang ada logo perusahaannya. Merchandise ini mampu memperkuat brand image kepada masyarakat sehingga konsumen akan selalu menempatkan merek perusahaan itu menjadi merek utama.


Berbicara mengenai merchandise, kita sering menjumpainya di berbagai kesempatan seperti saat seminar, ulang tahun, undangan pernikahan, kalender, sampai dengan merchandise kecil-kecil seperti pin yang telah merajalela di kalangan masyarakat. Fungsi utama dari merchandise ini selain menampilkan logo perusahaan atau ikon usaha seseorang juga sebagai ajang promosi kreatif. Maksud kreatif di sini adalah merchandise dapat dijadikan barang multiguna bagi para penggunanya. Sehingga konsumen tidak hanya mengingat produknya tapi juga dapat merasakan manfaatnya.


Merchandise memiliki bentuk dan jenis yang sangat bervariasi, perusahaan tinggal memilih dan menentukan merchandise mana yang sekiranya cocok sebagai ajang promosi. Selain memerhatikan kegunaannya, perusahaan juga harus cek dan ricek lagi masalah budget yang sesuai dengan keuangan mereka supaya promosi ini juga dapat memberikan keuntungan yang lebih untuk perusahaan tersebut. Adapun jenis-jenis merchandise yang dapat dijadikan banding perusahaan antara lain:

1. PULPEN DAN BUKU AGENDA


Seperti yang kita tahu pulpen dan buku agenda sangat memiliki manfaat yang besar. Bagi konsumen dapat dijadikan sebagai alat tulis sedangkan untuk perusahaan dijadikan daya jual untuk menarik perhatian masyarakat dengan cara menampilkan logo perusahaannya. Dua barang ini juga sangat cocok sebagai souvenir maupun hadiah bagi klien dalam mempererat kerjasama. Jadi tidak salah lagi jika buku dan pulpen menjadi merchandise favorit pengusaha dalam mempromosikan brandnya.

2. TOTE BAG


Media promosi yang biasa digunakan yang kedua adalah tote bag atau lebih kerennya disebut tas kanvas. Selain dijumpai saat seminar, event, maupun acara komunitas sebagai cinderamata ternyata tote bag ini dapat juga dijadikan ajang branding karena biasanya terdapat gambar logo perusahaan. Tote bag ini memiliki banyak sekali fungsi seperti tempat dompet, tempat menaruh buku agenda, maupun perlengkapan kosmetik.

3. HELM


Siapa yang pernah beli sepeda motor lalu diberi hadiah helm? Kalau saya pernah dan itu membuktikan bahwa helm adalah salah satu merchandise yang mampu menaikkan brand perusahaan. Pasalnya, selain sebagai pelindung kepala, orang-orang bisa terpaku pada logo di helm yang kita gunakan dan akan membekas di ingatan masyarakat mengenai perusahaan tersebut.

4. PAYUNG


Payung memiliki banyak fungsi dan sangat dibutuhkan di kala musim penghujan bahkan saat kemarau sekalipun. Banyak perusahaan yang sudah memakai merchandise ini sebagai ajang promosi kreatif.

5. KAOS


Kaos adalah media promo paling ngehits yang bisa kita jumpai dimana saja. Saat kampanye misalnya, orang berbondong-bondong memakai kaos gambar si A supaya mudah dikenali. Saat events perusahaan, banyak orang memakai kaos bertuliskan logo perusahaan tersebut. Tujuan utamanya tak lain dan tak bukan adalah sebagai ajang branding.

6. JAKET


Merchandise selanjutnya yang biasa dipakai untuk promosi adalah jaket. Ada banyak sekali model jaket yang digandrungi masyarakat seperti jumper, vest, maupun sweater. Jaket ini biasa dimiliki oleh komunitas untuk memperkenalkan kegiatannya pada khalayak ramai.

7. TOPI


Alternatif lain yang digunakan oleh perusahaan untuk menarik minat para konsumen adalah topi. Sebagaimana kita tahu topi juga merupakan merchandise kreatif yang sangat berguna untuk menutupi kepala maupun aksesoris tambahan.

8. PIN


Pin adalah merchandise yang hampir semua perusahaan pernah menggunakannya sebagai ajang promosi. Selain simpel, pin ini bisa ditempelkan dimana saja seperti di baju, tas, maupun topi.

9. MUG


Mug juga biasa dipakai untuk souvenir dan hadiah. Mug biasanya ditempeli logo perusahaan yang memudahkan konsumen untuk senantiasa mengingat merek perusahaan tersebut.

10. JAM DINDING


Merchandise yang terakhir adalah jam dinding. Selain sebagai penunjuk waktu, perusahaan bisa menempelkan logo di dalamnya supaya dapat menciptakan brand image.

Jika sudah menentukan merchandise apa saja yang dapat digunakan sebagai ajang promosi, lalu dimana tempat yang cocok untuk membuat atau memesan merchandise tersebut? Mending kenalan dulu deh sama Custombagus.


Custombagus adalah tempat customs untuk membuat segala macam merchandise menarik untuk semua kebutuhan promosi. Banyak produk yang dihasilkan oleh Custombagus seperti alat tulis dan keperluan kantor, aksesoris fashion, baju, stiker, dan bahkan alat rumah tangga juga ada, semuanya bebas kita pilih. Kita bisa menampilkan logo, brand, dan desain yang kita inginkan. Bisa membuatnya dalam bentuk satuan ataupun lusinan supaya lebih murah.

Mengapa harus memilih Custombagus sebagai partner kita dalam mempromosikan brand? Berikut saya sebutkan poin-poin penting apa saja yang dimiliki oleh Custombagus ini:


Masih tidak percaya dengan keuntungan gabung di Custombagus? Ada kok beberapa testimoni pelanggan yang sudah menggunakan jasa Custombagus ini, jadi kita tidak perlu khawatir lagi akan kualitas produksinya. 


Nah, sekarang kita tak perlu bingung lagi mau pesan merchandise keren dan unik dimana. Tentunya ya hanya di Custombagus (SATU TEMPAT UNTUK KEBUTUHAN PROMOSI ANDA!!!) Yuk capcus langsung ke showroom Custombagus saja atau bisa hubungi alamat yang tertera di bawah ini :)


Showroom Custombagus

Salam,
@meifariwis

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Custombagus

Lomba Blog: Inovasi Produk Bersama CustomBagus

17 komentar

  1. good luck ya Mei semoga menang

    BalasHapus
  2. good luck mba.. ulasannya juga menarik. saya lebih suka merchandise kaos atau buku sama pulpen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mas semoga bermanfaat

      Hapus
  3. Belum pernah bikin semuanya. :D Tapi memang ada rencana membuat desain untuk marchendise. >.<

    BalasHapus
  4. Gue lebih tertarik ke T-shirt nya, karena t-shirt juga efektif buat ajang promosi. Kayak ngeletakin domain blog kita di baju, kan keren juga tuh, kan mana tau nyangkut satu orang setelah liat baju kita :p

    Goodluck, mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya t-shirt memang sangat diminati dan bisa dijadikan ajang promosi yg baik. Boleh juga, masukin url blog di baju wkwkwkwkw

      Amin, makasih ya

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Pas gue baca blognya sepertinya menarik, eh enggak taunya, di ujungnya ada naga indosiar. hahahahhah :D Moga jadi salah satu blogger yang beruntung ya mbak mei. Salam Bimax :D

    BalasHapus
  7. owh beli motor dapet helm itu salah satu strategi naikin brand perusahaan juga yak, gue kira emang dapet gratis aja gitu, baru tau heheh...thanks

    btw, semoga menang lombanya nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup bener, itu salah satu strategi branding perusahaan hehehe

      Amin, makasih ya

      Hapus
  8. aku naksir totebag sama kaosnya.. :3
    tapi pesen disini belum pernah sih, mungkin bisa jadi refrensi.
    good luck ya mbak buat lombanya :D

    BalasHapus
  9. Oke, kesepuluh poin di atas gue setuju. Karena dengan merchandise, image sebuah perusahaan akan lebih baik. Bahkan bikin nyantol di otak. Promosi adalah senjata utama dari sebuah usaha. Jadi jangan takut promosi!

    O ya, semoga menang ya. Tulisan lengkap dan jelas. Aamiin... :)))

    BalasHapus
  10. Wah sangat bermanfaat hihi
    Saya sering jumpain semuanya wkwk.Btw semoga berhasil mbak, good luck :)

    BalasHapus
  11. Anonim5/03/2016

    Ide 10 merchandise untuk ajang promosinya cukup menarik. Terlebih lagi terdapat pula komik strip di dalam tulisan. Semoga beruntung ya :)

    FYI, jika ingin Cetak Kartu Nama Murah bisa menghubungi CustomBagus :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis