Minggu, 28 Mei 2017

Ujian Karya Tulis Anak Kelas 6 SD

Akhir April kemarin adalah momen paling bersejarah bagi anak-anak kelas 6. Selain sudah menyelesaikan serangkaian ujian praktek menjelang UN, mereka juga sudah melewati 1 tahapan yaitu mengikuti ujian karya tulis. FYI, sekolah tempat saya mengajar memang ada 1 kegiatan khusus buat anak-anak kelas 6 yaitu belajar membuat karya tulis (KT).


Proses kegiatan KT ini sudah berlangsung sejak tahun lalu, jadi ini adalah tahun kedua kegiatan KT di sekolah. Awalnya kami sempat tidak percaya bahwa anak-anak usia sekolah dasar mampu membuat sebuah tulisan berupa karya tulis. Tapi ternyata, mereka berhasil membuktikan kepada guru-guru kalau mereka bisa. Yeyeyeye Miss Mei bangga deh :)

Seperti tahun sebelumnya, koordinator KT tahun ini tetap saya dan Miss Cicil yang memegang. Saya sih senang diberi kepercayaan oleh kepala sekolah buat mengajari mereka, tapi mudah-mudahan tahun depan ganti guru biar regenerasi gitu, biar guru yang lain juga belajar. 

Sebagai koordinator sekaligus wali kelas 6 tentu banyak tantangan baru yang saya hadapi. Harus ekstra mengajari anak-anak, karena tahun ini jumlahnya bertambah menjadi 13 anak. Mereka pun membuat KT ini dengan berbagai tema yang berbeda jadinya saya harus sabar dan selalu semangat. Untungnya banyak guru-guru yang membantu.

Tahun ini ada 13 anak dengan 13 tema yang berbeda, nanti saya jelaskan satu per satu ya. Mereka memilih tema sesuai dengan keinginan mereka sendiri kok, 1 anak diampu oleh 1 pembimbing. Ya seperti kegiatan waktu kita dulu skripsilah, tapi ini cakupannya masih level SD. Kami juga tidak mau mengekploitasi anak, apalagi menyuruh mereka melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan umur mereka, BIG NO!

Ujian KT ini berlangsung pada hari Jumat, 28 April di aula SDS Charis Global. Acara ini dihadiri oleh seluruh guru SD serta anak-anak kelas 4, 5 SD, dan 1 SMP.

Langsung saja yah :)

πŸ‘¦ LOUIS


Siswa pertama yang mempresentasikan KT mereka adalah Louis Manolito. Anak laki-laki yang terkenal dengan kepercayaan dirinya yang tinggi ini menjelaskan karya tulisnya di depan dewan penguji dengan judul "Pengolahan dan Penyajian Data Menggunakan Microsoft Excel 2010". Louis mengambil tentang kajian data karena dia memang suka pelajaran matematika, jadi wajar saat dia presentasi terlihat penuh percaya diri.

πŸ‘§ KEISHA


Keisha ini memilih pelajaran IPA untuk diangkat sebagai bahan karya tulisnya. Tema yang diambil lebih spesifik mengarah pada kehidupan planet. Oleh karenanya dia memilih judul "Kehidupan Selain di Bumi" karena ia ingin membahas apakah ada kehidupan lain entah tumbuhan atau hewan yang ada di planet lain.

πŸ‘¦ MARCELLO


Cello begitu nama akrabnya, menuliskan karya tulis dengan judul "Solving Word Problems with Fractions". Dia sengaja memilih dalam bahasa Inggris serta pelajaran matematika karena Cello memang menyukai Mathematics. Dengan penuh rasa percaya diri dia pun sukses mempresentasikan karya tulisnya.

πŸ‘¦ JONATHAN


Salah satu peserta yang berhasil membuat penonton terperangah karena kagum dengan presentasinya adalah Jonathan. Anak laki-laki yang selama proses karya tulis ini terkesan biasa saja namun saat presentasi dia mampu membuat penonton terkesima. Presentasinya bagus, tata bahasanya baik, serta ada video yang dipakai untuk mempermudah penonton menyaksikan dan memahami karya tulisnya. Jojo menulis KT ini dengan judul "Aerodynamics" karena dia memang suka science.

πŸ‘§ METTA


Metta memilih judul "The Danger of Alcohol and Drugs" sebagai bahan karya tulisnya. Metta juga suka dengan dunia Science sehingga KTnya pun masih berbau-bau hal tentang narkoba dan alkohol. Metta ingin menyampaikan betapa bahayanya jika mengonsumsi barang haram tersebut.

πŸ‘§ JOVINA


Jarang sekali ada anak yang tertarik membahas dunia internet, komputer, dan sebagainya. Tapi Jovina mampu membuktikan lewat karya tulisnya. Dia memilih judul "Peran Internet dalam Proses Belajar Mengajar". Presentasinya juga bagus dan menarik perhatian.

πŸ‘§ KAREN


Karen membahas tentang majas. Lebih spesifik lagi dia memberi judul "Manfaat Majas dalam Karya Sastra". Dia menyampaikan bahwa majas itu bisa memengaruhi sebuah karya, membuat semakin menarik, dan tidak membosankan. Presentasi Karen juga terbilang cukup sukses.

πŸ‘¦ DIEGO


Diego ini sebenarnya mengambil teman yang cukup menarik yaitu rasio dalam matematika, makanya karya tulisnya berjudul "The Simple Application of Ratio in Our Daily Life". Sayangnya saat presentasi Diego banyak diam, mudah-mudahan next project makin berani dan percaya diri deh.

πŸ‘§ KELLY


"Organ pada Sistem Pencernaan Manusia" adalah judul yang dipilih Kelly dalam karya tulisnya. Dia memang anak yang terkenal suka pelajaran IPA, makanya KT ini dia membahas organ pencernaan. Katanya sih dia mau jadi dokter, Miss Mei aminkan ya.

πŸ‘¦ JASON


Presentasi Jason bagus, dia menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar. Sayangnya penampilannya tidak diimbangi dengan memakai seragam lengkap, dia nggak pakai dasi, dan malah pakai celana jeans. Hadewwwwwww! Oh ya judul karya tulis Jason adalah "Evolution of Sea Transportation" 

πŸ‘§ BEAUTY


Kali ini Beauty mengambil tema dengan pelajaran PKn yaitu tentang "Peran Ir. Soekarno dalam Perumusan Teks Pancasila". Dia membahas latar belakang terjadinya Pancasila dan peran serta Ir. Soekarno di dalamnya seperti apa. Presentasinya tergolong bagus dan rapi.

πŸ‘¦ HUGO


"Sejarah Peperangan Negara Yunani" adalah judul karya tulis milik Hugo. Temanya mengambil salah satu materi di pelajaran IPS. Hugo sukses membawakan presentasinya.

***

Setelah semua anak-anak kelas 6 tampil selanjutnya acara diganti menjadi lebih rileks, yaitu menyaksikan video dan sharing bersama. Selanjutnya barulah foto-foto dengan guru serta murid-murid.

Foto dengan seluruh guru SD

Foto dengan guru pembimbing

Foto bersama guru dan siswa SMP

Foto bersama kelas 4 dan 5 SD
Tahun ini ujian karya tulis berjalan lancar, mudah-mudahan seterusnya juga begitu. Harapan saya mah cuma satu, anak-anak bisa enjoy dalam menjalani karya tulis ini, hahaha.

Eh tapi saya punya tips juga alis Do and Do not apa saja selama proses karya tulis. (Do tanda love, Do not tanda broken heart ya)

πŸ’— Pilih tema karya tulis sesuai dengan kemampuan, yang bisa dikuasai, dan memang disukai.
πŸ’” Pilih tema hanya karena terpaksa bingung mau pilih apa, jadinya nanti stuck di jalan.

πŸ’— Mengerjakan karya tulis tepat waktu, terutama saat mengumpulkan.
πŸ’”Menunda-nunda mengerjakan karya tulis, jika sudah begitu nanti bakalan menumpuk dan terlambat untuk submit.

πŸ’— Cari bahan dari buku, internet, majalah, atau narasumber langsung.
πŸ’” Copy paste saja dari internet.

πŸ’— Saat ujian pakai seragam lengkap.
πŸ’” Ujian pakai seragam seadanya tidak sesuai peraturan.

πŸ’— Segera selesaikan karya tulis setelah direvisi oleh dewan penguji.
πŸ’” Malas merevisi ulang, akibatnya nanti lupa apa saja yang disampaikan oleh penguji.

Btw,ini kegiatan memang hanya di sekolahanku. Tapi bolehlah diadopsi sekolah lain jika sesuai dengan kurikulum sekolah. Ya udah segitu dulu aja ya cerita tentang blog berlabel "SCHOOL". Terima kasih yang sudah banyak membantu Miss Mei yah. Kalian dulu waktu SD disuruh bikin karya tulis nggak sih?

Salam,
+mei wulandari

7 komentar :

  1. keren banget anak SD kelas 6 uda ujian karya tulis dulu sekolahku ga ada yang beginian mba ahahah

    BalasHapus
  2. muridnya keren semuaaa, kelas 6 SD sudah bikin KT, pas SMP SMA udah bikin teknologi baru nih

    BalasHapus
  3. Keren banget deh anak SD jaman sekarang, kayaknya saya dulu itu bikin tugas mengarang aja pusing minta ampun sangking gak tau apa yang mau ditulis, tapi mereka bisa bikin karya tulis yang temanya juga bagus-bagus banget. Keren!

    BalasHapus
  4. hebat yaa.. anak sd udah bisa bikin karya tulis, kalau aku dulu belajar karya tulis baru di SMP.

    BalasHapus
  5. anak jaman sekarang makin keren ya mbak mei. Baru kelas 6 SD udah bikin KT. Jaman aku kecil dulu mana ada beginian? hehe. Btw aku paling favorit sama Karen. Karena di antara hampir semua peserta mempresentasikan seputar science, math, technology, dia tampil anti mainstream membahas majas. Ah tetiba jadi bangga sbg orang Indonesia dan berbahasa Indonesia. Keren kamu Karen...! *lho?

    BalasHapus
  6. Superb ya mbak Mei anak SD sekaranng udah macam kita dullu kuliah aja pake segala presentasi dan bikin karya tulis. Semoga next year bisa regenerasi ya kadang jadi PJ begitu capeek juga tapi jadi banyak pengalaman :D

    BalasHapus
  7. Memang beda yaaa anak jaman dulu ama sekarang :p.. Dulu aku jg prnh disuruh bikin KT tp presentasinya ga sekeren ini dan temanya jg ga seberat itu sih wkwkwkw...duuh gmn nanti jaman anakku :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung :)

Back to Top