Tips Memulai Usaha Kuliner di Masa Pandemi

Semenjak ada pandemi Covid-19 ini, kegiatan yang banyak saya lakukan adalah work from home. Nggak hanya saya, tapi juga banyak teman yang melakukan hal serupa. Sedihnya, gara-gara Covid-19 ini juga ada beberapa karyawan yang akhirnya mengalami pemutusan hubungan kerja. Akibatnya banyak yang banting setir dengan membuka usaha.

Salah satu usaha yang lagi ngetren saat ini adalah usaha di bidang kuliner. Nggak cuma yang kena PHK saja, tapi peluang ini juga dimanfaatkan sama adik saya untuk berjualan makanan dan masker. Apalagi sejak ada Covid-19 kan kita nggak boleh keluar rumah (kalau nggak penting-penting amat), makanya banyak yang mengandalkan jasa ojek online bila mau beli makanan. Karena banyak peminatnya, adik saya pun memaksimalkan usahanya dengan berjualan makanan online tersebut.

Usaha kuliner saat pandemi @bikinan.mamah

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Memilih Dave Apartement Sebagai Hunian Berinvestasi Tinggi

Sekitar tahun 2017 saya dan suami mulai merintis usaha di bidang desain interior. Secinta itu kami sama urusan keindahan dan tatanan dalam rumah, apartemen, hotel, kantor, maupun bangunan lainnya. Lagipula suami memang bekerja di dunia interior. Jadi makin mantap untuk bergerak di bidang desain interior ini. Apalagi di zaman milenial begini banyak sekali orang-orang yang memimpikan hunian minimalis. Pas banget sama target kami, hehe.


Momen-Momen di Tahun Pelajaran 2019-2020

Tahun pelajaran 2019-2020 memang sudah berlalu, tapi saya mau cerita sedikit mengenai momen-momen yang terjadi selama tahun ini ya ❤


Krisis Air Tanggung Jawab Siapa? Hemat Air, Yuk!

"Air Untuk Kehidupan" sumber foto pixabay

“Miss Mei, kenapa ya kita tidak boleh main air?” 
“Miss, apa benar tubuh kita terdiri dari air?”
“Miss Mei, mengapa air sangat penting bagi kehidupan?”

Pengalaman Menjadi Seorang Guru SD

Yah bulan Aprilnya dah kelewat ya? Hahaha, terlalu sibuk dengan dunia nyata sampai draf postingan blog terlupakan. Sebenarnya mau cerita tentang bulan April yang merupakan bulan bersejarah dalam hidup. Tapi nggak apa, welcome May. Insyaallah bulan Mei juga jadi bulan-bulan yang indah, amin.

Layanan Rapid Test Halodoc

Semenjak isu virus corona yang terjadi di China akhir tahun lalu, sekolah tempat saya bekerja sudah mulai memikirkan kemungkinan terburuk dengan cara antisipasi wabah ini. Terhitung tepat tanggal 27 Januari 2020, sekolah sudah memberlakukan tindakan pemakaian masker.

Himbauan memakai masker

Jalani Hidup Apa Adanya Meski Berperan Ganda


Menjadi seorang guru adalah impian saya sejak kecil, makanya saat dapat kesempatan untuk mengajar di sekolah swasta, saya nggak sia-siain kepercayaan itu. Syukurlah saya kini telah menjadi guru SD sudah hampir lebih dari 7 tahun. Peran saya memang menjadi ganda, sebagai ibu dan istri saat di rumah dan menjadi guru saat di sekolah. Tetapi, jalani hidup apa adanya dan tanpa syarat ketentuan inilah yang saya terapkan meski harus memiliki banyak peran dalam keseharian.

Semakin Disayang Suami Semenjak Mandi Parfum dari Vitalis Body Wash

Salah satu hal yang membuat hati berdebar-debar, napas kembang kempis, dan detak jantung tak beraturan adalah jatuh cinta. Apalagi jatuh cinta untuk yang kedua kalinya kepada orang yang sama, rasa dan sesasinya sangatlah berbeda. Kali ini lagi-lagi saya dibuat mabuk kepayang oleh si dia. Ya, saya jatuh cinta untuk yang kedua kalinya. Sama siapa lagi kalau bukan sama suami, uhuk.

Jatuh cinta berjuta rasanya

Hijaunya Papua Membuat Rasa Penasaran untuk Menjelajahinya

“Nduk, nanti kalau kamu sudah besar dan bekerja, tidak usahlah pilih-pilih tempat kerja.”

“Maksudnya Pak?”

“Ya kamu bisa ngajar di mana saja, termasuk di Indonesia bagian timur seperti Papua. Bapak malah senang kalau kamu punya banyak pengalaman.”

“Memangnya di sana ada apa Pak?” 

“Banyak. Kamu bisa belajar arti hidup yang sesungguhnya, berkelana di alam bebas, lihat hutan dan sumber daya alam yang melimpah.” 

Menikmati Steak 21 dengan Fitur Treats by Traveloka Eats

Saya dan suami punya banyak kesamaan, salah satunya sama-sama suka kulineran. Ditambah lagi sekarang punya anak, kesamaan kami jadi makin lengkap. Kuliner yang kami bertiga sukai yaitu steak. Siapa sih yang nggak suka sama olahan daging yang dibuat steak? Aduh, kalau saya mah nggak bakal nolak nih kalau dikasih, hehehe.

Funny Conversation FUNCO #5

Melanjutkan sesi #FUNCO yang ke-5, kali ini masih membahas seputar percakapan-percakapan seru antara saya dan Kenzo. Mumpung masih ingat jadi saya dokumentasikan lewat tulisan di blog. 


#MamiCantik

Kenzo emang udah tidur sendiri di kamarnya. Semenjak pindah rumah, kami memang sengaja mengajarkan Kenzo untuk terbiasa tidur sendiri alias nggak bobo bareng mami dan papinya lagi. Tapi sebelum tidur, pasti saya kelonin dia dulu. 

Baca juga: Pindah Rumah

Mudahnya Top Up Game di Codashop Pakai GoPay


Beda zaman emang beda cara bermain ya dan saya setuju sama pendapat itu. Sewaktu masih kecil, dulu saya suka main bareng teman-teman di halaman rumah seperti main gobak sodor, lompat tali, bongkar pasang, bahkan main layang-layang. Permainan seperti itu emang udah jarang banget ditemui di zaman sekarang ini. Terus anak-anak sekarang main apa sih ya?

Memilih Hotel Borobudur Jakarta untuk Staycation

Baru dua hari yang lalu suami saya pulang dari Semarang untuk mengikuti diklat animasi dari Kementerian Perindustrian. Sebelumnya kami terpaksa harus menjalani LDR selama satu bulan. Selama LDR inilah kami banyak merencanakan beberapa hal yang bisa kami lakukan saat sudah bersama lagi. Dan yah, kami memilih untuk staycation berdua, hehehe. Semacam nostalgia seperti zaman awal-awal nikah dulu. Maklum setelah punya anak, urusan kami sebagai pasangan suka terlupakan. 

Baca juga: LDR dengan Suami

LDRan selama sebulan nih

LDR dengan Suami


Jujur nggak bisa bayangin gimana rasanya kalau harus LDR (long distance relationship) dengan suami. Nggak mau banget karena pasti kangen dan sedih, huhuhu. Semenjak menikah, satu kali saya dan suami pernah LDR, kira-kira hanya sekitar 3 bulanan (lupa-lupa ingat). Itu juga karena saya nggak mau pindah kerja, soalnya udah jatuh cinta banget sama Charis Global School, hahaha.

Funny Conversation FUNCO #4

Balik lagi mengisi postingan blog dengan cerita-cerita receh ya. Btw, series #FUNCO ini saya tulis kembali untuk mengenang percakapan-percakapan absurb yang terjadi di diri saya, entah dengan murid di sekolah, rekan kerja, anak, suami, maupun orang-orang di sekitar.


Baca juga: Funco 1, 2, dan 3

Jalan-jalan ke Tumurun Private Museum Solo

Jalan-jalan ke Tumurun Private Museum Solo

Jalan-jalan ke Tumurun Private Museum. Salah satu hal yang paling saya suka saat mudik adalah bisa kembali ke tempat-tempat yang dulu pernah saya singgahi. Ceritanya sih bernostalgia sambil menikmati wisata kuliner gitu. Sekalian liburan tipis-tipis setelah penat dengan segudang aktivitas di sekolah. 


Pengalaman Periksa ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Wonogiri

Mami dan Kenzo ke dokter kulit dan kelamin

Siapa sih yang nggak sedih kalau ditanyain terus menerus sama orang-orang mengenai kondisi anak kita? Ya pasti semua sedihlah, terutama ibu. Alih-alih bersimpati, tapi mereka tuh malah ujung-ujungnya nyinyir, sok nasihatin padahal tajem banget omongannya. Maaf banget nih kadang suka baper sama orang-orang yang kepo kayak gitu, hahaha. 

Positif dan Negatif Ikut Arisan Ibu-ibu


Tak bisa dipungkiri lagi kalau sekarang ini saya sudah menyandang gelar sebagai "ibu-ibu", lebih tepatnya lagi "emak-emak". Lah, sama aja kali cuy 😀 Yah mau dikata apa lagi, padahal muka ya masih unyu, umur juga belum tua banget, tapi kenapa mas-mas dan mbak-mbak Indomaret selalu memanggilku "Bu", beda sama SPG Matahari yang sok akrab panggil "Kakak", wkwkwkw.

Pengalaman Naik Bus Tingkat Agra Mas

Liburan sekolah kemarin seperti biasa saya pulang kampung bareng suami dan Kenzo. Lumayan banyak sih liburnya jadi saya bisa puas jalan-jalan, kulineran, dan tentu saja foto-foto. Skip dulu deh mengenai jalan-jalannya karena saya mau bahas tentang bus tingkat yang kemarin saya naiki.


KAYA INTERIOR FURNITURE, Usaha Baru di Bidang Desain Interior


Tahun baru ini diawali dengan postingan tentang interior aja ya. Sebenarnya udah lama suka sama dunia desain. Dulu bahkan sewaktu masih kecil (SD kalau nggak salah), saya suka bikin gambar desain rumah ala-ala. Membuat beberapa kamar tidur lengkap dengan bantal gulingnya. Membuat ruang tamu lengkap dengan sofanya, dan seterusnya.