Tips Memulai Usaha Kuliner di Masa Pandemi

Semenjak ada pandemi Covid-19 ini, kegiatan yang banyak saya lakukan adalah work from home. Nggak hanya saya, tapi juga banyak teman yang melakukan hal serupa. Sedihnya, gara-gara Covid-19 ini juga ada beberapa karyawan yang akhirnya mengalami pemutusan hubungan kerja. Akibatnya banyak yang banting setir dengan membuka usaha.

Salah satu usaha yang lagi ngetren saat ini adalah usaha di bidang kuliner. Nggak cuma yang kena PHK saja, tapi peluang ini juga dimanfaatkan sama adik saya untuk berjualan makanan dan masker. Apalagi sejak ada Covid-19 kan kita nggak boleh keluar rumah (kalau nggak penting-penting amat), makanya banyak yang mengandalkan jasa ojek online bila mau beli makanan. Karena banyak peminatnya, adik saya pun memaksimalkan usahanya dengan berjualan makanan online tersebut.

Usaha kuliner saat pandemi @bikinan.mamah


Adik saya menjual makanan berupa asinan buah, aneka kue kering, rice bowl, macaroni setup, ayam rica-rica, soto, ayam teriyaki, oseng-oseng cumi, perkedel, capcay, dan lain-lain. Pokoknya makanan khas rumahan banget, jadi yang malas masak atau mau praktis bisa pesan ke dia saja. IG usaha adik namanya @bikinan.mamah (area Solo dan sekitarnya), cuss deh kepoin! Soal rasa dijamin enak kok, hehe.

Saat sharing sama adik, ada beberapa hal yang “wajib” diperhatikan saat buka usaha kuliner. Karena namanya bisnis pasti punya saingan yang nggak sedikit, jadi harus "spesial" di mata konsumen. 

Sharing tips memulai usaha kuliner

Nah berikut adalah Tips Memulai Usaha Kuliner di Masa Pandemi ala Adik Saya.

1. Rasa yang Utama

Soal rasa emang nggak bisa dikompromi sih ya. Makanan pasti yang diicip pertama adalah rasa. Makanya adik menyarankan bila mau jualan, pilih makanan yang benar-benar dikuasai karena imbasnya nanti pada cita rasa makanannya.

2. Tentukan Harga Sesuai Target

Nah selain rasa, harga juga menentukan nih. Apalagi adik saya jualan makanan rumahan jadi range harganya masih terjangkau. Sebenarnya harga ini bisa bervariasi ya tergantung jenis usaha yang dijalankan.

3. Pilih Bahan Dasar dengan Kualitas yang Baik

Bahan baku harus fresh

Membuat makanan tentu diawali dengan memilih bahan-bahan dasarnya terlebih dahulu. Kalau membuat makanan rumahan ya tentu sayurannya harus segar, buahnya harus baru, serta bumbu-bumbu lainnya juga nggak boleh sembarangan.

4. Pilih Metode Pemasaran yang Tepat

Di masa pandemi begini cocok juga bila makanan yang dijual nggak hanya sistem offline tapi juga online. Ikut GoFood atau via whatsapp dan instagram juga bikin usaha kita dikenal banyak orang. Intinya manfaatkan teknologi.

5. Buat Logo dan Kemasan/Bungkus yang Menarik

Logo dan kemasan yang menarik

Logo itu penting banget sebagai identitas produk. Pilih juga kemasannya yang cocok sama makanannya.

6. Adakan Promo

Sesekali buat promo atau diskonan itu perlu mengingat masih banyak yang tertarik dengan harga terjangkau. Persaingan yang makin ketat membuat pengusaha harus memikirkan pemasaran yang unik.

7. Yakin dan Terus Berinovasi

Buka bisnis juga harus punya keyakinan dengan tekad untuk terus melakukan inovasi yang menarik. Nggak boleh stuck hanya di awal tapi mesti terus memperhatikan keinginan pasar.


Akh, ternyata dalam membuka usaha ada banyak hal yang mesti dipikirkan ya, hahaha. Saya jadi banyak belajar nih jadinya.

Oh iya salah satu yang perlu dipikirkan juga saat memulai usaha kuliner yaitu mengenai sistem transaksi kepada para konsumen serta rekapan hasil jualannya.  Ribet juga ya kalau misal harus bikin laporan harian atau pencatatan secara manual. Apalagi di zaman serba canggih seperti ini, sepertinya cara konvensional sudah mulai ditinggalkan.


Agar lebih lancar, pengusaha kuliner bisa menerapkan pembukuan tanpa harus ribet mencatat ini itu dan tentunya bisa mengeceknya kapan saja dan di manapun berada dengan menggunakan Pos System.

Mempermudah Operasional Usaha dengan Pos System

Ternyata eh ternyata, sistem yang dipakai oleh beberapa pengusaha makanan online ini adalah menggunakan Pos System. Saya sudah beberapa kali melihat penggunaan Sistem Pos ini di berbagai restoran di mall atau cafe. Eh apa sih itu Pos System? Barangkali ada yang tahu? Yuk coba kita saling sharing.

Pos System atau Poin of Sale ini merupakan sebuah sistem operasional dari berbagai usaha untuk menyelesaikan transaksi jual beli yang sedang berlangsung. Pos system ini sudah banyak digunakan oleh berbagai jenis usaha seperti restoran atau cafe, minimarket/toko, maupun supermarket. 

Kalau dulu kebanyakan Pos system masih memakai alat kasir konvensional, yang mencatat dan mencetak struk, lengkap dengan laci penyimpanan uang. Kalau sekarang Pos system sudah bisa menggunakan smartphone, lebih simpel, canggih, dan efisien tentunya.

Manfaat Poin of Sale (POS) untuk Usaha Masa Kini

Sistem Pos ini ternyata juga punya berbagai macam manfaat. Hal inilah yang menjadikan para pengusaha makanan online mulai beralih pada sIstem Poin of Sale. Adapun manfaatnya adalah:

1. Memproses transaksi secara rinci dan lengkap.

Yups, jadi Sistem Pos ini bisa menjumlahkan transaksi dalam waktu yang bersamaan. Pun kita bisa melihat transaksi pada waktu tertentu sesuai dengan yang kita inginkan secara detail dan lengkap.

2. Transaksi jadi lebih aman dan nyaman.

Karena semua transaksi sudah terintegrasi dalam gadget maka historynya tersimpan rapi dan nyaman digunakan karena lebih praktis.

3. Mencetak struk pembelian secara langsung tanpa menggunakan kuitansi lagi.

4. Mudah mengelola inventaris barang atau makanan maupun stok bahan dasar.

5. Memberikan laporan penjualan secara online kapan saja.


Manfaat menggunakan Pos System dari GoBiz

Nah berhubung usaha kuliner erat kaitannya juga dengan transaksi POS, sekarang ada juga Pos System dari GoBiz yang memudahkan penjual dalam mendapatkan laporan hanya dengan satu aplikasi saja.




1. Berbagai macam menunya sudah terintegrasi dengan GoFood.

2. Mencatat transaksi secara lengkap tanpa melakukan pencatatan manual.

3. Sistem Pos dari Gobiz sudah menggunakan sistem online sehingga bisa dimonitor dan dikelola kapan serta di mana saja.

4. Lebih praktis atur menu di GoFood maupun di outlet.

5. Mencetak struk secara langsung.

6. Laporan harian semuanya sudah terintegrasi pada setiap transaksi secara otomatis.

Testimoni pengguna System Pos dari Gobiz

Ternyata ya banyak sekali manfaat yang didapatkan bagi pengusaha kuliner bila menggunakan System Pos dari GoBiz ini. Yang mau buka usaha bisa nih dicoba.

Semoga saja pandemi ini segera berakhir ya dan usaha kuliner tetap berjalan dengan baik demi keberlangsungan ekonomi saat ini. Amin.

Salam,
@meifariwis


64 komentar

  1. Waaah, ulasannya bermanfaat sekali Kak, kebetulan anak keduaku yang masih SMP udah mulai usaha kue neh, masih kecil-kecilkan sih, siapa tahu nanti bisa pakai ini ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mas, wah keren masih kecil udah usaha ya. Yup, bisa diterapkan nih tipsnya mas

      Hapus
  2. Jadi gak perlu ribet harus mencatat manual ya mbak kalo pas ada pesanan. Keren nih inovasi GoBiz jadi peluang banget buat memajukan usaha rumahan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya alhamdulillah ada peluang GoBiz mas jadi bisa dimanfaatin sama pengusaha kuliner

      Hapus
  3. Selamat yaa usaha adiknya. Lihat foto cuminya udah menggoda, sayang kok jauh di Solo.
    Btw, aku tertarik pakai POS System dari GoBiz deh. Buat UMKM yg kadang bingung pisahkan pemasukan bisnis dan pribadi bisa lebih terkendali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Mba, iya ini sedang merintis usaha kuliner dia hehe
      Iya ini Pos system dari GoBiz lumayan membantu mba

      Hapus
  4. Postingan ini sungguh bermanfaat untuk aku share ke beberapa ibu-ibu muda yang sedang mencari bentuk dan masukan untuk usaha kulineran mereka loh Mba.

    Walaupun terkesan seperti usaha dadakan, tapi paling tidak kesempatan berinovasi dan berusaha di bidang kuliner adalah hal yang paling realistis yang bisa dilakukan para emak.

    Syukurlah POS System bisa bikin bisnis lebih tertata rapi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih ya Mb udah bantu share hehe,

      iya bener harus terus berinovasi nih dan berusaha terus.

      Iya Pos system mebantu sekali

      Hapus
  5. Saya juga ada usaha cuisine rumahan, jualan kukis dan lauk pauk, seperti cocok dengan aplikasi GoBiz ini, gak usah bingung lagi untuk mengontrol pembukuan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siiiip semoga cocok pakai Gobiz ini mba, biar ga ribet catat pembukuan hehe

      Hapus
  6. Aku punya cita-cita buka usaha kuliner kak Mei..
    Dan info tentang pendaftaran go food ini benar-benar bermanfaat buat aku. Nanti setelah ide udah matang, buruan deh aku daftar ke gofood.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga terlaksana ya mba amin.
      Sipp nanti bisa didaftarkan di aplikasi onlinenya biar makin lancar jaya

      Hapus
  7. Sukses buat usaha adaiknya ya Mbak...keren ide dan tipsnya. Baru tahu Syste Pos ini. Banyak sekali manfaat yang didapatkan bagi pengusaha kuliner bila menggunakan System Pos dari GoBiz ternyata. Semoga usaha mereka makin maju dan lancar jaya karena dimudahkan dengan sistem ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba amin makasih doanya. Iya pakai system pos lebih praktis euy

      Hapus
    2. Nah, poin pertama tentang rasa. Seringkali pemula usaha kuliner mengabaikan hal ini. Pokoknya nekat jualan aja. Sehingga saat dirasakan...ya gitu deh. Maka, kurasa mesti diuji coba resepnya sampai nemu rasa yang pas bagi konsumennya

      Hapus
  8. Masa pandemi skrg membuat org kreatif ya. Memutar otak gmn caranya utk bs survive.

    Semoga usaha adiknya laris manis yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba harus pinter2 cari peluang, makasih banyak ya

      Hapus
  9. Kalau punya skill di bagian kuliner, gak ada salahnya coba buka usaha saat pandemi seperti sekarang.
    Walau mungkin sebagian orang sedikit memandang sebelah mata tapi tetap semangat ya..

    Karena disaat pemberlakuan dirumah aja ataupun newnormal kita tetap harus makan dong ya,, sukses buat usaha kuliner adiknya ya.
    Tetap semangat

    BalasHapus
  10. Baru tahu saya mba, ada pos sistem dari gobiz. Kalau untuk usahawan pemula , perlu banget mencatat segala bentuk pemasukan ya mba agar tahu larinya kemana uang tersebut. Emang bisnis kuliner sudah makin berinovasi saat ini.

    BalasHapus
  11. Aku juga lagi bisnis makanan nih, doain lancar yaa,hehehe.. lagi rintis

    BalasHapus
  12. Branding kemasan dan logo itu hal kecil tapi memang ngaruh sih biasanya. Kalo kemasannya cantik bersih seperti punya adikmu itu insyaallah lancar yaa... Kayanya memang menggiurkan, Mei. Kalo di Jember uda pasti kupesan buat makan siang di kantor.

    Aku WFH nya selang seling.

    BalasHapus
  13. Branding dan packaging itu penting banget di zaman kekinian sekarang. POS system sangat memudahkan kita dari sisi pelaku usaha. Udah banyak juga yang menyediakan layanannya, salah satunya Gobiz.

    BalasHapus
  14. Wah bermanfaat banget dan aku baru tau lho ada sistem kayak gini pasti sangat membantu para pedagang ya

    BalasHapus
  15. Sekarang semakin banyak yang buka usaha kuliner, ya. Semoga usaha adiknya etrus dilancarkan dan sukses. Aamiin

    BalasHapus
  16. Cita rasa yang utama ya Mba Mei, noted. Soalnya emang bener, saingannya buanyaakk jd rasa wajib spesial ya. Hmm ada Post System dari GoBiz ya jualan kuliner jd lebih praktiss

    BalasHapus
  17. Pos System bisa bikin bisnis lebih tertata rapi ya mbak jd si owner bisa fokus ke proses pembuatan kualitas produk..mantap ini sistemnya

    BalasHapus
  18. System Pos dari GoBiz sangat membantu ya. Saya juga ada niatan mau buka usaha kuliner. Cuma ga mulai2 nih haduh

    BalasHapus
  19. Eh, saya baru tahu loh ada sistem POS dari Gobiz ini. Pastinya akan sangat membantu biar lebih tertata lagi ini.

    BalasHapus
  20. Saat ini bagi yang pinter masak memang saatnya bergerak. Banyak peluang yang bisa dimanfaatkan. Apalagi ada kemudahan teknologi yang bisa dimanfaatkan. Termasuk dalam hal pencatatan keuangan keluarga.

    BalasHapus
  21. Dunia "baru" banget ini buatkumbak, POS system - inovasi GoBiz - penjualan secara online ... ck ck ck

    kalo ada orang terperangkap di mesin waktu,
    dia datang ke sini pasti udah ga bisa ngikutin jaman ya

    BalasHapus
  22. Pengen jualan makanan tapi ga bisa masak hehehe, yaudahlah ya aku jadi pembelinya aja dan semua udah ada di Gojek, tinggal santap. Semoga semua yg jualan di Gojek laris manis dan sehat juga tetap jaga kualitas makanannya

    BalasHapus
  23. Aplikasi Gobiz itu kayaknya memang wajib dimiliki setiap UMKM ya. Karena akan memudahkan dalam proses administrasinya.

    BalasHapus
  24. Pas banget nih sharingnya. Muridku banyak yg ingin jadi entrepreneur.
    Next Aku sampein ah

    BalasHapus
  25. POS berbasis aplikasi gini emang mempermudah proses dagang banget yah. Bye2 sistem catat manual karena boros waktu

    BalasHapus
  26. Wah keren nih, dari Go Biz ya?
    Sedang berancang ancang untuk usaha kuliner lagi nih
    Dan salah satu kendalanya adalah pencatatan transaksi

    BalasHapus
  27. Memang pandemi ini membuat saya dan suami pun mencari peluang sendiri di bidang kuliner. Jadi saya baru tahu ada Gobiz. Oke juga programnya. Memudahkan buat yang punya usaha atau bisnis, ya.

    BalasHapus
  28. Pos System dari GoBiz ini membantu banget untuk para pengusaha yang nggak sempat mencatat transaksinya secara manual yaaa. Adik saya juga buka usaha kuliner di masa pandemi ini. Semoga usaha adik-adik kita berkah dan laris ya, Mbak.

    BalasHapus
  29. Setuju klo mau bisnis kuliner Soal rasa emang nggak bisa dikompromi sih ya. Makanan pasti yang diicip pertama rasa klo dh yakin baru kita buka utk gofood y

    BalasHapus
  30. Pintu rejeki yang satu tertutup, pintu rejeki yang lain terbuka lebar ya mbak 😊 tinggal pintar-pintarnya saja kita memanfaatkan peluang. Sebagai yang doyan makan tapi malas masak, bermunculannya berbagai macam usaha kuliner ini membuatku sangat bahagia hahaha...

    BalasHapus
  31. Harga yang sesuai rasa dan terus berinovasi untuk usaha kuliner memang sebuah keharusan ya. Pelanggan yg sudah cocok akan setia. Apalagi kalau manajen usahanya sudah menggunakan POS System, pemilik usaha tak diribetkan lagi masalah pembukuan. Fokus pada pemenuhan selera pasar.

    BalasHapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  33. wah asik nih gak perlu catat manual lagi karena ada POS System dari GoBiz. membantu banget para usaha kuliner biar gak ribet sama pencatatan ya mbak :) Infonya lengkap mbak :)

    BalasHapus
  34. GoBiz itu ternyata namanya pos system toh, hehe. Sangat praktis sih menurutku. Sebagai pembeli juga seneng kalau semuanya serba cepat dan efisian. semua penjual sebaiknya make ya biar lebih mudah.

    BalasHapus
  35. Kepingin banget coba bisnis kaya gini. Cuma masih maju mundur gara-gara modal.

    BalasHapus
  36. bisnis kecil skala rumahan skrg terbantu dengan adanya aplikasi berbasis teknologi ya :)

    BalasHapus
  37. Kemasan yang menarik, selain bersih dan jelas Logo nya, jadi daya tarik buat pembeli sih memang.

    BalasHapus
  38. bener sih rasa adalah yang utama ya! Aku baru tau sistem ini nanti ku share ke kakak deh

    BalasHapus
  39. Wah usaha adiknya Mei di Solo tho, kira-kira bisa kirim ke Yogya nggak ya :)
    Tips usaha kuliner nomor 1 dan 2-nya ku setuju banget. Rasa dan harga itu saling berkaitan, kalau rasanya enak, harga lumayan pun tetap dibeli.

    BalasHapus
  40. ulasannya sangat menarik. sejak adanya pandemi malah makin banyak yang membuka usaha. semoga usaha mereka terus meningkat ya.

    BalasHapus
  41. di masa pandemic kaya gini usaha yang bisa dibilang cocok emang di bidang kuliner yaa, beberapa temenku pun lagi banyak yang merintis usaha kuliner hihihi

    BalasHapus
  42. Aduhhh area solo.. area bandung gitu mak.. aku tukang jajan, itu menunya doyananku semua huhu... auto mau

    BalasHapus
  43. wahh kece banget ya Mbak aplikasi sistem gobiz ini sangat memudahkan para penjual.

    BalasHapus
  44. Bener disaat pandemi beberapa temanku juga banyak yang mulai usaha kuliner dan kita saling support. Jadi biar ada perputaran ekonominya juga.

    BalasHapus
  45. Pemilik UKM harus baca ini nih! Ternyata GoBiz itu pos system ya. Pembeli juga seneng kalau semuanya serba cepat.

    BalasHapus
  46. aku dari awal pandemi mikir mau jualan masakan, tapi sampe saat ini belom eksekusi. Karena bingung pasarnya siapa huhu

    BalasHapus
  47. Bisnis kuliner aku juga sudah 3,5thn ini oakai GoBiz dan memang memudahkan kita mengatir jam buka resto, menu yg habis apa saja dll. Membantu UMKM deh pokoknya

    BalasHapus
  48. Jadi Gobiz terintegrasi sama go-food langsung ya ka? Memang usaha makanan sekarang jadi lebih mudah dikenal dan menjangkau para pembeli dengan adanya penjualan online ini.. membantu UMKM untuk tetap survive ya

    BalasHapus
  49. Aku liat cuminya ini lho mba Wul, ngiler juga pengen bikin atau beli
    kalau makanan jadi jauhan, bisa basi gtu nggak sih. Semoga UMKM yang terdampak perlahan membaik ya mba, harapanku setelah dibukanya new normal

    BalasHapus
  50. baru tahu saya aplikasi Pos System ini mba, penjelasannya detail, bisa aku gunakan nanti kalau usahaku dah jalan kali ya, soalnya saya lagi merintis usaha bareng adek, thanks mba sharingnya, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  51. Baru denger GoBiz.
    Menarik sekali yaa...dengan segala kemudahan dan keuntungan yang di dapatkan user.
    Selain pencatatan yang baik, jualan bakalan lebih lancar dan menjadi semakin maju.

    BalasHapus
  52. gobiz, keren! memang sekarang makin banyak yang jual makanan ya mbak, menurutku yang perlu diutamakan selain rasa adalah higienitas. sangat penting di saat pandemi seperti ini

    BalasHapus
  53. sepertinya sekarang banyak sekali yang bisnis kuliner ya mba, terkadang sampai aku bingung sendiri karena begitu banyak tawaran termasuk yang langsung hehehe

    BalasHapus
  54. Sedang kepikiran mau bisnis makanan juga tapi bingung apa hehe. Enak zaman skrng gak usah sedia tempat buat rumah makan atau warung buat bisnis kuliner bisa berjualan via online aja manfaatin fitur GoBiz ya mbak :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis