Momen-Momen di Tahun Pelajaran 2019-2020

Tahun pelajaran 2019-2020 memang sudah berlalu, tapi saya mau cerita sedikit mengenai momen-momen yang terjadi selama tahun ini ya ❤


Juli 2019

MOPD

Diawali dengan MOPD atau Masa Orientasi Peserta Didik. Nggak usah bayangin orientasinya yang macem-macem ya, karena emang sangat sederhana. Bagi sekolahku, masa pengenalan ini dipakai untuk melihat-lihat lingkungan sekolah, berkenalan dengan teman dan guru, serta mendengarkan penjelasan tentang peraturan akademik serta kesiswaan.

Parents Teachers Orientation

Selain ada masa orientasi siswa, ada juga meeting dengan orang tua murid. Kegiatan ini dilakukan untuk mensosialisasikan kebijakan serta peraturan dari sekolah. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ajaran ini saya juga jadi ketua panitianya.

Agustus 2019

LDKS

Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa ini merupakan agenda tahunan di Charis Global. Siswa yang ikut hanya kelas 4, 5, dan 6 SD. Eh kelas SMP juga mengadakan kegiatan serupa ding, hehehe. Selain mengasah kemandirian, kedisiplinan, kegiatan ini juga mempererat hubungan guru dengan murid, ada banyak banget nih kegiatan di sini, belum lagi gamesnya, seru-seru euy.

November 2019

Field Trip

Bulan Educational Field Trip, yeyeye seneng banget karena bisa jalan-jalan sama murid hehe. Tahun ini kami melakukan perjalanan ke Sea World dan Ocean Dream Ancol, Jakarta. Sebenarnya dulu awal-awal saya kerja di sekolah pernah ke sana juga tapi berhubung sekarang muridku banyak yang belum pernah ke sana, jadi cuusss pilihan field trip ya ke Ancol lagi aja hahaha.
Desember 2019 

Year End Clebration

Kegiatan ini merupakan kegiatan kesiswaan untuk menutup pembelajaran di semester 1. Selain itu, juga sebagai bentuk ucapan rasa syukur karena selama 6 bulan kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar. Year End Celebration identik dengan menyanyi dan menari serta makan bersama dengan potluck (makanan dari rumah yang dibawa ke sekolah).

Tahun 2020



Selain kegiatan kesiswaan tentu juga ada kegiatan akademik seperti mid test, final test, dan yang paling ditunggu adalah ujian nasional. Tapi tiba-tiba ganti menteri, tiba-tiba ada corona, semua buyar deh agenda sekolah.

E-learning

Selama ada covid-19 ini sekolah sudah berupaya melakukan antisipasi penyebaran virus ini. Sejak akhir Januari anak-anak sudah dihimbau untuk memakai masker saat ke sekolah dan membawa hand sanitizer. Sampai akhirnya pertengahan Maret sekolah benar-benar diliburkan (home learning). Anak-anak harus belajar dari rumah, guru pun juga work from home.

Melaksanakan e-learning tidak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi semua serba dadakan ya kan, di saat sekolah siap ada orang tua yang belum siap. Di saat bersamaan banyak komplen A I U E O hahaha. Lelah banget deh kalau dipikir-pikir.

Tapi Alhamdulillah 3 bulan menjalani e-learning akhirnya kegiatan itu berakhir sudah. Cuma masih agak ragu juga ya nanti tahun ajaran baru bagaimana. Kan covid-19nya masih ada, mana kurvanya nggak landai-landai lagi, fiyuuuuh.

Tahun pelajaran 2019-2020 ini memang diluar perkiraan. Tapi yang namanya manusia hanya bisa berencana, Tuhan yang sudah menentukan akan jadi seperti apa.

Nah, buat orang tua atau adik-adik, siapkah menyambut tahun pelajaran baru nanti? Ingat, harus tetap memperhatikan protokol kesehatan ya.

Salam,

Ms Mei
Ibu Guru SD hehe

2 komentar

  1. SD swasta ya?? kalau di sekolah swasta seru gini yaa,, apalah diriku yang selalu di negeri :( .. anakku kalau udh SD mau masukin swasta aja deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas sekolah swasta jadi mungkin lebih banyak kegiatannya yg menarik ya hehe

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis