Penderita Mag Tak Boleh Banyak-banyak Minum Vitamin C, Kenapa?


Vitamin C identik dengan rasa yang masam namun juga menyegarkan, terutama jika diminum dalam bentuk jus dan dicampur dengan es batu. Manfaatnya bagi tubuh pun cukup banyak dan sangat sayang untuk dilewatkan. Mungkin kita sering mendengar bahwa penderita mag tak boleh banyak-banyak minum vitamin C. Namun apakah hal tersebut benar? Bagaimana menurut medis? Apakah setiap penderita mag minum vitamin C asam lambungnya langsung naik? Yuk kupas tuntas mengenai vitamin C bagi penderita mag!


Apa itu Vitamin C?


Vitamin C atau yang dikenal dengan nama lain asam askorbat ini merupakan vitamin yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Salah satu sifat vitamin C adalah antioksidan sehingga dapat memberi perlindungan bagi tubuh terhadap kerusakan sel yang diakibatkan oleh adanya radikal bebas.


Tubuh tidak dapat menghasilkan vitamin C, oleh karena itu vitamin C hanya bisa didapatkan dari luar dengan cara mengkonsumsinya. Vitamin C juga berperan dalam pertumbuhan serta perbaikan jaringan yang sangat diperlukan bagi tubuh.


Apakah vitamin C memicu masalah pada penderita asam lambung?



Pada dasarnya, tubuh sudah memiliki sistem yang akan mengatur keseimbangan asam yang ada pada tubuh. Jadi, vitamin C bukan ancaman bagi seseorang yang sebelumnya tidak memiliki riwayat penyakit asam lambung. Namun, jika kamu memiliki penyakit asam lambung sebaiknya berhati-hati ketika mengkonsumsi vitamin C. Seseorang dengan lambung yang cenderung sensitif (seperti penyakit maag dan GERD) biasanya akan bermasalah ketika makan makanan yang mengandung vitamin C dengan tingkat keasaman yang tinggi, seperti tomat atau jeruk.


Sumber Vitamin C Apa Saja yang Harus Dihindari oleh Penderita Mag?



Perlu diingat bahwa tidak semua vitamin C langsung memicu naiknya asam lambung, sekalipun pada penderita mag. So, penderita mag tidak harus menjadikan vitamin C sebagai makanan yang harus dipantang, terutama buah dan sayur. Terlebih lagi masih banyak kandungan selain vitamin C di dalam buah dan sayur yang sangat diperlukan oleh tubuh.


Biasanya, asam lambung akan naik bila penderita mag mengkonsumsi makanan dengan kandungan asam tinggi seperti lemon, jeruk, tomat, dan sebagainya. Sedangkan buah dan sayur lain tetap aman dikonsumsi oleh penderita mag sekalipun mengandung asam. Namun kamu harus tetap memastikan bahwa kadar asam pada buah tersebut tergolong rendah sehingga aman di lambung. Jadi, jangan sampai kebutuhan vitamin C harian tidak terpenuhi hanya karena kamu penderita mag ya.


Selain buah dan sayur dengan kandungan asam tinggi, kamu juga sebaiknya menghindari vitamin C dalam bentuk suplemen dengan dosis tinggi. Dosisnya yang tinggi cenderung membuat suasana lambung menjadi asam dan memicu timbulnya rasa heartburn serta gejala masalah lambung lainnya.


Sebenarnya, Berapa Kadar Vitamin C yang Dibutuhkan oleh Tubuh Setiap Harinya?


Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) 2013 bahwa pria dewasa membutuhkan 90 mg vitamin C setiap harinya. Sedangkan wanita dewasa hanya membutuhkan 75 mg vitamin C. Mungkin kita sering mendengar iklan produk suplemen vitamin C dalam bentuk minuman yang mengandung 1000 mg vitamin C. Sebenarnya, kadar vitamin C dalam suplemen tersebut sangat berlebihan bagi tubuh sehingga nantinya akan dibuang melalui proses metabolisme.


Kelebihan vitamin tersebut tidak dapat dicadangkan sehingga hanya akan terbuang percuma. Penderita mag sebaiknya juga menghindari suplemen yang satu ini karena kandungan asamnya yang terlalu tinggi.


Semangat berubah untuk lambung yang lebih baik. Jangan lupa selalu sedia stok obat antasida yang dapat menetralisir asam lambung seperti misalnya promag, promag herbal dan sebagainya.


Salam,

@meifariwis


1 komentar

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis