Selasa, 14 Agustus 2018

KENZO MASUK SEKOLAH

Pernah nggak galau mikirin anak sekolah kapan? Saya sih pernah, hehehe. Tapi nggak yang galau-galau banget karena keputusan Kenzo sekolah itu udah bulat dengan berbagai macam pertimbangan. 


Juli 2017 saya mulai kepikiran untuk menyekolahkan Kenzo, awalnya mau di sekolah berbasis agama saja. Tapi nanti siapa yang anter sekolah, siapa yang jemput, kalau ada acara sekolah gimana, dan lain sebagainya. Sempat searching juga beberapa sekolah di daerah sini, cuma ya galau karena nggak tahu kualitas pendidikannya juga.

Nah pas kebetulan ada open house sekolah jadinya saya mikir-mikir ulang keuntungan dan kelemahan kalau Kenzo daftar di sekolah A. Setelah ngobrol sama suami dan mempertimbangkan biaya (ya iya, karena biaya juga penting hahaha), maka Kenzo resmi saya daftarkan sekolah.

Jadi selama kurang lebih 5 bulan saya nyicil bayar sekolah tuh, lumayan bisa nabung dikit-dikit. Beruntungnya orang-orang yang punya tabungan pendidikan anak. Saya juga udah punya planning 7 tahun ke depan sih, tapi nggak usah saya ceritain hehehe.

Waktu berlalu ....

Hari pertama Kenzo sekolah

Tanggal 17 Juli 2018 kemarin Kenzo masuk sekolah untuk pertama kalinya. Kenzo masuk kelas Nursery 2, semacam kelas bermain dan belajar gitulah. Si Bimo sampai bela-belain cuti lho hanya untuk mendampingi Kenzo sekolah. Loh, kok papinya yang temenin? Saya kemana?

Begini buibu,

Tanggal 16 Juli-nya saya udah masuk kerja tuh, anak-anak primary lagi ada kegiatan orientasi sekolah. Ya saya nggak bisa tinggalin mengingat tahun ini tanggung jawab saya lumayan besar. Terus ya udah deh papinya aja yang anter, sekalian biar dia tahu anak-anak kalau di sekolah itu gimana, kalau saya kan udah khatam, hahaha.

Hari-hari Kenzo sekolah

Hari pertama sekolah nggak ada drama ya, karena Kenzo masih bisa aleman minta ini itu karena kan ada papinya. Saya minta dikirimin foto-foto kegiatan Kenzo selama masa pengenalan dengan guru dan temannya, sepertinya sih enjoy-enjoy aja.

Hari kedua drama baru dimulai. Kenzo udah nggak ditemenin karena papinya harus kerja, nanti kalau bolos bakal dipotong gajinya huuuuuuuu. Saya juga nggak bisa nemenin karena harus mengajar, jadinya dia sendiri di sekolah bersama gurunya. Sebenarnya dalam waktu 1 minggu orang tua murid masih boleh nemenin, tapi saya nggak aja deh.

Awalnya Kenzo senang-senang aja, udah mulai membaur dengan temannya. Tapi pas saya jemput pulang kok Kenzo udah ganti baju aja. Ternyata dia ngompol saudara-saudara, huaaaaaaaaaa. Mana kata gurunya ngompol sampai 4 kali lagi. Duh kasihan banget hiks-hiks.

Akhirnya di hari ketiga saya pakaiin diapers ajalah biar aman hahaha. Tapi kata gurunya nggak apa-apa ngompol, namanya juga belajar. Iya juga sih, mati-matian selama liburan saya ajarin toilet training masa gagal hanya gara-gara sekolah.

Fix, saya berani lepas diapers di hari keempat. Alhamdulillah sampai sekarang Kenzo nggak pernah ngompol lagi, yeyeyeeeee Kenzo hebat *tiup terompet*

Hampir 1 bulan ini Kenzo sekolah dan saya rasa nggak ada problem berarti sih. Dia enjoy-enjoy aja di sekolah dan nggak pernah menangis. Malah tiap dijemput dia nggak mau pulang, betah banget di sekolah.

Iyalah betah, sekolahnya enak, kelasnya nyaman, temennya banyak, dan sehari-hari ada kegiatan music and movement (FYI, Kenzo suka banget sama musik) jadinya ya suka-suka dia dach. Saya juga nggak mikir yang macem-macem harus bisa ini atau itu kalau Kenzo sekolah, penting dia senang aja udah syukur Alhamdulillah. 

Akhir-akhir ini juga udah ada PR. Prnya nggak susah-susah amat, cuma disuruh tracing huruf. Kadang dia mau-mauan, kalau moodnya bagus pasti PR langsung dikerjain sampai selesai, kalau enggak ya nunggu mood baik dulu. Saya suka lihat kerjaan Kenzo yang acak-acakan dan nggak rapi, maunya PRnya saya benerin, tapi kata papinya biarin aja, namanya juga belajar, hahaha.

Beberapa pekerjaan Kenzo

Overall selama ini belum ada kendala apa-apa dan semoga jangan deh ya. Saya pengin Kenzo banyak belajar dari sekolah, ya belajar berkomunikasi, bersosialisasi, dan berilmu. PR banget buat saya untuk selalu menanamkan nilai-nilai agama di rumah juga, semoga bisa ya. Amin

Untuk alasan kenapa saya menyekolahkan Kenzo di usia dini, ya kenapa harus nunggu lama kalau ada kesempatan baik datang untuk sekolah? Saya sih yakin banyak manfaatnya daripada mudharatnya.

Gitu sih kira-kira, menurut kalian bagaimana? 

Salam,
@meifariwis

1 komentar :

  1. Dulu fylly aku masukin Paud juga umur 2.5 thn mba. Buatku malah bagus kok. Sejak masuk paud kosa katanya makin banyak, makin pinter juga. Tinggal adeknya nih. Plannning mau dimasukin krn ngomongnya msh susah. Tp kita tunggu bentar lg lah.. Asalkan di sekolahnya ga diajarin terlalu berat, aku juga percaya sekolah dini bagus uk anak2

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis

Back to Top