Sabtu, 01 April 2017

Saya Bisa Masak Tapi Nggak Jago Masak

Judulnya biyuuuuh, HAHAHAHA 💖💋💃💑

Kalau ditanya apakah saya suka dan bisa memasak, jawabannya iya. Wuih menantu idaman ya sepertinya? hahaha. Eh tapi masak apa dulu nih, kalau masak macam kue-kue plis atuh saya nggak bisa sama sekali. Saya lebih suka masak masakan rumahan.




Sejak tinggal jauh dari ibu (terhitung saat kuliah), saya selalu merindukan masakannya. Entah kenapa masakan ibu itu adalah masakan paling enak di dunia ini. Ada yang ngerasa kayak gitu nggak sih? Meskipun Bimo suamiku mengklaim masakan ibunya paling enak (memang iya sih, masakan mama mertua enak banget), tapi bagiku MASAKAN IBU TETAP IS THE BEST!

Coba tebak masakan ibu apa yang paling saya sukai?

Jawabannya adalah tumis buncis tempe dan ikan disambeli (kalau bahasa gaulnya pindang ikan). Duh, beneran deh, masakan rumahan yang murah banget itu bikin kangen cepet-cepet pulang kampung. Bahkan sebelum saya pulang, pasti request dulu ke ibu untuk memasakkan kedua makanan tersebut, hehehe.

Kalau sekarang bagaimana Mei? Kan jauh dari ibu?. Ya mau nggak mau saya harus masak sendiri, berkutat dengan bau gosong di dapur dengan segala keruwetan bumbu-bumbu. Dari situlah awal mula saya suka masak. Oh iya, resepnya pun saya tanya langsung ke ibu lho apa saja bumbunya, padahal tinggal searching aja di google bisa. Tapi saya nggak mau, resep ibu jauh lebih yahud :p

Berhubung otodidak, otomatis masakan yang sering saya buat ya itu-itu aja. Kalau nggak pindang ikan pasti tumis buncis, sederhana sih tapi enak hahaha. Lalu semenjak ada Kenzo, saya jadi sering masak sop bening, capcay, semur ayam, sayur tempe santan, sayur bayam, sayur oyong, goreng tahu tempe dan ikan asin. Pokoknya yang biasa-biasa aja, karena belum bisa naik level.


Resep ikan versi ibuku adalah: bawang merah dan bawang putih, cabai rawit merah, cabai merah besar, sedikit kunyit, daun jeruk, kemiri, dan ketumbar. Semua bumbu-bumu itu dihaluskan (jangan halus-halus tapi ya). Cara masaknya juga gampang: ikannya digoreng dulu lalu ditumis bersama bumbu yang sudah dihaluskan tadi. Hasilnya? Uuuueeenaaaak lho, bikin nagih (TAPI TETAP RASANYA BEDA DENGAN BUATAN IBU, FIYUH)

Resep ikan yang kedua berasal dari Mama Beauty (Salah satu orang tua murid) yang juga jago masak. Pernah ngincip bekal Beauty waktu itu, dan ya ampun rasanya enak banget gaes, ciyus! Saya coba hubungi mama Beauty untuk minta resep ikan pindang serta ayam teriyaki buatan beliau. Asyiiiiik 💗


Resep ayam teriyaki dari Mama Beauty ini mudah banget: ayam yang sudah difillet, bawang bombay, dan saus teriyaki. Cara masaknya juga praktis, ayam cukup digoreng pakai tepung dan telur, lalu tumis bawang bombay, masukkan ayam, dan siram pakai saus teriyaki. Jadi deh 💗

Masak memang menyenangkan, saya suka, tapi semua butuh proses untuk bisa jadi ibu atau istri yang jago masak. Lantas nggak mengesampingkan perempuam-perempuan lain yang nggak bisa masak. Lha wong aslinya saya ini masak kalau lagi moodnya baik saja, kalau lagi malas boro-boro masak, masuk dapur aja ogah, lebih suka jajan nyiahahaha

Perempuan yang nggak bisa masak bukan berarti dia buruk, ada kelebihan lainnya. Perempuan nggak harus jago masak, yang penting bisa melayani suami / anak / keluarga dengan baik. Banyak kok kelebihan lain seorang perempuan selain masak, percayalah hahaha!

Jadi, kamu bisa masak atau udah jago masak?

Kalau saya sih bisa masak tapi nggak jago masak, eh pegimane? hahaha. Btw, share resep-resep masakah yang gampil-gampil dong buibu 💋💋💋💋


19 komentar :

  1. Nanti belajar sama ibu saya ya mba hihi. Tapi slaut buat mba Mei, memang mba, sehebat apapun seorang wanita, tetap yang jago masak itu istimewa hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya nih saya harus banyak belajar masak biar makin jago kyk ibu2 kita ya mas

      Hapus
  2. Sampai saat ini saya masih sepakat kalo masakan ibu tetap dan selalu is the best!

    Gak jauh bedanya sama istri saya, dia bisa masak tapi belum jago.

    Salam bahagia dari Bondowoso..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas masakan ibu adalah yg terenak wkwkkwkw

      Wah berarti sama dong sama istrinya hehehe

      Hapus
  3. Sama kaya aku maaaak, bisa masak tapi ga jago-jago bangeeet. Makanya tiap masak masih suka deg-degan pas suami cobain, takutnya nggak pas rasanyaaa. Hihihiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama aku jg deg2an mb, takut nggak enak wkwkwk

      Hapus
  4. Aku suka masak, mba. Tapi skarang udah nggak sesering dulu lagi kalau buat kue atau cemilan buat keluarga. HIhihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha aku jg jarang masak aslinya mb

      Hapus
    2. aku suka makan tapi ngak suka masak mbak hehehhe.

      Hapus
  5. Kapan2 boleh dicoba nih resep pindang ikannya hehe.. Saya sejak menikah jg mau ga mau hrus masak mbak..beli terus jd boros bingits:) levelnya jg msh biasa haha gpp lah yg penting sekarang sdh mau masak hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang pede kalau share resep hahahaha

      Hapus
  6. Patut dicoba nih mba resepnya :), saya baru memulai memasak di rumah hihihi

    BalasHapus
  7. Suka masak
    Pernah jual pizza
    Punya blog khusus masakanku..tapi udh ga pernah diisi wwkkwk

    BalasHapus
  8. wah aku mah paling malas masak, apalagi skrg tinggal berdua saja dg suami tambah malas lagi

    BalasHapus
  9. wah saya juga termasuk yang suka masak tapi gak jago mba. hehe
    tapi masak goreng ikan,tempe,tahu,sama telor termasuk jago sih. haha
    jadi ngiler tuh lihat pindang ikannya.

    BalasHapus
  10. Pindang ikannya itu lho, Mbaaaak..., kalau saya bahkan tanpa tambahan lauk yang lain pun sudah lahap sekali makaaaan....

    BalasHapus
  11. Jd mau nyobain pindang ikan sama tumis buncisnya nih.. Suka banget sama jenis sayur yg namanya buncis. Hehhee
    Thanks sharingnya mba, salam kenal 😁

    BalasHapus
  12. ia ntar kalau dibiasakan masak pasti setara dengan cheff dah ...
    Pindang nya boleh juga tuh di bagi-bagi, wkwkkw
    salam kenal

    BalasHapus
  13. kayaknya aku lbh seneng mencicipi masakan aja mei hihihihi ;p.. padahal mamaku jago masak, tp bakatnya cuma nurun ke adekku yg nomor 3.. sayangnya dia di medan, jd tetep aja aku jrg bisa ngerasain lagi masakan mama :D . Penghiburku palingan si mba ART lumayan bisa masak... jadi kalo nemu resep2 yg aku rasa enak, aku ksh ke dia supaya dimasakin :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung :)

Back to Top