Rabu, 03 Mei 2017

Alat Tulis Anak Sekolah Dulu VS Sekarang


Alat tulis anak sekolah, Dulu VS Sekarang. Kali ini saya akan bercerita sekaligus bernostalgia mengenai alat-alat tulis yang pernah saya gunakan dulu saat masih sekolah. Ini murni based on experience ya, karena alat tulis yang saya pakai dulu beda banget sama alat tulis punya murid-murid saya di sekolah.

Zaman dulu mah paling ngetrend buku Kiki yang warna-warni itu atau bolpoin wangi yang diklaim baunya adalah narkoba, hahaha. Kalau sekarang, jangankan buku warna-warni, hampir semua alat tulis punya motif yang unyu banget. 

Saya memang bukan tipe orang yang suka memilih alat tulis, tapi pernah tergoda sama alat tulis punya siswa-siswi di sekolah. Ceritanya pernah saya tuliskan di sini. Lalu apa saja perbedaan alat tulis anak sekolah pada zaman dahulu dan sekarang?

Baca juga: Alat tulis lucu

1. Pensil

Sumber gambar 1


Kalau dulu menthok paling bagus pensil 2B (karena emang standar buat ujian nasional). Kalau sekarang, punya murid-muridku bisa lebih bervariasi seperti pensil mekanik, pensil susun, dan juga pensil bentuk hewan lucu-lucu.

2. Alat hitung

Sumber gambar 2


Zaman saya dulu kalau mau berhitung pakainya sempoa, bahkan dulu pernah guru matematika menyuruh saya untuk membuat lidi kecil-kecil untuk latihan berhitung, hahaha. Kalau sekarang udah ada yang namanya kalkulator (meskipun saat pelajaran atau ujian nggak boleh dipakai sih) tapi tetap saja alat bantu hitung ini ngetrend banget di kalangan anak sekolah.

3. Rautan

Sumber gambar 3


Dulu rautan yang sering dipakai anak sekolah adalah rautan kecil berbentuk bulat yang ada kacanya. Mitosnya kalau rautannya itu sudah tumpul, kita cuma tinggal tiup aja itu rautan, pasti nanti bakal tajam lagi, hahaha konyol sekali yak!

Sekarang rautan lebih bervariasi lagi model serta motifnya. Bentuknya yang unik-unik membuat saya jadi gemes sendiri, sayang pakainya takut itu rautan jadi kotor.

4. Kotak pensil

Sumber gambar 4


Kotak pensil pada zaman saya dulu namanya disgrip, nggak tahu juga kenapa bisa disebut disgrip. Dulu biasanya kami pakai disgrip susun ke atas dengan bentuk yang lucu seperti mobil-mobilan. Kotak pensil ity udah yang paling keren deh pokoknya karena isinya lengkap, ada penghapus, kotak serutnya, tempat penggarisnya, dan kotak kecil-kecilnya.

Kotak pensil anak sekarang jauh lebih bervariasi lagi. Ada model pisang, model kotak susu cair, dan model biasa tadi 3 dimensi. Aaaakkkk keren ya?

5. Penghapus

Sumber gambar 5


Kalau kalian dulu penghapusnya model gimana? 2B bukan? itu udah paling keren kan? Coba tengok punya murid-murid saya nih, kebanyakan sih memang 2B tapi dengan model berbeda dong.

6. Penggaris

Sumber gambar 6


Dulu zaman saya penggaris ya biasa aja, bentuknya lurus memanjang dengan banyak angka. Sekarang ada penggaris yang di dalam modelnya ada segitiga, lingkaran, persegi, bahkan sampai model huruf juga ada. Eh iya, ada juga penggaris yang bahannya dari besi.

7. Krayon atau pensil warna

Sumber gambar 7


Dulu bentuk krayon ya gitu-gitu aja (sebenarnya masih sama dengan yang sekarang) tapi sekarang lebih bervariasi tempat serta warnanya, lebih komplit gitu. Karena ya bisa lebih dari 24 warna bahkan 36 warna juga ada, keren.

8. Tipe-x

Sumber gambar 8


Saat masih sekolah dulu biasanya saya pakai tipe-x model celup yang pakai kuas, jadi kalau mau pakai tinggal arsir saja pakai kuasnya. Jujur ribet sih, makanya sekarang ada inofasi baru tipe-x nya tinggal pencet aja. Bahkan ada juga tipe-x kertas, semuanya serba praktis, aaaaaakkkkk.

9. Gunting

Sumber gambar 9


Gunting mah dimana-mana fungsinya sama, untuk menggunting sesuatu. Cua bedanya yang sekarang guntingnya bisa dimodif pegangannya. Lihat saja foto di bawah ini.

10. Selotip

Sumber gambar 10


Dulu selotif warnanya cuma bening dan modelnya rata-rata besar. Kalau sekarang selotipnya udah banyak warna dengan variasi besar dan kecil. Kesannya malah terlihat lucu, hehehe

11. Post it atau kertas kecil

Sumber gambar 11


Kertas ini fungsinya buat menuliskan poin-poin penting, atau bisa juga buat menulis memo, bahkan tak jarang dipakai buat nulis contekan wkwkwkwkwk. Sekrang post-it modelnya sudah bermacam-macam dengan variasi warna yang sangat banyak.

12. Stabilo

Sumber gambar 12


Kalau zaman saya sekolah dulu misal mau memberi tanda pada bacaan yang dirasa penting paling cukup pakai bolpoin aja. Kalau sekarang udah ada stabilo warna-warni, jadi makin memudahkan kita mana poin yang penting.

Yeyeyeye :)

Itu tadi "Perbedaan Alat Tulis Anak Sekolah Zaman Dulu VS Sekarang", kalian ngerasain nggak bedanya? Lucu-lucu ya ternyata kalau diingat, hahaha

Ada tambahan apalagi yaaaa? Share dong

Salam,
+mei wulandari 


Sumber gambar:

1, 2, 3, 4, 5, 6, 8
https://www.brilio.net/news/15-alat-tulis-tahun-90-an-ini-bikin-kamu-kangen-balik-sekolah-150726j.html
9 http://roromendutklithikan.blogspot.co.id/2015/03/
11http://www.kompasiana.com/namoraritonga/commuter-line-the-best-choice-transportation-for-urban-people_5661bf4963afbd1d16e04d60
12 http://vevnews.blogspot.co.id/2014/12/perkembangan-alat-tulis-dari-masa-ke.html
7 https://aprikuma.files.wordpress.com/2012/03/pentel

27 komentar :

  1. Aku dulu ngga pake cipoa or kalkulator.. pakenya lidi hahahahah :D
    Tapi emang semakin kesini peralatan sekolah tambah gemesin, ngga papa sih buat nambah semangat anak belajar :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha aku juga mengalami pakai lidi mb gajah
      Iya ih lucu ya makin semangat belajar

      Hapus
  2. Dulu punya alat tulis yang kece dikit, pasti udah dirubungin temen2 penasaran mau lihat.
    Alat hitung, bener bangt dlu pakai lidi atau bambu yg dibikin kek tusuk sate hahahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya langsung dideketin sama temen2 ya mb hehehe
      Pakai lidi itu utk matematika wkwkkw

      Hapus
  3. Ada juga alat tulis di zaman dulu masih ada di zaman sekarang dan alat tulis di zaman sekarang sudah ada di zaman dulu, btw saya angkatan 80'an
    Yang tidak ada: karet penghapus yang dililit di pensil, karena itu nggak dijual :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya angkatan 90 mb. Pensil udah yg agak modern sih hahaha
      Sekarang pensil udah banyak bentuknya keren

      Hapus
  4. Meskipun kelahiran rezim Tahun 90an tapi aku udah gak pakai Gunting Kuno itu, dan Tippe X sejenis itu, heeeeeee
    keingat dulu ngumpulin penghapus yang ada bendera-benderanya, wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pakai gunting itu mas, milik ibuku wkwkwkw
      Aku jg pakai tipex itu serius deg hahaha

      Hapus
  5. Meeei, kyknya aku lbh tua tp alat2 tulis sekarang itu dulu udh aku pake kok hahahahha... Udh ada itu jamanku :D

    Eh dulu tempat pensil ada yg model pake tombol tuh :p. Trs ntr laci2 yg tersembunyinya bisa keluar, inget ga. Aku pake itu dulu :D

    Trs yg pensil aku lbh suka yg ditekan2, pake mata pensil itu loh.. Supaya ga ush ngeraut..

    Kalo pulpen mah aku termasuk yg suka koleksi beraneka warna, 5ermasuk stabilo hahahaha... Makin warna warni buku pelajaran, aku mskin semangat bacanya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aku inget ada tombol bahkan kalkulatornya ya mb ekwkwkkw
      Aku jg suka stabilo, makin warna warni makin seger hahaa

      Hapus
  6. Alat tukis notebook ga di masukin?
    Ada sekolah swasta di pekanbaru yg make notebook atau ipad buat sehari2 nya. Dari baca materi, nyatet, foto dll. Semuanya dr ipad.

    Dulu aq waktu SD klo punya pinsil yg isinya banyak itu, udah bangga banget. Namanya pinsil anak. Ga tau deh sebutannya d tempat lain apa.. hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren ya makin berkembang nih jaman hahaha maju terus deh
      Di tempatku namanya pensil susun hahaha

      Hapus
  7. Makin lama makin lucu2, makin bervariasi yaah mba.. Aku udah sempet tuh pake penggaris yang ada air sama blink2 glitter didalamnya.. Seneng bgt waktu itu punya penggaris model kayak gitu.. Hihi.. :D Nanti kalo anakku mulai sekolah kayaknya aku jg bakal gelap mata beliin yg lucu2 deh mba Mei.. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aku juga pernah pakai itu wkwkwk
      Keren ya mb
      Awas jangan kalap mb HHaha

      Hapus
  8. Wah miss Mei pasti minjem alat tulis muridnya nih buat bikin postingn iniiii.. Hihihii. Eh tapi kangen tipex jaman dulu, seru aja pake kuas gitu, berasa lagi ngecat.. wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aku pinjam muridku mb wkwkkwkw
      Iya pakai kuas kayak mengecat buku ya mb hahaha

      Hapus
  9. Jadi ingat zaman sekolahan dulu. Dulu juga saya suka mengoleksi alat2 tulis yang lucu-lucu. Kebiasaan tersebut dilanjutkan anak-anakku, hehehe

    BalasHapus
  10. Ya ampun kangen banget jadinya sama masa2 masih pakai seragam sekolah :D

    BalasHapus
  11. Unyu2 yaa alat tulis anak skr. Etapi anaku masih pake rautan yg kecil itu. Yg diputer malah rusak mulu :D

    BalasHapus
  12. Ha-ha-ha...Ketahuan deh Mbk Mei kelahiran tahun berapa. Wkwkwkw.

    Muridku nih, Mbak, ada yang bawa penggaris tapi sekaligus ada sisirnya di sisi lainnya. Keren ya.

    BalasHapus
  13. mbaakkkk, kalau yang unyu2 itu punya anak SD-SMP, biasanya kalau udah SMA-kuliah, udah ga unyu2 lagi penghapusnya,

    dijaman saya SD tahun 1999, alat tulis udah unyu2 kok, tapi khusus kalangan SD aja yang tertarik pake yang begituan,,,

    BalasHapus
  14. Wah... kkalau anak sekolah, apalagi SD zaman sekarang emang gini nih. Adikku yang SMP juga beberapa alat tulisnya masih unyu. Emang beda sih sama zamanku dulu yang gak terlalu banyak variasi. Tapi mungkin juga karena aku seorang cowok tapi tidak terlalu peduli sama pilihan alat tulis.

    Tapi ini cuma berlaku buat SD sampai SMP deh kayaknya Mbak. Kalau SMA apalagi kuliah, jangankan alat tulis, niat buat nulis pun kayaknya gak ada xD

    BalasHapus
  15. kok aku ngalamin pake alat tulis jadulnya yak semuanya aku pernah punya oemji apakah aku angkatan tuwir wkwkwk

    BalasHapus
  16. Jadi inget jaman waktu SD. wkwkwkwk
    pensil di lilitin karet di atasnya buat penghapus

    BalasHapus
  17. wahahahah seruuu seruuu... bikin lagi ya tas anak sekolah jaman dulu ama sekarang

    BalasHapus
  18. Ya ampuuunnn itu tempat pinsil bersusun gitu masih ada gak ya skrg?
    Iiihh emang mba alat tulis skrg lucu2 banget. Yg bikin aku tertarik tuh post it. Macem2 banget bentuk dan fungsinya. Klo nganter krucils ke toko buku, pengen banget tuh aku beli post it nya. Tapi untuk apa.. di ktr yg kepake yang std aja.

    BalasHapus
  19. Waah jadi bernostalgia deh Mbk

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung :)

Back to Top