Minggu, 28 Mei 2017

Langkah Tepat Hadapi Alergi Anak Melalui Morinaga Allergy Week Platinum Kids Olympics 2017


Langkah Tepat Hadapi Alergi Anak Melalui Morinaga Allergy Week Platinum Kids olympics 2017. Sebagai seorang ibu yang punya anak kecil sudah pasti saya ingin memberikan yang terbaik untuk buah hati. Termasuk soal menjaga asupan gizi, pola asuh yang benar, serta upaya mencegah berbagai macam penyakit atau alergi yang datang. Berbicara soal alergi, dulu sempat khawatir karena Kenzo pernah gatal-gatal badannya, setelah cek dokter ternyata bukan apa-apa jadi tidak perlu khawatir.

Nah, hari Minggu kemarin tepatnya tanggal 14 Mei 2017 saya berkesempatan menimba ilmu di acara Morinaga Allergy Week Platinum Kids Olympics 2017. Kegiatan tersebut berlangsung di Wisma Aldiron, Pancoran, Jakarta. Dalam kegiatan tersebut ada beberapa hal yang saya dapatkan terutama mengenai "Alergi pada anak". 


Acara yang sarat ilmu ini dipimpin oleh Choky Sitohang selaku pembawa acara. Selanjutnya penjelasan-penjelasan penting oleh para ahli yang didatangkan langsung oleh Morinaga.

Choky Sitohang selaku pembawa acara

Kesempatan pertama datang dari DR. Dr. Zakiudin Munasir, Sp.A (K) selaku Konsultan Alergi Imunologi Anak. Beliau memaparkan bahwa "Penyakit alergi seperti asma, rinitis alergi makanan, dermatis atopik serta alergi protein susu sapi merupakan kasus alergi yang banyak diderita". Alergi sendiri berarti reaksi berbeda dari normal terhadap berbagai rangsangan dari luar tubuh misal terhadap makanan, debu, maupun obat-obatan. Alergi ini disebabkan oleh faktor lingkungan dan genetik (seperti terlihat pada tabel).

Sumber gambar: www.cekalergi.com/home/kenalialergi

DR. Dr. Zakiudin Munasir, Sp.A (K) selaku narasumber

Alergi yang sering terjadi adalah akibat alergi protein susu sapi karena tidak mendapatkan ASI. Nantinya si buah hati bisa diberikan susu protein yang terhidrolis / susu soya / susu asam amino. Akan tetapi masih banyak masyarakat yang belum menyadari bahayanya alergi pada anak. Oleh karena itu, kita sebagai orang tua wajib mencari tahu apa saja gejala alergi dan bagaimana cara mencegahnya. Hal tersebut sejalan dengan pemikiran Morinaga yang mengadakan "Kampanye Semua dari Ingin Tahu".


Melalui Morinaga tersebut, DR. Dr. Zakiudin Munasir, Sp.A (K) menambahkan beberapa hal yang patut orang tua ketahui bagaimana menangani alergi pada anak. Adapun caranya melalui 3 langkah penting yaitu TAHU, CEGAH DAN ATASI, SEBAR.

Langkah 1 yaitu TAHU melalui Morinaga Allergy Week Platinum Kids Olympics 2017

Cari tahu mengenai alergi anak (klik untuk memperbesar)

Masyarakat patut untuk mencari tahu permasalahan alergi ini, mulai dari apa saja gejalanya, risikonya, serta pencegahannya. Semua itu bisa dicek melalui www.cekalergi.com dimana di dalamnya banyak sekali pengetahuan mengenai alergi si kecil secara digital.

Selain itu, kita juga bisa cari tahu jenis penyebab alergi, misalnya:
👉 Penyebab: Memakan "sesuatu", menyentuh "sesuatu", atau "menggendong kucing.
👉 Pencetus fisiknya: kepanasan, kedinginan, batuk pilek, atau lari-lari.
👉 Pencetus psikis: menangis, ketakutan, atau marah.

Sumber: www.cekalergi.com

Dalam hal ini orang tua sangat berperan penting karena meskipun anak tersebut terkena alergi tapi masih bisa berprestasi. Sejalan dengan itu, Morinaga Allergy Week melalui Platinum Kids Olympics 2017 membuat kegiatan (untuk usia 5-10 tahun) untuk mengasah kecerdasan multitalenta (Brain Care), memberikan pertahanan tubuh ganda (Body Defense), dan tumbuh kembang optimal (Body Growth).


Langkah 2 yaitu CEGAH DAN ATASI melalui Morinaga Allergy Total Solution


Seperti yang saya jelaskan di atas bahwa anak yang alergi bisa minum susu protein yang terhidrolis / susu soya / susu asam amino maka Morinaga punya solusi untuk orang tua yang anaknya terkena alergi, yaitu dengan Morinaga Allergy Total Solution yang mengandung MoriCare+Prodiges yang punya 3 keunggulan:

💙 Solusi nutrisi total untuk mencegah alergi
💙 Tersedia produk nutrisi lengkap sampai anak usia 12 tahun
💙 Terdapat Brain Care, Body Defense, dan Body Growth.

3 keunggulan di atas berkat sinergi yang baik dari PT Kalbe Nutritionals bersama Morinaga Research Centre Jepang. 


Sebenarnya ada 6 poin penting dalam mencegah alergi pada anak ini, yaitu: 

💙 Pemberian ASI ekslusif sampai 6 bulan pertama
💙 Menghindari rokok saat hamil dan bayi lahir
💙 Mengenalkan makanan padat sejak umur 6 bulan
💙 Tidak menunda memberikan makanan berprotein tinggi
💙 Selama hamil tidak menghindari makanan beralergi tinggi
💙 Pemberian susu protein hidrolisat parsial (P-HP) dan protein hidrolisat penuh

Langkah 3 SEBAR melalui Ambassador Morinaga Allergy Week


Langkah yang ketiga adalah menyebarkan informasi "Kampanye Semua dari Ingin Tahu" ini melalui brand ambassador serta media sehingga banyak orang tua yang teredukasi serta memahami dan mengenal apa itu alergi pada anak.

Lebih lanjut lagi Dr. Rose Mini A. Prianto, M.Psi selaku Psikolog dan Konsultan Multiple Intelligence memaparkan bahwa anak itu punya kecerdasan majemuk, jadi meskipun anak alergi mereka tetap bisa berprestasi. 



Melalui Platinum Kids Olympics 2017 ini anak-anak bisa melatih kecerdasan kinestetiknya, moralnya, serta intrapersonalnya. 


Kedepannya bila semua elemen sudah memahami alergi pada anak harapan utamanya adalah tidak ada diskriminasi untuk anak alergi, karena mereka juga berhak meraih prestasi #AlergiTetapBerprestasi

Info lebih lanjut mengenai alergi serta nutrisi tepat untuk si buah hati bisa akses media sosial di:




Salam,
+mei wulandari

17 komentar :

  1. Sepakaaat.. meski anak alergi tetap bisa berprestasi.. makasih share acaranya Bun.. 😉

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, teteap bisa berprestasi

      Hapus
  2. wah ini memang cocok buat emak2 seperti mbak mei :D

    tapi soal alergi memang perlu perlakuan khusus ya termasuk makanan yang diasup.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha info penting buat emak2 ini
      alergi memang perlu diperhatikan

      Hapus
  3. Bersyukur sih duo anak Lanang ga punya alergi, salah sama Morinaga yg aktif berkampanye ttg alergi anak. Kasihan juga sama anak2 yg alergi sesuatu dan kemajuannya terganggu.

    BalasHapus
  4. Morinaga ini kasih solusi...
    Anak saya alergi susu sapi. Sampe usia 1 tahun kalo minum susu sapi pasti ruam-ruam badannya.

    Sekarang Alhamdulillah sudah mendingan. Soalnya ganti susu kambing 😁

    BalasHapus
  5. Anakku paling suka susu kedelai walaupun dia gak alergi susu sapi hehe

    BalasHapus
  6. Nambah informasi buat saya yang belum nikah dan belum punya anak.. Hihihi
    Jadi nanti kalo misalnya udah nikah dan punya anak, ngak kelabakan lagi kalau misalnya anak saya alergi.. Hehehe

    BalasHapus
  7. Setuju, walaupun alergi sebagai anak harus tetap berprestasi. Kita bisa mendukungnya secara maksimal agar anak itu tidak pesimis terhadap alergi yang dimiliki.

    Alhamdulillah sejauh ini gue belum pernah ngerasain yang namanya alergi. Btw, dapet info baru kalo alergi tuh bisa dari keturunan, ya. :)

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah mendiang ayah dan ibu gak ada yang punya penyakit alergi. Tapi pernah suatu ketika lagi makan nasi goreng seafood, eh pas siap makan badan terasa gatal gatal bahkan udah sampe ke kaki bahkan kepala. Uh gatau deh mau kenapa. Abis itu minum jus jeruk, malah langsung ilang. Kalo ada yang lagi alergi misalnya alergi udang coba aja minum jus jeruk manatau hilang. :D

    Kegiatan seperti ini harus banyak didatangi oleh ibu-ibu yang mempunyai anak kecil untuk menambah informasi seputar kesehatan anak. Bagus banget nih Morinaga

    BalasHapus
  9. Wadaw, alhamdulillah sih saya belum pernah alergi, begitupun adik-adik saya. Tapi, ini penting banget sih, buat para ibu yang khawatir kalo anaknya kena alergi. mantep lah ini.

    BalasHapus
  10. Liat lapangan ada arena gini, aku jadi inget Falda yg doyan main di arena seperti ini

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah Duo Ai nggak mengalami alergi. emang pasti lebih rempong ya jika anak kita punya alergi, semoga para ortu bisa lebih sabar dan anaknya tetap bisa berprestasi, aamiin.

    BalasHapus
  12. waaah keren deh mbak Mei!! Tapi sedih ya aku dan suami sama sama alergi dingin dan debu begitu. tapi semoga kelak anak anakku sehat dan tahan banting semua yaaa...
    Semoga menaaaang!!!

    BalasHapus
  13. Anakku yang pertama sempat alergi susu sapi. Tapi alhamdulillah sekarang udah enggak.

    BalasHapus
  14. Anak2ku ada aergi tapi bukan krn protein hewani. Biasanya kalau gak kulitnya merah2 ya bibirnya jd monyong, kemungkinan sih krn baking soda dgn ukuran tertentu. Blm tes sih, soalnya khaatir ditusuk2. Yg bisa kulakukan paling njagain makananya aja hehe
    TFS infonya yaa

    BalasHapus
  15. aku punya sepupu yg alergi-an gitu, rasanya gak nyaman banget karena banyak dilarang ortunya, maklum generasi 90an yg blm banyak info seputar alergi ... alhamdulillah sekarang anak2 alergi bisa tetap berprestasi ya mak yg penting tahu penanganannya

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung :)

Back to Top