Selasa, 27 Juni 2017

Selamat Ulang Tahun yang Kedua Kenzo

Whoaaaa akhirnya dapat sinyal juga euy, hahaha. Maklum lagi liburan di kampung sinyalnya susah banget nggak tahu deh kenapa. Mungkin perlu mention operatornya lewat twitter kali ya biar sinyalnya kuat, eh. Lha kok malah bahas sinyal sih, padahal mau cerita tentang keseruan syukuran hari lahir Kenzo kemarin.


Tahun ini Kenzo genap berumur 2 tahun. Usia yang kata orang-orang sedang masa aktifnya. Hmmmm emang betul sih, di usia Kenzo yang 2 tahun ini dia udah bisa bicara, makan sendiri, bisa dimintain tolong, dan yang jelas super lasak hahaha.

Sebenarnya ulang tahun Kenzo dirayain saat bulan puasa kemarin, tapi berhubung di kampung nggak ada sinyal jadinya baru cerita sekarang. Kalau tahun lalu sih ulang tahunnya dirayain sama teman-teman daycare. Kalau yang sekarang dirayain di rumah nenek, .


Untuk ulang tahun Kenzo yang kedua ini sebenarnya tidak direncanakan sebelumnya, mengingat hari ultah bertepatan dengan bulan puasa. Terus kata papinya lebih baik syukuran aja bagi-bagi makanan, nggak perlu kue-kue segala, toh Kenzo juga masih kecil. Yawes akhirnya saya cerita deh sama ibu dan ibu mengusulkan gimana kalau bikin tumpeng dan bagi-bagi nasi kuning ke tetangga dekat. Yess, saya langsung setuju dengan usulan ibu.

H-1 saya pergi ke pasar bareng ibu dan Kenzo. Ya ampun rempong banget ya ternyata ngajak anak kecil ke pasar tradisional hahaha. Ada aja yang ia mau, kadang juga rewel dan minta gendong terus hufch. Padahal kalau di Cikarang si Kenzo mah anteng dan happy banget kalau ke pasar. Beda suasana kali ya? wkwkwk

Di pasar kami membeli cemilan anak-anak untuk goodie bag yang akan dibagikan, serta perlengkapan nasi tumpeng dan buah-buahan. Tak lupa juga membeli balon dan tulisan happy birthday untuk Kenzo. Supaya tetap meriah gitulah sebagai properti tambahan untuk foto. Sepertinya kurang afdol kalau nggak ada tulisannya, jadi beli aja deh.

Hari H-nya kami siap-siap untuk melakukan eksekusi syukuran ulang tahun Kenzo (halah). Ibu-ibu kebagian masak tumpeng dan nasi kuning, tante-tante kebagian bikin sup buah, pakde kebagian urus sound system, sedangkan om bikin tulisan "Kenzo". Kalau saya sendiri sih tugasnya nyuruh-nyuruh doang, nggak ding, lebih tepatnya memberi komando.

Acara syukuran ini dimulai pukul 12.00, tapi molor sih karena teman-teman Kenzo banyak yang datangnya telat. Nggak apa-apalah karena waktu itu masakannya juga belum jadi wkwkwk. Setelah kira-kira pukul 12.45 acaranya pun dimulai. Oh ya, saya sendiri yang jadi pemimpin acara, nggak ada yang bantuin huhuhu. Untungnya meskipun agak gimana gitu tapi semuanya berjalan dengan baik.


Sebelum syukuran ada beberapa hal yang saya lakukan untuk acara Kenzo ini, susunannya seperti berikut:

💚 Pembukaan

Ya sepatah dua patah kata gitulah, menyambut para tamu yang sudah datang. Bukanya pun pakai bahasa gado-gado, Jawa dan Indonesia biar anak-anak nggak bingung hahaha.

💚 Permainan

Ulang tahun kali ini saya memang sengaja ingin mengadakan permainan kecil-kecil. Seperti ngasih beberapa pertanyaan ke teman-temannya Kenzo, meminta mereka menyanyikan sebuah lagu, atau tebak-tebakan. Anak-anak antusias sih karena saya kasih hadiah buat mereka yang berani.

💚 Bagi kado

Saya dan suami sepakat untuk ultah kali ini kamilah yang akan bagi-bagi kado bukan mereka yang kasih kado. Karena ya memang niatnya cuma syukuran dan makan-makan aja. Kado ini merupakan hadiah yang kami peruntukkan bagi anak-anak yang ikut permainan tadi. Meskipun ada anak yang nggak ikut main tapi semuanya kebagian kado kok. Btw isi kadonya sederhana seperti alat tulis, jepit rambut, kaos kaki, ikat pinggang, mainan anak-anak, dll.

💚 Berdoa

Setelah permainan selesai selanjutnya adalah doa. Doa untuk Kenzo, keluarga, serta teman-teman yang sudah hadir dalam acara syukuran.

💚 Menyanyikan lagu ulang tahun

Selesai berdoa lalu nyanyi bareng lagu selamat ulang tahun. Anak-anak makin semangat menyanyikan lagu karena diiringi musik.

💚 Potong tumpeng dan makan bersama


Oh ya sebenarnya tumpengnya udah hancur gara-gara dimainin sama Kenzo, jadi potong tumpengnya hanya formalitas. Abis itu anak-anak makan bersama. Makanannya adalah sup buah dan nasi kuning. Semuanya dibikin sendiri oleh ibu-ibu tetangga.

💚 Foto-foto

Momen terakhir yang paling ditunggu adalah foto-foto. Sayangnya Kenzo nggak pernah pose dengan benar, pasti dia banyak gerak dan ngeblur. Tapi nggak apa-apa yang penting ada dokumentasinya.



💚 Pembagian goodie bag

Selsai semua acara akhirnya Kenzo bagi-bagi goodie bag pada temannya (lebih tepatnya saya yang bagiin karena Kenzo kadang asik sendiri hehehe).Setelah itu semua undangan pulang, tinggal keluarga aja. Kami kumpul lagi dan foto bersama.

Dari semua kegiatan syukuran di atas semuanya berjalan lancar meskipun sangat sederhana. Memang dasarnya kami nggak muluk-muluk ngadain syukuran ini, penting semua happy dan bisa makan bareng, udah gitu aja.

Hal yang perlu diperhatikan memang konsep acara, selain itu juga makanannya, goodie bagnya sama tempat dan waktu pelaksanaannya. Biaya juga jangan lupa, supaya nggak besar pasak daripada tiang hehehe.

**

Di usia 2 tahun ini memang Kenzo belum ngerti makna syukuran ini, yang dia paham hanya senang-senang karena bisa main balon. Iya, Kenzo demen banget tuh mainan balon, katanya lucu hihihi. Meskipun nggakada papi yang kut merayakan tapi saya senang karena Kenzo kelihatan riang sekali.

Doa mami papi tentu berharap yang terbaik untuk Kenzo. Semoga Kenzo jadi anak yang sholeh dan bertaqwa, sehat selalu, panjang umur, bermanfaat bagi sesama, bakti pada orang tua, dan dilimpahi kebahagiaan. Amin

Ini cerita ulang tahun Kenzo, kalau cerita ulang tahun saya bisa baca di postingan berjudul "Kejutan Ulang Tahun dari Murid-murid". What about your birthday gaaaaeeeesss???

Salam,
+mei wulandari 

3 komentar :

  1. Hai Mbak Mei,
    Mohon maaf lahir dan batin ya.

    Ngomong2 soal ultah anak, aku belum pernah ngerasain sih. Pas ultah pertama ya bagi tumpeng sama jajan aja sama tetangga. Ultah kedua ini ntar ya kalo ada rezeki lebih inginnya seperti itu juga.

    Selamat ulang tahun ya, Kak Kenzo. Semoga jadi anak Sholeh dan bisa jadi andalan agama, keluarga, dan bangsa.

    BalasHapus
  2. Selamat ulang tahun Kenzo :*

    BalasHapus
  3. Happy birthday kenzo :) .. Jd anak baik dan selaku sehat yaaa..

    Aku sbnrnya kLopun ngerayain ultah anak, pgnnya keluarga aja mei.. Ga terlalu suka rame2.. Tp kdg suami maunya beda.. Tp thn ini si anak lanang ga dirayain, aku cm ajak keluarga makan di restoran gitu aja sekedar syukuran.. Aku sndiri jg ga suka rayain ultah. Malah g pengen ada yg tau sbnrnya :p. Tp juni kmrn, aku bnr2 kaget jg pas mau selesai kantor tiba2 anak2ku pada masuk ruangan dan bawa tart hahahaha.. Itu sumpah speechless, Karena aku baru aja di rotasi ke kantor cabang yg ini.. Jd aku ga nyangka kalo mereka tau ultahku :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung :)

Back to Top