Sabtu, 22 Juli 2017

Rapat Kerja di Sekolah Tahun Ajaran 2017-2018


Semingguan ini saya sengaja puasa main socmed, nggak nulis status di facebook, nggak upload foto di instagram, dan nggak ngoceh di twitter. Semua saya lakukan karena ingin fokus sama rapat kerja di sekolah. Alasan kedua karena paket data internet semakin menipis dan saya lagi benar-benar bokek hahahahaha. 


Sebenarnya pengin banget cerita kegiatan sekolah dari hari Senin kemarin, tapi kok ya malasnya minta ampun. Jadi ya udah deh mumpung lagi moodnya bagus saya mau sharing mengenai kegiatan semingguan ini. Apa itu?

Rapat Kerja. Seperti tahun-tahun sebelumnya, semua guru-guru di sekolah tempat saya mengajar selalu mengikuti kegiatan tahunan “rapat kerja”. Untuk apa fungsi dan tujuannya saya pernah ceritakan di postingan “Rapat Kerja di Sekolah” ya. 

Tahun ini pun sama, kami harus mengikuti serangkaian kegiatan untuk mengevaluasi kegiatan tahun lalu sekaligus membuat perencanaan di tahun ajaran baru. Kalau udah rapat kerja gini otomatis guru-guru akan diberi tahu tugasnya masing-masing. Seperti saya tahun ini harus berpindah posisi menjadi wali kelas kecil. 

Bedanya tahun ini rakernya udah mulai santai, nggak seperti tahun lalu yang super duper sibuk nyiapin Prosa-lah, Prosem-lah, Silabus, RPP, dll. Sekarang mah istilahnya udah punya template masing-masing jadinya tinggal ngelanjutin aja gitu.

Raker kali ini dimulai dengan sesi sharing dengan manajemen, pembahasan CLUB, kesiswaan, kurikulum, dan pembagian jam mengajar. Alhamdulillah jam ngajar saya masih dibatas normal, nggak seperti 2 tahun lalu yang padatnya ngalah-ngalahin kepala sekolah wkkwkw.

Sharing dengan tim manajemen

Koord kurikulum sedang presentasi


Berhubung jam ngajarnya nggak sebanyak dulu jadinya saya jadi punya banyak waktu untuk cari bahan dekorasi kelas. Maklum ya sekarang jadi wali kelas kecil jadi kelasnya mesti dihias yang lucu-lucu gitu, biar murid-murid senang punya kelas yang nyaman. Untuk tahun ini dekorasinya seperti apa insyaallah akan saya post di blog selanjutnya, insyaallah. 

Baca juga: Dekorasi Kelas SD

Oh ya, tahun ini saya masih mengajar di 2 unit lagi yaitu SD dan SMP. Senang sih karena masih bisa bertemu dengan mantan murid kelas 6 dulu yang sangat saya sayangi. Jadi meskipun mereka sekarang di SMP setidaknya masih bisa berinteraksi secara langsung sebagai guru subjek dengan murid, bukan sebagai wali kelas dengan murid. Tak apa, yang penting bisa bersama lagi. Duh so sweet ya :)

Tim guru SMP yang baru


Rapat kerja seperti ini memang penting sekali untuk dilakukan karena memiliki banyak manfaat, seperti:

👉 Sebagai bahan evaluasi kerja tahun lalu. 
👉 Tempat untuk menyusun rencana tahun ajaran baru. 
👉 Sebagai wadah untuk bertukar pikiran antara guru, staff, dan manajemen sekolah. 
👉 Memupuk kekompakan setiap guru (karena mau nggak mau semingguan full ini kami harus duduk bersama). 
👉 Sebagai ajang untuk mengupgrade ilmu pendidikan.

Saya sih setuju aja kalau tiap tahun diadakan raker, toh manfaatnya jelas positif untuk kesejahteraan guru maupun sekolah. Biasanya setelah raker gitu gaji guru langsung naik, alhamdulillah. Semoga naiknya luber-luber ya, doain dongs! Hahaha.

Doain juga supaya saya bisa mengemban tugas dengan baik dan bertanggung jawab. Semoga juga hubungan saya dengan orang tua murid juga bagus. Terlebih semoga tahun ini minim masalah di dalam kelas, misal pun ada juga mudah-mudahan segera dapat solusi terbaik. Amin

Ini lho beberapa keseruan raker tahun ajaran 2017-2018 kemarin.

Cewek-cewek unyu wkwkkw

Halooooooo kami siap mengajar

Guru-guru imut hahaha

Tim guru SD yang baru

Terima kasih sudah membaca blognya Miss Mei tentang rapat kerja ini. Kami siap mengabdi pada sekolah yeyeyey. Btw jangan bosan-bosan baca yaaaaaaa, updatean blognya insyaallah segera menyusul. 

Photo credit: Mr Ruel dan Loshi Fionda

Salam,
MEI WULANDARI

2 komentar :

  1. kerasa banget, bikin silabus itu mumet met wkwkwkkw

    semangat ya kerjanya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkkwkkw iya mbak, mumet tapi dinikmati

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung :)

Back to Top