Senin, 09 Oktober 2017

Perempuan dan Blog, Apa Manfaatnya?

Perempuan dan Blog, Apa Manfaatnya? Era Kartini memang sudah lewat ya, jadi buang jauh-jauh gih pemikiran yang mengdiskreditkan perempuan. Apalagi soal karir, sekarang baik laki-laki maupun perempuan punya hak yang sama.

Hak dalam hal apa?

Dalam pekerjaan misalnya, dulu laki-laki mendominasi semua pekerjaan di luar rumah, entah itu kantoran, bangunan, di pasar, maupun berbagai elemen pemerintahan. Kalau sekarang? Banyak dong perempuan yang andil di dalamnya.

Lagi pula sekarang kan banyak pekerjaan yang bisa dilakukan tanpa keluar rumah. Misalnya jualan online, jadi content writer, atau ngeblog. Iya, ngeblog adalah salah satu bentuk pekerjaan yang menjanjikan. Kenapa saya bilang menjanjikan? Karena banyak orang yang udah sukses dengan blognya. 


Saya ambil contoh, Diana Rikasari. Siapa sih yang nggak kenal dia? Pemilik akun www.dianarikasari.blogspot(dot)com tersebut sukses bersama bisnis fashionnya dan bermula dari blog. Contoh lain, Alodita. Dia sukses juga dengan blognya, bahkan kabarnya rate dia bisa sampai berpuluh-puluh juta lho. Wow menginspirasi sekali!

Dulu saya pernah menulis tentang kenapa sih saya ngeblog? Buat apa? Apa nggak buang-buang waktu saja? Akh, ternyata banyak lho yang mencibir sinis hobi saya sebagai seorang blogger. Iya, ngeblog sudah saya jadikan profesi ya, tentu setelah guru. Mereka nyinyir karena emang nggak tahu manfaat ngeblog sih, jadi cuekin aja yess. 

Alasan-alasan saya ngeblog itu banyak banget, bisa dibaca di postingan “ini” dan “ini”. Tapi jika saya rangkum ada beberapa hal yang melatarbelakanginya sih. Tambah teman dan ilmu misalnya, mengasah skill menulis, atau bahkan sebagai pemasukan setelah gaji bulanan saya sebagai guru. Nggak bisa dipungkiri, job dari blog masih laris manis dan banyak digandrungi, bukankah begitu?

Lalu apa kaitannya perempuan dan blog?

Banyak lhoooooo. Coba bayangkan jika blogger hanya laki-laki aja? Hambar nggak ya kira-kira? Hahaha. Ntar yang dibahas otomotif, traveling, sport, dan hal-hal berbau maskulin. Drama, parenting, curhat, tips, dan review ala emak-emak dan jomblowati kan juga dibutuhkan. Itulah kenapa tulisan dari sudut pandang perempuan tetap dinantikan dalam dunia blog.

Lagipula biar nggak garing juga ya kan? Perempuan kan pandai merangkai kata dan curhat menye-menye tuh. Yakali habis baca curhatan perempuan di blog bikin kita makin semangat atau lebih bersyukur lagi, benar nggak? 

Perempuan ngeblog itu keren!

Bagi saya, entah itu lajang maupun yang sudah berkeluarga, selama perempuan itu menulis dan menginspirasi, sudah pasti kerenlah ya. Perempuan yang ngeblog bagi saya sudah naik satu level daripada yang nggak ngeblog. Ya kan ngeblog perlu mikir, perlu ide, perlu ini itu supaya menarik tulisannya.

Eksistensi Diri

Perempuan itu punya banyak peluang yang sama dengan laki-laki. Jika ada perempuan yang ngeblog, itu juga sebagai bentuk eksistensi diri. Bahwasannya PEREMPUAN JUGA BISA KOK.

Baca juga: Achievements

Menginspirasi

Iya, saya banyak terinspirasi dari banyak blogger-blogger perempuan di luar sana. Tahu kan founder KEB dan Blogger Perempuan? Mbak Mira dan Mbak Shinta, semua perempuan lho. Mereka hebat dan sangat menginspirasi.

Banyak Teman

Perempuan bisa eksis dengan ngeblog dan makin bersinar jika benar-benar serius menekuninya. Tapi yang paling menyenangkan adalah ketika kita jadi PUNYA BANYAK TEMAN. Duh, serius deh ini, sejak ngeblog dan gabung ke beberapa komunitas, saya jadi punya banyak teman baru.

Branding Makin Oke

Ini saya sendiri yang ngerasain. Profesi saya adalah seorang guru SD, tapi setelah mengenal dunia blog, orang-orang jadi lebih mengenal saya dengan “Oh Miss Mei yang guru SD dan blogger itu ya”, ahseeeeek. Kalian ngerasain nggak sih branding makin oke sejak gabung di blog?

Baca juga: About Me

Saya rasa masih banyak manfaat ngeblog lainnya bagi perempuan dan tentu tiap orang punya alasan masing-masing kenapa harus ngeblog. Saya pribadi menggarisbawahi bahwa perempuan itu layak kok dan bisa banget mengembangkan karir di dunia blogging.

Yah, nggak hanya laki-laki, di era milenial ini perempuan pun bisa ambil bagian di dalamnya. Apalagi blog dan perempuan adalah 2 hal yang saling berkaitan. 

Perempuan ngeblog? Bisa. 

Perempuan berkarir jadi blogger? Kenapa tidak?

Perempuan eksis dan sukses bersama blognya? Iya, benar kok.

Tidak hanya laki-laki yang bisa ngeblog, perempuan juga banyak.

Menurut kalian bagaimana?

Salam,
@meifariwis

Baca juga tulisan tentang karir dan blog di website KEB di sini dari Mbak Firsty 

4 komentar :

  1. Sewaktu ngobrol dengan gurunya anakku, beliau bilang, "Oh, itu ya yang blogger." Senyum-senyum deh.

    BalasHapus
  2. perlu juga sih mbak, blogger perempuan, biar imbang dunia maya ini.

    kalau isinya cowok semua ya emag terasa hambar hehe.

    Yang aku suka dari blogger cewek itu pas bahas tentang parenting, soalnya bermanfaat banget dan udah pernah dialami si penulis sebelumnya kan, hehe

    BalasHapus
  3. Blogging memang banyak membawa manfaat yach mbak Mei. Saya sendiri memanfaatkan blogging untuk bisnis online. Dan seperti yang mbak tulis di artikel bahwa blogging juga buat branding dan memperluas network.
    Salam kenal yach mbak :)

    BalasHapus
  4. Sekarang mah jadi perempuan enak ya mba gak ada batasan bahwa perempuan gak boleh melakukan ini itu. Yang penting tetap bermanfaat, apalagi sampai merugikan orang lain. Harus bijak2 deh.

    Soal branding. Setuju Mba. Seneng si kalau ada yang bilang blogger atau book reviewer.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung :)

Back to Top