Kamis, 21 Desember 2017

Kejadian Viral di Media Sosial

Akhir-akhir ini timeline medsos lagi panas ya? Banyak pro dan kontra kalau lagi ngomongin yang viral. Tapi saya mah anaknya cemen, nggak berani nimbrung hal-hal yang kontroversial. Cari aman ajalah ya, hahaha



Kemarin sempat viral hestek #SaveTiangListrik gara-gara papa Setnov, lalu boikot film Naura, konflik ustadz dan artis N, dan masih banyak lagi. Tuh kan bingung, belum lagi akhir-akhir ini ada isu banjir Jakarta, ibu-ibu yang boncengin 4 anak pakai motor, juga pedofil di kereta api. Wealaaaaah zaman now makin banyak hal-hal aneh terjadi.

Cuma saya kan masuk aliran baca doang, no comment, dan nggak mau ambil pusing, jadinya pilih-pilih berita yang menghibur aja.

Beberapa waktu yang lalu saat sibuk-sibuknya ngurus rapor anak, saya iseng-iseng buka instagram. Eh muncul video yang lagi viral banget. Itu lho cewek cantik yang lagi praktik makan dan minum tanpa merusak lipstik. Tahu kan? Kalau nggak tahu googling aja videonya, siap-siap nyengir deh. 


Berita yang nggak kalah menggemparkan adalah tentang Palestina. Lalu kasus seorang suami yang memutilasi istrinya di daerah Karawang. Jujur, saya sedih banget ketika mendapati berita-berita kriminal berseliweran. Apalagi kalau pembunuhan gitu, sadis dan ngeri sekali.

Minggu ini pun jagat dunia nyata dan maya juga sedang berduka atas meninggalnya personil SHINee yaitu Jonghyun. Ya Allah sedih bener waktu tahu kejadian itu, sampai nggak percaya rasanya. Jonghyun ini merupakan penyanyi berbakat Korea, prestasinya pun sudah diakui dunia. Sayangnya di tengah kepopularitasannya, dia justru depresi dan berujung dengan aksi bunuh diri.

Sebenarnya saya bukan penggemar Kpop, tapi memang suka sama lagu-lagu SHINee sejak kuliah dulu. Apalagi personilnya emang ganteng-ganteng dan jago ngedance, ya sudah pasti mereka digilai oleh para cewek sedunia. 

Dari begitu banyaknya berita viral di medsos, saya nggak pernah ambil pusing peristiwa ini dan itu, Cuma kadang suka mikir kok gitu ya? Artis A kok begini ya? Kenapa harus A, B, C, D, dan seterusnya. Yah meskipun kadang orang menilai artis itu bergelimang harta toh nyatanya nggak menjamin kebahagiaan kan?

Ada lagi lho yang viral tentang “Perempuan Indonesia”, awal mulanya ada seorang penulis yang share statusnya di medsos mengenai perbandingan perempuan Indonesia VS Palestina. Ya langsung viral dong, secara banyak pihak yang mengklaim si penulis terlalu menyudutkan perempuan Indonesia. Duh, makanya sih perlu hati-hati kalau bikin status.


Untuk menjadi terkenal memang mudah ya, netizen hanya perlu melakukan hal-hal kontroversial, melanggar norma, maupun melakukan korupsi. Tapi amit-amit deh, masa iya mau terkenal dengan cara yang begituan? Saya mah ogah.

Padahal nih ya, ada cara elegan supaya kita bisa terkenal. Misalnya melakukan hal-hal yang baik, mendirikan komunitas bermanfaat (membaca, menulis, donasi, dll), menciptakan karya baru, menjalin silaturahmi, dan masih banyak lagi.

Terkenal kan nggak harus masuk tv atau berita di timeline sejagat raya. Terkenal bisa saja karena perbuatan baiknya membekas di hati banyak orang. Dengan sikap dan budi luhurnya, pasti orang-orang akan dengan sendirinya memberi dukungan dan jadi followernya.

Intinya, banyak dari kasus-kasus viral tersebut tapi kalau hanya sisi negatif yang ditonjolkan saja tanpa mempertimbangkan baik dan buruknya ya sama juga bohong. Berita viral sebaiknya disikapi dengan hati dan pikiran yang dingin. Biar nggak salah juga, sekarang kan zamannya JARIMU HARIMAUMU. Makanya saya pilih diam dan no comment.

Sebagai netizen yang baik semua berita patut untuk disaring terlebih dahulu, kalau ada manfaatnya bisa juga kok dishare, tapi kalau banyak mudharatnya buat apa disebarluaskan?

Ini sebenarnya nasihat buat diri sendiri sih, bahwa:

💔 Meski berhati-hati menulis status atau curhat di medsos.
💔 No nyinyir.
💔 Saring dulu sebelum share berita.

Masih banyak sih berita viral lainnya, seperti postingan Mbak Sri di sini juga. Kalau kalian memilih menyikapinya seperti apa? 

Salam,
@meifariwis


14 komentar :

  1. hohoho,,sama. Saya juga gak berani comment ttg sesuatu yang viral di media sosial. Paling baca aja.. yg baik disimpan, yg gak baik dilupakan sj. Hidupku aja blm tentu bener, jd gak mau ikut ngomentarin hidup orang lain heheheh
    Aduh sedih krna baca berita bunuh diri Abang Jong Hyun T_T wlupun sbnrx sy gak terlalu tau ttg shinee..sy tau cm Choi Min Ho doang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb, aku tipe no comment deh hahahaha
      aku suka Shinee meski ga fanatik sih

      Hapus
  2. Aku jarang banget ngambil momen viral buat bikin postingan karena pertama malas, kedua nggak bisa, haha. Tapi yang viral-viral paling sebatas kujadiin bacaan atau diskusi di atas tempat tidur sama suami sih. Sampai saat ini belum tergerak buat menjadikan sesuatu yang viral jadi postingan blog atau status.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang aku juga suka diskusi sama suami mb, ya samalah aku juga gak jago nulis yg viral2 wkwkwkwk

      Hapus
  3. aku ga tll suka ambil yg viral dijadiin topik nulis diblog aku eaaaa cuman menyimak kadang gatel ikut komen tp biasanya kebanyakan komennya sama sobat di group aja jd ya ga tau deh org2 wkwkwkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. EEAAAAaaa sama dong, cuma jadi tukang simak hahaha

      Hapus
  4. Wah.. gak nyangka mba Mei suka Shinee juga. aku juga loh. :D
    Kalau orang sudah depresi berat memang bahaya. Bisa melakukan apa saja.
    Dengan kasusnya Jonghyun bisa jadi pelajaran buat kita semua ya, mba.
    Aku juga setuju mba, berita viral itu jangan yang negatifnya saja yang dimunculkan ya mba, karena pasti ada hal positif dibalik itu semua.

    BalasHapus
  5. Klok bikin yg viral lbh cepet femesnya (utk mmg yg niat pgn femes) ketimbang merajut kebaikan mbk. Hehe.
    Soal viral2, aku agak nahan2 mbk. Lebih milih nyarik informasi lainnya yg terkait dg viral atau milih nunggu. Nggak mau reaktif. Soalnya pernah reaktif dan salah.

    BalasHapus
  6. Saya setuju dengan poin-poin nasehatnya. Bisa sebagai pengingat untuk saya juga :)

    BalasHapus
  7. Nggak ada habisnya memperhatikan polah netizen mak....memang harus hati2 ya salam

    BalasHapus
  8. Sama mei... Aku memilih G mau ikutan komen kalo ada hal2 ato status viral gitu. Ga suka ribut, dan ga mau bikin suasana makin keruh. Trutama bikin musuh jadi banyak :(. Kalo statusnya menurutku udh terlalu panas, biasanya aku blok juga supaya ga muncul lg di aku.. Bingung kadang ama orang2 di sini.. Kenapa dikit2 ribut, dikit2 sesuatu dibikin viral, even yg ga ptg sekalipun.. Huft...

    BalasHapus
  9. lah saya kok kudep tentang "Perempuan idonesia" emang apaan a jadi kepo hehe

    BalasHapus
  10. Sedih, cz dari semua anggota shinee (tontonan jaman kuliah), kunpaling suka jonghyun walo baru tau namnya itu pas berita kemarin
    Btw artis n ama ustad teh siapa ? *kepow

    BalasHapus
  11. Orang sangking nganggurnya sampe bikin berita viral biar cepet tekenal.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis

Back to Top