Semangka! Semangat Ika!

Assalamu'alaikum :)

Tanggal 07 Juli 2011 lalu adalah hari bersejarah dalam hidupku. Di hari itulah aku resmi menyandang gelar Sarjana Pendidikan, itu artinya aku sudah lulus kuliah, yeaayeeeeee. Bakal menyambut hari yang baru, hari yang biasa disebut dengan masa depan yang mesti dilalui tanpa tahu nanti ke depannya seperti apa. Sebelum meraih itu semua aku pun harus melalui jalan yang berliku. Seperti kebanyakan orang pasti punya cerita tersendiri di masa-masa kuliah mereka, begitu juga denganku. Suka duka sudah berhasil aku lewati, walau kadang tetap tak semulus yang aku harapkan.

Sebagai mahasiswa semester akhir aku pun harus bergelut dengan apa yang dinamakan skripsi. Tapi sebelum mencapai skripsi aku pun harus melalui tahapan lain seperti Seminar proposal, KKL dan PPL. Biasanya ketiganya merupakan momok yang menakutkan bagi mahasiswa tingkat akhir. Justru saat itu kita sebenarnya sedang diuji ketekunan, keuletan serta mental kita. Karena aku mahasiswa jurusan pendidikan, aku harus mengikuti serangkaian kegiatan PPL. PPL merupakan Program Pengalaman Lapangan yang di mana setiap mahasiswa dituntut untuk praktek mengajar di sekolahan. Dulu aku ditempatkan di sebuah sekolah menengah atas atau SMA. Kurang lebih enam bulan aku menyiapkan segala hal seperti RPP, Silabus, Desain Pembelajaran, Progam semester dan Program Tahunan serta tetek-bengeknya (lain-lainnya). Kebetulan jarak kostku dengan sekolahan tempatku PPL sangat jauh, perlu waktu 1jam untuk mencapainya. Alhasil aku harus berangkat pagi-pagi buta untuk kesana. Banyak hal yang aku lalui saat PPL. Banyak kesan menariknya sampai ada kesan buruknya juga, karena aku sempat bermasalah dengan salah satu guru di sana, hahahaha (pengalaman yang tak akan aku lupakan, serius).

Setelah PPL selesai aku harus dihadapkan dengan yang namanya seminar proposal. Kali ini benar-benar menguras otak karena aku harus segera menentukan judul dan materi apa yang akan aku gunakan untuk seminar dan selanjutnya untuk dijadikan skripsi. Setelah sharing dengan dosen pembimbing akhirnya aku berhasil membuat judul dan seminarpun berjalan lancar. Hal lain yang paling ditakutkan oleh mahasiswa semeter akhir sepertiku adalah penyusunan skripsi. Siapapun yang pernah kuliah pastinya akan menghadapi skripsi, harus siap-siap mental, materi, dana dan niat untuk menyusunnya. Berbagai macam cara, jurus, dan tips sudah berhasil aku lakukan. Skripsi kali ini memang butuh sedikit perhatian, bahkan sangat menyita waktu dan pikiran. Tapi berkat dukungan banyak pihak akhirnya di bulan Juli 2011 aku selesai menyusun skripsi dan dinyatakan lulus. Alhamdulillah ya.....sesuatu "_". 

Okeeee...stop curhatnya, kini fokus pada Giveawaynya Ika (baca di sini!). Berhubung aku sudah pernah mengalami asam, manis, pahit, dan asin tentang dunia perkuliahan terutama menyangkut semester-semester akhir aku punya beberapa tips buat Ika. Supaya Ika lebih termotivasi lagi dan selalu semangat. Simak baik-baik ya Ika cantik... uhuk :). 

Ilustrasi dariku untuk Ika

Paling penting dan utama sebenarnya adalah menjaga kesehatan. Bagaimana Ika bisa berpikir dengan jernih dan melakukan banyak hal bila Ika tidak menjaga kesehatan diri. Sehat itu modal utama Ika supaya Ika tetap bisa aktif dalam berbagai macam kegiatan sebagai mahasiswa tingkat akhir. So, jaga terus ya pola makan dan imbangi olahraga dikit-dikit jangan sampai terlalu asik ngurus skripsi tapi lupa sama makan. Oke sipp... Lanjut tips kedua :)

Ilustrasi dariku untuk Ika

Selain menjaga kesehatan Ika juga perlu perbanyak referensi juga lho. Maksud referensi di sini Ika mesti banyak baca buku di perpus, buku kuliah atau literatur lainnya. Apalagi sekarang informasi bisa mudah didapat via internet, jadi Ika banyak-banyak cari informasi sebelum menuju ke proposal dan skripsi. Setidaknya pas nyusun judul atau tema skripsi sudah gak ngambang atau bingung lagi. Karena sudah dibekali ilmu lewat referensi tadi. Kalau masih bingung, Ika juga jangan segan-segan sharing maupun tanya jawab dengan dosen, kakak senior maupun teman seangkatan. Biasanya mereka akan banyak membantu Ika. Berbagi ilmu itu menyenangkan lho. Lanjut tips ketiga :)

Ilustrasi dariku untuk Ika

Nah yang satu ini memang agak sulit. Ika mesti fokus pada tujuan. Siapkan mental serta niat yang kuat untuk mencapai tujuannya. Kalau memang Ika ingin segera lulus Ika perlu memupuk rasa optimis itu dan selalu fokus terhadap apa yang kamu inginkan selama ini. Okeeee tips berikutnya :)

Ilustrasi dariku untuk Ika

Slow but sure artinya Ika harus bersikap santai tapi yakin dan pasti. Ika perlu menikmati masa-masa itu, karena semester akhir itu tak akan pernah terulang kembali (kecuali kuliah lagi lho). Ika boleh manfaatin waktu itu dengan sebaik-baiknya. Isi waktu dengan berbagai kegiatan positif. Sesekali boleh hang out bersama teman atau pacar untuk melepas penat. Boleh mengisi waktu dengan hal bermanfaat lainya tapi ingat Ika harus pastikan bahwa sikap santainya akan membawa kepastian yang nyata. Boleh juga mulai hunting job, buat ke depannya. Cieeeeee dalem banget kayaknya. Dan ini tips terakhir untuk Ika :)


Pasti Ika sudah tahu banyak tentang kekuatan sedekah? Nyambung gak sih sama tips-tips yang lainnya kok pakai acara sedekah segala? Nah, sedekah itu kunci doa kita dari orang lain. Semakin banyak kita bersedekah semakin banyak pula orang yang akan mendoakan kita. Begitu juga dengan Ika. Selalu ingat sesama, fokus pada kuliahnya dan tetap baik terhadap orang tua. Pasti kesuksesan selalu meyertai langkah mahasiswa semseter akhir, jadi gak perlu galau ya. Kalau semua sudah dilakukan Ika perlu berdoa dan menyerahkan semuanya pada Tuhan. Semester akhir tak akan selalu menyeramkan kok, ada sisi indahnya juga. Nanti juga bakalan bisa kita petik hikmah dan manfaatnya. 

Itulah beberapa tips dariku untuk Ika. Bukan maksud menggurui atau sok dewasa, tapi hanya sedikit memberi masukan dan semangat saja supaya Ika tetap senang menjalani masa-masa semester tua berserta skripsi dan lain-lainnya. Jadi, tetap SEMANGKA............ SEMANGAT IKA!!!


17 komentar

  1. gue gak semester dpan udah mulai ppl dan bis tu skripsi. Tipsnya boleh jg nih kak mei. Semoga menang ya ga nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah.. itu, perlu dicoba deh tips dariku Yog
      moga berhasil heheheee

      Hapus
  2. iyeee...kalo yang ini aku udahkatam kakaaaak..hehehe..ada tips untuk bertahan jadi guru nggak kakaaaak...hehehehe..
    tapi emang yg paling pnting tu kesehatan sih ya...awal dari segala awal tuh..kalo badan sehat pikiran pun akan cemerlaaaang... horayyyy... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkkakkakakaa
      iyalah secara kan kamu udah lulus Meyk
      yup kesehatan adalah nomer 1....
      harus pandai2 jaga kesehataaaaaan tan tan tan

      Hapus
  3. kak mei gue deg2an nih sama kaya yoga mau PPL smester depan. bisa tenangin nggak semacam ngasih tips2 gituh hehe

    semangat buat ikanya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiah gak usah deg2an kali Pik..
      nah itu tulisanku di atas kan tips Topikkkkkk... dibaca gih :p

      Hapus
  4. Mong omong, kayaknya banyak yang nyebut-nyebut PPL. Aku sebagai anak bawang mo kepo: PPL itu untuk yang kuliahnya ngambil pendidikan aja apa gimana? :/

    tipsnya buat aku terapin juga cocok nih, asik keknya :3
    okeh, gluck ya kak mei GAnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ppl itu praktek lapangan
      setauku sih cuma yg jurusan pendidikan
      praktek ngajar, mungkin jurusan lain jg ada tapi gak tau namanya apa hehehhee

      oke makasih ya

      Hapus
  5. semoga menang ga-nya ya kak :D kalo menang entar hadiahnya dibagi-bagi ya._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hhahahaaa amin
      hadiahnya ambil di toko dekat rumah masing2 ya

      Hapus
  6. Haha kalo point kelima mei jadi. Mei mansur wisata hati haha

    BalasHapus
  7. aduhh aku udah masuk semester 5 nih kak mei, udah deket ke tingkat kesulitan sebagai mahasiswa .

    BalasHapus
  8. aku yg mahasiswa tingkat awal aja sdh sibuk, apalagi yg tingkat akhir :o

    BalasHapus
  9. Hai kak Mei Wulandari, salam kenal..
    wah, makasi banget buat semangkanya dan udah cerita pengalamannya waktu menghadapi semester akhir :)
    makasi banget udah ikutan GAku ya :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis