Sayangi Hutan Indonesia!



Sejak zaman dahulu Indonesia sangat terkenal dengan kekayaan sumber daya alam yang sangat melimpah. Salah satu kekayaan yang kita miliki tersebut adalah hutan. Hutan merupakan salah satu lingkungan alam yang sangat penting. Dalam kehidupan sehari-hari kita banyak menggunakan barang yang berbahan dasar kayu. Kayu-kayu tersebut kita peroleh dari pohon yang ada di hutan. Ada juga beberapa pohon yang kita manfaatkan sebagai bahan kosmetik, bahan makanan dan obat-obatan. Hutan juga merupakan "rumah" dari berbagai jenis tanaman dan tempat tinggal hewan. Sayangnya, banyak hutan kita yang masih kurang terawat bahkan rusak parah.

Indonesia tercatat sebagai salah satu negara yang memiliki kerusakan hutan terparah di dunia. Banyak hutan yang gundul dan mulai tercemar. Padahal hutan berfungsi untuk menyerap air. Akar-akar pohon pun berguna untuk menahan tanah. Bayangkan saja bila hutan-hutan kita gundul sudah dipastikan akan terjadi banjir dan tanah longsor. Hal itu disebabkan karena air akan mengalir ke daerah yang lebih rendah. Bila hujan turun maka tidak ada tempat untuk menahan resapan air tersebut dan akan menyebabkan erosi.

Jika hutan gundul, saat cuaca panas pun akan membawa bencana. Apa yang akan terjadi? Tentu saja kekeringan dan kebakaran hutan. Padahal setiap musim kemarau kebakaran akan semakin meluas. Asap yang ditimbulkan sangat berbahaya bagi manusia dan hewan. Banyak makhluk hidup yang menderita penyakit paru-paru atau pernafasan akibat dari kebakaran hutan tersebut. Bahkan asap yang mengepul akan mencemari lingkungan sekitar dan mengganggu aktivitas manusia. Hal itu juga bisa terjadi karena kesengajaan manusia menggunduli hutan dengan membakar pohon-pohon untuk membuka lahan usaha atau perkebunan secara sembarangan. Tak heran bila Indonesia menjadi negara pencemar polusi ketiga terbesar di dunia setelah Amerika dan Cina. Dari 85% emisi yang dihasilkan Indonesia, emisi bersumber dari penghancuran hutan dan konversi lahan gambut. (sumber*)

Fungsi lain dari hutan adalah sebagai penghasil udara segar atau biasa dikenal sebagai "paru-paru dunia". Tanaman atau pohon-pohon yang ada di hutan berfungsi sebagai penyerap udara kotor dari asap pabrik maupun asap kendaraan bermotor. Hutan menyaring hembusan nafas yang kita keluarkan (karbondioksida) dan menghasilkan udara bersih untuk kita bernafas (oksigen). Hutan juga menyerap karbon segar dan gambut yang berada di bawahnya menyimpan karbon itu selama berabad-abad (sumber**).  

Hutan juga memiliki fungsi besar untuk mencegah pemanasan global. Selama bertahun-tahun kita telah terus menerus melepaskan karbondioksida ke atmosfir dengan menggunakan bahan bakar yang berasal dari fosil seperti batubara dan minyak bumi. Hal ini telah menyebabkan perubahan iklim yang tidak dapat diprediksi juga mematikan (sumber***).

Selain mencegah global warming, hutan di Indonesia juga bermanfaat bagi kehidupan perekonomian manusia. Banyak orang yang mencari rejeki dari hasil hutan, bila hutan terancam punah maka perekonomian mereka pun akan ikut memburuk. Belum lagi kalau kita sengaja melakukan alih fungsi hutan, maka yang akan terjadi hutan menjadi rusak. Kita juga tidak boleh melakukan penambangan sumber daya alam seperti minyak bumi secara berlebihan di sekitar area hutan. Kalau kita tidak mau bencana itu datang, sudah seharusnya kita menjaga hutan.

Nah, sekarang kita sudah pahami bagaimana pentingnya hutan bagi kehidupan makhluk hidup. Marilah kita sama-sama sadar diri untuk melakukan gerakan "Protect Paradise". Apa saja yang harus kita lakukan? Bersama Greenpeace kita bisa menggalakkan kampanye Save Earth dan Protect Paradise itu mulai dari sekarang. Jadilah orang pertama yang menyelamatkan hutan beserta isinya dengan cara:
1. Melakukan reboisasi.
Kita dapat melakukan penanaman kembali hutan yang telah gundul. Mulailah dari lingkungan sekitarmu terlebih dahulu. Tanamlah berbagai jenis pohon yang bisa menyelamatkan kita di masa depan. Karena satu pohon berjuta manfaatnya.
2. Tidak melakukan penebangan pohon secara liar.
Kita dan pemerintah harus menerapkan larangan menebang hutan secara sembarangan demi kemaslahatan bersama.
3. Melakukan tebang pilih pohon.
Artinya janganlah kita menebang pohon secara berlebihan. Kita harus memilih pohon mana yang harus ditebang dan mana yang harus dilestarikan. Hal ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan alam. Sehingga masih ada pohon yang akan menjadi penjaga ekosistem hutan.
4. Mengurangi penggunaan tisu atau kertas yang tidak perlu.
Maksudnya selain menjaga hutan kita juga harus menghemat barang-barang yang dihasilkan dari hutan supaya hutan tetap terjaga kelestariannya dan tidak cepat punah.
5. Tidak membakar hutan.
Apapun alasannya, membakar hutan itu sangat dilarang dan merugikan semua pihak, selain merugikan kelangsungan hidup manusia, juga menyebabkan punahnya hewan dan tumbuhan yang ada di dalamnya, seperti Harimau Sumatera, Orang Utan dan masih banyak lagi.

Jadi, marilah sama-sama menyanyangi, melindungi, dan melestarikan hutan di Indonesia. Protect Paradise for better life!!!.

Jumlah kata : 699 kata.
Sumber referensi: 
http://www.greenpeace.org/seasia/id/campaigns/melindungi-hutan-alam-terakhir/hutan-dan-perubahan-iklim/
** 
http://www.greenpeace.org/seasia/id/campaigns/melindungi-hutan-alam-terakhir/Membakar-Iklim/
*** 
https://p3-admin.greenpeace.org/seasia/id/campaigns/perubahan-iklim-global/

16 komentar

  1. Balasan
    1. Terima kasih, semoga bermanfaat, yuk mari sama2 kita menjaga hutan di Indonesia :)

      Hapus
    2. keren sob.. hahahaha
      aku kira kak mei itu cewe jadi panggilannya apa yah? sib?

      yang paling parah kerusakan hutan terjadi di sumatra, katanya. banyak hutan lindung yang di jadikan lahan sawit. sampe populasi harimau sumatra jadi terancam. :I semoga menang kak mei, dan bisa jalan2 ke hutan indonesia biar tau keadaannya :)

      Hapus
    3. hahahhaa aku juga heran kenapa panggilnya sob, padahal kan aku cewek hadewww

      iyaaa banyak kerusakan hutan yg disebabkan oleh manusia sendiri. mari kita aga hutan kita, kasian populasi hewan yg makin punah. semoga hutan kita tetap subur dan kelangsungan hidup manusia semakin membaik, amin
      protect paradise, makasih yaaa amin

      Hapus
  2. jaga hutan untuk bumi yang lebih baik hiyeeee \o/

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup bener baget mari cintai hutan untuk bumi yg lebih damai

      Hapus
  3. Semoga hutan-hutan di Indonesia makin dilestarikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa mbak, yuk sama-sama melestarikan hutan :)

      Hapus
  4. sebagai generasi muda, kita harus giat menjaga bumi kita dari kepunahan. semoga semakin banyak orang yang menyadari pentingnya menjaga dan melestarikan hutan. di daerahku sekarang hutan-hutan banyak yang gundul dan dibakar. kemudian ditanami jagung. aku nggak ngerti tuh motifnya apa. yang jelas, dampaknya cuaca sekarang makin tidak stabil... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sebagai pemuda kita harus berani menyuarakan tentang pentingnya hutan, wah kasihan juga ya yang ada di tempatmu soalnya kalau hutan ditebangi terus nanti gundul dan iklimnya jadi tak menentu :( semoga ada langkah ke depannya untuk menanam pohon di tempat kamu lagi ya

      Hapus
  5. Iya sih tapi sayangnya tempat tinggal jauh dari hutan nih -___-
    Yang penting tetap menjaga dan melestarikan lingkungan (y)

    BalasHapus
  6. YEY hutan adalah paru paru dunia... layaknya manusia, manusia tanpa paru paru itu apa jadinya? sayangi paru paru kita... jaga sebaik baiknya.. untuk kehidupan aku, kamu, kita dan anak cucu kita nantinya YEY!!

    BalasHapus
  7. Intinya kita semua wajib menjaga dan melestarikan hutan yang masih tersisa untuk anak cucu kita

    Semoga menang ya:)

    BalasHapus
  8. wah, ikutan lomba tentang hutan, kereeennn!! emang miris sih ya, yg seharusnya indonesia itu ibarat kata dulunya lembaran hutan yang bisa menyokong kebutuhan oksigen sekarang jadinya malah membahayakan dunia juga karena terus menerus ada kerusakan dimana mana. jadilah banyak bencana juga karena nggak ada keseimbangan! huft...

    BalasHapus
  9. Temanya keren nih lomba, harus dikasih tahu sejak dini biar ke depannya hutan Indonesia gak tambah parah lagi. Hutang emang jantungnya bumi, tanpa hutan semua bencana akan bermunculan, mulai dari banjir, longsor dan masih banyak lagi.

    Keren, mei. Moga aja menang. Amin

    BalasHapus
  10. buat yang baca segera sadar ya.. termasuk saya juga, belajar sadar kalau ternyata kelestarian hutan itu penting bgt!!

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis