Gabung di Berbagi Nasi Cikarang

Assalamu'alaikum :)

Bulan lalu adalah bulan yang sangat penting bagiku. Pasalnya, aku diterima menjadi anggota Berbagi Nasi (Bernas) Cikarang. Apa itu Bernas? Bernas merupakan kegiatan sosial dengan cara membagikan sebungkus nasi bagi saudara-saudara kita yang kurang beruntung, yang tidur masih beralaskan bumi dan beratapkan langit. Lalu bagaimana aku bisa bergabung dengan komunitas ini? Awalnya aku pernah membaca tulisan seseorang tentang kegiatan tersebut di kota Solo. Kota tempatku menimba ilmu semasa kuliah dulu. Tapi aku tak pernah berpikiran untuk mencari tahu lebih jauh tentang apa itu bernas. Sampai kemudian, di suatu siang hari saat jam istirahat sekolah aku mulai iseng buka twitter, ada sebuah status dari salah satu akun yang aku follow memberitahukan kegiatan berbagi nasi di Cikarang. Karena aku tinggal di sana plus banyak waktu luang akhirnya ku putuskan untuk memfollow-up'i akun tersebut.

Bak gayung bersambut, aku add nomor pin si admin berbagi nasi. Alhamdulillah aku ditanggapi dengan baik. Setelah banyak bertanya akhirnya aku diajak untuk ikut berkumpul pada setiap Jum'at malam untuk membagikan nasi. Tapi karena aku adalah perempuan yang tinggal sendirian aku tak berani untuk menghadiri acara tersebut. Namun, karena rasa penasaranku yang kuat dan berkat bujukan sang admin bernas aku pun memberanikan diri bergabung dengan mereka malam itu juga.

Sekitar pukul 21.00 malam aku ikut berkumpul di salah satu tempat yang sudah di sepakati, yaitu di Hadhamas Futsal, dekat pintu Jababeka 7, Bekasi. Ternyata di sana sudah banyak orang yang datang. Dengan sambutan sederhana aku mulai memperkenalkan diri. Aku juga mendapat teman-teman baru, mereka adalah Bang Jemy, Bang Coro, Bang Taufik, Putri, Nisa, Nona, Irfan, Taufan, Mas Ariandi, Teddy dan masih banyak lagi. Pertemuan itulah yang mengenalkanku dengan kegiatan di malam hari namun sarat nilai postifnya.

Malam itu menjadi sejarah dalam sepanjang hidupku. Ya, aku menyaksikan langsung orang-orang yang kurang beruntung tersebut dengan mata kepalaku sendiri. Aku menyaksikan mereka tidur di sepanjang emperan toko, tanpa alas dan pastinya tanpa atap, kedinginan dan sendirian. Malam itu bulu kudukku senantiasa merinding dan hati nuraniku semakin teriris saat mendapati banyak orang yang tengah malam masih mencari nafkah demi sesuap nasi. Demi apa yang telah Allah berikan padaku, malam itu benar-benar pintu hatiku terketuk, nikmat mana lagi yang sudah aku dustakan. Kenikmatan duniawai bisa aku dapatkan dengan mudahnya, sedangkan mereka? Tidur saja hanya di jalanan, bahkan mungkin untuk sekedar mengisi perut mereka sudah lupa.

Air mata ini tiba-tiba jatuh terurai tanpa diminta. Tubuh ini lemas seketika tak tega melihat kenyataan yang begitu menyakitkan. Tapi inilah kehidupan yang sebenarnya. Aku senang bisa ikut bergabung dengan komunitas berbagi nasi ini. Banyak hal yang telah aku dapatkan. Kegiatan yang benar-benar positif. Melalui perantara sebungkus nasi, kita bisa menyebarkan amal kebaikan dan lebih peduli dengan sesama lagi.

Seperti yang telah kita ketahui, bila kita bersedekah maka harta kita bukannya berkurang malah akan dilipat gandakan. Mari berdiri, singsingkan lengan, lakukan aksi bersama Komunitas Berbagi Nasi. Tak perlu ragu, karena Bernas sudah banyak terdapat di berbagai kota di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Jogja, Kudus, Solo, Depok, Serang, Klaten, Bekasi, Semarang dan masih banyak lagi (sekitar 80 kota di Indonesia).

PS: Tulisan ini tidak bermaksud untuk riya, aku hanya ingin menyebarkan informasi tetang kegiatan "Berbagi Nasi". Semoga banyak yang terketuk hatinya untuk ikut memberikan sedikit senyuman pada saudara-saudara kita yang masih kekurangan di luar sana. Syaratnya sangatlah mudah, hanya dengan membawa sebungkus nasi atau seikhlasnya, atau kalau tidak punya waktu luang bisa nitip nasi ke teman yang akan berangkat, atau bisa dengan menjadi relawan dengan ikut melakukan aksi membagi-bagikan nasi pada saudara-saudara kita. Jika tidak bisa semuanya, bisa dengan memberikan donasi kepada setiap admin Bernas yang bersangkutan. Semua orang boleh ikutan, agendanya sederhana dan tanpa paksaan. Insyaallah berkah :)

Untuk informasi tentang Berbagi Nasi daerah Cikarang, ini dia:

Acara rutin: setiap Jum'at malam (malam Sabtu)
Pukul : 21.00 WIB - Selesai
Tempat: Foodcourt Hadamas Futsal, Pasir Gombong, Cikarang, Bekasi.
CP: Jemy hp / WA : 085648361161 / Twitter : @jemy_ngeslow
Kuncoro hp / WA : 081326402734 / Twitter : @kuncoromantiz


Tertarik untuk gabung? Silakan follow www.berbaginasi.com dan cari tau informasi cikarang di BerbaginasiCikarang. Atau bisa langsung mention di @berbaginasiID atau kepoin juga facebooknya di BERBAGINASI. Mari sama-sama menyebarkan virus kebaikan untuk INDONESIA :) Semangat!!!

Sebungkus nasi hanya perantara, karena hati yg berbuat banyak (quotes of @berbaginasiCKR). Tunggu ceritaku selanjutnya ya :) :) :)

Salam,
@meifariwis

12 komentar

  1. semoga berkah ya, mba Mei. kalo di tegal ada kegiatan bagi2 susu hangat setiap kamis malam. biasanya pada ngumpul di deket kantor pos atau di alun2 gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, makasih mb Ila, di Tegal juga sudah ada BERBAGI NASI lhooo, yuk ikutan :)

      Hapus
  2. kak... iya... ikut organisasi sosial dan kegiataanya selalu membuat kita bersyukur lebih banyak/....
    bisa membantu orang adalah kebahagiaan tersendiri...

    aku juga pernah ikut rumah zakat... pokoknya, hati kita diselimuti utuk terus bersyukur..
    keren kak! lanjutkan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa dari organisasi maupun komunitas sosial bisa menumbuhkan sikap selalu bersyukur
      apapun itu kegiatannya selagi itu positif dan bermanfaat bagi banyak orang wajib nih kita sebarkan kebaikannya

      :)
      ayooo gabung menjadi bagian dari BERBAGI NASI INDONESIA :)

      Hapus
  3. seru ya kak ikut bernas,bisa tambah temen, tambah pengalaman dan isa berbagi juga. dari yg awalnya kurang peduli dengan orang2 kurang mampu di sekitar, sekarang jadi sangat memperhatikan. semoga yang di lakukan kk dan bernas mendapatkan berkah. amin. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya selain menambah teman kegiatan ini sangat positif. Mengajarkan pada kita untuk saling berbagi, walau hanya lewat sebungkus nasi. Amin semoga berkah dan banyak yg ikut BERNAS yaaa. amin ya Robb

      Hapus
  4. wuihh keren banget mbak salut gue sama mbak lanjutkan mbk membantu itu baik dan perlu apalagi orang yang kek*rangan :D

    BalasHapus
  5. wah pasti awal2 canggung ya mba waktu pertama kali ikutan. tapi keren nih yang kaya gini. ngebantu mereka2 yang kesulitan.
    sayang di kota ku masih belum ada (atau akunya yang kurang update?)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya awalnya gak enak, vanggung gtu tapi asik juga ternyata kegiatannya hehehe
      kota kamu dimana?

      Hapus
  6. Kegiatannya positif banget, bisa buat kita untuk tetap mensyukuri nikmat dan kehidupan yang kita miliki yang ternyata kita jauh lebih beruntung daripada orang lain. Oia, kayaknya gw pernah baca juga deh cerita anak BE yang bagi2 nasi gini. siapa ya? ah lupa -__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa, kita memang harus bersyukur karena masih banyak yg belum beruntung daripada kita
      eheeeem siapa ya? hhee

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis