Nas1versary Berbagi Nasi Cikarang

Assalamu'alaikum :)

Happy birthday to you
Happy birthday to youuu
Happy birthday happy birthday happy birthday to youuuuuu

Happy Nas1versary Berbagi Nasi Cikarang
Semoga makin sukses yaaaa.... :)
Peluk satu-satu :)

Masih ingat tentang Berbagi Nasi Cikarang? Sorry tulisan ini benar-benar late post, hiks, maklum si empunya blog lagi sibuk sama dunia nyata, maafin ya? #eeeaaaa.

Jadi tanggal 17 Mei 2014 kemarin komunitas Berbagi Nasi (Bernas) Cikarang berulang tahun untuk yang pertama kalinya. Namun berhubung tanggal 17 adalah hari Sabtu dan banyak anggota Bernas yang masih kerja maka acara perayaannya diundur menjadi hari Minggu, 18 Mei 2014. Berbeda dengan perayaan ulang tahun pada umumnya yang penuh dengan hura-hura, ultah Bernas kali ini menggandeng Panti Asuhan Hasanah sebagai partnernya. 

Minggu pagi, beberapa panitia sudah siap standby di Panti Asuhan Hasanah untuk mempersiapkan segala keperluan acara ulang tahun. Kali ini bernas akan mengadakan acara syukuran karena komunitas berbagi nasi ini usianya semakin bertambah. Selain itu bakalan ada beberapa lomba seperti balap karung, tebak kata, makan kerupuk, nonton film, santunan anak yatim dan makan bersama. Sedangkan panitia lain masih di salah satu tempat futsal (Hadhamas) untuk menunggu teman-teman Bernas Bekasi. Namanya juga jam Indonesia, ngaret adalah hal biasa, bahkan menjadi tradisi. Janjian jam 9 pagi tapi teman-teman banyak yang datang terlambat, akhirnya baru jam setengah 11 siang kami semua menuju panti asuhan.

Kami berangkat naik motor beriringan seperti sedang pawai sunatan massal. Satu maju, satunya lagi maju. Satu berhenti, satunya lagi berhenti. Kami memang sehati, aseeeek! Kurang lebih 20 menit kami semua sampai di TKP. Tanpa kami duga sebelumnya ternyata anak-anak panti sudah menyambut kedatangan kami. Wajah mereka masih polos dan entah kenapa setiap melihat mereka hatiku rasanya "deeeeeg" pengin mewek. Salut sama anak-anak panti yang notabene tak punya sanak saudara atau keluarga tapi mereka masih bisa tersenyum dan tertawa ceria. Beda denganku yang bergelimang harta serta dicintai keluarga saja masih sering ngeluh, duuuuh malu rasanya.

Setelah breafing sebentar akhirnya panitia Bernas memutuskan untuk memulai acara. Diawali dengan berdoa bersama serta sepatah dua patah sambutan dari ketua panitia, pengelola panti, serta perwakilan anak panti. Kemudian dilanjutkan dengan memotong tumpeng yang sudah disediakan sebelumnya. Walau acaranya sederhana tapi makna yang terkandung dalam perayaan ini benar-benar dalam, menginspirasi banyak anggota Bernas khususnya untuk selalu bersyukur pada setiap keadaan yang telah Allah berikan. Berikut foto-foto pemotongan tumpeng serta santunan kepada anak yatim.

Tumpeng spesial perayaan Nas1versary Berbagi Nasi Cikarang

Bang Jemy, Putri dan perwakilan anak panti memotong tumpeng

Potongan tumpeng pertama diberikan kepada ketua panitia

Sedikit santunan kepada anak yatim Panti Asuhan Hasanah

Acara kemudian dilanjutkan dengan makan bersama. Anak-anak panti makan nasi kotak yang berisi fried chicken, sedangkan panitia berebutan makan nasi tumpeng yang sudah dipotong tadi. Tak ada perbedaan diantara kami, semua orang makan dengan sangat lahapnya, terlebih saat buah semangka disajikan. Benar-benar seperti orang yang belum makan selama tujuh hari tujuh malam, hahaha.

Cuaca pada siang itu begitu menyengat, rasanya matahari enggan untuk bersembunyi sebentar saja. Karena takut anak-anak yatim pingsan karena panasnya cuaca akhirnya acara permainan diundur setelah bakda Ashar. Namun panitia tak kehabisan akal, kami telah menyiapkan video tentang apa itu Bernas. Video tersebut digarap dengan sangat apik oleh relawan Bernas nan cantik jelita bernama Putri Khaerani. Dengan kemahirannya dia menyulap foto-foto saat anggota Bernas action di jalanan membagikan makanan menjadi sebuah video yang sangat menarik.

Usai menonton video dan istrirahat sebentar waktunya sholat Ashar pun tiba. Anggota Bernas dan anak-anak panti sholat berjamaah di mushola dekat panti asuhan. Sore itu menjadi tanda bahwa semua umat manusia hakikatnya adalah sama di mata Allah SWT. Entah itu kaya, miskin, sukses, sehat, besar, kecil, punya keluarga lengkap atau pun yatim adalah sama. Semuanya berhak menikmati hidup dan sama-sama wajib untuk melaksanakan ibadah. Itulah makna yang dapat aku petik kala itu. Kami membaur menjadi satu, tak ada perbedaan.

Waktu yang ditunggu-tunggu pun datang. Its time to plaaaaaayyyyyy :)

Permainan pertama yaitu lomba makan kerupuk. Tahu kan aturan lomba tersebut? Itu lho lomba yang sering dimainkan saat 17an Agustus saat memperingati hari kemerdekaan RI. Tahu kan? Masa ya gak tahu, iiih. Jadi anak-anak panti dibagi menjadi 3 kelompok, sedangkan panitia jadi 1 kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 3 orang. Setelah musik dinyalakan maka peserta wajib bergoyang sambil memakan kerupuk yang telah dipasang dengan tali, bergelantungan gitu deh, hehehe.

Peserta laki-laki sedang memakan kerupuk yang telah digantung dengan tali

Peserta lomba makan kerupuk yang perempuan tak kalah heboh

Permainan selanjutnya adalah tebak kata sambil joget-joget ala Caesar. Aturan mainnya beberapa peserta dituntut untuk menebak kata yang diperagakan oleh teman kelompoknya. Tapi tidak boleh menggunakan kata-kata atau kalimat, jadi si pemeran harus menggoyangkan badannya sambil mempraktekkan kata yang tertulis di kertas untuk selanjutnya ditebak oleh peserta lainnya. Pada permainan ini semua peserta terlihat begitu antusias dan tak jarang membuat panitia tertawa terpingkal-pingkal melihat aksi mereka bergaya dan berjoget.

Permainan tebak kata yang membuat tertawa

Sedangkan permainan terakhir yaitu bermain bola. Maksudnya bola ditaruh diantara dua kepala peserta sambil bergoyang. Jika bola tersebut jatuh maka peserta dinyatakan gugur. Permainan ini pun juga sangat menarik minat anak-anak panti. Aku yakin mereka jarang melakukan kegiatan seperti ini saat berada di panti asuhan. Aku senang melihat tawa anak-anak yang dengan tulus berpartisipasi untuk memeriahkan acara nas1versary Bernas kali ini.

Cieee cieeeee mesranya, loh

Entahlah, bagiku perayaan nas1versary Bernas kali ini bukan saja merupakan kegiatan yang positif tapi juga membuka mata dan hatiku. Sungguh sebuah komunitas yang mengajarkan bagaimana caranya berbagi dan bersentuhan langsung dengan orang-orang yang kurang beruntung. Komunitas Bernas telah mengajariku banyak hal, termasuk dalam cara membagi tawa terhadap saudara-saudara kita. Semoga kegiatan ini akan terus berjalan dan semakin banyak pengikutnya, amin

Usai sudah serangkaian acara nas1versary Bernas yang pertama ini. Semua bersyukur dengan rasa suka cita. Setelah berdoa dan melakukan penutupan kami bergegas untuk berpamitan. Tak lupa foto-foto narsis terlebih dahulu. Momen-momen ini tak akan pernah aku lupakan seumur hidupku. Terima kasih untuk teman-teman Bernas Cikarang atas kesolidannya membuat acara yang begitu sederhana tapi jleb di hati. Thanks juga buat teman-teman Bernas Bekasi yang sudah bela-belain datang jauh-jauh untuk menghadiri perayaan ulang tahun Bernas Cikarang. Tak lupa terima kasih atas support yang luar biasa dari teman-teman JCI Cikarang, kalian luar biasa. Juga untuk bapak-ibu pengelola dan anak-anak panti asuhan Hasanah, tanpa mereka acara ini bukanlah apa-apa. Terakhir untuk Allah SWT atas segala rahmatNya sehingga aku dan teman-teman Bernas sukses menyelenggarakan acara ini.

Keep smile :)

Sanguan braaaayyyy

Tertarik dengan komunitas berbagi nasi? ayo gabung segera bersama kami, silakan klik dan baca-baca di akun berikut: FB BERBAGI NASI, @berbaginasiID, FB BERBAGI NASI CIKARANG.

Kalian juga bisa berpartisipasi dengan ikut kegiatan ini, karena sudah tersebar di beberapa kota di Indonesia. Gimana caranya??? Gampang, simak dulu ya:

1. Beli nasi bungkus, lalu bawa ke tempat pembagian nasi, kalau memang tidak bisa hadir boleh menghubungi CP yang bersangkutan supaya nasi bisa diambil lalu dibagikan.
2. Kalau keuangan lagi menipis bagaimana?
Gampang, datang saja ke TKP, ikut action bantu-bantu tenaga untuk membagikan nasi kepada yang membutuhkan.
3. Kalau tidak punya duit dan tidak ada waktu buat join gimana?
Bisa kok, sekarang kan zamannya sosmed, silakan sebarkan info berbagi nasi ini, bisa RT/BC, update status di fb, twitter, share foto atau video, kasih tahu orang banyak yaaaa supaya banyak pula yang terketuk hatinya untuk menyebarkan kebaikan.
4. Tapi kalau mau menyumbangkan donasi juga boleh kok, salurkan saja ke rekening masing-masing lokasi, silakan follow twitter @berbaginasiID untuk kelengkapan tempat dan lokasi Bernas yang dekat dengan rumah kalian, gampang kan?

Ayooooo gabung dengan kita "_" dan sekali lagi SELAMAT ULANG TAHUN YANG KE-1 UNTUK BERBAGI NASI CIKARANG... yeyeyeye :).


"Sesungguhnya kebaikan akan dibalas dengan kebaikan pula."

Salam
@meifariwis

21 komentar

  1. waaaahhhhh... salam kompak selalu *lah

    ahahahah seruu yaa anniv nya..
    berasa 17-an :D
    aaaaaakkkkkkkk lomba karung ga sekalian mbak mei :D

    itu nafsu bener sama kerupuknya, :D

    mbak mei yang mana niii :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa salam kompak kembali,, loh hahhahaa

      iya anniv-nya dirayain seperti acara 17an Agustus Vina hehehe

      coba tebak aku yg mana? tebak2 berhadiah

      Hapus
  2. yuhhhuuuuu, seruuuu abisss Mei.

    btw, selamat ulang tahun Bernas Bekasi.
    dan selamat juga acara Nas1versarinya berjalan lancar.
    semoga kedepan bisa jadi tambah kompak :)

    lomba makan kerupuknya, mengingatkan pada 17 agustusan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih
      tapi yg ultah Bernas Cikarang, bukan bernas bekasi lhooo :)

      amin, moga kompak dan banyak yg gabung sama bernas di seluruh Indonesia amin

      Hapus
  3. Sungguh mulia kamu, mei.
    ini buat sahur sama buka puasa gitu ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa kalau di bulan Ramadan tar targetnya untuk buka bersama sama sahur gitu Nu, yuk gabung saa kita2

      Hapus
  4. aak seru abis acaranya. ada tumpengannya juga. enak tuh kayanya kak mei :9
    btw, selamat ulang tahun buat Bernas Bekasi
    semoga acaranya ini gak cuma ada di Bekasi doang tapi dimana-dimana harus ada. Kalau bisa seluruh Indonesia harus ngadain kek gini. Karena berbagi itu penting! :D
    itu yang laki pake baju merah napsu banget ya makan kerupuknya._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa amin, semoga banyak yg join sama Bernas yaa
      doakan semakin banyak org yg menyebar kebaikan :)

      Hapus
  5. Keren banget yak, bisa bersosialisasi sambil beramal gitu..
    Emang komunitas kayak gitu bermanfaat banget, semua yang ikut bisa dipastikan adalah orang suci dan orang baik-baik..heheheh

    Selamat ulangtahun ya Bernas Cikarang, semoga semakin berkembang dan jadi komunitas yang nasional :)

    BalasHapus
  6. wah aku baru tau mbak mel ada organisasi yang jenisnya begini , sungguh deh baru tau .

    solid bgt pasti ini berdiri udah 1 tahun tapi udah ngadain acara yang mulia begini

    Selamat ulang tahun bernas cikarang , Maju terus !

    BalasHapus
  7. perayaannya meskipun ngga hura2 tapi seru ya.. pada kompakk :)

    happy 1st anniversary BerNas Cikarang.. semoga tetep solid dan sukses selalu...

    BalasHapus
  8. selamat ulang yahun semoga selalu bisa berbagi ya

    BalasHapus
  9. Keren kak..salut sama bernas cikarang..
    SEbungkus nasi hanya perantara dan hati lah yg berbuat lebih banyak..

    Dan yg gw yakini..
    bahagia tu sederhana, sesederhana berbagi kesesama..

    BalasHapus
  10. eh.,,ternyata ada juga komunitas kayak gini...keren....

    banyak orang yang kesulitan buat makan...dan ternyata muncul komunitas berbagi...
    ah, ini alternatif sodaqoh yang pas...apalagi pas nanti bulan ramadhan...pasti bakalan berlipat-lipat pahalanya....
    di ceck deh komunitasnya....kalau bisa bantu.inshaallah bergabung

    BalasHapus
  11. Halo kakak! Sebelumnya sori banget baru bisa BW sekarang, maklum kuota abis, plus lagi sibuk ngurusin dunia nyata. hehe,

    jujur, pertama yang gue lihat itu Skip ke nasi tumpeng-nya yang aduhai bangeeeettt!!!! Duh, gila kak, beberapa menit gue mantengin itu foto nasi kuningnya, MUPENG nihh... bahkan gue belum baca tulisan lo karena emang lebih memandang tumpeng chakep itu.. hehe, sori lagi yaaa.

    Kedua, setelah gue baca dengan saksama, gue menyimpulkan acaranya seru banget. kaya' ada lomba-lomba pas 17-an gitu. Beuhh,,,jadi pengen ikutan di situ juga.

    Betewe, bagi nasinya dong kakak!!!!!!!!! #Halaaaah #Modus

    BalasHapus
  12. seru lihat perayaan anniversarynya. Senneg ya lihat wajah2anya bahagia semua :)

    BalasHapus
  13. ulang tahunnya tanggl 17 mei kemaren dan skrang baru dipost ? hebat banget mbak -_-
    tapi nggak papa, blogger emng gitu masih mending telat ngepost dari pada telat datang bulan #eh

    ada lomba makan kerupunya, keren tuh. haha

    BalasHapus
  14. kayaknya aktivitas berbagi nasi ini makin booming yahh, ini sama kayak berbaginasi Solo yang Aseh juga ikut ya mbak??? ahh, beruntung bisa ikutan berbagi seperti ini...aku juga pingin mbak Meii, cuman...ehm, aku harus cari cari info ga cuman blang pgn pingin doanggg -.-

    semoga bisa semakin berkembang dan mkin byak anak yg terbantu ya mbak meiii...

    BalasHapus
  15. WOW Keren nie artikernya
    Sambil baca artikel ini, Aku numpang promosi deh !
    Agen Bola, Bandar Bola Online, Situs Taruhan Bola, 7meter

    BalasHapus
  16. Halo mbak, bisa minta alamat panti asuhannya gak?

    BalasHapus
  17. terima kasih atas info yang sangat unik dan beda ini

    Obat Kuat Tahan Lama Tanpa Efek Samping

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis