Senin, 22 April 2019

Pentingnya Website Untuk Jualan Online

Pentingnya Website Untuk Jualan Online. Di zaman yang serba digital seperti sekarang ini, nggak bisa dipungkiri lagi kalau orang-orang lebih suka melakukan transaksi secara online. Bayangin aja dulu orang berbisnis harus buka toko dulu, menunggu pelanggan datang, baru bisa jual beli. Pun dengan para pembeli, harus datang ke pasar dulu, memilih barang yang diinginkan, baru bisa membeli barang tersebut.


Namanya juga teknologi, seiring berjalannya waktu pasti akan terus berkembang kan ya?  Sekarang banyak kesempatan bagi siapa saja yang ingin punya usaha bisa melakukannya secara online. Saya yakin banyak yang terbantu bisnisnya dengan cara jual beli secara virtual ini.

Saya sendiri contohnya, dulu pernah deh bisnis kecil-kecilan yaitu jualan baju dan sepatu. Alhamdulillah ada yang beli. Jualannya masih via facebook sih, makanya nggak begitu banyak menjangkau pelanggan. Terus saya coba cari-cari tahu gimana caranya supaya bisnis saya ini meningkat dan kredibilitasnya terpercaya, jawabannya adalah dengan bikin website.

Ya benar, website. 

Saya akhirnya membuat website untuk bisnis saya tersebut. Namanya “Mein Sweet Wear” dan alhamdulillah lancar jaya, hehehe.

Back to topic. 

Kali ini saya ingin membahas tentang pentingnya sebuah website untuk usaha online, tentu dari kacamata saya ya.

Namanya bisnis nggak hanya jualan produk saja tapi juga jasa. Coba sekarang kita renungkan udah berapa banyak manfaat yang kita rasakan dengan adanya website tersebut? Pasti banyak sekali. Mau cari sekolah, buka website sekolahan, cari alat make up, buka website marketplace, mau cari jasa pembersih AC, cari website tukang AC, dan seterusnya.

Website-website tersebut seperti sudah jadi tujuan utama saat membutuhkan sesuatu. Makanya banyak sekali orang-orang menjalankan usahanya dengan membuat sebuah website untuk memasarkan produk atau jasa mereka.

Di sisi lain nggak hanya konsumen saja yang diuntungkan dengan hadirnya website tersebut. Tentu dari segi penjual juga sangat diuntungkan mengingat kredibilitas sebuah pelayanan juga bisa dilihat dari website itu sendiri.

Lalu apa saja sih pentingnya website tersebut?

Cuss saya ulik satu per satu.

1. Personal Branding

Yass, branding itu penting banget untuk sebuah usaha. Apalagi kalau dilakukan secara online ya berarti butuh sesuatu yang berbeda dari yang lainnya, misal “Oh ini lho website jualanku yang lengkap dan terpercaya”. Nah, branding tersebut bisa disajikan dalam sebuah website yang menarik pelanggan dengan ditambahi slogan, jenis pelayanan, atau deskripsi produk atau jasa. 

Jadi saat orang mau cari sesuatu langsung ingat sama website kita karena branding kita sudah kuat tadi. 

2. Menjangkau Lebih Banyak Pelanggan

Seperti yang tadi saya bilang di awal, bahwa untuk menjangkau banyak pelanggan bisa dilakukan dengan cara membuat website. Orang-orang banyak tertarik untuk membeli sesuatu ya karena mencariya lewat website tersebut.

Jika kita punya usaha yang dijual secara online, website ini mampu menjangkau pelanggan terdekat bahkan sampai luar daerah maupun luar negeri.

3. Bebas Memperkenalkan Layanan

Kalau sudah punya website sendiri kita bisa mengisinya dengan konten-konten yang kita inginkan. Website usaha yang kita kelola tersebut dijadikan media untuk menampilkan berbagai macam produk yang kita jual. Tidak hanya produk saja, layanan seperti jasa bisa juga kita tawarkan di website secara bebas.

4. Lebih Hemat 

Kok bisa? Ya dong, kan kitanya nggak perlu repot-repot buka toko, tinggal foto-foto produk, kasih deskripsi, bikin price list, dan tayangkan sebagus mungkin di website. Jadi bisa lebih menghemat pengeluaran kan?

5. Mudah Dijangkau

Bedanya website online dengan toko offline bisa dilihat dari jam bukanya. Website bisa saja full day online 24 jam, sedangkan toko offline ada batasan bukanya. Jadi orang-orang akan lebih mudah menjangkau toko online kapanpun dan dimanapun. 

Mengingat gaya hidup orang yang sibuk seperti sekarang ini, membeli produk lewat website adalah pilihan yang tepat.

6. Media Promosi

Nggak bisa dipungkiri lagi kalau sekarang banyak iklan tersebar di social media. Nah dengan adanya website bisnis tersebut, kita tinggal share saja di social media masing-masing. Audiensnya nanti juga akan jadi lebih beragam, karena berawal dari socmed lalu menyebar ke akun Whatsapp grup, dan tentu saja website jualan kita menjadi lebih ramai pengunjung kan?

7. Tempat Menampilkan Karya

Nggak hanya produk atau jasa saja yang bisa ditawarkan dalam sebuah website. Kita juga bisa mengisinya dengan berbagai portofolio, galeri foto, maupun testimoni pelanggan. Selain foto, kita juga bisa mengisinya dengan tulisan-tulisan up to date terkait dengan produk jualan kita. Kalau yang dijual misalkan produk kecantikan, kita bisa menambahkan tulisan tentang tata cara memakai make up yang benar, dan seterusnya.

8. Meningkatkan Kepercayaan Pembeli

Hari gini orang-orang akan lebih percaya produk yang dijual dalam website daripada di lapak bebas. Kalau di website kan lebih kelihatan professional dan kredibel. Apalagi kalau sampai website kita jadi top rank di mesin pencarian google, pasti pembeli makin percaya sama produk yang kita tawarkan.

9. Punya Kendali Penuh

Enaknya punya website usaha pribadi itu kita bisa memegang kendali penuh atas taget market yang kita inginkan. Kalau masih menumpang di lapak orang lain tentu kita harus ikuti aturan lapak tersebut. Tapi jika punya website sendiri kita bebas untuk mengelola, mengatur jenis layanan, menampilkan produk yang kita inginkan, bahkan sampai membalas chat pembeli pun bisa kita lakukan sendiri.

10. Memiliki Email Khusus

Yang nggak kalah menarik nih ya, kita jadi bisa punya email bisnis sendiri. Jadi nggak tercampur sama email pribadi. Tentu hal tersebut mempengaruhi kepercayaan konsumen. Dengan adanya website dan email bisnis, akan lebih memudahkan pelanggan untuk melakukan transaksi dan tentu saja lebih terkesan professional.

Dari kesepuluh pentingnya website untuk usaha di atas, tentu memiliki andil besar buat para pelaku bisnis ya. Saya pribadi juga lebih percaya sama website sih daripada lapak abal-abal yang tersebar di social media.

Jadi nggak hanya penjual aja yang merasakan manfaat adanya website ini, tetapi pembeli juga jadi lebih hemat waktu dan tenaga.

Untuk membuat website sendiri sekarang juga lebih mudah karena jasa penyedia layanan hosting Indonesia itu udah banyak banget kok. Tinggal cari saja penyedia cloud hosting terpercaya seperti Qwords dan tinggal pasang deh. Website pun bisa langsung dinikmati.

Oh iya, kalau kalian sendiri lebih suka beli secara online lewat website atau lebih tertarik untk datang ke toko langsung sih? Coba dong share pengalaman kalian.

Salam,

6 komentar :

  1. Wah bener banget tuh Mbak, dengan menggunakan website itu akan memudahkan kita dalam berbisnis

    BalasHapus
  2. Banyak juga ya manfaat yang bisa didapatkan ketika jualan online pakai website

    BalasHapus
  3. Wah bener nih. Terima kasih informasinya tentang manfaat website untuk berjualan online

    BalasHapus
  4. Sebagai media promosi ini memang benar Mbak. Dengan begitu kita juga nggak perlu repot dalam memperkenalkan produk kita

    BalasHapus
  5. Memang website itu sangat penting ya. Apalagi jika kita sudah mempunyai banyak pelanggan

    BalasHapus
  6. aku juga baru menjalani bisnis online, tapi belum bikin website nya. baru jualan dari IG aja.. hehe.. masih susah bagi waktu antara bisnis online, ngeblog, sama kerja di kantor + ngurus anak. hehe..

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis

Back to Top