Rabu, 19 Juli 2017

Aktivitas Anak Saat Liburan di Kampung Halaman

Aktivitas Anak Saat Liburan di Kampung Halaman. Liburan idul fitri kemarin adalah kali kedua saya pulang bersama Kenzo. Jika tahun lalu pulangnya naik bus barengan sama rombongan perantauan, kemarin kami pulang naik kereta api. Kami memang selalu pulang berdua saja tanpa suami, karena ya gimana lagi, suami liburnya selalu mepet sama hari raya Idul Fitri, ya kan saya ogah hahaha.

Enaknya pulang duluan adalah bisa menikmati liburan lebih lama saat di kampung. Bahkan saya sempat mengadakan syukuran ulang tahun Kenzo yang kedua. Tapi nggak enaknya kalau pulang duluan adalah ribet. Ribet karena hanya berdua saja (saya dan Kenzo) jadi agak kewalahan (tapi nggak juga sih, hahaha gimana ikh).

Berhubung liburannya lama jadinya saya dan Kenzo punya banyak waktu untuk santai-santai. Sebenarnya yang santai adalah saya, karena Kenzo mah aktif banget, banyak aktivitas. Hahahaha.

Jujur nih ya, selama di kampung kegiatan saya itu cuma tidur, makan, dan nonton tv. Lalu tidur lagi, makan lagi, nonton tv lagi, begitu aja seterusnya. Soalnya makan udah disediain sama ibu, Kenzo udah dijagain sama nenek, mau ngeblog juga nggak ada sinyal. Jadinya ya gitu, santai kayak di pantai alias nggak produktif sama sekali huhuhu.

Tapi ada hal yang bikin liburan kemarin itu sangat berkesan, karena Kenzo jadi punya segudang aktivitas yang membantu perkembangan motoriknya. Selain banyak gerak, Kenzo juga jadi banyak makan, dan ngemil. Alhasil berat badannya nambah, alhamdulillah banget karena saya orangnya parno kalau anak dikatain kurus sama orang lain. 


Ngomong-ngomong kadang cerita anak hanya terlihat menarik di mata ibunya saja. Orang lain terkadang merasa aneh dan kurang dapat feelnya saat membaca. Tapi biarinlah ya saya cerita 5 aktivitas Kenzo saat liburan kemarin di blog ini. Semata-mata mengabadikan momen yang nggak terulang lewat tulisan. Oke?

Silakan lanjut bacanya 💜 

Jadi ini lho 5 aktivitas Kenzo anak saya, ada beberapa kegiatan yang mungkin sama dilakukannya oleh anak seumuran 2 tahun. 

💜 Pertama, memberi makan ayam 💜 

Ayamnya nggak kelihatan hahaha

Setiap pagi setelah bangun tidur, yang dicari Kenzo adalah nenek saya. Untuk apa? Untuk diajak memberi makan ayam di sekitaran rumah. Jadi tiap pagi pasti mereka berdua sibuk kasih makan ayam sambil teriak-teriak “ayam-ayam-ayam” hahaha. Saya sih nggak pernah melarang Kenzo main sama binatang, asal masih dalam pengawasan orang tua. Lagian sekalian belajar menyayangi binatang juga.

Baca juga: Cara Mengajari Anak Menyayangi Binatang

💜 Kedua, memberi makan kambing 💜 

Kenzo lagi kasih makan kambing

FYI, di kampung saya masih banyak sekali hewan peliharaan seperti ayam, kambing, bebek, sapi, dan lain-lain. Oleh karenanya mumpung ada kesempatan dan waktu, si Kenzo saya biarkan berekplorasi sama binatang-binatang sekitar. Nah aktivitas Kenzo tiap siang pasti dia sibuk kasih makan kambing. Sebenarnya Kenzo takut agak geli-geli gitu. Tapi berhubung seru jadinya dia enjoy aja kasih makan kambing.

💜 Ketiga, main masak-masakan 💜 


Bagi saya anak laki-laki boleh kok main masak-masakan. Yah siapa tahu nanti besarnya jadi chef handal. Kan bisa jadi kebanggan orang tua juga. Jadinya saya nggak marah bila Kenzo main masak-masakan. Pun saat di kampung, aktivitas masak-masakan ini nggak pernah ketinggalan.

💜 Keempat, main gendong-gendongan 💜 


Main gendongan ini biasanya sih sama saya. Kenzo suka masuk ke dalam tenggok (tempat jual jamu), tas, maupun tikar yang digulung. Disela-sela waktu bermain yang lainnya, dia masih sempat main gendongan ini. Dia sih senang-senang aja karena bisa masuk dalam tas lalu diayun-ayun. Yang kesel justru maminya, karena capek harus gendong. Kalau Kenzonya mah riang gembira tanpa dosa hahaha.

💜 Kelima, main mobil-mobilan 💜 


Tiap sore sebelum mandi, ada aktivitas rutin yang selalu dilakukan Kenzo yaitu main mobil-mobilan di depan rumah. Main mobil-mobilan ini juga melatih imajinasi Kenzo sebenarnya, karena selain main, dia juga suka membuat mobilnya seolah-olah rusak lalu ia memperbaikinya, hahaha keren.

**

Dari kelima aktivitas di atas semuanya free alias gratis dan bisa dilakukan setiap saat. Makanya liburan di kampung kemarin momennya sangat tepat buat Kenzo. Lagipula Kenzo juga sedang aktif-aktifnya dan rasa ingin tahunya tinggi jadinya aktivitas di atas sangat penting bagi saya.

Nah, kalau liburan kemarin anak-anak mommy pada ngapain? Kasih makan hewan ternak juga nggak?  Share yuk aktivitasnya apa saja.

Salam,
MEI WULANDARI

17 komentar :

  1. hahaha Sama kaya Rafa dikampung hobynya ngasih makan ayam sama kambing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, kayaknya kasih makan ayam itu adalah hobi semua anak wkwkkwkw

      Hapus
  2. Hhaaaha, sama, Ken itu seneng bgt ngasih makan ayam, suka ngambil bergelas2 beras dari daringan, disebar ke ayam2. Terus ngambilin telur bebek kalau pagi, mancing lele, main sepeda, main pasir, main api dari lubang pawon, main abu.... Dll, buuuwanyak deh yg bisa dilakuin di kampung halaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya biasanya beras disebar2 ya mb gara2 makanin si ayam. Emang enak kalau liburan ke kampung halaman, bisa lihat sekalgus main sama beberapa binatang

      Hapus
  3. Kalau udah ada buntut konsennya semua ke mereka ya termasuk liburan pun konsennya ke anak biar hepi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya biar anaknya hepi juga koh haha

      Hapus
  4. Kalau mudik, aiman dn aira juga kubebaskan mainan dgn sekitar. Biasa kasih makan ayam tetangga ibuku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb biar anak-anak puas mainnya juga

      Hapus
  5. Paling seneng kalau sedang ke kampung itu ketemu hewan seperti kambing, sapi dan kerbau. Anak-anak selalu suka, apalagi bisa sentuh2 dan kasih makan. Biasanya ketemunya di padang rumput, bukan di kandang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb, suka lihat binatang2 di kampung ada banyaaak dan mereka itu ada di tanah lapang or kebun hahaha

      Hapus
  6. Lebih bagus yang sederhana gitu mbak daripada dikenain gadget

    BalasHapus
  7. Asik banget liburannya
    Ahh jadi kangrn suasana kampung deh

    BalasHapus
  8. Saya udah bertahun-tahun gak ke kampung papah. Tapi biasanya kalau lagi di sana gak terlalu ingat dengan gadget. Begitupun anak-anak. Biasanya main di kolam ikan, ke sawah, dll :)

    BalasHapus
  9. Aiden belum pernah kasih makan ayam dan kambing, pernah nya kucing doang. Hihi. Seru ya kasih makan binatang. Kebayang Aiden pasti hepi banget kalau kasih makan binatang lain selain kucing. Bosen juga nih lama-lama kucing mulu wkwkwk.

    BalasHapus
  10. Jadi ingat aira yg excited banget sama ayam sampai dimandiin dan mau diajak bobok

    BalasHapus
  11. seru banget liburannya meski yang dilakukan hanya hal-hal sederhana tapi bermanfaat bagi anak-anak

    BalasHapus
  12. Senangnyaaaa, aku gak punya ayam, dll. Adanya burung sama kucing saat mudik hehe.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung :)

Back to Top