Rabu, 26 Juli 2017

Hari Pertama Sekolah

Hari Pertama Sekolah By Mei Wulandari

Yeeeey akhirnya cerita juga tentang hari pertama sekolah. Padahal orang lain mah udah sibuk update status dan foto-foto keseruan hari pertama sekolah anaknya sejak 1 sampai 2 minggu lalu. Maklum sih karena sekolah tempat saya mengajar baru dimulai hari Senin, 24 Juli 2017 ini. Itu tandanya liburan kami kemarin suuuaaaaaangaaat panjang. Jadi lumayan bisa banyak waktu liburan di kampung halaman bersama buah hati.
Oh iya, untuk tahun pembelajaran 2017-2018 ini saya ditugaskan untuk menjadi wali kelas 1. Sedikit syock sih tapi tantangan juga buat saya untuk memegang kelas kecil setelah sebelumnya pegang kelas 6. Berarti saya harus berlatih lebih sabar lagi, yey semangat!


Hari pertama sekolah kali ini hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya karena selalu diawali dengan “Masa Orientasi Peserta Didik atau MOPD”. Untuk agenda kegiatannya pun juga hampir sama, jadi sebelum masuk ke kelas masing-masing, anak-anak dikumpulkan terlebih dahulu dari kelas 1 sampai 6 untuk mendapatkan pengarahan.

Hari pertama sekolah, anak-anak berkumpul bersama.

FYI, tahun ini sekolah Charis menerima banyak sekali siswa baru. Untuk kelas 1 saja ada 42 anak, padahal tahun lalu sekitar 26an. Wow makin maju aja nih sekolah, alhamdulillah. Semoga dengan banyaknya siswa, gaji guru-guru ikutan naik juga, hahaha. Coba ayo di-amin-kan sama-sama, aaaamin.

Untuk hari pertama sekolah sih memang antusiasnya lebih besar dibandingkan hari-hari biasa. Apalagi anak-anak kelas 1 yang memang baru bergabung tahun ini. Belum lagi fenomena-fenoma unik yang terjadi di hari pertama, seperti:

😃 Orang tua mengantar anaknya sampai ke dalam kelas.

Untuk hari pertama memang orang tua boleh mengantar anaknya sampai ke dalam kelas. Tapi hanya sampai jam pertama doang, selebihnya orang tua harus berada di luar ruangan atau pulang.

😃 Datang lebih pagi.

Entah karena saking semangatnya bersekolah, di hari pertama ini banyak anak yang datang ke sekolah pagi-pagi sekali. Kemarin aja sebelum saya sampai di kelas sudah ada 3-4 anak yang datang. Rajinnya murid-murid Ms Mei ini hehehe.

😃 Anak menangis.

Jangan heran kalau di hari pertama sekolah masih ada anak yang nangis. Ada aja alasannya, seperti takutlah, nggak mau ditinggal orang tualah, atau malulah, dan sebagainya. Saya sih sudah atisipasi kalau ada anak yang nangis saya akan pasang wajah keibuan untuk membujuknya hahaha.

😃 Lupa bawa buku.

Meskipun belum ada pelajaran yang berlangsung, tapi anak memang wajib membawa buku untuk mencatat agenda. Tapi masih ada beberapa anak yang nggak bawa alat tulis, sebenarnya wajar sih karena baru pertama kalinya.

😃 Orang tua menunggu anaknya sampai pulang sekolah.

Masih ada beberapa orang tua yang menunggui anaknya sampai jam pulang sekolah. Hal ini juga masih wajar karena saya yakin masih banyak orang tua yang khawatir terhadap anaknya.

Semua fenomena-fenomena di atas memang sering banget terjadi di sekolahan. Tapi semuanya masih tahap yang wajar kok, karena masih deg-degan menyambut hari pertama sekolah ini.

Untuk kegiatan di sekolah saya sendiri pun ada bermacam-macam. Kemarin saat MOPD pun acaranya telah disusun sedemikian rupa supaya lebih menaik dan anak-anak semangat untuk belajar di sekolah.

Tahun ini MOPD diketuai oleh Laoshi Steffi. Dia memberikan banyak ide serta kegiatan selama tiga hari ini. Apa saja kegiatannya saya list ya di bawah ini:


  • Berkumpul bersama semua siswa kelas 1-6.
  • Sambutan dari kepala sekolah, kesiswaan, dan kurikulum.
  • School tour.
  • Quality time with class advisor.
  • Anger management and classroom attitude.
  • Pembagian tugas piket dan struktur kelas.
  • Student's promises for this academic year.
  • Promosi CLUB.
  • Class Preparation.
  • Go home.


Berikut beberapa keseruan anak-anak di sekolah pada kegiatan MOPD kemarin.

MC sedang beraksi

Guru-guru ikut acara hari pertama sekolah

Kelas p1 

hari pertama sekolah

kelas p3

kelas 2

p1 Jubilant

FYI again, murid saya ada 21 anak yang tergabung di kelas 1 Jubilant. Tahun ini saya dibantu oleh Ms Maria. Harapannya sih semoga anak-anak P1 bisa jadi murid yang baik, berprestasi, serta sopan dan santun terhadap teman maupun gurunya. Amin

Kapan-kapan saya ceritain ya kisah kasih di kelas 1 Jubilant. Biar nggak lekang digerus waktu, karena sayang aja kalau momen-momen seru bersama mereka dilewatkan begitu saja. Apalagi anak-anak kelas 1 kan masih imut-imutnya. Hahaha.

So, bagaimana cerita hari pertama anak-anak mommy semuanya? Share dong!

Salam,
Mei Wulandari


10 komentar :

  1. fenomena pilih bangku di kelas itu terjadi gak mba.. hehe
    soalnya diberita ada orang tua murid yang datangnya pagi banget terus nempelin tas ananknya dimeja biar gak keduluan yang lain. haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah nggak ada mas fenomena begituan wkwkkww

      Hapus
  2. anakku juga gitu menangis wkwkwk hari pertama yang sungguh bikin mamak melotot tajam :p
    wuih banyak juga 42 siswanya semoga Miss Mei sehat terus biar bisa ngajar anak2 dan tentunya gajinya naik aamiin yey semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haahahha maklum hari pertama sekolah gitu mb
      iya nih alhamdulillah makin banyak muridnya. moga2 sejahtera guru2nya

      Hapus
  3. Keren Ms Mei......cia yoooo

    BalasHapus
  4. selamat bertugas, kela satu hrs dipenuhi dg banyak kesabaran ya

    BalasHapus
  5. Fylly mah sekolahnya msh sama ama paudnya mei, jd hr pertama sama aja kayak kemarin2 :D. Aku jd inget pas jd murid kls 1 dulu. Rasanya maluuuuuu bgt berbaur. Yg paling aku inget, aku ga sengaja baca keras2 nama salah satu siswa baru juga, dan trnyata salah baca sedikit. Eh anaknya ada disitu dan ngomel2 wkwkwkwkw... Duuh lgs takuuut :p. Saking takutnya sampe keinget trs :D

    BalasHapus
  6. Anak saya ada di kls Ms Mei nih skrg...P1 Jubilant "William Tristan Mahendra" semoga sukses sesuai dengan harapanya Ms Mei ya anak-anak P1 khususnya kls P1 Jubilant...Semangat hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo ibu, iya nih William ada di kelas saya.
      Amin hehe

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung :)

Back to Top