Kenapa mesti ngeblog??

Pertanyaan di atas sebenarnya cukup menggelitik pikiranku. Bagaimana tidak? sudah banyak teman yang bertanya tentang kegemaranku menulis di blog dan aku sukses membuat mereka bingung atas jawabanku. Sebenarnya simpel, ngeblog bagiku adalah hal yang menyenangkan. Tapi aku maklum, karena tidak setiap orang suka dunia blogging. Jadi biar dikata orang suka aneh dengan kegiatanku ini, aku justru semakin semangat untuk menulis. 

Awal kenal blog sebenarnya sudah sejak duduk dibangku kuliah, kira-kira tahun 2009. Saat itu salah satu dosenku menyuruh mahasiswanya untuk membuat blog, dengan keadaan terpaksa akhirnya aku membuat blog, itu pun niatnya hanya untuk memenuhi tugas dari dosen. Hingga tahun 2012 blogku itu terlantarkan, tak dijamah dan tak diurus. Ada dua alasan kenapa aku membiarkan blogku begitu saja, pertama karena aku tidak suka menulis, kedua aku lupa password blogku apaan. Setelah dipikir-pikir aku memang sangat payah dan pelupa waktu itu. Tapi entah kenapa pikiranku berubah saat aku membaca sebuat artikel yang isinya tentang sebuah motivasi menulis. Dari situ aku mulai belajar ngeblog lagi dan membuat akun baru berjudul "Mei Wulandari". Aku banyak belajar dari blog-blog lain. Ada blog yang berisi tips, tutorial, artikel, berita, hiburan dan sebagainya. Tulisan mereka bagus, menginspirasi dan banyak cerita-cerita unik di dalamnya. Aku semakin giat menulis, tapi tulisanku baru sekitar curahan hati saja, apa yang ada dipikiranku aku tuangkan dalam bentuk tulisan. Aku berharap bisa menulis lebih baik lagi.

Tampilan blogku


Banyak hal yang aku dapatkan dari ngeblog. Misal dibagi, ada suka dan ada dukanya. Sukanya karena dengan ngeblog aku punya banyak teman di dunia maya, ini jelas terasa saat kita mulai bertukar sapa di blog serasa kita berbagi cerita bersama dan punya kenalan baru. Suka lainnya aku menjadi mengerti tentang istilah-sitilah blog, bagaimana membuat header yang bagus, tulisan yang baik, widget penting yang harus dipasang dan masih banyak lagi. Dalam hal ini aku banyak dibantu oleh google. Ada lagi, dengan blog aku mulai mengenal banyak komunitas dan mengasah kemampuan menulis karena aku juga suka mengikuti giveaway. Dan yang lebih penting, blog itu menambah pengetahuan dan wawasan. Itulah kenapa aku mesti ngeblog.

Kalau begitu apa dukanya? Oh jangan salah, walau ngeblog itu ada sukanya tapi bagiku aku punya kedukaan sendiri saat ngeblog. Kenapa bisa begitu? tentu saja bisa, saat ide-ide brilian itu enggan muncul dipikiraku sudah bisa dipastikan aku tak bisa menulis. Belum lagi saat aku dilanda rasa malas yang begitu dahsyat, jangankan buat menulis, buat menyentuh laptop saja aku tak mau. Hal penting lainnya saat aku tak sanggup membeli pulsa untuk mengisi modem, benar-benar gawat. Jika pulsa modem sudah terisi, muncul lagi kendala lainnya, yaitu koneksi internet yang lelet, lemot plus mirip siput, tentu saja moodku suka berubah-ubah, dari yang sangat antusias buat menulis jadi ikutan telmi alias telat mikir. Terlebih kalau tulisanku tidak ada yang baca atau komentar, sedih banget rasanya, huhuhu.

Kira-kira begitulah rasanya ngeblog, ada manis, asam, asin, komplit deh. Lanjut buat mengomentari blog Mas Azwar.

Hai Mas Azwar, salam kenal yaa (sungkem dulu ceritanya). Selamat ya atas terselenggaranya Giveaway ini, akhirnya aku bisa ikutan juga, hihihihi. Blogya lengkap banget, berisikan banyak info, video, foto, trailer dan beberapa artikel. Tampilan blognya sederhana, didominasi warna putih, aku suka karena terlihat bersih dan tulisannya mudah dibaca. Tapi kenapa ya setiap mau buka link / postingan baru blognya terasa sangat berat, apa mungkin karena terlalu banyak widget / gadget yang dipasang? Jadinya tambah lemot gitu mas blognya. Tapi overall udah bagus banget, harapannya sih semoga blognya makin keren dan tampilannya gak berat lagi supaya yang membaca jadi lebih betah. Delapan tahun bukan waktu yang singkat untuk ngeblog, so salut deh buat mas Azwar, keep writing ya dan selamat ulang tahun :).

Tampilan blog mas Azwar
Untuk postingan-postingannya sangat bervariatif dan memberi banyak informasi. Tulisan yang paling aku sukai berjudul "Check This Out: Kaleng Bekas Disulap Menjadi Karya Seni Patung".  Alasannya tulisannya simpel tapi jelas dan langsung mendasar pada maksud yang dituju. Postingan yang ini banyak memberi inspirasi. Keren banget di Jepang bisa manfaatin barang bekas untuk dijadikan sebuah karya yang menakjubkan, bahkan banyak orang yang tidak memerhatikan barang bekas tersebut. Dari kaleng bekas yang sudah tak terpakai mampu dirangkai menjadi patung animasi dengan berbagai karakter seperti Ultraman, Mario Bross, Pokemon dll. Semoga saja kita dapat meniru ide kreatifnya dan bisa lebih berkarya lagi. Aku yakin orang Indonesia pun sebenarnya mampu membuat karya seperti itu.

Sumber gambar: http://azwaramril.blogspot.com
“Tulisan ini Diikutsertakan dalam Giveaway Ulang Tahun Azwar weBlog yang diselenggarakan oleh

20 komentar

  1. Wow... like postingannya. Blog saya memang agak berat, tadi lagi editing widget, tp skrg udah normal kok. Thanks udah bergabung di GA saya. Keep blogging.

    BalasHapus
    Balasan
    1. thankyu mas.. syukurlah klo udah gak berat, jadi kan enak kalo mau berkunjung ke blognya mas Azwar
      iya sama2 ditunggu pengumumannya ya

      Hapus
  2. Kak Mei ikutan komunitas apa sih kok sering nulis buat giveaway-giveaway gitu? Kayaknya seru...

    :O

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak ikut komunitas dek, iseng ikutan giveaway aja hehhe
      kamu coba ikut deh seru kok

      Hapus
  3. Nice Post...
    Blognya juga informatif & menarik...
    Keep Blogging...!!!
    :)

    Mampir juga ya ke :
    ramdanieka.blogspot.com
    (Jangan lupa join friendship)
    :)

    Salam sahabat Blogger...
    :)

    BalasHapus
  4. oalah, gue sempat bingung kok tiba2 bisa nyambung ke mas Azwar, rupanya postingan dalam rangka toh..heheh

    Satu lagi dukanya ngeblog, gak ada yang liat dan minim komenn...rasanya itu kayak sedang di uji kesabarannya...hahaha

    BalasHapus
  5. mantap boleh tau postingan yang menginspirasi nya ada di alamat mana ya? hohoho

    BalasHapus
  6. kirain ada apa sama Mas Azwar itu, ternyata lagi ikut GA toh :)
    semoga sukses ya kak mei.

    BalasHapus
  7. mbak Mei ternyata ada dukanya juga ngeblog...
    kalo menurut saya itu bukan duka cm ga sempet saja...
    :P

    BalasHapus
  8. ngblog tuh keren, asik pokoknya ceesss... lah
    heheheh, salam kenal

    wanna follow each other?

    BalasHapus
  9. hey hey hey mei wulandaarriiiii !! masih ingt denganku khan ?? tambah asik aja nih skrg , boleh gabung dong yaa .. aku sebagai pemula di dunia blogging ni, okedeh pertama-tama kita panjatkan puji syukur aj dulu kali ye, baru stlh itu kita mnginjak di acara selanjutnya yaituuuuuu .. tuker2an info yee all about your story of live.. ( skalian ajarin jd blogger yg cihuy tu kyk gmn) oke2 ?? sekian dari saya, dan saya tunggu blsn secepatnya .. wassalam :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. hei Adri, hehhehe
      masih ingetlah, masa ya lupa wkwkkwkwkw
      selamat datang di dunia perblogan ya, blogmu apa?
      ntar share2 info

      Hapus
    2. adriagusti.blogspot.com
      dbca2 ya nnti kasih kritik n saran juga ya kakaaak .. :)

      Hapus
  10. iya bener mbak Mei, kita jadi bisa punya banyak tema tidak hanay dari dunia nyata tapi dari dunia mayaa, terus bisa temannyadari mana mana di seluruh Indonesiaaa..horeee...cie Mbak Mei ikut GA ini juga ya,aku juga ikutaan....semangaaat..hehehe

    BalasHapus
  11. Ka Meiiiii sering banget ikutan GA, dan sering banget ngeborong hadiah XD

    BalasHapus
  12. Hahahah,,, semoga menang Mei, wah jadi ingat jaman dulu masih jadi banci kontes, hahahaha

    BalasHapus
  13. jadi pengen.....
    mencoba

    BalasHapus
  14. Ngeblog banyak manfaatnya.
    Dapet temen baru, nyambung silaturahmi sana-sini. Paling menyenangkan bila kita kopdaran..

    Sharing ilmu dan pengalaman, hehehe

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis