Malu Tak Bisa Menabung

Assalamu'alaikum :)

"Honey, hari ini enaknya sarapan apa"?

"Beli bubur ayam aja honey deket rumah, di sana bubur ayamnya enak lho"

"Siang-siang gini yang seger-seger enak kali ya?"

"Eh kemarin di warung sana ada es buah honey, tempatnya rame, kayaknya enak, kita cobain yuk!"

"Malam ini kok aku pengin makan steak ya honey?"

"Ke mall aja yuk, kita makan steak di sana!"

***

Hari ini aku sengaja pergi belanja bulanan dengan suamiku. Kami jalan-jalan berkeliling mall sambil melihat-lihat jika ada barang bagus kan lumayan bisa dibeli. Lalu mataku sejurus melihat sepatu wedges yang berhasil mencuri hatiku. Aku merayu suamiku seraya mencocok-cocokkan sepatunya dengan kakiku. Suamiku berkata "Ambil aja honey, mumpung diskon"

Yessss... aku senang bukan kepalang, padahal kalau melihat koleksi sepatuku di rumah masih banyak sekali yang belum aku pakai. Jujur, aku memang suka mengoleksi beragam jenis sepatu, ada yang high heel, wedges, flat shoes, sneaker, sandal jepit dan jenis sepatu lainnya. 

Setiap akhir pekan pasti aku pergi keluar dengan suami, tak jarang kami membeli barang-barang yang sebenarnya tidak kami perlukan. Kami selalu makan yang enak-enak dan paling up to date. Bahkan jika harus di rumah kami selalu membeli kaset DVD untuk ditonton bersama. Tak lupa kami membeli banyak cemilan.

Jujur, aku tak pernah memasak. Selalu saja ada alasan yang aku lontarkan untuk suamiku, yang males nyalain gas lah, males beli sayur ke pasar lah, masakanku pasti gak enaklah dan masih banyak alasan lagi. Petakanya, belum genap akhir bulan uang belanjaku sudah habis. Suamiku juga sudah tidak memberiku uang lagi karena gajian masih lama. Kalau sudah begini resiko harus kami tanggung, makan seadanya!!!

***

Itu tahun 2014 yang kelam. Tahun dimana aku tak pandai menyisihkan uang belanja. Aku hidup berkecukupan dengan membeli segala yang aku inginkan. Kini tahun sudah berganti, 2015 telah menanti. Kali ini aku harus membuat resolusi untuk ke depannya. Aku tak mau keuanganku terbengkalai lagi karena sikapku yang sangat boros. Apalagi sekarang aku hamil, harus banyak-banyak menabung untuk biaya anak kelak. Sekarang aku malu tak bisa menabung :( :( :(

Aku sengaja menulis resolusi di sebuah kertas kemudian aku tempel di dalam kamarku. Yaa, mau tak mau, suka tidak suka, aku memang harus berubah. Banyak sekali yang ingin aku capai di tahun 2015. Semoga bisa menjadi kenyataan, amin. 

Salah satu resolusi terpenting dalam hidupku tahun ini adalah:

1. MENABUNG
Aku harus bisa menyisihkan uang belanja minimal 2 juta per bulan. Aku harus pandai-pandai mengurus keuangan demi masa depanku yang lebih baik. Di tahun 2015 ini alhamdulillah setiap hari aku masak sendiri, ya awalnya memang rasanya tak enak, tapi lama kelamaan enak juga dan sekarang aku makin ketagihan masak makanan sendiri hehehe.

2. PAKAI JILBAB
Nah ini salah satu resolusi terpentingku.

3. KONSISTEN BACA AL-QURAN
Pengin banget tahun ini tetap konsisten baca kitab suci, ya walau hanya per ain tiap harinya. Tapi ini resolusi pentingku lainnya.

4. PERGI KE LUAR NEGERI
Entah kenapa udah tahu aku gak punya duit buat jalan-jalan apalagi ke luar negeri, tapi namanya resolusi gak ada salahnya jika tetap diperjuangkan. Aku sangat ingin menikmati jalan-jalan ke negeri orang, minimal Singapura, amin.

5. BELI RUMAH SENDIRI
Ya ini penting, jujur aku belum punya rumah sendiri, di sini juga masih tinggal di kontrakan. Semoga saja tahun ini bisa membeli rumah sendiri untuk aku tempati bersama keluarga kecilku, amin.

Selain resolusi di atas sebenarnya masih ada resolusi yang lebih krusial. Tapi jika ditulis di sini gak akan bakal ada habisnya. Cuma harapan terbesarku tahun ini memanglah banyak, satu per satu harus aku perjuangkan. Semoga semuanya berhasil. yess yess yesssssss :)

Aku juga punya banyak pengharapan lainnya seperti:

a. Menjadi istri yang baik
b. Menjadi (calon) ibu yang baik juga
c. Bisa membeli kebutuhan si bayi nanti ke depannya
d. Karier dan prestasi di dunia kerja meningkat
e. Ibadah makin banyak.

Yuk mari amini bersama-sama, aaaaaaaaaaammmmmiiiiiiiiiiinnnnnnnnnnn :) :) :).
Jadi apa resolusimu? Tulis di kolom komentar ya :)

#Tulisan ini diikutsertakan dalam Best Article Blogger Energy

Salam,


24 komentar

  1. kak meyyy... aku agak ter..ter.ter apa ya tertohok, tertampar, ter-negatif lainnya karena aku pun ngga bisa, eh, belum bisa nabung selama delapan belas tahun aku hidup. nabung pun untuk sesuatu yang memang aku pengen, bukan untuk investasi masa depan. padahal katanya, kalo anak perempuan ngga bisa nabung itu akan kerepotan sendiri selanjutnya. huft. ayo kita sama-sama menyemangati biar bisa nabung kak meyyy hehehe.

    btw, kak meyy lagi hamil? kyaaa sebentar lagi bakalan ada foto-foto baby di blog ini nih kayanya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. aiiiih kita sama, tapi gak bisa dicontoh yaaaa
      kita harus berubah, toossss dulu :) hehehe

      Iya alhamdulillah lagi hamil, insyaallah nanti kalo dedeknya dah lahir aku posting deh muahahaha

      Hapus
  2. Waduh, 2 juta sebulan, keren-keren :D

    BalasHapus
  3. Duuh..duuuh..ibu muda rempong banget. Hehehe

    Kalo di liat-liat, kebanyakan resolusi orang itu fokus buat memperbaiki diri dari kebiasaan buruknya. Jadi, musuh kita itu sebenernya sifat kita sendiri..hehehe

    Sukses yaa...semoga resolusinya tercapai semuaa. Aamiin

    BalasHapus
  4. Aamiin, semoga reslousinya terkabul ya Mei

    BalasHapus
  5. Amin kak Mei, semoga terwujud ya.

    BalasHapus
  6. Kak mei.. Semoga resolusinya terwujud semua. Buat anaknya suka ngeblog juga, ya. :D

    BalasHapus
  7. Wuaaah... pola hidupnya gaul banget yak :D
    belanja mulu.. makannya juga enak mulu... kereeeen :D

    btw.. udah mulai mikir ke depan buat dedek bayi nantinya... emang harus bisa memanajemen keuangan.. biar resolusi beli rumah sama ke luar negerinya kesampaian~

    Semoga semuanya bisa terwujud ya Mei~

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin amin, memang harus mikirin nih dari sekarang, harusnya sih dari dulu2 hehehe

      Hapus
  8. memang harus ada pengorbanan dan perjuangan untuk mewujudkan cita2
    kalo terbiasa hidup manja, ya susah atuh ke depannya
    harus dibiasakan supaya bisa hemat

    semoga ke depannya bisa terwujud ya semua resolusimu
    dan semoga resolusiku juga bisa terwujud :)

    BalasHapus
  9. Resolusi di bulan Januari semoga tercapai khususnya nomor 2 dan 3 tuh. Amiiin

    BalasHapus
  10. waaah, abis baca punyamu aku jadi mau nambahin resolusi jadi "Katam setidaknya 2 kali..." makasih mbak pencerahannya..dan harus bisa banget tuh nabung 2 juta per bulan biar uangnya banyak untuk masa depan yang lebih ceraaaaaaah..sukses ya Mam wanna-be... :*

    BalasHapus
  11. aih jadi lupa kapan terakhir kali nabung, kayaknya sih SMP.. :(
    sekarang ini Aisyah -hampir- gak pernah nabung lagi, tapi uang tetep utuh sih, soalnya jarang jajan atau belanja, hhe.. ^_^

    BalasHapus
  12. 2015 harus lebih sukses. semangat

    BalasHapus
  13. AKU MALU TAK BISA MENABUUUUUUUUUUUUUUNG :'( teramat sangat malu malah. Sudah 21 tahun, kerja 3 tahun, belum ada uang tabungan. Maluuuuuuuuuuu ih maluuuuuuuuuuuuuuuu :'(

    Dan bener saja, resolusi 2015 aku pun menabung menjadi salah satunya. Mau sampai kapan kan begini. Seakan gak mikir masa depan mau gimana. Kya kata raditya dika, diumur muda pun kita sudah harus memikirkan uang pendidikan anak. HARUS BISA NABUNG POKOKNYA!!

    Bener aja, sehabis baca ini, aku jadi menggebu-gebu bukan main kak Meeei. Terimakasih udah ngebuka pikiran pembaca lewat tulisan ini, terutama akuuuuuu.

    BalasHapus
  14. Semoga semua resolusinya tercapai, kak. Aamin

    BalasHapus
  15. Wa'alaikumsalam Wr. Wb. Nice resolusi, mbak. Semoga bisa terwujud, ya.
    Semoga istiqomah berjilbabnya. :)

    BalasHapus
  16. semoga resolusinya tercapai ya mbak,amin :)

    BalasHapus
  17. Ihhhhh kak mei.. haha.. aku baru sempet bw hari ini, nih-_- sorry ya...

    Tapi ga paps lah. Kabar baik meskipun bacanya aku belakangan, tetep aja kabar baik :P

    Mungkin emang kalo lagi di masa-masa awal pernikahan masih belum bisa mengelola keuangan dengan baik. Lagian juga masih muda, masih belum punya momongan. Dan, sekarang, sudah ada calon bayi. Jadi, kudu memperbaiki banyak, kudu mempersiapkan banyak.. ahaaaa.. kapan-kapan dedek bayinya dibawa ke Sidoarjo ya, kak. Aku doakan semoga resolusinya bisa tercapai :)

    BalasHapus
  18. Ternyata amoy ini juga muslim toh, alhamdulillah pemikirannya juga dewasa, lanjutkan. ^.^

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis