Selasa, 14 Juli 2015

Kereta Api Wisata Batara Kresna Solo-Wonogiri

Assalamu'alaikum :)

Beberapa bulan yang lalu, tepatnya tanggal 19 Juni 2015 aku beserta ibu dan adikku berencana ke Solo, ke rumah mertuaku. Kali ini ada yang berbeda, apa itu? Biasanya aku ke Solo naik motor atau naik bus. Tapi untuk episode ini aku dan ibuku akan naik kereta api. Yeeee that awesome!!! Yap karena naik kereta api itu menyenangkan, terlebih untuk ibu dan adikku yang baru akan naik kereta api untuk pertama kalinya, hahaha norak ya? Ah nggak juga, dulu aku naik kereta api juga saat usiaku sudah belasan tahun, saat duduk di bangku kuliah. Ya sudahlah, lupakan saja. Waktu itu aku berangkat dari rumah sekitar pukul 10.30 pagi. Sesampai di stasiun Wonogiri aku segera membeli tiket jurusan Purwosari. Di sana aku menunggu kereta api yang memang ingin aku naiki sejak dulu.

Batara Kresna adalah nama kereta wisata yang mengangkut penumpang dari Wonogiri ke Solo. Begitu pula sebaliknya. Kereta terbaru ini merupakan salah satu koleksi yang dimiliki oleh PT Kereta Api Indonesia. Kereta ini sengaja difungsikan sebagai kereta wisata. Jadi, untuk penduduk Wonogiri sepertiku jika ingin ke Solo tinggal beli saja tiket Batara Kresna, selain murah kita juga bisa jalan-jalan menyusuri kabupaten Wonogiri, Sukoharjo, dan tentunya kota Solo.

Tiket KA dibandrol dengan sangat murah, kita cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 4.000,00 saja. Aku membeli untuk 3 orang, aku, ibuku, dan adikku Tito yang masih kecil. Oya untuk anak kecil di atas 4 tahun sudah dikenai biaya tiket lho. Berhubung adikku sudah berumur 5 tahun jadi aku juga harus membelikannya untuk dia. 

Tiket KA Batara Kresna
Untuk jadwal keberangkatannya setiap dua jam sekali. Berikut rinciannya:
PURWOSARI - WONOGIRI : Purwosari (PWS) : 06.00, Solo Kota (STA) : 06.24, Sukoharjo (SKH) : 06.57,  Pasar Nguter (PNT) : 07.19, Wonogiri (WNG) : 07.45.

WONOGIRI - PURWOSARI : WNG : 08.00, PNT : 08.28, SKH : 08.50, STA : 09.23, PWS : 09.45.

PURWOSARI - WONOGIRI : PWS : 10.00, STA : 10.24, SKH : 10.57, PNT : 11.19, WNG : 11.45.

WONOGIRI - PURWOSARI : WNG : 12.15, PNT : 12.43, SKH : 13.05, STA : 13.38, PWS : 14.00.

Jadwal KA Batara Kresna

Setelah menunggu kereta api lumayan lama, akhirnya sang Batara Kresna datang juga. Kali ini antusias warga Wonogiri yang akan naik kereta begitu terlihat. Orang-orang mulai berebut masuk ke gerbong. Padahal kereta apinya "ngetem" lama di stasiun, harusnya sih santai saja hahaha. Aku dan ibuku memilih gerbong pertama. Tapi ternyata gerbong pertama tempat duduknya membelakangi kereta, ibuku yang suka mabuk darat akhirnya memaksaku untuk pindah gerbong. Terpaksa deh saat kereta api berjalan aku dan ibu harus pindah. Akhirnya masih ada sisa tempat duduk di gerbong ketiga. 

Untuk fasilitas yang ditawarkan cukup lumayan. Kereta apinya bersih, tempat duduknya nyaman, para petugasnya juga ramah. Tapi sayang kecepatan jarak tempuh kereta api sangat lambat. Bayangin aja Wonogiri ke Solo harus ditempuh dalam waktu 2 jam. Alamak lama sekali, padahal kalau naik motor hanya 1 jam, naik bus hanya 1.30 jam. Ya namanya juga kereta wisata, harap maklum jika jalannya lambat hehe. 
Penampakan KA

Akhirnya pukul 14.00 sampai juga di stasiun Purwosari. Setiba di sana kami langsung cari taksi menuju ke rumah mertuaku. Sepanjang jalan menuju kota Solo tadi rasanya sangat menyenangkan. Apalagi saat sampai di tengah-tengah kota Solo, kereta api yang kami naiki jadi tontonan lho, hehe. Berasa jadi artis karena banyak yang melambaikan tangan kepada kami (penumpang KA Batara Kresna).

Ayoooo...ayooo yang mau naik kereta api Batara Kresna segera beli tiketnya, dijamin tidak menyesal. Sarannya nih jika mau bepergian naik kereta api ini silakan membawa cemilan yang banyak karena perjalanan yang akan ditempuh lumayan lama yaitu 2 jam, jadi pasti kalian akan merasa bosan. Jangan lupa terus lestarikan jenis transportasi darat ini ya. Sampai jumpa di kesempatan yang lainnya. Aku naik kereta api dulu, tut tut tuuuuuut :p.

Adikku, ibuku, dan aku :p
Salam,

11 komentar :

  1. jaraknya beapa jauh tuh, murah juga ya tiketnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga jauh sih mb. Sekitar 20km
      Iya murah meriah euy tiketnya :)

      Hapus
    2. Saya sudah cukup sekali saja naik krt itu.inginnya wisata kereta ma kluarga.beli tiket PP tdk bs,pulangnya harus beli di wngr setelah sampai trus mo beli tiket pulang tdk ada alias Sudah Habis.sy bilang ma yg jaga "sy mau suruh byr 3x"tp tetep aja tdk bs,harus kluar dr stasiun.akhirnya sy pulang naik bis ekonomi.pdhl anak2 pd tidur n hujan gerimis.payah tuh pelayanannya

      Hapus
  2. Hai kak mei, maaf lahir bathin yaaa

    Asiknya yg di jawa ada kereta apinyaa, aku kemaren sempet juga naik kereta yg sama kak mei itu dari jogja ke solo. Dan nyenengin banget (padahal akunya norak jarang2 naik kereta) kereta sekarang bersih2 terus udah kayak di luar negeri gitu >.<

    Salam ya kak buat keluarganya disana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai lidya maaf lahir batin jg yaaa

      Wah asik kan naik kereta?
      Km naik Pramex bukan? Tiketnya murah jg ntu.
      Iya KA skg bersih2, lumayanlah brrti ada perbaikan sistem di KA tsb
      Okayy dach ;)

      Hapus
  3. Waaaah... Aku 6 tahun di solo ga pernah naik kereta itu hahahaha

    BalasHapus
  4. tiketnya murah ya mbak
    kirain tiket kereta itu pada mahal

    maklum gk pernh naik kerta jadi gk prnah tahu
    terus bedanya kereta wisata sama kereta penumpang gitu apa ya mbak... apa sama aja gitu

    BalasHapus
  5. lah.. adiknya masih kecil kah?
    terkhir saya naik kereta api jakarta-bogor malah kebelet boker. mules di atas kereta itu nyesek sumpah!
    hmm... naik kereta api itu emang enak. ada sensasi tersendiri

    BalasHapus
  6. aku juga baru sekali mba naik kereta api hehe . yang bikin aku puas kereta api pastinya tidak kena macet haha . Yap! bener mba ayo lestarikan transportasi keren ini

    BalasHapus
  7. Wahh seru sekali ya mbk. ^^ saya juga berencana naik kereta BK , jurusan Solo Wonogori, tapi takut pulangny kehabisan tiket buat ke solo nya. :D . ada tips kah ?

    BalasHapus
  8. terima kasih atas info yang sangat unik dan beda ini

    Obat Kuat Tahan Lama Tanpa Efek Samping

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis

Back to Top