Jangan Salahkan Anak Saya Jika Tidak Punya Akta Kelahiran

Assalamu'alaikum :)

Oke...mengawali bulan November ini dengan sedikit rasa kesal yang mendalam. Kesel sekesel-keselnya. Rasanya pengin banget tuh nampol orang pakai sandal, hahaha. Hari ini benar-benar melelahkan, setelah full mengajar anak-anak lanjut meeting bersama guru-guru di sekolah. Sudah banyak tugas menanti yang harus segera diselesaikan. Menit demi menit berlalu, hingga ke putaran jam. Tumben sekali meetingnya cepat selesai, biasanya sampai sore hari. Tiba-tiba handphoneku berbunyi tanda ada bbm masuk. Oh rupanya dari kakak kelas semasa SMA. Ada apa gerangan? Tak biasanya dia menghubungiku.

"Mei kamu belum rekam E-KTP ya?

"Belum mas, kenapa ya?" tanyaku

"Jadi begini, kalau belum punya E-KTP tidak bisa buat akta kelahiran anak lho!"

WHAAAAAAAAAT!!!

Tunggu, maksud kakak kelasku ini apa coba, kok dia tahu aku sedang mengurus akta kelahiran anakku? Emang dia baca blogku? atau punya ilmu tinggi sehingga tahu apa saja kegiatanku? 

Setelah agak lama bbman ternyata kakak kelasku ini adalah pegawai Dinas Catatan Sipil di daerah tempat tinggalku. Kebetulan dialah orang yang bertugas mengecek berkas-berkasku. Padahal semua syarat untuk membuat akta kelahiran anakku sudah lengkap selengkap-lengkapnya. Untuk melengkapinya pun penuh dengan perjuangan yang menghabiskan TENAGA, PIKIRAN, WAKTU, DAN UANG!!!!!!! 

Ya bagaimana tidak, saya harus rela menghabiskan masa cuti untuk bolak-balik pengadilan gara-gara nama almarhum papa mertua ada singkatannya. Saya dan suami juga harus menjalankan sidang di pengadilan agama. Belum puas sampai di situ, setelah saya masuk kerja saya dan suami pun terpaksa minta ijin bos untuk pulang kampung hanya untuk mengurusi syarat-syarat pembuatan akta kelahiran anak.

Semuanya demi apa??? Demi akta kelahiran anak saya. Titik!

Perjalanan panjang saya tuangkan di cerita ini:

Saya berpikir setelah urusan dengan kelurahan selesai, dengan kantor urusan agama selesai, dengan pihak kecamatan selesai, dengan pengadilan agama, serta dinas catatan sipil selesai, semua urusan bakal selesai. Ternyata TIDAK! Sekali lagi TIDAAAAAAAKKKKKK!!! *oke saya lebay*

BBM dari kakak kelas saya sore itu benar-benar membuatku menangis sejadi-jadinya. Rasanya seperti dipermainkan oleh pemerintahan. Saya hanya rakyat kecil yang ingin membuatkan akta kelahiran anak saya. Semua persyaratan sudah saya lengkapi, disuruh muter bolak-balik ke pengadilan dan kantor-kantor pemerintahan pun saya jabangi. Hasilnya, nihil!

SAYA TETAP TERKENDALA MEMBUATKAN AKTA KELAHIRAN ANAK KARENA KTP MASIH KTP NASIONAL, BELUM E-KTP.


Yang membuat saya kecewa berat adalah kenapa pihak dinas catatan sipil tidak memberitahu saya kalau ternyata ktpnya harus elektrik. Padahal waktu itu saya sudah bertanya sejelas-jelasnya, beliau bilang iya syaratnya cukup dan sudah lengkap. Tau gitu saat cuti kemarin saya buat sekalian e-ktp kan gampang!

"Ya udah sih Mei, kamu kan tinggal ngurus E-KTP aja, gitu kok repot!"

Halooooooooooooooooo.... Saya merantau dan jauh dari kampung halaman. Baru beberapa hari yang lalu ijin pulang masa iya pulang lagi.

"Loh katanya semua demi anak?"

Iya demi anak, karena demi anak inilah saya ngotot gak pulang. Kasihan anak masih kecil harus bolak-balik naik bus antar kota antar provinsi. Situ bisa jamin kesehatannya? Lagian saya mah capek sama pemerintah, diulur-ulur terus, ditendang sana-tendang sini terus. Hayati lelah bang, hiks!!! Capeknya warbiyasaaaaak you know!

Padahal udah seneng-seneng si dedek bakalan punya akta kelahiran, eh gak jadi lagi deh. "Eh padahal kalau buat akta kelahiran anak telat ntar kena denda lho!"


"Iya saya tau, tapi siapa yang mau begini??? Untuk mengurus sidang dan printilan-printilannya saja menghabiskan waktu 3 bulan lebih. Itu sama saja melewatkan batas waktu yang ditetapkan, setelah 60 hari kelahiran anak harus segera dibuatkan akta, lebih dari hari itu bakalan kena denda. Iya saya bakal kena denda, iya iya iyaaaaa!!!

Herannya, rekan kerja saya yang baru saja melahirkan juga bisa tuh buat akta kelahiran anak tanpa E-KTP. Terus istri dari teman kantor juga bisa mengurus meskipun ktp-nya masih nasional. Apakah hanya di tempatku saja yang tidak berlaku ktp nasional? Buat teman-teman yang punya alasan atau wawasan lainnya tolong berikan saya pencerahan supaya hati saya sedikit lega.
 
Saya sudah benar-benar capek! Sudahlah mungkin ada hikmah di balik semua ini. Mungkin saya dan suami disuruh bersabar, lebih legowo, sering sedekah, tak boleh mengeluh, atau mungkin waktu dulu saya suka menyulitkan orang lain sehingga sekarang saya merasa sulit sendiri mengurus akta kelahiran anak. 

Tapi saya percaya, dibalik kesulitan pasti ada kemudahan. Yuk aminkan sama-sama. AMIIIIIIN!

Sabar ya Kenzo sayang, doakan mama papamu panjang umur sehingga tahun depan bisa mengurus akta kelahiran kamu :* :* :* (ceritanya lagi ngomong sama dedek Kenzo).

Salam,


22 komentar

  1. Aku baru tahu e ktp ternyata sepenting itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mending dari sekarang buat e-ktp deh

      Hapus
  2. Mba, domisilinya dimana ya?

    BalasHapus
  3. ya ampun masih berlanjut ya Mei, kadang kesel ya kita tanay dengan jelas tapi ada aja kurangnya. Yang sabar ya semoga dapet cuti untuk ngurus lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb Lid, aku kira dah selesai masalahnya ternyata masih berlanjut lagi hikss

      Hapus
  4. BUKANNya sosialisaqsi E ktp sudah ada sebelumnya ya
    Saya turut prihatin

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya om, saya belum buat karena jarang mudik

      Hapus
  5. Amin. Yang sabar aja ya, mbak Mei.
    Oh ya saya cuma mau cerita dikit. AKta kelahiran adik saya malah ada kesalahan penulisan di gender.
    Katanya kalau mau ganti harus bikin lagi dan bayar lagi. KAn kesalahannya dari sononya masak kita yg harus bikin lagi. Aneh. (Maaf malah cuthat).Semoga ada solusinya ya, mbak.

    BalasHapus
  6. e ktp saya alhamdulillah sudah ada karena pas lagi booming bikin e ktp umur saya udh 18 .. jd buat langsung . waktu 17 buatnya yang ktp biasa yg nasional :D

    BalasHapus
  7. eh,saya kira perjuangannya udah selesai. ternyata masih ada lagi mbak. yang sabar deh. birokrasi di Indonesia emang gini kyaknya. nyulitin rakyat kecil.

    btw,saya juga nggak punya akta kelahiran. padhal udah 22 tahun

    BalasHapus
  8. Halo mak.
    Kalo akupun kemaren ada drama akte kelahiran :(.
    Alkisah saya Dan suami blom pisah KK dari domisili ortu masing2, trus ud setuju mau diurusin sama RS aja. Tapi tak kunjung sepakat nama panjang nya si Arman, tetiba ud 2bulan aja blom dibikinin akte. Dan keburu ada perubahan prosedur dari rs kudu punya kk sendiri.
    Akhirnya pas ada kisruh2 bpjs, buru2 urus kk baru. Urus sendiri, ke rt, rw, kelurahan, kecamatan, trus ke Dina's kependudukan. Gratis karena kita urus sendiri. Hari itu jadi.

    Setelah jadi, langsung apply lagi unt urus akte. Akte jadi 2mgg kemudian, trus apply lg unt dimasukin ke kk. Ribet to?!
    2mgg kemudian kk yg sdh ada nama anak, jadi. Namun, nopennya salahhhhh!!!
    Siapa yang salah?! Ya mereka, kan mereka yg daftarin akte, mereka juga yg masukin nopen ke kk, kok bisa salah?!
    Sampe skrg blom di urus lagi. Susah nyari cutinya.

    Oiya, ektp ga ngaruh. Cuma... Pas bikin kk baru itu, ud keluar kk+ktp baru, nah ektp yg ud kita punya, tetep kita pegang Dan nanti ditukarkan dengan ektp baru sampe pemberitahuan selanjutnya. Karena ektp sendiripun masih ga jelas sampe skrg. Aneh ya?!

    BalasHapus
  9. Setelah sekian lama baru mampir kesini, ternyata udah ngalamin pengalaman berdarah-darah gitu Mei... nggak nyangka sampe ada sidang segala di pengadilan agama, nggak kebayang betapa rempongnya ya mesti bolak balik juga...

    Tapi gue baru tau deh, kalo bikin akte harus pake e-ktp.. temen guru di sekolah gue kTP-nya nasional gpp tuh bikin akta kelahiran..

    Kayaknya emang mesti ditunda dulu Mei buat ngurusin ini... kasian Kenzo emang kalo mesti bolak balik... mungkin nunggu liburan sekolah aja nanti.

    BalasHapus
  10. Halo... ngomong-ngomong ini adalah kunjungan pertama gue ke blog ini.
    Yang pertama, agak membingungkan juga sih, dengan peraturan yang mengharuskan orang buat akta kelahiran dan harus mempunyai E-ktp. Pasalnya, dari kajian yang pernah gue pelajari dari fakultas hukum itu, ktp (biasa/nasional) aja istilahnya ga perlu E-KTP udah cukup sih buat akta kelahiran.
    sama bingungnya yang kedua, gue belum menikah juga, masih mahasiswa semester 3, jadi kasus-kasus seperti ini membingungkan juga.
    Intinya, yah... semoga diberikan jalan dan kemudahan untuk mengurus akta kelahirannya.

    BalasHapus
  11. ehm..temanku ada yg mau ngurus e-ktp justru dipersulit...kalau memang sepenting itu penggunaan e-ktp kenapa bikinnya tdk dimudahkan ya..

    klo memang ada org lain bisa pakek ktp nasional ngurus akte, mungkin tiap daerah punya kebijakan sendiri2 ya mbak,

    BalasHapus
  12. kalo mau ngurus ke dinas dinas gitu emang harus kenal orang dalem emang mbak Mei, biar dipermudah gitu. Kalo ngikutin aturan mah kayaknya bakal diputer puter gitu prosesnya hehe. coba aja minta bantuin kakak kelasnya mbak Mei, minta keringanan gitu.

    BalasHapus
  13. Saya kalau udah kesal sama peraturan berbelit dan menyulitkan langsung ngadu ke akun sosmed terkait, Mba. Mungkin bisa di mention akun Pak Ahok atau pemda. Siapa tahu ditanggapi. :))

    BalasHapus
  14. Saya kalau udah kesal sama peraturan berbelit dan menyulitkan langsung ngadu ke akun sosmed terkait, Mba. Mungkin bisa di mention akun Pak Ahok atau pemda. Siapa tahu ditanggapi. :))

    BalasHapus
  15. Hahaha sabar Mbak.

    Birokrasi di Indonesia belum bisa dibikin simple, Mbak.

    Kalau dibikin mudah, nanti pegawai pemerintah tak ada kerjaan :D

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  17. Aku pun belum ngurus akte.. nama suamiku salah di buku nikah, udah diurus sih. Cuman sekarang KKnya masih dipake buat ngurus balik nama kendaraan, jadi belum bisa ngurus akte.

    Aku sama suami juga belum punya E-KTP, udah bikin tapi waktu itu status kita masih lajang n gak bisa diganti, E-KTPnya gak kita ambil. Jadi ikut degdegan juga, takut bakal ribet lagi ngurus akte kalo kudu pake E-KTP -___-

    BalasHapus
  18. Trus sekarang gimana Mbak? Dedeknya masih belum punya akta? :-(

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis