9 Kebiasaan Buruk Guru Ini Jangan Ditiru ya!

Kebiasaan Buruk Guru Ini Jangan Ditiru ya! Apakah kalian masih ingat dengan guru SD, SMP, atau SMA kalian? Apa yang kira-kira kalian ingat dari mereka? Karena gurunya baik hati? Atau karena gurunya terlalu ngeselin jadi diingat terus? Atau gara-gara gurunya ganteng dan cantik jadi nggak bisa dilupain? Hahaha.


Ternyata oh ternyata, perasaan kagum atau kesal pada guru sewaktu sekolah dulu masih membekas di ingatan lho. Benar nggak? Dulu saya pernah diajari oleh guru Bahasa Indonesia yang baik banget, beliau tegas tapi tapi nggak galak, berkat beliaulah saya jadi suka menulis. Saya juga ingat sama guru olahraga yang menurut saya “orangnya pilih kasih” hufh.

Pokoknya kalau gurunya nyentrik, baik, galak, ganteng, pelit pasti bakal diinget deh. Percaya?

Nah lho, sekarang situasi tersebut terbalik. Saya berada di posisi menjadi seorang guru. Tentu saja murid-murid punya kesan tersendiri terhadap saya. Mungkin saya dicap guru yang baik atau malah diingat sebagai guru yang nyebelin, siapa yang tahu ya kan?

Setelah punya pengalaman jadi murid sekaligus jadi guru, saya bisa merangkum kira-kira apa saja kebiasaan buruk guru. Tentu kebiasaan itu nggak baik ya dan nggak ada efektivitasnya dalam kegiatan belajar mengajar.

Memangnya ada ya guru yang punya kebiasaan buruk? Ada kok. Tapi simpelnya begini, satu kebiasaan yang tadinya “biasa saja” tapi kalau terus-terusan dilakukan nanti efeknya jadi nggak baik. Yah semacam kebiasaan nggak berfaedah  gitu.

💔 Pilih kasih

Sampai sekarang saya masih ingat betul sama guru olahraga yang pilih kasih banget. Hanya murid-murid yang cantik saja yang disukai. Makanya sejak SD sampai SMA saya kesel tuh sama guru olahraganya. Tiap guru memang punya murid favorit, tapi nggak berarti juga boleh menomorduakan murid yang lainnya. Jangan ditiru ya yang begini!

💔 Suka berteriak pada siswa

Saya pernah marah kok, sering malahan. Tapi saya ingat pesan kepala sekolah “Jangan lawan emosi anak dengan nada yang tinggi, kalau api disulut api akan semakin panas, gunakan air untuk meredakannya”. Ya begitulah, tiap guru pasti ada kalanya hilang kesabaran, tapi jika “meneriaki anak dilakukan terus menerus” yang ada malah anak akan semakin melawan.

💔 Tidak konsisten

Contohnya:  guru melarang murid untuk lari-lari, tapi saat lihat ada murid lari-lari malah didiamkan saja. Atau guru melarang si A nggak boleh terlambat, hari berikutnya terlambat tidak apa-apa. Sifat buruk yang seperti itu masih sering terjadi kok, apalagi guru yang suka ambil keputusan dengan plin-plan. Ya berabe deh.

💔 Memberikan tugas tanpa dijelaskan

Ada sih kalanya guru sibuk atau sedang ada keperluan lain, tapi kalau memberi tugas ke anak sebaiknya dijelasin dulu materinya. Kalau emang beneran nggak bisa, setidaknya jangan terus-terusan. Gurunya asik duduk santai eh muridnya pusing ngerjain tugas.

💔 Ingin disukai

Siapa sih yang nggak ingin disukai? Semua orang pasti ingin jadi pusat perhatian ya, seorang guru pun gitu. Tapi kalau guru tersebut berfokus hanya pada cara “bagaimana ya biar muridku suka padaku?”, bukan bagaimana cara mengajar yang menyenangkan, lebih baik buang jauh-jauh. Biasanya murid akan suka guru yang natural baiknya atau pintarnya kok, bukan suka dengan guru yang sok keren.

💔 Menyepelekan masalah kecil

Tahu kan masalah sekecil apapun kalau dibiarkan terus bakalan jadi besar? Kalau ada tipe guru yang seperti ini sih lebih baik diberi tahu ya, diajak cari solusi bareng-bareng gitu.

💔 Sok tahu

Guru yang sok tahu juga bahaya juga lho. Takutnya apa yang dilakukan guru bakal ditiru murid. Misalnya kasih jawaban ke anak yang salah, nah daripada begitu mending dipending dulu deh jawabannya. Setelah tahu yang benar baru diinfo ke anak-anak.


💔 Kolot

Ada guru yang jika dikasih tahu atau diberi kritikan eh malah marah. Bukannya berterima kasih sudah diingatkan tapi malah tersinggung nggak jelas. Aduh, semoga saya bukan guru yang seperti itu.

💔 Tidak ada persiapan mengajar

Kalau ngajar di kelas terus bingung apa yang mau diberikan ke anak-anak itu tandanya si guru nggak siap ngajar. Mungkin bisa saja sih pelajaran berjalan, tapi jika sudah disiapkan setidaknya akan lebih baik lagi.

Ya kali guru juga manusia biasa, tempatnya salah dan lupa. Tapi bukan berarti kebiasaan-kebiasaan buruk di atas dilakukan terus menerus. 


Buat guru-guru semuanya, tetap semangat ya. Saya juga bukan guru yang super perfect tapi setidaknya yuk mari tinggalkan kebiasaan buruk tersebut. Nggak mau juga kan nanti dikenal murid sebagai guru pembuat masalah.

Ini kebiasaan buruknya, next post kebiasaan yang baiknya ya. Tungguin terus, hehehe.

Salam,
@meifariwis

11 komentar

  1. Hallo bu Guru... Salam kenal. Sama-sama guru yang hobi nge-blog, nih. Nice posting...Semoga semua poin itu tidak ada dalam diri kita yaa...
    Salam hangat.

    BalasHapus
  2. Guru pilih kasih, ingat betul saya sama salah satu guru SD yang menurut saya selalu pilih kasih di kelas.

    BalasHapus
  3. ih ko sama yo guru olahragaku juga gitu hanya kepada mereka yang cantik dan bodynya seksi giliran aku yang cungkring dipandang sebelah mata mau bisa jungkir balik kek ga bisa berenang BODO amat wkwkwk rasanya sedih punya guru gitu :p

    BalasHapus
  4. Pernah ngerasain jadi guru. Beraaattt..

    BalasHapus
  5. Aku paling sebel sama guru pilih kasih. Masa dulu di kelas aku ada guru yang care bgt sama anak cowoknya, giliran murid2 perempuannya dicuekin, galak pula, wkwkw.

    BalasHapus
  6. Sama, sebel dulu ama guru olahraga jaman smp. Lah aq ga suka lari ya kl pas jadwalnya lari cuek aja jalan. Haha

    BalasHapus
  7. Mbak, cerita anakku ada tuh gurunya yang kalau ngajar sambil liat hape mulu. Kalau keterusan kan pengaruh juga sama kualita mengajar. Btw, semangat ya Mbak. Saya selalu salut sama profesi guru.

    BalasHapus
  8. Hallo Bunda Guru, Guru Bahasa Indonesianya Bu Nunung bukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Sekarang saya yang jadi muridnya beliau.. 😄 salam kenal bunda guru

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis