Selasa, 25 Juni 2019

Pentingnya SSL Certificate untuk Keamanan Website



Pentingnya SSL Certificate untuk Keamanan Website. Duh tumben Mei bahasannya lumayan berat? Hahaha. Ya nggak apa-apa ya sesekali belajar juga tentang blogging. Tahu sendiri kan ilmu blogging itu luas banget, jadi mau nggak mau saya juga harus tahu ini dan itu termasuk SSL ini.



Apa sih SSL itu dan apa manfaatnya?

Sebagai referensi mungkin teman-teman bisa baca mengenai SSL Certificate tersebut di web Qwords terlebih dahulu supaya lebih paham. Cuma di sini saya akan meringkasnya sedikit ya biar ada pandangan.

SSL singkatan dari Secure Socket Layer yang merupakan sebuah lapisan “keamanan” yang dipakai untuk melindungi transaksi dengan mengenkripsi data dengan baik. Bahasa sederhananya sih melindungi komputer dan server dari kejahatan dunia maya gitu.


Memang sekarang ini ada kebijakan baru dari google bahwa sebuah blog atau website sebaiknya mengubah URL yang dulunya HTTP menjadi HTTPS. Ini ada kaitannya sama SSL tadi, karena jika masih HTTP belum ada S-nya (secure), website tersebut bisa ditandai sebagai web yang berbahaya.

Waduh, nggak mau dong ya website yang udah kita bangun sedemikian rupa malah terindikasi NOT SECURE alias tidak aman oleh si google? Pasti banyak pengunjung atau konsumen yang ragu sama situs kita.

Kalau saya sendiri berhubung masih pakai blogspot jadi belum membeli sertifikat resmi SSL tersebut, melainkan hanya dengan mengatur dashboard yang ada di blog saja.

Tentu membuat settingan pada blogspot saya ini masih gratis ya, tapi nggak mau dong website seperti retail besar, sekolah, online shop, rumah sakit, dll hanya mengandalkan protokol HTTPS bawaan dari blog? Tentunya para penggiat usaha atau blogger ini punya pertimbangan yang matang dengan lebih memilih sertifikal SSL yang resmi.

Oh iya, cara mengatur HTTP menjadi HTTPS pada blogspot cukup sederhana kok. Teman-teman hanya perlu membuka setelan utama di blog masing-masing.

Begini langkahnya:

1. Buka Setelan – pilih Dasar.
2. Akan ada tulisan HTTPS.
3. Pilih Ketersediaan HTTPS dan pilih Ya.
4. Ada tulisan Pengalihan HTTPS lalu pilih Ya.


Sesimpel itu aja. Tunggu waktu sebentar maka blog teman-teman yang tadinya HTTP akan berubah jadi HTTPS.

Seberapa penting sih memiliki SSL Certificate?

Penting banget, apalagi untuk website besar yang biasa digunakan untuk transaksi dengan customer. Nggak mungkin produsen membiarkan data penting maupun password dihack oleh orang begitu saja. Makanya dibutuhkan enkripsi data menggunakan SSL Certificate ini.

Lagipula tidak hanya website ecommerce atau jual beli saja, sekarang blog pun diharapkan menggunakan SSL supaya data terlindungi dari kejahatan digital. Selain itu ada pengaruh juga sama rangking  SEO di google. Ya kalau blog atau web tidak secure pasti ranknya akan jatuh atau turun dari mesin pencarian.

Oleh karenanya, ada beberapa manfaat penting dari pembelian SSL Certificate ini. Manfaat tersebut diantaranya:

- Menjadikan transaksi di website menjadi lebih aman dari kejahatan atau pencurian data.
- Membuat pengunjung menjadi lebih percaya sama situs web kita.
- Adanya peningkatan kunjungan atau transaksi bisnis.
- Meningkatkan kepercayaan konsumen saat melakukan transaksi jual atau beli.
- Mendapat ranking yang baik untuk SEO di google.

Manfaat lainnya mungkin masih ada lagi. Teman-teman yang tahu bisa sharing ya manfaat memiliki sertifikat SSL ini.

Selain manfaat di atas yang terpenting dari SSL Certificate ini mengutip dari web Qwords adalah lebih terpercaya dan disukai oleh search engine, serta semua data akan terenskripsi sehingga aman dari bahaya kejahatan cyber. 

SSL Certifcate ini juga punya beberapa jenis tapi untuk lebih lengkapnya teman-teman bisa menanyakan pada orang yang paham betul tentang SSL ini. Apabila masih bingung juga, sekarang banyak kok penyedia hosting Indonesia seperti Qwords.com, yang juga menyediakan layanan SSL Certificate ini.

Biasanya ada 3 layanan untuk SSL Certificate ini yang bisa dipakai yaitu untuk perorangan/pribadi, untuk website bisnis atau organisasi, dan untuk ecommerce atau toko online.

Setiap penyedia hosting tersebut akan menjelaskan jenis sertifikat SSL apa saja dan bagaimana cara melakukan transaksinya. Berhubung saya masih pakai HTTPS bawaan dari blogspot, saya sarankan teman-teman menghubungi penyedia jasa domain dan hosting saja ya, hehehe.

Pada dasarnya SSL Certificate tersebut punya beberapa keunggulan juga. Tiap penyedia layanan mungkin bisa berbeda-beda, jadi mesti dipertimbangkan kira-kira benefit apa saja yang bisa kita dapatkan di penyedia jasa tersebut.

Paling penting pastikan SSL Certificate tersebut memiliki kelebihan seperti:

- Dapat digunakan di semua browser.
- Tersedia fitur Green Bar sebagai indikator keamanan tertinggi.
- Gratis fasilitas replacement selama garansi sertifikat masih berlaku. 
- Punya banyak brand SSL secara global.
- Harga bersaing.

Jadi, apakah teman-teman tertarik untuk beralih memakai SSL Certificate seperti yang saya ulas di atas? Atau yang masih HTTP akan segera berubah menjadi HTTPS? Mengingat sekarang kebijakan dari google, URL yang belum secure akan dianggap tidak aman?

Saya tunggu sharingnya juga ya. Maaf-maaf bila ada yang kurang, masih sama-sama belajar nih. Kritik boleh, nyinyir jangan ya! 

Salam,
@meifariwis


Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis

Back to Top