Kelas Pintar Solusi Pembelajaran Jarak Jauh

Yey tahun ajaran baru 2020-2021 di sekolah sudah dimulai nih. Alhamdulillah ya setelah melewati proses pembelajaran darurat gara-gara COVID-19, akhirnya tahun ini dimulai juga. Tentu masih pakai metode e-learning mengingat si corona ini masih ada. Mudah-mudahan keadaan segera membaik sehingga tahun pembelajaran ini bisa tatap muka secara langsung dengan murid-murid di sekolah.



Akhir Maret 2020 kemarin memang pemerintah sudah menetapkan kondisi tanggap COVID-19 yang imbasnya kepada peraturan baru yang berlaku di sekolah-sekolah. Pemerintah pun pada akhirnya memutuskan untuk menutup sekolah dengan menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh atau PJJ.


PJJ ini menimbulkan polemik tersendiri, ada yang pro dan ada pula yang kontra. Tentu hal ini dibarengi dengan ketidaksiapan orang tua maupun sekolah dalam menghadapi online learning. Masalah ini kemudian menjadi sorotan bagi para guru untuk berbenah diri dengan cara upgrade diri agar melek teknologi dan tanggap akan situasi yang serba mendadak ini. 


Oh iya, yang terbiasa baca blog ini pasti tahu pekerjaan sehari-hari saya adalah guru SD. Tapi saya juga punya anak yang tahun ini sudah kembali sekolah. Ini otomatis jadi PR besar buat saya dalam membagi waktu antara mengajar di sekolah dan juga mengajar anak di rumah.


Baca juga: Kenzo Masuk Sekolah


Berhubung semua masih serba online jadi kegiatan pembelajaran masih menggunakan teknologi berbasis internet. Kalau sudah begini, saya harus pintar-pintar cari informasi tambahan untuk membantu anak atau murid dalam meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka.


Selain buku-buku yang diberikan dari sekolah, saya juga mencari media penunjang lain supaya informasi mengenai pembelajaran makin bervariasi. Saya mau anak didik yang saya ajari mendapatkan materi yang sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Salah satu media penunjang yang bisa dipakai guru-guru adalah kelaspintar.id.



FYI, Kelas Pintar ini merupakan solusi belajar online dengan metode pintar, personal, dan terintegrasi yang didesain untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran guna mendapatkan nilai akademis yang lebih baik.


Kelas Pintar didirikan tahun 2017 sebagai bimbingan belajar online dengan pendekatan personal dan mengintegrasikan antara guru, murid, serta orang tua. Kalau ada yang baru dengar mengenai aplikasi pembelajaran ini coba deh buka situsnya sekarang. 


Tidak hanya guru saja, Kelas Pintar ini bisa diakses oleh siswa maupun orang tua murid. Nah mumpung lagi online learning begini, Kelas Pintar bisa jadi salah satu solusi buat anak-anak atau orang tua untuk membantu proses belajar mereka selama di rumah.


Apalagi semenjak diberlakukan PJJ, banyak orang tua murid yang mencari bimbel online bagi anak-anaknya. Hal ini dimaksudkan untuk menambah wawasan si anak selama masa pandemi karena intensitas anak bertemu dengan guru yang berkurang.


Solusi Bagi Guru 


 


Sebenarnya di sekolah tempat saya mengajar sekarang ini sudah mengupgrade segala perangkat pembelajaran, jadi guru bisa live streaming saat mengajar sehingga bisa langsung tatap muka dengan murid-murid (bedanya si murid berada di rumah). Tapi tidak ada salahnya bila mau menambah materi dengan berlangganan Kelas Pintar ini. Ada banyak materi pembelajaran dan juga fitur menarik yang bisa mengakomodir kebutuhan belajar anak selama di rumah.


Solusi Bagi Orang Tua Murid



Orang tua yang sibuk bekerja dan tidak sempat mengajari anak-anaknya belajar bisa menggunakan Kelas Pintar ini sebagai alternatif bimbel online. Orang tua nanti pada akhirnya bisa memantau perkembangan belajar anak dengan melihat jadwal belajar, mengundang mentor, serta memantau performa anak lewat rapor yang diberikan.


Solusi Bagi Siswa

Selain belajar dengan guru formalnya (guru di sekolah secara online), anak-anak juga bisa belajar dari Kelas Pintar ini untuk memecahkan berbagai masalah pembelajaran, seperti menjawab pertanyaan, mengerjakan soal, maupun belajar untuk PR atau test (ujian). Bonusnya anak-anak bisa langsung bertanya kepada mentor di kelasnya.



Nah menurut kalian bagaimana nih sistem pembelajaran jarak jauh yang diterapkan oleh pemerintah untuk sekolah-sekolah? Apakah sudah sesuai dengan ekspektasi? Saya sendiri sebagai guru juga masih banyak belajar. Dengan adanya pandemi begini menjadi tantangan tersendiri buat saya pribadi untuk terus mengupgrade ilmu yang saya miliki.


Pembelajaran jarak jauh tidak seharusnya dijadikan alasan untuk berhenti belajar. Apapun medianya sudah selayaknya dipelajari lebih lanjut guna menambah ilmu pengetahuan. Kita berdoa sama-sama saja semoga corona ini segera berlalu ya dan anak-anak bisa kembali ke sekolah seperti sedia kala. Amin


Salam,

@meifariwis

6 komentar

  1. Wah jadi terbantu ya pjj nya mbak

    BalasHapus
  2. Kalo Bu guru rekomen Kelas Pintar, udah pasti ini top markotop dah.
    Kuyyy buibuuu, mari kita riang gembira belajar bareng KelasPintar!
    :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. top markotop mba hahaha cuss instal dan daftar

      Hapus
  3. Wahh aku jd tertarik ingin coba kelas pintar nih, anakku terkadang masih kurang modul dari gurunya
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba oline ini bisa dipakai buat tambahan modul, cuss deh

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis