5 Makanan Penyebab Diare yang Harus Dihindari Saat Perut Kosong

Diare merupakan gangguan sistem pencernaan yang sangat merepotkan. Bagaimana tidak, diare mengharuskan seseorang bolak-balik toilet untuk buang air besar. Tidak hanya itu, diare dengan keadaan tertentu bahkan bisa membuat sakit perut hingga adanya bercak darah pada feses. Selain itu, diare dapat membuat kita kekurangan cairan (dehidrasi). Karena sangat merepotkan, diare tidak dapat dipandang sebelah mata. 




Beberapa hal bisa kita lakukan untuk mencegah datangnya diare, salah satunya dengan tidak mengonsumsi makanan yang dapat memicu diare.


Pada dasarnya, diare disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya yakni dari paparan virus, bakteri atau parasit yang terdapat pada makanan atau minuman  yang dikonsumsi. Bakteri yang menyebabkan diare adalah bakteri Escherichia coli, Salmonella, dan Shigella. Saat perut kosong, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang harus kamu hindari. Meskipun termasuk ke dalam daftar makanan atau minuman favorit, perut yang kosong akan terancam terkena diare karena mengkonsumsinya. Apa saja ya makanan dan minuman tersebut? 


Yuk kenali 5 makanan pantangan diare agar kamu bebas diare dan dapat beraktivitas dengan lancar!


1 Makanan Pedas




Melihat makanan serba pedas memang sangat menggugah selera. Namun jangan sekali-kali mengkonsumsinya ketika perutmu masih kosong jika tidak mau terserang diare. Mengkonsumsi makanan pedas ketika perut masih kosong sangat berisiko terhadap diare. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin C yang terdapat pada cabai. Makanan pedas tersebut juga dapat memicu perut menjadi panas, kembung dan perih.Tidak hanya diare, mengkonsumsi makanan pedas yang berlebihan juga bisa membuat kita mengalami usus buntu lho.


2 Susu



Mungkin kamu bingung mengapa susu bisa meningkatkan risiko diare ketika dikonsumsi saat perut masih kosong. Susu dan produk turunannya seperti keju, yoghurt, dan sebagainya dapat meningkatkan suasana asam pada lambung yang membuat perut menjadi perih dan kembung.


3 Kopi



Siapa sangka bahwa minuman yang sedang naik daun ini dapat memicu diare ketika dikonsumsi saat perut masih kosong? Kopi yang bersifat asam dapat mengakibatkan adanya iritasi pada lapisan lambung saat diminum ketika perut masih kosong. 


4 Jeruk



Kita semua tahu bahwa jeruk merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Namun jika dikonsumsi saat perut kosong akan meningkatkan risiko diare. Kandungan asam pada jeruk dapat berpotensi membuat lapisan lambung iritasi hingga menimbulkan masalah pada sistem pencernaan jika dikonsumsi saat perut masih kosong. Sebaiknya memilih buah lain dengan kandungan asam yang rendah seperti pepaya atau pisang.


5 Buah naga



Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut membuat banyak orang menyukainya. Namun, jangan mengkonsumsi buah naga ketika perut kamu masih kosong ya. Kandungan seratnya yang cukup tinggi dapat membuat perut mulas hingga menimbulkan masalah pencernaan seperti diare dan sakit perut jika dimakan saat perut masih kosong. Efek samping lain yang ditimbulkan dari mengkonsumsi buah naga yang berlebihan adalah penyumbatan usus, perut kembung, penyerapan nutrisi yang buruk oleh usus hingga memicu adanya gas pada usus.


Itulah 5 makanan yang dapat membuat kamu diare jika dikonsumsi ketika perut masih kosong. Ketika diare menyerang, pastikan kamu telah siap sedia obatnya agar diare tidak berkelanjutan. Entrostop merupakan salah satu obat yang dapat mengatasi diare kamu. Jangan lupa meminumnya dengan aturan dosis yang tertera pada kemasan ya. Yuk jaga tubuh kita dari diare!


Salam,

@meifariwis

1 komentar

  1. Obat diare ini yg selalu ada di kantong saya, entah kenapa sering banget diare. Ternyata kelima2nya ini makanan favorit saya, apalagi yg pedes2. Ga nafsu makan kalau ga disaosin atau disambelin hehe.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis