Masak Jadi Lebih Praktis dengan Tiarapot Pro dan Rice Cooker Donabe Polytron

Apa sih yang ada di benak ibu-ibu tentang urusan masak memasak? Sebagai seorang working mom, kalau saya pribadi sih tentu lebih memilih masak masakan yang praktis alias simpel dan minim peralatan. Karena jujur ya, kadang suka capek sendiri kalau habis masak masih harus nyuci peralatannya, nyuci pancinya, bersihin kompornya, dan lain sebagainya. Selain habisin waktu, juga bikin saya stres kalau kelamaan beres-beres dapur, hahahaha. 



Saat kemarin dapat undangan masak memasak dengan peralatan simpel tapi mengedepankan teknologi, saya langsung mengiyakan. Maklum, mau cari suasana baru dan tentu saja mau lihat secara langsung sama peralatan masak yang akan digunakan, kali aja kepincut untuk meminangnya, hehehe. 


Pucuk dicinta ulam pun tiba saat saya melihat sekilas produk yang ditawarkan di booth pameran memasaknya. Di dalam benak langsung tersirat, "Ini nih yang memang diperlukan ibu-ibu zaman sekarang. Peralatan masak yang sederhana tapi dengan kecanggihan teknologi dan berbagai fungsi." Kemarin saya memang datang 30 menit lebih awal di acara tersebut untuk registrasi bareng mommy-mommy yang lainnya, karena selain marketnya dekat dengan rumah, saya mau lihat-lihat dulu. 


Live Cooking Demo



Oh iya, acara yang saya hadiri kali ini adalah "Live Cooking Demo" kolaborasi antara Polytron, Farmers Market, dan Blibli.com. Acara yang dipandu langsung oleh Chef Beatrix (seorang chef jebolan Masterchef Indonesia) ini cukup menarik, apalagi masakan yang dilivekan belum pernah saya coba, jadinya ya makin penasaran dong pengen icip-icip. Di booth Farmers Market Grand Wisata Tambun ini pula dihadirkan produk-produk pilihan yang sedang didemokan. Yuk kita ulas satu per satu produknya!


Foto bareng Chef Beatrix


Tiarapot Pro by Polytron


Tiarapot Pro Polytron


Tahu dong dengan merk dagang Polytron? Polytron adalah sebuah perusahaan elektronik asal Indonesia yang terkenal dengan produk-produk berkualitasnya. Kali ini Polytron membuat terobosan baru pada bagian eletronik untuk memasak, namanya Tiarapot Pro. Awalnya saya bayangin Tiarapot itu bentuknya seperti panci memasak biasa, eh ternyata oh ternyata bentuknya seperti rice cooker tapi didesain khusus dengan berbagai fungsi agar bisa digunakan ibu-ibu memasak dengan waktu yang singkat dan alat yang super praktis. Jadi tiarapot pro ini adalah alat multi cooker atau pressure cooker. 


Apa saja fungsi Tiarapot Pro yang diklaim sebagai produk "Multi Cooker" ini?


1. Memiliki 12 fungsi memasak


Dengan 12 fungsi yang dimiliki untuk memasak berbagai macam masakan, saya jadi makin penasaran sampai melihat sendiri saat chef Beatrix menampilkan beberapa menu masakan dan memang benar, hanya tinggal pencet-pencet tombolnya saja loh. Apa saja fungsi itu? Fungsinya adalah mode sup, daging rebus, presto, bean/chili, slow cook, tumis, nasi, biji-bijian, bubur, yogurt, dan manual/ sous vide. 


12 fungsi Tiarapot pro


Tambahan juga, saat kemarin Chef Beatrix memasak, saya coba pegang bagian atas tiarapotnya dan nggak panas sama sekali, jadi ibu-ibu tidak perlu khawatir lagi takut tangan melepuh akibat menyentuh bagian atas tiarapot pro ini. 


2. Smart Steam Release 


Tiarapot pro merupakan panci yang memiliki fitur Smart Steam Release yang membuat katup uap mudah ditutup saat memasak dengan tekanan tinggi dan dapat melepas uap dengan cepat sesudah selesai memasak.


3. Faster Family Meal


Masak jadi lebih cepat


Salah satu kelebihan tiarapot ini yang saya sukai adalah mengenai kecepatan memasaknya jauh lebih cepat yaitu 70% dibandingkan dengan memasak cara tradisional, sehingga lebih menghemat waktu. Sebagai working mom tentu inilah yang saya cari, hemat waktu, praktis, dan masak jadi lebih cepat.


4. Clear dan Simple Control


Tinggal pencet


Fitur satu ini memudahkan kita dalam memasak karena hanya dengan menekan satu tombol saja, kita jadi tahu kapan makanan kita siap dengan mudah.


5. Design


Penampilan yang kokoh dan terbuat dari bahan metal yang aman serta mudah dibersihkan. Ada juga layar display dan lampu LED sehingga proses memasaknya dapat diketahui dengan mudah di bagian depan layar.  


Oh iya, Chef Beatrix kemarin masak Sous Vide Beef Stew yang rasanya duuuuh enak banget dan dagingnya super empuk. Masaknya tentu memakai Tiarapot pro ini dengan mode menumis serta mode sous vide. Benar-benar praktis loh dan bisa cepat matang, makanya kemarin bisa langsung dicicipi.


Sous Vide Beef Stew


Saya share ya resep Sous Vide Beef Stewnya, kali aja ada yang mau recook di rumah. Bahan-bahannya mudah kok dicari di supermarket terdekat.


Untuk proses marinasinya, siapkan 1/2 kg daging, lada, dan garam secukupnya. Sedangkan bahan bumbu seperti: 2 batang wortel potong kotak, 1 buah bombay cincang, 5 siung bawang putih cincang, 3 batang daun bawang iris tipis, 1 batang celery, 2 sdm paprika kuning, 100 gr tomat cherry iris, 50 gr soda caramel/ cola, lada, garam/ kaldu sapi bubuk, dan minyak secukupnya untuk menumis. 



Berikut adalah cara memasaknya:

1. Bersihkan dan keringkan daging, taburkan bumbu marinasi, diamkan semalaman atau 3 jam.

2. Masukkan dalam kantong plastik klip rendam dalam air sampai kebagian hampir permukaan plastik, biarkan udara keluar, dan tutup rapat plastiknya.

3. Masukkan ke dalam Tiarapot berisi air sampai air menutupi daging.

4. Setelah itu tumis bombay dan bawang putih, masukkan daging, angkat.

5. Masukkan wortel dan tomat, masak sampai layu, masukkan paprika, dan masukkan kembali daging yang sudah dipotong-potong.

6. Masukkan semua bumbu yang tersisa, masak sebentar lalu angkat dan siap sajikan. 


Bagaimana rasanya? Enak dong.

Proses masaknya? Asli nggak ribet, tinggal pencet dan aduk-aduk doang hahaha.


Nah, jika ingin mempunyai alat multi cooker tiarapot ini, kalian bisa langsung ke websitenya ya. Silakan kunjungi polytron.co.id atau bisa melalui online shop resmi milik Polytron. 


Oh iya, nggak hanya sous vide saja yang dimasak oleh Chef Beatrix tapi juga dessert, kali ini masakan keduanya adalah pudding roti tawar. Menu ini sudah sering saya dengar sih, tapi yang di pikiran tuh tahunya masaknya pakai oven, tapi ternyata enggak. Lagi-lagi Polytron menawarkan produk baru multifungsi lainnya yaitu Rice Cooker Donabe.

Rice Cooker Donabe



Wait, rice cooker bisa dipakai buat bikin puding?

O..ooo.... ternyata bisa guys kalau pakai Polytron Donabe ini. 😂


Rice Cooker Donabe


Seperti apa sih Donabenya? Ini loh dengan tampilan design berwarna putih. Rice cooker atau magic com yang juga memiliki banyak keunggulan, di antaranya:



1. Donaheat 3D


Pemanasan rice cooker ini jadi lebih merata dari 3 arah sekaligus dan bisa membuat nasi menjadi pulen serta dilengkapi dengan teknologi yang memaksimalkan kualitas makanan. Nasipun akan tetap hangat, tahan 48 jam, dan yang terpenting tidak berkerak. Kadang suka sebel kalau masak nasi lama nanti nasinya jadi berkerak, huhuhu :(


2. Magic Com Kapasitas Besar


Magic com Donabe ini memiliki kapasitas 2 liter untuk menanak nasi sehingga sangat cukup untuk keluarga besar.


3. Ceramic Coating


Material ceramic coating yang memiliki lapisan tebal dibandingkan dengan panci biasanya. Panci Donabe juga sudah food grade sehingga aman untuk keluarga tercinta. Oh ya, elemen aluminium cover di permukaan paci juga bisa dilepas dan pasang kembali loh sehingga mudah dibersihkan.


4. 3-in-1 Cooking

Urusan dapur akan jadi lebih mudah karena rice cooker Donabe bisa dipakai untuk memasak, memanaskan, dan juga mengukus.


Oh iya, ngomong-ngomong soal produk-produk dari Polytron ini, kemarin pas saya ke Farmers Market Grand Wisata sedang ada promo. Silakan bisa ceki-ceki ke sana ya, kan lumayan tuh promonya. 



Jadi bagaimana nih mau masak pakai alat-alat masak canggih ini enggak? ya jelas mau dong ya karena lebih praktis dan hemat waktu. Kalau mau beli produknya bisa ke website resmi polytron.co.id ya atau bisa juga melalui official store Polytron di e-commerce kesayangan kalian. 


Salam,

@meifariwis


1 komentar

  1. Polytron dari dulu tidak bisa diragukan kualitasnya, selain tahan lama juga selalu bekerja dengan baik. Sekarang juga semakin canggih, mantep ini rice cookernya multifungsi. Jiwa emak-emak meronta melihat ini, terima kasih informasinya!

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis