Sabtu, 16 November 2013

Perjuangan CPNS Bagian 1

Assalamu'alaikum :)

Eng ing eng..... ada yang pernah ikutan tes CPNS kah? Apa itu CPNS? Dan kenapa memilih untuk mengikuti CPNS? Hayooooo...siapa yang penasaran?. Yah tidak ada ya?? Sedih nangis sesenggukan tapi tetap maksa buat cerita hehe. CPNS itu kepanjangan dari Calon Pegawai Negeri Sipil. Lebih kerennya pegawai yang diakui oleh pemerintah dan digaji oleh pemerintah. Kabarnya menjadi PNS itu gajinya gede lho, masa depan terjamin, masa tua sudah ada yang back-up, kerjanya gampang, jam kerja sedikit, dan masih banyak lagi... wow. Tapi keberhasilan dan kesuksesan itu tidak hanya diukur dari menjadi pegawai negeri sipil saja tapi tergantung dari indvidu masing-masing bagaimana dia berusaha dan berdoa. Masih banyak orang yang sukses di luaran sana yang mampu membangun masa depannya dengan baik, walau mereka tidak menyandang status sebagai PNS. Bener kan?


Beberapa waktu lalu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuka lebih dari 3000 lowongan pegawai negeri sipil untuk mengisi formasi pendidik dan tenaga kependidikan. Aku mencoba mencari informasi lebih detailnya di web resmi Kemdikbud, dan ternyata memang benar dibuka formasi-formasi baru bagi yang menginginkan menjadi PNS. 


Syarat-syaratnya sebenarnya mudah dan gampang, tidak seperti yang kebanyakan orang bilang harus punya TOEFL lah, bayar pakai duitlah, skcklah dan sebagainya. Syarat-syaratnya antara lain: 
a. Warga Negara Indonesia
b. Berusia 18-35 tahun
c. Sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba
d. Tidak pernah diberhentikan secara tidak terhormat dari instansi terkait
e. Tidak berkedudukan sebagai PNS.
f. Fotokopi KTP
g. Printout asli registrasi pendaftaran
h. Ijazah terakhir yang dilegalisir
i. Surat lamaran yang ditulis tangan dan ditujukan kepada Menteri Kemdikbud

Nah, mumpung jangka waktunya masih lama aku ikutan daftar, siapa tahu beruntung hehehe. Syarat yang diperlukan sebagian sudah ada, seperti ijazah dan fotokopi KTP. Sedangkan surat keterangan berkelakuan baik aku memakai yang tahun lalu, karena aku tidak mungkin pulang ke Wonogiri untuk mengurus surat-suratnya. Selain itu, aku juga mencari surat keterangan sehat dari klinik setempat. Syarat-syarat sudah lengkap saatnya menuju ke kantor pos untuk mengirim surat lamaran cpns. 

FYI, aku mendaftar cpns untuk wilayah provinsi Banten karena formasi yang aku inginkan ada di sana. Kelolosan administrasi akan diumumkan satu bulan kemudian. Sebenarnya aku tidak terlalu berharap, karena aku sadar pesertanya dari berbagai daerah di Indonesia. Yang dibutuhkan untuk mengisi formasinya pun hanya satu orang. Speechless dan harap-harap cemas.

Satu bulan berlalu, pengumuman yang seharusnya dilakukan pada tanggal 16 Oktober 2013 diundur dua hari menjadi tanggal 18 Oktober 2013. Pada saat itu aku sedang perjalanan menuju pulang kampung untuk mengurus pernikahanku. Aku pun langsung sms si ayank untuk membuka pengumuman kelolosan administrasi cpnsnya. Setelah dicari di internet kata si ayank aku gak lolos. Ada perasaan sedih juga sebenarnya, tapi apa mau dikata. Tiba-tiba hapeku berbunyi tanda ada sms. Dan ternyata .......

Si ayank bohong padaku, aku dinyatakan lolos administrasi untuk selanjutnya mengikuti Tes Kompetensi Dasar. Aaaaaaaaaa senang bukan kepalang jadinya. But, selintas aku langsung ingat. Ini belum ada apa-apanya, perjalanan untuk menjadi PNS masihlah sangat panjang. Masih ada serentetan tes yang harus aku lalui. Belum lagi harus menerima kenyataan bahwa yang bakalan diterima hanya satu orang. Hmmmmm


Pagi harinya sesampai di rumah aku langsung membuka laptop dan mendownload hasil pengumuman kelolosan administrasi. Ternyata memang benar, namaku ada di salah satu daftar orang-orang yang lolos. Setelah download aku pun melakukan registrasi ulang untuk bisa mengikuti tahapan selanjutnya. Tes selanjutnya dilakukan di Kota Serang, Banten tepatnya di STIE Bina Bangsa Banten pada saat hari Minggu, 03 November 2013. Bagaimana kisah selanjutnya tentang perjalananku mengikuti tes CPNS? Penasaran? Tunggu ya... To be continue kok :) :)

40 komentar :

  1. haha ceritanya berlanjut lagi :))
    *cubit-cubit ayangnya kak mei*
    selamet ya kak ~
    terus berjuang sampai lolos '-')9

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh jangan dicubit donk :)
      iya...doain aja tes berikutnya lolos yaa amiin

      Hapus
  2. wah mau jg dong jd pegawai negeri.,hehe...gaji gede, masa depan terjamin...eh tp uda terlanjur cinta sih sama krjaan yg skrg....

    Semangat2 mei...kakak aku jg kmaren ikut tes cpns tp yg K2 itu lho mei...doain lulus ya...mei jg...semoga tes cpnsnya lancar dan meinya lulus.,
    Oh ya, selamat menempuh hidup baru mey, semoga menjadi keluarga yg sakinah,mawaddah warohmah dunia akhirat...aamiin...

    Gue tunggu kisah lo yg selanjutnya...eng ing enggg... ;D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih..lagi berjuang dan semuanya butuh perjuangan :)

      oh yg K2 ya? aku ikut sbg pelamar umum cz belum punya banyak pengalaman mengajar..
      amin doain ya Rita, moga aku lolos..
      iya sama2 doanya buat pernikahanku, km cpt nyusul jg ya

      Hapus
  3. Aku juga nyoba CPNS Kak Mei.
    Tinggal nunggu pengumuman hasil TKD di 2 kementerian dan udah nerima pengumuman kalo aku gagal di kementerian yang pertama kali aku ikutin tesnya T.T
    Semangat Kak Mei.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ikut cpns dimana? kementerian apa??? "kepo"
      wah...sama donk nie juga lagi nunggu pengumuman tes moga ja lolos, sedih pasti ya klo ga lolos :(
      okee saling mendoakan ya
      semangat

      Hapus
  4. wah, selamat kalo gitu lolos tes cpns-nya :))

    BalasHapus
  5. aku disuruh ortu jadi PNS kak, tapi aku ga mau ~T T~ ntar kalo punya anak susah, pulang sore ntar ga bisa ngerawat anak-,-" hihihiiii
    eh tapi gitu doang ya syaratnya? daftar ah taun depan.. hehehehee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. pilihan ada di tanganmu Wil hehehee
      iya daftar aja siapa tahu dewi fortuna ada di pihakmu :)

      Hapus
  6. test CPNS? ya belum pernah lah kak... masih kuliah hehe,,, ortu juga ngarep anaknya jadi PNS tapi saya sendiri juga gak terlalu memprioritaskan kesana karena banyak pesaing...tapi yah seperti kak Mei bilang... apa salahnya mencoba,,, waahh selamat yang lulus test administrasi semoga kedepannya juga lulus test.. jadi penasaran dengan bagian 2 nya,,,:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya nanti kalo udah lulus kuliah coba deh ikut cpns hehehee
      ya walau saingannya banyak gak ada salahnya buat mencoba :)
      aaaaamin makasih ya doanya
      oke deh tunggu ya Zhie

      Hapus
  7. Gue gak ikut mei, dan kayaknya gue nyesel.
    Tapi percuma juga nyesel kan ya ? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa...kadang penyesalan ga ada gunanya
      :) :) jadi senabgat aja

      Hapus
  8. loh, bukannya kamu udah jadi guru ya mei? guru kan PNS?
    ini ngelamarnya sebelum atau sesudah nikah sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya aku memang guru Kukuh
      tapi tidak semua guru itu sudah PNS, ada juga yg honorer
      aku kerjanya di sekolah swasta kok, jadi blm pns
      doain ya mg2 aku lolos amin

      Hapus
    2. oh gitu ya.. amin amin. ntar lanjutin ceritanya ya :D

      Hapus
  9. “subhanallah, kalau memang rejeki nggak bakalan kemana..
    Kenali itu semua dari yang Maha Pemberi, dan Syukuri, niscaya nikmatnya kan bertambah” (di sini bukan ajang lomba khutbah mas!!) hehe.. sorry, nambahin saja..

    Apalagi nikah, rejekinya udah dijamin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya...rejeki orang menikah memang luar biasa :)
      makasih yaa

      Hapus
  10. Emang formasinya apaan Mei kok cuma satu orang? Terus yang daftar berapa banyak tuh buat satu orang itu?

    Kalo gue sih...
    Gak bisa ikutan cpns tahun ini soalnya gue belom wisuda ( •̅_•̅)/||||

    BalasHapus
    Balasan
    1. formasinya untuk mengisi "peneliti bahasa dan sastra" Dotz

      doain ya liolos tahap selanjutnya
      yaaa.....kamu wisuda dlu donk tar kan bisa ikutan, ya kan? hehee

      Hapus
  11. ahaha.. si ayank jail dehh *cubit* *pake tang*
    Perjalanan masih panjang ya Mei. berdoa aja deh semoga menjadi yg terbaik lolos jadi cpns. ditunggu kabar selanjutnya!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. huaaaaaaaaaa masa dicubit pake tang sih Lang hahahaha
      iya emang masih panjang, iya amin
      doain teruuuuuuuuuuuuuus ya..
      oke siip

      Hapus
  12. Sblumnya mau ngucapin, slamet ya kak mei atas pernikhannya. Knpe gue ga d undang, kak mei. Klo lo nikahan kan gue bsa bntu" ngabisin mknanan.
    Yg bner aj, dri skian bnyak gtu yg d trima nantinya cman satuu?? Ttep smngat deh, kak mei. Gue ykin, kak mei sbnernya sok" ga trlalu brhrap llos, tpi sbnernya ngarep llos. Pham ga, kak meiv gue sih ga pham.
    D tggu lnjutannya, kak mei

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa makasih lho ya .. ga ada yg diundang wwkwkkwkwkw
      iya yg diterima cuman 1 oang, serius
      hu um nih sebenarnya sangat mengharapkan hehehee
      siippp doain aja biar bisa cerita trs ya

      Hapus
  13. Wah, selamat ya. Semoga perjalanan tes berikutnya lancar dan diterima. Salam buat ayangnya. ^__^V

    BalasHapus
  14. Saya kemarin ikut yang KEMENKEU. Tesnya pakai CAT, Jeng. Tapi gak lolos TKD. :)
    Kamu lolos TKD yaaaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku belum pengumuman tesnya lulus pa gak
      wah pake CAT ya? ribet ga?
      aku cuma pake oensil 2b

      Hapus
  15. Wuah selamat, setidaknya satu langkah sudah terlampaui. Semangat terus yaaa :D

    BalasHapus
  16. Selamat ya semoga lolos seleksi selanjutnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih tante :)
      sukses juga buat Cal n Vin ya

      Hapus
  17. lama gak mampirrr, maaf mbak mey lagi sibuk nih hehe... tahun ini aku belum ikut nihh hemmm,, moga sukses mbak mey :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak papa, aku juga jarag nongol di blog kamu hehehee
      amin makasih ya. sukses buat semua

      Hapus
  18. semoga lulus ya kak mei, kalo ke banten lagi jgn lupa hubungin aku ya :D

    BalasHapus
  19. Katnya PNS 10 thn k'dpn gk d'pentingkn lg. Benar gk sich?? Swasta aja kali ya. :p Smoga lulus ya mba.

    BalasHapus
  20. semoga lulus yah mbak mei... :)

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. Oia lupa.. SELAMAT ya :)

    hmmm.. inget CPNS'an jadi nyesek sendiri.. Kemarin ikut daftar CPNS'an di pemprov jogja.. Udah jauh2, berangkatnya juga sendirian, di tambah lagi nggak hafal jalan2 di jogja. Eeee.. ujung2nya administrasi nggak lolos.. Lengkap sudah. hehehe.. Mudah2an taun depan ada lagi.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis

Back to Top