Selasa, 12 Juli 2016

10 Tempat Favorit Saya di Kota Solo

Assalamu'alaikum :)

10 Tempat Favorit Saya di Kota Solo. Lebaran adalah momen yang paling saya tunggu sepanjang tahun. Pasalnya dengan lebaranlah saya dan keluarga bisa berkumpul secara komplit. Iya, saya di Bekasi, adik di Bandung, sedangkan keluarga ada di Wonogiri. Alhasil setiap lebaran kami baru bisa bersama-sama lagi seperti waktu dulu sebelum kami (saya dan adik) merantau keluar kota demi sesuap nasi, halah :p. 

Momen seru lainnya di saat lebaran adalah saya dan suami bisa bernostalgia berdua. Setiap lebaran saya meski sowan ke rumah mertua di Solo. Di Solo lah saya bisa kembali mengenang masa lalu, masa dimana bisa main bareng teman-teman kampus, makan bersama di warung favorit, nonton film di bioskop, ngemall dan kulineran bersama sahabat. Itu dulu, sekarang saya sudah berkeluarga, sudah tinggal jauh di Bekasi, jadi jika bisa menyambangi kaki di kota Solo rasanya senang bukan main.

Kota kecil yang terkenal dengan batiknya ini memiliki berjuta kenangan yang tidak bisa saya lupakan. Meski hanya tinggal di sana selama 4 tahun, tapi banyak momen seru baik suka maupun duka yang saya rasakan. Banyak sekali tempat-tempat bersejarah yang mampu mengundang hati ini untuk kembali lagi merasakan hari-hari di Solo. Berikut beberapa tempat favorit saya di kota Solo:

Sumber gambar: Dari Sini

1. Kampus UNS

Sebagai alumni dari Universitas Sebelas Maret Surakarta rasanya bukan hanya saya yang bakalan rindu berat dengan tempat ini. Saya yakin semua alumnus UNS akan merasakan hal yang sama dengan saya, merindukan momen-momen berharga di kampus. Selain itu tempat seru UNS lainnya yaitu berada di fakultas masing-masing, karena saya lulusan pendidikan otomatis tempat pertama yang selalu teringat adalah kampus FKIP UNS, Masjid NH UNS lalu GRHA dan UKM INKAI UNS. Gini-gini dulu saya juga ikut karate lho, hahaha.

2. Solo Grand Mall (SGM)

Kalau ke Solo terus belum mampir SGM itu rasanya ada yang kurang. SGM ini merupakan salah satu mall terfavorit saya. Dulu saya sering main ke SGM bersama teman-teman dan Bimo. Oh iya, saya juga suka makan di Bees Makanan Jepang ala-ala gitu deh, murah, enak, dan ada paketannya. Kemarin pas ke sana lagi sama Bimo, eh Bees-nya udah gak ada. Udah tutup, bangkrut kali ya? atau kenapa sih udah gak jualan di SGM lagi. Huh kesel. Tapi untung di SGM ini ada foodcourtnya, jadi lumayanlah jika kesana bisa icip-icip kuliner Solo yang memang enak-enak.

3. Ayam Bakar Bu Darmo UNS

Ciyus ini ayam bakar enak banget. Dulu waktu kuliah hampir tiap hari makannya ayam bakar mulu. Yah gimana dong, ayam bakarnya enak sih, bumbunya meresap, dan asli sambelnya cetar membahana, pedes hot hah hah huaaaah.

4. XXI di Solo Square

Andalan nonton bioskop saya waktu di Solo ya hanya di Solo Square, tempatnya asik dan elegan hehehe. Terakhir kali kesana sepertinya 1 tahun yang lalu sebelum dedek Kenzo lahir.

5. Ayam bakar batas kota

Saya memang penggila ayam bakar. Kalau yang di batas kota ini saya suka karena sambal mentahnya yangmemang maknyos. Pedas dan bikin nagih, saya suka nambah jika makan di sana, lol.

6. Ayam bakar Bu Welas UNS

Nah, ayam bakar lagi kan? Dibilangin saya penggemar berat ayam-ayaman kok. Salah satu tempat yang menjadi favorit saya waktu itu adalah ayam bakar milik Bu Welas. Lokasinya di belakang kampus UNS dekat dengan Rumah Sakit Jiwa. Kira-kira masih jualan gak ya Bu Welas ini? entahlah :)

7. Steak Moen-moen

Siapa sih yang gak tahu steak satu ini? Namanya Moen-moen, paling diminati sama mahasiswa karena harganya terjangkau. Saya suka menyebutnya dengan steak tepung karena dagingnya cuma sedikit tapi tepungnya banyak banget hahaha. Belum afdol kalau belum makan steak ini. Sayangnya lebaran kemarin saya dan suami belum sempat mencicipinya.

8. Stadion Manahan Solo

Dulu saya sering (gak sering-sering amat sih) olahraga di Manahan. Biasanya saya lari-lari sama Bimo, setelah capek kami langsung membeli jajanan di sepanjang jalan Manahan. Hawa yang sejuk dan teduh membuat Manahan menjadi salah satu tempat favorit saya semasa kuliah. Saat liburan kemarin saya sempat melihat odong-odong warna warni keliling Manahan dan saya tertarik untuk naik odong tersebut tapi Bimo bilang "Masa udah gede naik odong-odong?" hahaha. Ya sudah gak jadi naik, kemudian menyesal.

9. Pusat Grosir Solo (PGS)

Sebenarnya saya jarang datang ke PGS tapi tempat tersebut menjadi salah satu tempat yang selalu saya ingat. Pasalnya di PGS inilah saya bisa dengan asik berbelanja tanpa takut kantong kosong. Dagangan di PGS terkenal murah asal kita pandai menawar, kualitasnya juga tak kalah bagus. apalagi koleksi batik dan kain-kain lainnya.

10. Spesial Sambal (SS)

Dulu SS cuma ada di Solo dan saya suka makan disana karena sambalnya benar-benar menggoda. Ada berbagai jenis sambal dengan aneka rasa. Sewaktu tinggal di Solo, saya dan teman-teman suka makan di sana karena harganya yang murah. Kalau sekarang sih SS sudah ada di Wonogiri, jadi kalau kangen makanan SS tidak perlu ke Solo lagi.

Dari sekian banyak tempat favorit saya semasa kuliah di Solo rata-rata didominasi dengan tempat kuliner. Saya memang selalu merindukan makanan dari Solo yang terkenal murah. Kota Solo akan tetap selalu di hati meskipun sekarang saya berada jauh dari tempat tersebut.

Selain menyajikan makanan dan tempat yang mempesona, kota Solo juga menghadirkan tempat wisata yang tak kalah menariknya dengan kota lain. Ada keraton Surakarta, Taman Balekambang, Taman Jurug, Taman Sriwedari, Moda Transportasi Bathara Kresna, Ngarsopuro, Galabo, dan masih banyak lagi. Belum lagi event-event menarik yang ada di sana, semuanya semakin melengkapi rasa rindu saya tentunya dan orang-orang lainnya.

Adakah yang punya kenangan dengan kotanya Pak Jokowi ini? Apa dan dimana saja? Share yuk akh, siapa tahu ternyata kita punya kesamaan tempat favorit hehehe.

Salam,
@meifariwis

9 komentar :

  1. Mb mei salam kenal ya.. aku juga tinggal di solo loh
    Mb mei alumni UNS juga kah? aku juga :)
    Kalo ke Solo lg mampirlah rmhku cm dibelang kampus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mb mei lulsan tahun berapa? aku juga anak FKIP dan byk temenku juga yg di pend. Bahasa... Aku juga lg belajar ngeblog, ajarin dong hehehehe
      www.yeni-susanti.com

      Hapus
    2. Halo mbak Yeni salam kenal. Wah rumahnya deket UNS YA?? Saya angkatan 2007

      Hapus
    3. kirain 2008 mb, aku masuk 2008
      Kpn ke Solo lg? hehehe

      Hapus
  2. Sgm sampai skrg masih favorit, tapi steak moen moen adalah tempat yang beneran oengeneaku lupain sepanjang masa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. SGM mah selalu di hati, kalo ngemall pasti ke sgm hahhaa

      Hapus
  3. pasar Triwindu gak dimasukin ya?

    BalasHapus
  4. terima kasih atas info yang sangat unik dan beda ini

    Obat Kuat Tahan Lama Tanpa Efek Samping

    BalasHapus
  5. Pasar klewer ngak termasuk yaaa hahaha

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis

Back to Top