Rabu, 01 Februari 2017

Pantangan Ibu Menyusui, Mitos atau Fakta?

Assalamu'alaikum :)

Haiii.... saya datang, kali ini mau cerita tentang per-ASI-an, halah. Meskipun dulu sudah pernah cerita sih untuk postingan lomba, sayangnya kalah hahaha.


Dari awal memang saya dan suami berkomitmen untuk memberikan ASI pada Kenzo. Sekarang, meskipun Kenzo sudah berumur 18 bulan pun dia masih minum ASI. Bahkan awal-awal saat kerja, saya juga sempat jadi pejuang ASI Perah (ASIP). Alhamdulillah semua lancar dan air susu juga masih keluar.


Makin kesini ASI sudah tidak sebanyak dulu lagi, jadi selain minum ASI, Kenzo juga minum susu pertumbuhan, kadang susu sapi kemasan itu. Intinya mah yang penting anak sehat, jadi saya nggak begitu mempermaslahkan susu apa yang harus anak minum.

Jadi pejuang ASI memang nggak mudah, ya iyalah apalagi kalau pikiran kita lagi stres, terbawa emosi, atau sedang tidak enak badan. Semuanya akan berpengaruh terhadap produksi ASI. Kalau dulu saya menyiasatinya dengan minum jamu, rutin hampir tiap hari selama 6 bulan. Lambat laut saya tidak minum lagi, hanya makan makanan bergizi saja.

Oh ya selain banyak mengalami suka dan duka saat menyusui, saya juga punya cerita-cerita lucu mengenai pantangan ibu menyusui. Kira-kira cerita saya ini mitos atau fakta ya? Hihihi Yuk lanjut baca :)


Pantangan ibu menyusui, mitos atau fakta?

1. Orang bilang kalau sedang menyusui nggak boleh minum es, nanti anaknya bakal sakit atau terkena flu. Benar nggak sih? 

Soalnya saya tetap saja minum es dan alhamdulillah Kenzo nggak sakit.

2. Orang bilang saat menyusui nggak boleh makan sambal, nanti anus anaknya merah dan panas. Benar atau tidak ya? 

Selama ini saya makan sambal dan baik-baik saja.

3. Dulu waktu Kenzo masih kecil, tetangga saya melarang untuk tidak memberi ASI dengan cara berbaring, katanya nanti ASI bisa seret (tidak lancar).

Nyatanya sambil berbaring pun ASI tetap keluar, lha gimana nggak boleh berbaring ya? Emak-emak berdaster ini kan manusi biasa, capek dong kalau malam-malam harus menyusui anak sambil duduk, hmmmm.


4. Orang bilang nggak boleh tidur jam 12 siang saat menyusui, nanti ASI bakal mampet.

Saya sih mikirnya waktu itu kenapa nggak boleh tidur jam 12 siang karena waktunya sholat Dzuhur, selebihnya mah saya nggak percaya yang begituan hehehe.

5. Jidat ibu menyusui harus dipakaiin kunir atau kunyit supaya darah pasca melahirkan kita tidak naik sampai ke jidat.

Alamak ini tradisi aneh di keluarga nenek saya, ndilalah kok ya saya iya-iya aja saat itu, hampir tiap hari jidat saya ada kunyitnya lho ibu-ibu hahaha. Lucu sekali :)

Tuh kan banyak banget ya mitos atau faktanya. Kalau saya mah slow aja, nggak ngoyo juga tapi tetap memperjuangkan ASI buat anak sih. Bersyukurnya saya diberi ASI yang melimpah. Tapi buat ibu-ibu yang ASInya sedikit tetap semangat ya :)

Sesama ibu-ibu harusnya tahulah ya nggak boleh ngebully atau judge orang lain mengenai ASI. Tiap orang kan prokduksi ASInya beda-beda. Tiap orang punya prioritas dan reason masing-masing, jadi cukuplah kita saling menghargai. Semangaaaaattttt!

***

Ngomong-ngomong soal ASI, ternyata ikhtiar kita untuk bisa mendapatkan produksi ASI yang melimpah itu bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi minuman herbal yang bahannya asli. Seperti ramuan teh misalnya. Tapi ramuan teh ini diolah dengan bahan lainnya juga.

Adalah ASI Booster Tea, minuman teh pelancar ASI pertama di Indonesia yang mengandung bahan alami guna meningkatkan ASI sekitar 90% dalam waktu 24 jam. Selain bahannya alami, cara kerjanya juga cepat sekitar 24 - 72 jam, dan sudah banyak ibu menyusui yang minum.


Berikut kandungan yang ada di dalam ASI Booster Tea:


Meskipun tanpa kandungan daun teh, tapi ASI Booster Tea ini diformulasikan khusus dan diracik dengan baik untuk ibu menyusui supaya produksinya lancar. Banyak yang sudah meminum produk ini. Kelebihan lainnya bisa dilihat di instagram  @asiboostertea.

Banyak pula testimoni dari ibu-ibu pengguna ASI Booster Tea ini, salah satunya dari Ibu Fajarwati - Sidoharjo. "Bayi berhenti saya susui, sempet nyusui sebulan. Tapi tetep ga banyak kalo dipompa cuma dapat 30-40 ml sedangkan anak saya minumnya banyak. Sekarang ga keluar sama sekali, karena ga saya susui lagi. Relaktasinya, saya sudah tetein sis supaya terangsang ASInya. Trus saya coba konsumsi asi booster. Baru 2 hari konsumsi alhamdulillah ASInya mulai keluar".

Jadi bagaimana teman-teman, bagaimana kisah kalian dalam menyusui? Adakah kendala atau bahkan dihantui oleh mitos seputar ASI? Bagaimana cara agar asi teman-teman lancar? Share yuk akh.

Salam,
@meifariwis


12 komentar :

  1. Sangat bermanfaat informasinya

    BalasHapus
  2. wah ternyata semua itu hanya mitos....hehe
    btw......aku nyusu asi cuman 3 bulan. dan alhamdulillah aku jarang sakit....hehe

    wah itu ASI booster bagus juga, bisa rekomendasi untuk saudaraku yang lagi mengandung....hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak tau mitos atau nggak, hahahha

      Wah cuma 3 bulan ya? syukurlah nggak sakit yaaa

      oke2 :)

      Hapus
  3. Oh makan sambal juga nggak apa2 ya? bukannya air susunya terasa pedas di mulut anak? aku dengar sih begitu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. IYa i mbak, aku makan sambal dan alhamdulillah anakku nggak kepedasan, jadi kayaknya mitos deh hehehee

      Hapus
  4. Yang nomer 5 disini ga ada mbak, tapi asli lucuk. Ada kuning2 kayak wanita India aja yak hehehe

    BalasHapus
  5. hahaha ada ya mitos yang begituan mbak :D
    baru tau sekarang

    asi booster ya... wah kalo emang istri saya asinya sedikit, saya pake asi booster aja ya... biar bagaimanapun, asi lebih baik dari pada susu susu lainya buat anak ya kan mbak :D
    jadi kalo udah punya baby ntar, saya nyaranin istri saya buat ngasih asi aja, kalo asinya sedikit, minum asi booster aja solusinya :D

    BalasHapus
  6. Aku juga kalo lagi dikasih tau alm. nenek tentang yang kayak gitu, cuma senyum aja, karena ya gimana, didebat juga gak mungkin dan gak perlu, kan mereka juga udah gak bakal nyusuin lagi :D

    Salam,
    Gianta

    BalasHapus
  7. Namanya hidup bermasyarakat pasti ada mitos-mitos disetiap kehidupan mbk, yang namanya mitos dipercaya dan gak percaya tergantung pribadi masing-masing. Ada yang bilang kalau mau mrnyapih anak dibagian payudara dikasih brotowali biar pait dan si anak gak mau minum asi lagi, apakah itu benar juga?

    BalasHapus
  8. Krn aku hidup jauh dr ortu dan mertua, alhamdulillah gk kena mitos2 pas itu.
    Jd bisa menyusui dengan lbh tenang :D

    BalasHapus
  9. Lidah anak putih itu karena ibunya suka minum dan makan yang panas2.. wkwk. Aku pun banyak banget mitos, tapi aku kan nambeng, kalau dibilangin gak pernah ndengerin. Jadi yang jengkel orang tuanya bukan aku, wkwk

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis

Back to Top