Kamis, 23 Februari 2017

Jadi Blogger Unik, Penting Nggak Sih?

Create your own style. Let it be unique for yourself and yet identifiable for others. (Anna Wintour)

Sempat beberapa kali survei (ceile survei) ke teman-teman, kira-kira postingan apa yang mereka sukai dari blog www.meiwulandari.com ini? Rata-rata mereka menjawab tentang tulisan yang berisi kegiatan sekolah, tentang kehidupan seorang guru SD, dan hal-hal yang berbau anak-anak. Selebihnya ya tentang Kenzo dan aktivitas sehari-hari.

Makanya di #NgobrolAsik bersama Vindy Putri kali ini, kami akan membahas sisi unik seorang blogger. 


Baca juga punya Vindy

Sebelum bercerita banyak tentang diri sendiri, saya ingin share cerita mengenai seorang Vindy Putri, partner blogging paling asik sejagat perbloggeran, hahaha.

Vindy begitu nama akrabnya, dia adalah seorang blogger yang menurut saya sangat menginspirasi. Pasalnya, selain suka menulis dan entah kenapa pageview dia naik terus (padahal doi nulisnya jarang lho, disitu saya jadi merasa iri, lol), dia juga jago ngedance. Dia rajin sekali posting video dance cover terbaru. Nggak percaya? Cuss gih ke channel youtubenya VINDY PUTRI.

Disela-sela kesibukannya bekerja dan ngedance, dia juga masih sempat ngeblog. Makanya menurut saya Vindy ini sudah punya ciri khas sendiri. Ciri khasnya adalah BLOGGER DANCER, hahaha. Jarang kan blogger yang juga jago dance? Ada nggak sih?

Bahkan nih, selain ngedance, Vindy juga jago bikin tulisan fiksi. Banyak karya-karya dia yang udah nongkrong di toko buku. Keren kan? Makanya dia bisa jadi teman sekaligus motivator di saat saya down kalau nggak punya ide menulis, hehehe.


Kembali ke diri sendiri, kadang suka bingung deh mau dibawa kemana arah blog ini. Orang bilangnya sih niche blog, mau parentingkah? Beautykah? Travelingkah? Kulinerkah? Atau yang lainnya. Kadang malah jadi bingung sendiri kan, ya kan? Ya kaaan?

Berhubung saya ini blogger yang suka sekali curhat, cerita sehari-hari, makanya dalam laman “About Me” saya tulis sebagai lifestyle blog. Yah isinya cerita keseharian gitu deh, tapi yang membedakan blog www.meiwulandari.com ini dari lainnya adalah, konsisten menulis kegiatan sekolah.

Dari situ kok saya jadi yakin, bahwa memang jalur saya sebagai pendidik (read: guru) benar-benar membukakan pintu branding tersendiri buat saya pribadi. Banyak sih memang blogger yang beprofesi sebagai guru yang udah ngehits duluan seperti Kang Didno atau Cheila Si Guru Kecil, dll. Tapi tetap saja, saya bangga jadi guru sekaligus blogger hohoho. 

Terbukti bahwa postingan-postingan saya yang berlabel “school” lebih banyak dibaca daripada postingan lainnya. Sampai ada yang nanya-nanya gimana enaknya jadi guru SD, kenapa memilih profesi guru, kenapa menjadi guru yang suka menulis, dll. Bahkan ada yang suka nagih “Mana nih Mei postingan kegiatan sekolahmu, ceritain dong, seru!” hahaha

Sebenarnya saya mendapat banyak keuntungan dari kegiatan sekolah ini karena bisa jadi bahan tulisan di blog. Lha gimana lagi, kegiatan anak-anak SD ternyata seru-seru, meskipun ya bikin capek luar biasa. Tapi ternyata itu yang ditunggu sama pembaca setia blogku, huhuhu.

Kalau teman-teman mau coba, silakan searching nama pribadi kalian di google, lalu apa kira-kira yang muncul? Apakah tentang kegiatan saat bermake up, kegiatan berbusana/ fashion, kegiatan bersama anak-anak, kegiatan saat traveling, atau hal lainnya yang paling menonjol yang banyak dicari oleh masyarakat. Silakan dicoba ya :)

Bagi saya pribadi menjadi blogger unik itu penting, supaya apa?
Memiliki kekuatan dan nilai bagi diri sendiri, bisa lebih dikenal banyak orang melalui serangkaian kegiatan kita sehingga mampu menarik hati masyarakat luas di tengah maraknya kompetisi dan yang pasti beda dari yang lainnya.

Mau bagaimana pun, sekarang ini makin banyak blogger ngehits di jagat ini. Ada yang jago infografis, jago story telling, kreatif bikin DIY, pintar merias diri, selalu fashionable, pandai memotret objek, sampai ada blogger yang kerjaannya jalan-jalan, asyik kan?

Tuh, makin banyak aja blogger yang punya nilai jual tersendiri. Makanya bagi saya (blogger newbie yang masih butuh banyak ilmu) ini, harus pintar-pintar juga membangun brand, yang unik, dan beda dari yang lainnya.

Jadi, misal ada yang bingung mau nulis apa, mau dibawa kemana niche blognya, tetaplah setia pada pilihannya masing-masing. Bukannya sok menggurui, bukan, ilmu saya di dunia blogging saja masih cethek bingits gaes, sampai harus belajar sama mastah dulu. Tapi ya itu tadi, harus mulai belajar membangun personal brand buat blog.

Pic: gogirlmagz.com

Oh iya, sebenarnya ini caraku jadi blogger unik (ya kali ada yang bilang saya ini blogger unik, tau akh):

>>> Konsisten menulis kegiatan tentang sekolah

Sejak jadi guru, saya bertekad untuk mengabadikan momen-momen seru saat di sekolah atau luar sekolah. Makanya di blog ini hampir 50% bercerita tentang sekolah.

>>> Share aktivitas sehari-hari sebagai guru di media sosial

Selain nambah pageview (katanya), share tulisan di medsos juga menjadi bagian trik saya untuk terlihat unik dan berbeda. Kebanyakan memang yang saya share adalah kegiatan sebagai guru SD dan SMP. Ya kadang foto-foto narsis sama anak-anak, kegiatan yang berkaitan dengan sekolah, dan lain-lain. Tentu segala yang saya share tersebut tetap saya selipkan link tulisan blog, biar banyak yang baca hehehe

Baca juga: Media Sosial Favorit

>>> Punya karakter kalau ikut lomba blog memakai komik sederhana

Ini juga yang membedakan tulisan blog www.meiwulandari.com ini beda dari yang lainnya. Kalau saya sedang ikut lomba, pasti selalu ada karakter komik sederhana (yang gambarnya masih kasar karena belum bisa bikin yang halus hahaha). Tapi itulah keunikannya, saya sudah mematenkan (halah) komik gambar sederhana itu sebagai ciri khas blog www.meiwulandari.com.

>>> Jadi diri sendiri

Ya kan ada lah pasti orang yang di dunia maya sifatnya imut, manis, dan sok baik, tapi kenyataannya nggak, banyak. Makanya sebisa mungkin saya mengimbangi apa yang saya tulis di media sosial sama halnya dengan kehidupan saya yang asli.

>>> Menghargai Pembaca

Ini penting sih, membangun hubungan dengan pembaca blog setia itu memiliki poin plus. Makanya saya harus tahu terlebih dahulu siapa pembaca blog, setelah itu jalin komunikasi dengan baik. Dengan bewe balik misalnya, atau saling menyapa di jejaring sosial. Karena tanpa pembaca, apalah arti blog saya ini. Kalau mau jadi unik, ya hargai pembaca, gitu sih simpelnya.

Tapiiiiii.... menjadi unik di antara ribuan blogger kece emang sulit gaes, makanya saya terus belajar biar makin beda. Biar orang jadi tahu kalau dengar kata "Mei Wulandari" langsung ingat "Oh Mei blogger yang guru SD itu ya?" eeeaaaaaa eeeeaaaaa hahahaha,

Nggak papalah ya, namanya juga usaha membangun brand buat diri sendiri. Kan banyak tuh yang sudah pada punya label Si A blogger parenting, Si B ttravel blogger, Si C beauty blogger dan sebagainya, jadi sah-sah aja. So, yuk gali potensi yang ada di diri kita, siapa tahu keunikan kita ini bisa menjadi ciri khas buat masa depan blog kita (halah).

Daaaaaaaa, semoga bermanfaat :)

Salam,
@meifariwis

61 komentar :

  1. emang bener sih mba, bikin branding blog itu butuh proses ya. saya aja masih campur aduk postingannya. jadi masih banyak belajar sama yang senior senior kayak mba mei. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iYA Mas semua butuh proses, awalnya saya juga bingung. Sebenarnya tulisan saya ini masih campur2 tapi makin lama makin banyak tentang education hehee
      waduh saya belum senior mas

      Hapus
  2. Eh, itu apa Blogger Dancer. Wkwkw... makasih banyak ya...

    Iyaloh, blog ini tuh tentang kegiatan pendidikan yang menyenangkan. Sama itu, ilustrasinya khas hihi... Kalau aku sih konsisten yang susah, Mei. Sedih banget... aku pengennya kaya blogger lain yang update seminggu minimal 1-2 post gitu. Susah bener... :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu istilah yg aku buat sendiri wkwkwkwkkw

      Aku juga penginnya update terus hehe ayo semangat

      Hapus
  3. Makin lama mbak Mei memang makin bersinar sebagai blogger yg hobinya menangin lombaaa...dan emang branding itu sangatttt perlu yak. Aku jga sering bingunh ini aku enaknya brandinhnya apaaa..travellingkah atau educationkah atau hiburan atau apa. Cman nanti mari kita doakan smga aku sgra menemukannya. Hehehehe..tapi di pkiran aku juga itu sih mbak, mbak Mei identik dengan tulisan mengajar, menang hive away sama ilustrasi yg keren dn mudah dimengerti jdi punya kelejihan tersendiri. Begitulaaaahh..aku hrus banyak2 baca blog kauak bgini ya biar bsa konsisten nulis jugaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, duh aku langsung terbang nih Meyk hahahhaa
      Ayo kita coba cari branding diri dan blog kita. Kalau km sih aku rasa traveling deh yg cocok

      Hapus
  4. Begitu yah, jadi sebaiknya blogger itu punya brading sendiri yang pastinya itu menjadi keunikan tersendiri...

    Klo saya perhatikan, biasanya keunikan mereka berasal dari hal yg disukai. Hehe seperti Mei ini suka mengajar, jadi feeling untuk menulis ttng sekolah tu membara :)

    Eh baru inget klo bulan ini saya belum nulis apapun di blog, haha

    Btw klo Vindy itu blogger dancer + smule :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurutku gitu, kalau dia unik dan beda pasti mudah diingat hahaha (analisis sendiri sih)

      Iya aku suka ngajar jadi cerita2 banyak ttg sekolah Dip :)

      Ayo dong nulis

      Hapus
    2. seperti menjadi domba yg berwarna ungu yah di antara domba2 putih,
      hehe mudah dilihat karena berbeda :)

      klo aku suka apa ya, malah lebih sering ksh materi pengembangan diri di blog

      iya Mei, akhirnya udh nulis ni di bulan maret. februarinya libur dh :D

      Hapus
  5. Maju terus pantang mundur, mbak...:)

    BalasHapus
  6. jadi diri sendiri itu yg penting nanti akan keluar gaya nulisnya kek gimana kalau menurut aku mba :p ga tau deh klo menurut mas Anang wkwkkw

    BalasHapus
  7. Kalau saya blm nemu yg unik dr diriku. Jadi, ya jalani aja.
    Menjadi unik lebih mudah dikenali dan dikenang mba. Selamat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat mbak Ety aku juga harus lebih banyak belajar lagi nih

      Hapus
  8. pentiiing, awalnya blog saya personal lebih ke apapun deh yang mau diceritain tp lama2 kok jd smua2nya pgn ditulis. akhirnya malah bingung dan ga nulis2 haha. tp kerasa sendiri sih lama2 plg seneng nulis ditema apa. rencananya besok mau lbh concern ke tema2 yg bikin seneng dan diminati ini:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhaha sama kayak aku kejadiannya dulu, aku sekarang pilih tema yg sesuai passion aja

      Hapus
  9. Mbak, blognya bagusss. Yang aku perhatikan pertama ketika berkunjung ke sebuah blog adalah tampilannya sebelum membaca postingan di blogger itu sendiri. Maaf, boleh nanya, Mbak? Ini pakai designer atau design sendiri ya? Bagus. Minimalis gitu nggak heboh jadi bacanya asik

    BalasHapus
  10. Yaahh jadi mikir deh aku. Klo aku apa ya uniknya. Secara blog juga gado2. Dan sebisa mungkin baru setor tulisan seminggu sekali karena disambi kerja kantor dari pagi sampe sore.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbak, sama2 berjuang ngeblog sambil kerja hehe

      Hapus
  11. Pertama kali kenal blog Kak Memei (dan Kak Memei-nya) sebelum Kak Memei menikah... heu sekarang Kenzo udah besar ternyata, waktu cepet banget berlalu. Tsah.

    Iya benerrrrr banget, branding blog itu perlu, Kak. Beda deh sama zaman2 ngeblog tahun 2010an, yang jumlah blogger aja masih sedikit banget. Sekarang, semakin banyak saingan blogger2, emang harus punya gaya beda biar ngga ketutup sama yang baru2.

    Tapi kalo belum nemu jalannya, emang susah sih mau branding ke arah mana TT

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa panjang bener ya perjalnan hidupku ternyata

      Ayo ayo semangat pasti nanti bisa nemuin branding sendiri

      Hapus
  12. penting ya tapi jangan jadi terlalu berlebihan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, kalau berlebihan emang gak baik

      Hapus
  13. Hi Mei, suka tulisannya memotivasi orang baru seperti saya ini, penting untuk jadi unik jadi orang tau langsung oh itu blog nya si A isinya tentang A b c biasanya, baca deh ,, pingin bisa jadi blogger unik 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aku penginnya juga gitu mb hehehe
      salam kenal ya

      Hapus
  14. Glegh jd mikir aku apaan yaks? Hahhahaha tp emang aku suka baca blog2 yg unik & nyenengin, apalagi yg tulisannya enak & bermanfaat ((ayam pop kali enak)) 😆😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayam goreng enak mb hahahhaa
      Kamu kan udah ngehitsssss

      Hapus
  15. Wah hebat ya mbak sudah mengetahui brand diri sendiri.. soalnya sy sendiri masih bingung blog saya mengarah kemana, wkwkwk kebanyakan isinya curhatan abiisss dan daily life yg biasa aja ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya punyaku juga daily life sih. Tapi aku condong ke kegiatan school aja

      Hapus
  16. Model tulisan yang mulai pudar dari para blogger senior yg mulai dihantui oleh cara menghasilkan uang dari blog. Mba seperti memberikan spirit tersendiri bahwa kegiatan blogging benar-benar untuk saling menginspirasi tentang siapa kita dan value kita dalam kegiatan blogging.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kebanyakan skg pada money oriented. ya tapi sah2 aja sih hehehhee
      Makasih ya, yuk terus menulis sesuai hati semangaaat

      Hapus
  17. Kalau saya sudah punya perencanaan tentang isi blog, cuma sering nggak kesampaian mau terus menerus diterapkan di blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeyeeee ayo terus digali mbak, semangaat

      Hapus
  18. Saya msh blogger gado-gado =))

    BalasHapus
  19. Iya Mba..jadi unik itu penting. Istilahnya, personal branding gitu ya.. Aku juga masih bingung sih, sisi unikku ini sebenarnya apa dan dimana.. Masih gado-gado tulisannya. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin mba Arinta bisa coba jadi blogger yang hobi jualan, kan bisa itu hehehe. Mb Arinta kan udah ngehits di Solo

      Hapus
  20. Mantap mbak mei wulandari,, saya masih mencoba untuk menemukan ritme yg pas untuk menulis,, kadang harus nyari moodboster buat nulis yg kadang agak nyleneh dengan blogger2 kebanyakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga kadang mood-moodan lho mas
      tapi tetep pengin beda dari yg lain hahaa

      Hapus
  21. Hihihi aku sendiri kalo d tanya soal niche bingung lho mau jawab apa. Tapi paling banyak sih traveling

    Aku juga suka vindy,, itu karna blognya bermanfaat hahaha
    Aku sering nyari tutorial apa gitu eh yang muncul blognya dia.
    Jadi PV nya naik terus karna berguna organik di cari di google *halah sok tau banget ya

    Btw mbak ku juga guru SD. Enaknya jadi guru yang tiap hari kumpul sama anak anak adalah : AWET MUDAAA

    amiin :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mb Laili salam kenal yaaaa
      Iya blognya Vindy ramah SEO wkwkwkw

      Hapus
  22. Wah makasih ilmunya, msh blm konsisten nih ngeblognya huhuhu

    BalasHapus
  23. Branding-nya mba Mei udah kuat bgt sbg blogger guru SD.. :) Aku jg seneng baca2 kegiatan mba di sekolah sama anak2 murid.. Btw mbaa aku dulu jg pingin jadi guru tapi guru TK.. hihi

    BalasHapus
  24. Semoga aku bisa kayak Mba Mei, konsisten jadi blogger yang punya branding sendiri hehe

    BalasHapus
  25. Cik Gu harus unik kalau gak unik gak ada yang melirik, kalau saya suka gado-gado yang puedessss. Blognya jadi girly...kayak punya siapa gitu....lupa saya...wis gut lak dan selamat atas template barunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayooo sopo, blognya sopo sih mbak aku jadi kepo wkwkw

      Hapus
  26. Wah sneangnya kalo udah ketemu genre blognya akan ke mana.
    Dulu pun aku mengalami masa-masa pencarian kok sebelum akhirnya ketemu niche yang tepat buat diri sendiri.
    ^_^

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  28. Blog kamu udah unik, Meiii. Keep it up mwah mwah.

    BalasHapus
  29. aku jg ingetnya kalo blog mba ttg seputaran sekolah dan jadi gurunya itu :D..sebenernya semua jenis blog aku baca sih... tp memang kalo disuruh memfavoritkan, aku lbh seneng blog yg niche, yg punya tema... jd nyari informasinya bisa lebih terarah :D

    BalasHapus
  30. alhamdulilah saya juga ngebranding blog dengan cerita travel dan kuliner, meskipun branding ini banyak banget diluar sana..tapi saya tetep konsisten ngeblog :D

    BalasHapus
  31. Setuju mbak dengan menjadi blogger unik.
    Kenapa? Sehari itu di seluruh dunia ada 3juta post baru. Itu saingan kita. Di Indonesia sendiri jumlah blogger bertambah terus. Dan berapa banyak blog post per harinya? Gak kebayang kan kalau kita gak menjadi Blogger yang Unik yang diingat orang?

    Harus kerja keras dalam promosi di sana sini (biasa berujung spamming di banyak tempat).

    Be unique...
    Be yourself...
    make yourself heard and be known.

    Salam

    BalasHapus
  32. Iya setuju banget bahwa kita harus punya ciri khas yang unik dan ga ada duanya.
    Kalau aku untuk blog keluarga udah branding dari awal sebagai keluarga penyuka warna biru karena emang kami berdua suka biru.
    Untuk blog pribadi aku coba branding sebagai papa blogger narsis karena emang aku ini narsis ahahahaha

    BalasHapus
  33. Ciri khas memang yang gabisa ditiru meski dicopas orang tetep aja auranya beda

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis

Back to Top