Serunya Outbound Sekaligus Menginap di Terminal Grafika Cikole Bandung (Last Moment #2). Yuhuiii melanjutkan cerita #LastMoment1 bareng anak-anak kelas 6 yang kemarin ya. Meskipun sekarang anak-anak udah naik level ke grade 7, tapi saya masih punya banyak kisah bersama mereka yang sayang kalau dilewatkan. Cerita #LastMoment1 kemarin tentang keseruan jalan-jalan ke Tangkuban Perahu. Untuk kali ini saya akan cerita tentang pengalaman menginap sekaligus outbound di Terminal Wisata Alam Grafika Cikole.

Jadi kemarin itu setelah puas berkeliling Tangkuban Perahu, rombongan kami pergi menuju TWA Grafika Cikole untuk cek in hotel sekalian melakukan kegiatan di luar ruangan. Ini pertama kalinya saya mendatangi tempat menginap yang berada di tengah-tengah hutan pinus. Takjub dong ya sekaligus capek, karena jarak antara tempat parkir menuju penginapan itu jauh banget, mana jalannya menanjak pula. Tapi saya senang hahaha.

FYI, TWA Grafika Cikole adalah tempat wisata yang di dalamnya ada penginapan serta restorannya. TWA ini berada di daerah Lembang Bandung dengan cuaca yang sejuk serta ramah lingkungan. Paling suka karena tempatnya masih asri banget jauh dari hingar bingar kebisingan kota.

Alamat lengkapnya berada di: Jalan Tangkuban Perahu KM 8, Cikole, Lembang, Bandung. Deket banget sama Tangkuban Perahu, jadi asyik jika menginap di sini sekaligus bisa jalan-jalan.

Adapun fasilitas yang ditawarkan adalah:

👀 Restoran
👀 Penginapan
👀 Camping
👀 Paket outbound

Sesampainya di sana kami beristirahat dulu sejenak. Anak-anak dan guru lainnya makan siang sedangkan saya sholat terlebih dahulu karena kebetulan puasa ramadhan. Banyak anak yang nggak habisin sayur asamnya, huhuhu. Padahal kan enak ya? Hahaha.

Sesudah makan kami masih harus melewati jalan berkelok dan menanjak. Tak lain tak bukan karena kami harus ke daerah dalam hutan untuk melakukan outbond. Ya elah, belum juga kegiatan tapi saya dan guru-guru udah ngos-ngosan hahaha. Kalau anak-anak kelas 6 mah santai, mereka sepertinya nggak kenal lelah meskipun jalan jauh sekalipun.

Di sana kami disambut oleh mbak-mbak dan mas-mas pemandu outbound. Mereka memperkenalkan diri sekaligus memberikan pengarahan kepada kami tentang apa saja yang akan dilakukan. Kalau nggak salah kemarin kami pilih paket outbound dewasa deh (lupa-lupa ingat hahahaha).

Outbond kali ini diawali dengan:

ICE BREAKING

- Menyanyikan lagu Say hai dan hello
- Mencari pasangan
- People to People
- Bernyanyi dan konsentrasi
- Semut dan gajah
- Berhitung kelipatan
- Samurai

Ini anak-anak main rambu-rambuan kalau nggak salah

Awaaaaaas, jangan pukul aku Jas!

Berpegangan tangan itu menyenangkan

FUN GAMES

Setelah ice breaking selesai dan anak-anak udah agak panas, masuk deh ke kegiatan inti Fun Games yaitu main opposide dan yel-yel. Dilanjutkan Games Team yang menganjurkan anak untuk kerja kelompok biar kompak seperti blow the ball, moving ball, dan king out of the book.

Fun gamesnya seru banget

Fun games di Grafika Cikole

Keseruan selanjutnya adalah olahraga. Ada 3 jenis olahraga yang ditawarkan, sayangnya cuma 1 doang yang saya ikuti karena takut (hahaha anaknya cemen). Olahraga itu antara lain:

1. Flying Fox
2. Jembatan Dua Tali
3. Turun Tebing

Diego main flying fox

Anak-anak kelas 6 main jembatan tali

Mr Indra lagi main turun tebing hahaha

Jojo tampak tegang hahaha

Anak-anak meniti jembatan tali

Kelly turun tebing
Oh iya dari semua kegiatan di atas, durasi waktunya sekitar 2-4 jam. Per orangnya bayar 85ribu dan minimal 20 orang.

PENGINAPAN

Selesai main outbound kami langsung menuju penginapan. Kami menginap di Pondok Cemara. Biaya menginap per kamar sekitar 1 juta ( + tax serta service). Kamarnya bagus berisi 3 kasur dan ada balkonnya di belakang. Kami pesan 2 kamar saja. 1 untuk kamar guru dan murid laki-laki. 1 untuk guru dan murid perempuan.

Fasilitas yang ditawarkan dari Pondok Cemara ini adalah balkon, jagung bakar, air panas, kamar mandi dalam, ada 3 kasur besar, breakfast untuk 6 orang, serta air mineral. Seluruhnya bagus sih Cuma kadang ada suara bunyi-bunyian hewan (maklumlah kan kamarnya ada di tengah hutan hahaha).

Penginapan Cemara Cikole

Tampak depan halaman penginapan Cikole

Kamar Cemara di TWA Grafika Cikole Lembang

Saat di kamar sih kami hanya beres-beres barang perlengkapan aja karena setelah itu kami siap-siap menuju Maribaya Hot Spring untuk berendam air panas, aaakkk senangnya.

Malamnya selepas berendam air panas, kami kembali menuju Grafika Cikole untuk makan jagung bakar. Eh ternyata udah tutup tempatnya huhuhu. Ya udah akhirnya bakar-bakar sendiri aja di depan penginapan sekaligus main api unggun.

Jagung bakar yummmmyyyy

anak-anak lagi bakar jagung

Saya bakar marshmellow

Bakar permen dan jagung

Selesai bakar-bakaran kami semua kembali ke kamar untuk istirahat. Karena kegiatannya masih banyak banget jadi kami harus siapin stamina untuk keesokan harinya.

Pagi hari kelompok cewek-cewek malah bangun kesiangan hahaha. Padahal yang cowok-cowok udah bangun dan ngajak jalan-jalan pagi. Ya sudahlah ya, nggak jadi jalan-jalan. Sebagai gantinya kami jalan santai aja di sekitar penginapan.

Selama berada di TWA Grafika Cikole kami merasa fine-fine aja karena kebanyakan aktivitas di luar ruangan. Apalagi saat olahraga, anak-anak sangat antusias banget sampai mau coba flying fox berkali-kali. Kerenlah mereka, kalau saya mah tak sanggup hahaha.

Siang hari setelah makan pagi, jalan sebentar, ngobrol-ngobrol, dan foto-foto, kami beberes untuk melanjutkan perjalanan ke Farm House. Senang deh bisa menginap di TWA Grafika Cikole, semoga next trip bisa ke sini lagi.

Seru kan kegiatan #LastMoment2 anak-anak kelas 6? Isinya happy-happy terus (ya iyalah). Ini masih ada kelanjutan ceritanya, jangan sampai ketinggalan ya #LastMoment part 3 nya!