Selasa, 17 September 2019

Tips Memilih Nama Domain


Kalau teman-teman follow blog ini, pasti tahu kalau saya pernah menulis tentang tips memilih nama domain untuk bisnis. Tujuannya untuk yang ingin berjualan atau mengenalkan sebuah jasa atau produk mereka ke khalayak umum. Nah, kali ini saya mau sharing tentang bagaimana tips memilih domain untuk diri sendiri.


Diri sendiri maksudnya ya untuk branding sebagai seorang blogger, mau dikenal seperti apa dan bagaimana bisa dimulai dengan memilih nama domain yang tepat terlebih dahulu. Sama seperti saya pada awalnya, pengin banget orang-orang mengenal nama saya. Atau setidaknya jika ada orang yang ketik nama saya di mesin pencarian ya yang muncul adalah foto saya, hehehe. Receh sekali memang, tapi itulah alasan saya memilih nama domain kala itu.

Untuk menentukan nama domain yang harus dilakukan pertama kali adalah memikirkan personal branding untuk diri sendiri.

Ya, personal branding. Sama seperti memilih domain bisnis, domain untuk pribadi ini juga lebih baik tentukan dulu tujuan domainnya untuk apa. Beberapa teman saya memang banyak yang menggunakan nama sendiri untuk domainnya, saya pun juga seperti itu. Tujuannya supaya orang mengenal nama saya lebih luas lagi.

Kalau menurut teman-teman bagaimana? Setuju nggak kalau nama pribadi dipakai untuk nama domain?

Jawabannya pasti beda-bedalah ya, namanya juga selera. Tapi yang penting, memilih nama domain itu kalau bisa seperti yang akan saya jabarkan di bawah ini. Feel free untuk nambahin ya :)

Mudah Diingat

Memilih domain jangan yang ribet-ribet deh, nanti susah dihafalinnya hehehe. Pilih domain yang memang mudah diingat oleh diri sendiri dan juga orang lain, biar nanti mudah ditelusuri juga di mesin pencarian. Semakin mudah diingat maka orang lain pun juga mudah mengenalinya, seperti “Oh ya, ini si A pemilik blog A itu ya?” atau “Wah kamu pemilik domain B itu ya, salam kenal” dan seterusnya.

Mudah diingat ini juga berarti mudah dibaca dan mudah ditulis. Selain itu juga harus unik atau kalau anak gaul bilang sih “Be Different” 

Tersedia di Media Sosial

Zaman sekarang orang-orang pasti punya media sosial, nah jangan sampai nama domain yang kita pilih udah keduluan sama orang lain. Maka dari itu, sebelum memutuskan membeli domain pastikan domain kita nggak ada yang nyamain.

Gimana cara cek ketersediaan nama domain yang kita pilih? Kalau saya dulu pakai Qwords.com, jadi di sana kita bisa cek dulu nih domain pilihan kita kira-kira available atau nggak.  Cukup ketik nama di situs Qwords maka nanti akan muncul tersedia atau tidaknya. Lagipula sekarang beli domain juga udah gampang. Jadi bisa cepet kok kalau mau menentukan domain sendiri.

Jangan Sama Dengan yang Lain

Seperti yang tadi saya bilang, “Be Different” karena yang suka menjiplak biasanya tidak bertahan lama hahaha. Ya nggak sih? Apalagi kalau sampai memakai merek dagang orang lain, bisa-bisa nanti dituntut.

Pilih Ekstensi yang Tepat

Oh iya, memilih nama domain saja tidak cukup tapi juga perlu memikirkan ekstensi yang dibutuhkan. Ternyata meski nama domain sudah dipakai orang lain, masih bisa digunakan juga jika ekstensi berbeda. Nah sekarang ini ada berbagai jenis ekstensi yang lebih dari 500 lho, jadi bisa pilih ekstensi mana yang kita inginkan. Bisa .com, .college, .guru, .pub, .org, dan lain-lain. Ratusan ekstensi dalam dan luar negeri ini tersedia di Qwords.com pusat domain murah di Indonesia. Coba deh langsung ke websitenya saja dan cek ekstensi yang kalian inginkan.

Lupakan Simbol atau Angka

Memilih nama domain selain singkat, jelas, dan unik, juga hindari simbol atau angka. Kenapa simbol perlu dilupakan supaya lebih mudah dalam menuliskannya. Tentu rasanya kok ya kurang valid ya kalau domain ada angka atau simbolnya? Wkwkkw. Apa ini hanya perasaan saya saja? Tapi coba deh lihat contohnya misal www.a-bcd*ef1234.com Lah kok ya aneh gitu :p

Segera Daftarkan Domain

Kalau semua tips sudah dilakukan, maka tahap selanjutnya adalah segera mendaftarkan nama domain agar tidak bisa diklaim oleh orang lain. Mendaftarkan nama domain juga tidak susah karena sekarang banyak tempat beli domain yang kredibel di Indonesia. 

Tips di atas memang kurang lebih sama dengan tulisan saya sebelumnya mengenai tips memilih domain untuk keperluan bisnis. Karena ya mau bisnis ataupun untuk pribadi, memilih domain tidak boleh sembarangan karena semua itu akan mempengaruhi profesionalitas kita sebagai blogger atau pelaku dunia industri online.

Bicara soal cara daftar domain ini, beberapa waktu lalu ada teman saya yang nanya apa saja keuntungan jika domain sudah didaftarkan. Yang jelas menurut saya yaitu:

Blog atau website lebih profesional 
Dipercaya oleh pengunjung 
Bisa lebih lama bertahan di google 
URLnya jadi mudah diingat 
Sebagai bentuk personal branding

Gitu sih kira-kira :)

Jadi setelah tahu tips di atas, adakah teman-teman yang berniat mengganti nama blognya dengan domain baru? Kalau iya, coba nanti share ya pengalaman berpindah blog gratisan jadi TLD. 

Thank you.

Salam,
@meifariwis

2 komentar :

  1. Setelah domain resmi dipilih, apakah perlu syukuran bubur merah??

    BalasHapus
  2. Thanks for share info dan tipsnya, semoga bermanfaat,.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis

Back to Top