Rabu, 20 November 2019

Kata Siapa Jadi Guru Itu Enak?

Perkenalkan nama saya Mei Wulandari. Kalau di rumah saya dipanggil mami, tapi kalau di sekolah, anak-anak suka memanggil saya dengan sebutan Miss Mei. Ya, saya adalah seorang guru sekolah dasar swasta di daerah Lippo Cikarang. Setiap hari kegiatan saya ya bekerja di sekolah. 

Kegiatan belajar mengajar di sekolah


Pagi hari sebelum berangkat ke kantor, saya menyiapkan sarapan untuk anak dan suami. Kebetulan anak saya bersekolah di tempat saya mengajar juga, jadi sekalian tiap pagi berangkat bersama. Sesampai di sekolah tentu saya harus menyiapkan berbagai perangkat pembelajaran. 

Selama ini orang-orang banyak yang beranggapan kalau guru itu kerjanya enak, cuma mengajar setelah itu pulang. Padahal bukan begitu adanya. Ada banyak hal yang saya lakukan di sekolah, ada segudang aktivitas lainnya yang menuntut saya untuk selalu tetap aktif dan fit.

Memang apa sih kerjaan guru itu?

Jam Kerja Panjang

Setiap sekolah memang punya peraturan sendiri untuk jam kepulangan siswa maupun guru, pun dengan tempat saya bekerja. Saya bekerja setiap hari Senin-Jumat mulai dari pukul 07.20 sampai dengan pukul 16.00. Bayangin aja hampir setengah hari kegiatan saya habiskan di sekolah bersama anak-anak.

Menyusun Rencana Pembelajaran

Jadi sebelum mengajar, saya harus membuat perangkat pembelajaran dan menyiapkan medianya. Ada program semester, program tahunan, kriteria ketuntasan minimal, dan lain sebagainya. Semua perangkat tersebut wajib disiapkan oleh guru masing-masing, termasuk saya.

Membuat soal, Koreksi jawaban, dan Input nilai

Yang namanya sekolah pasti murid-murid akan mengerjakan soal ya kan? Jadi guru harus membuat soalnya terlebih dahulu, lalu mengoreksi soal, dan input nilainya di aplikasi komputer atau buku nilai.

Aktif di Kegiatan Sekolah

Selain akademik, di tempat saya mengajar ada banyak sekali kegiatan yang berkaitan dengan kesiswaan seperti lomba cerdas cermat, year end celebration, dental visit, independence day, dan lain sebagainya. Dan tentu yang paling seru adalah melakukan kunjungan ke tempat wisata, atau yang biasa disebut dengan field trip.

Seminggu yang lalu kami semua field trip ke Ancol mengunjungi Sea World dan Ocean Dream. Seru banget mengingat field trip adalah kegiatan yang sangat dinantikan murid-murid di sekolah. Kalau ditanya repot atau nggak, ya tentu repot karena anak-anak masih kecil jadi harus ekstra jagain mereka.


Sebagai guru juga dituntut untuk sigap dalam segala aktivitas baik indoor maupun outdoor seperti ini. Saya sendiri tak masalah bila memang ditugaskan untuk menjaga anak-anak di luar sekolah, karena memang itulah tanggung jawab kami.

Menghadapi Orang Tua Murid

Tak hanya masalah sekolah dan murid-murid saja ya, saya bekerja juga harus siap dengan tantangan orang tua murid. Maklum ya orang tua murid punya karakter yang berbeda-beda. Apapun keluh kesah mereka, kritikan, bahkan omelan harus siap kami terima. Itu sudah jadi salah satu risiko jadi guru, hehehe.

Ada banyak hal yang saya rasakan sebagai guru. Senang, susah, kecewa, bahagia, sedih, bahkan marah sudah pernah saya alami. Tapi hal tersebut tidak boleh menyurutkan langkah untuk mengajar dan mendidik anak-anak, karena menjadi guru adalah passion saya selama ini.

Jadi kata siapa jadi guru itu enak? Ya namanya kerja pasti ada suka dukanyalah, nggak mungkin enak terus. Saya sedang tidak mau mengeluh, saya hanya ingin berbagi cerita bagaimana cara saya menjaga kesehatan di tengah padatnya kegiatan selama jadi guru ini.

Nah, untuk menjaga passion saya ini tentunya saya harus senantiasa cek kondisi tubuh. Saya pun tidak mau kalau segala aktivitas saya di sekolah malah menyebabkan saya jatuh sakit. Kalau kata orang sih harus seimbang antara sekolah dan hidup, ya work life balance gitu.

Namanya kerja pasti ada aja yang bikin pusing, ditambah lagi cuaca yang sering berubah-berubah jadi harus ekstra jaga kesehatan. Salah satu andalan saya untuk menjaga mood serta kondisi tubuh adalah dengan minum ramuan jahe. Cuma kadang saya suka malas kalau harus meracik sendiri wkwkwk. Untungnya sekarang ada kemasan praktis yang siap diminum yaitu "Herbadrink Sari Jahe".

Minum Herbadrink sari jahe menghangatkan tubuh

Siapa sih yang nggak tahu khasiat jahe ini? Dari zaman dulu kala sampai sekarang juga orang-orang memanfaatkan jahe untuk menghangatkan badan dan menjaga kesehatan tubuh akibat perubahan cuaca.

Herbadrink sari jahe

Herbadrink sari jahe ini dibuat dengan resep tradisional Indonesia namun diolah dengan teknologi modern. Saya suka rasa ini karena selain enak dan menghangatkan badan, bahannya alami serta sugar free lho. Siapa nih yang udah coba?

Biasanya saya minum pagi hari sebelum berangkat kerja atau saat malam hari. Rasanya di badan tuh enak banget. Pun cara bikinnya juga gampang banget tinggal buka sachet dan tuang di gelas dan diseduh pakai air panas atau dingin.

Kalau sari jahe adalah versi panas kesukaan saya, ada juga versi dinginnya yaitu "Herbadrink Sari Temulawak". Biasanya saya seduh pakai air dan dicampur sama es batu, wuidiiiiih seger bener di badan. Apalagi nih pas di sekolah terus lagi capek-capeknya ngajar saya langsung ke pantry dan buka kulkas buat bikin herbadrink sari temulawak ini.

Herbadrink Sari Temulawak

Selain bikin badan jadi seger, manfaat lain dari sari temulawak ini adalah membantu memelihara fungsi hati. Sama seperti sari jahe, sari temulawak juga diolah secara modern tapi tidak meninggalkan resep tradisionalnya.

Herbadrik sari temulawak enak diminum dingin

Sekarang jadi gampang kan minum ramuan herbal begini, karena enak dan bikin sehat pula. Ya meskipun saya punya segudang aktivitas di sekolah tapi tak jadi masalah untuk tetap aktif. Nggak hanya sari jahe dan sari temulawak saja, ada pula produk Herbadrink dengan varian rasa  kunyit asam, lidah buya, dan beras kencur. 

Herbadrink favorit aku :)

Menjadi guru memang cita-cita saya, tapi untuk sehat ya itu pilihan. So, saya memilih hidup sehat dengan rajin olahraga, makan bergizi, dan didampingi minum herbadrink ini bila diperlukan. Nggak ada kata males deh kalau kerja dengan deadline yang super banyak. Harus semangat dong, demi mencerdaskan murid-murid di sekolah.

Jadi kata siapa jadi guru itu nggak capek dan melelahkan? Ya sama aja ya, namanya juga kerja hehehe. Yang penting stamina terjaga dan hidup sehat. Yey :)

Kalian working mom juga? Atau punya tips hidup sehat? Share dong pengalamannya.

Salam,
@meifariwis


2 komentar :

  1. Menjadi guru memang luar biasa ya, Miss?
    Guru menjadi salah satu perancang pondasi dasar untuk masa depan anak-anak kelak.
    Semoga Miss Mei senantiasa diberikan kesehatan ya.

    BalasHapus
  2. Menjadi guru itu berkah, karena memberikan ilmu... semoga ikhlas hatinya menjadi guru. barakallah

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis

Back to Top