Kamis, 14 November 2019

Supermarket Pintar di Singapura

Misal diberi kesempatan untuk mengunjungi Singapura, kalian mau kemana aja sih? Kalau saya penginnya mengunjungi tempat-tempat terkenal di sana seperti  Merlion Park (Mermaid and Lion), Marina Bay Sands, Universal Studios Singapore, dan Museum Madame Tussauds. Sepertinya memang kurang afdhol jika belum menginjakkan kaki di tempat-tempat ikonnya negeri Singapura tersebut, ya kan? Hehehe.

Selain berwisata ke tempat yang saya sebutkan di atas, tentu saya juga pengin menginap di hotel yang unik serta berbelanja di supermarket yang futuristik. Wait, supermarket futuristik? Maksudnya gimana nih?



Namanya juga futuristik berarti supermarket ini selangkah lebih maju dong dari supermarket-supermarket lainnya. Apalagi kalau supermarket tersebut dijuluki sebagai supermarket pintar pertama di dunia. Wow, saya aja langsung kepo seperti apa sih supermarket pintar ini? Hmmm.

Supermarket Pintar

Karena sudah niat untuk suatu saat melangkahkan kaki di negeri yang terkenal dengan singanya itu, saya langsung kepo akun  instagram @singaporeguidebook berharap cari tahu hal-hal unik lainnya yang ada di Singapura. Dan benar, saya menemukan beberapa informasi penting mengenai supermarket pintar ini.

Nama supermarket tersebut adalah Habitat Smart Supermarket, gaes! Lucu ya namanya. Supermarket ini terletak di 34 Boon Leat Terrace. Di sana kita bisa menemukan berbagai macam kebutuhan pokok sampai dengan bumbu dapur. Luasnya sekitar 18.288 meter persegi, jadi bisa bayangin ya gedenya seperti apa. Dan yang paling penting, ada 60 ribu ribu barang yang dijual di sana lho. Saya jadi pengin muterin itu supermarket hahaha.

Jika Belanja Kurang dari 10 Barang

Seperti yang saya bilang di awal tadi, Habitat Smart Supermarket ini memiliki ciri khas futuristik. Hal ini dibuktikan dengan sistem pembayaran di sana yaitu tanpa kasir alias semua serba non tunai. Jadi kita nggak akan tuh nemuin mbak-mbak kasir yang menunggui barang-barang belanjaan kita, melainkan cuma ada mesin scan otomatis.

Sistem pembayaran yang unik

Namanya supermarket pintar, pembeli harus mengunduh beePay (sistem pembayaran elektronik milik Honestbee) dan mengisi e-wallet dulu sebelum membayar belanjaan. Selanjutnya kita tinggal menscan barcode belanjaan makan pembayaran akan langsung terindeks otomatis lewat beePay. Mudah sekali bukan?

Belanja dengan membayar pakai sistem beePay ini hanya berlaku jika kita membeli barang belanjaannya kurang dari 10 barang ya teman-teman. Karena jika ingin belanja dalam jumlah banyak atau biasa belanja bulanan maka akan pakai sistem pembayaran yang berbeda.

Jika Belanja Bulanan

Nah, hal futuristik juga terlihat di metode pembayaran yang satu ini nih.


Di Habitat Smart Supermarket ada sebuah mesin check out otomatis pertama di dunia bernama Nobbee. Bila kita ingin melakukan pembayaran, maka kita hanya perlu membawa troli belanjaan tersebut ke mesin Nobbee ini.

Hal yang dilakukan selanjutnya adalah mengantrekan troli belanjaan ke sebuah pintu logam dan pembeli hanya perlu memindai kode respon cepat di ponsel dan menunggu suara “bip” terdengar. Bunyi tersebut menandakan bahwa barang belanjaan kita siap masuk ke mesin Nobbee dan kita hanya tinggal menunggu mesin menghitung barang belanjaan sendiri. Keren, ya nggak sih?

Mesin itulah yang bekerja menscan secara otomatis melalui sabuk konveyor dan barang belanjaan kita siap masuk ke dalam tas belanja. Ketika tas belanjaan siap maka kita akan mendapatkan pemberitahuan melalui Honestbee, yang menandakan kita siap untuk ke RoboCollect untuk memindai password beePay. Setelah urusan pembayaran selesai makan robot di Habitat akan meluncur ke tempat pengambilan tas belanja. Emang ya di Singapura itu semuanya serba canggih, takjub saya ini, hehehe.

Hal Lain yang Bisa Dilakukan Di Sini

Selain berbelanja offline, kita juga bisa berbelanja secara online. Bisa juga makan di restoran di sana. Saya yang kepo sama instagramnya, langsung ngiler sama menu makanan yang ditawarkan hehehe. Selesai belanja dan makan, selanjutnya bisa menginap langsung di hotel Habitat juga.

Menikmati aneka makanan di Habitat Smart Supermarket (IG @habitat_sg)

Fiyuuuuuuh, pasti seru banget nih menikmati perjalanan di Singapura sambil berbelanja seru di supermarket pintar ini. Nah, buat teman-teman yang barangkali mau cari info lain selain supermarket yang futuristik ini, sila buka website singaporeguidebook.com. untuk tahu ada hal unik lainnya di Singapura.

Yuk akh berdoa sama-sama biar suatu saat bisa ke Singapura juga. Amiiiiiin :)

Salam,
@meifariwis

7 komentar :

  1. Wah seru banget ya Mbak, saya jadi ingin berkunjung ke sana juga nih hehe.

    BalasHapus
  2. Memang sekarang semuanya serba mudah ya Mbak, berkat adanya teknologi yang semakin canggih.

    BalasHapus
  3. Wah, terimakasih banyak sudah berbagi informasi yang sangat bermanfaat ini Mbak.

    BalasHapus
  4. Pasti seru banget ya Mbak kalau bisa belanja di sana, jadi ingin mencoba juga nih hehe.

    BalasHapus
  5. Semuanya seba otomatis ya Mbak, pasti keren banget nih hehe.

    BalasHapus
  6. Hal yang paling tidak boleh dilupakan ketika liburan adalah berbelanja ya Mbak.

    BalasHapus
  7. singapura maju banget ya, sebagai acuan kemajuan ASEAN, jadi pengen nyoba hehe

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis

Back to Top