Masuk IGD Gara-gara Disengat Tawon

Hai… Haiiii….. Mau cerita kejadian receh pertama di tahun 2021 nih, hahaha. Biar bisa diingat terus saat buka blog. Maklum kalau nggak ditulis mah cerita-cerita begini bakal menguap dan hilang sejalan dengan bertambahnya pikiran. Hadew



Baiklah, siapkan cemilan saat membaca ya, Bun. ๐Ÿ˜


Senin, 4 Januari 2020 sekitar pukul 21.00 malam, seperti biasa saya ke kamar untuk ganti baju tidur alias daster. Btw, posisi baju daster waktu itu jatuh di lantai. Karena udah malam ya pasti lampu kamar udah mati dan gelap. Saya juga nggak kepikiran buat nyalain lampu. 


Ya sudah tanpa mikir yang aneh-aneh, saya bergegas memakai daster dan segera tidur karena udah capek banget pengen istirahat. Nah saat saya lagi ambil itu daster, eng ing eng……. tiba-tiba tangan saya menyentuh sesuatu yang entah bagaimana bentuknya sulit untuk dijelaskan. Ngaaaaassssss, panas wow panas.


Saya lempar dah itu daster ke lantai sambil teriak-teriak minta tolong ke suami. Langsung saat itu juga suami nyalain lampu dan mengibas-ngibaskan daster. “Papi cepetan cek cepetan cek, Aku digigit sesuatu!” Saya benar-benar teriak histeris karena kesakitan dan takut digigit ular atau hewan ganas lainnya. FYI emang beberapa waktu lalu rumah saya sempat kemasukan ular cobra. Ngeri nggak tuh! Makanya saya takut kalau yang gigit jari saya tuh si ular cobra. 


Ular cobra masuk dapur


Ternyataaaaa…. Saat dikibasin itu daster, muncullah seekor tawon. Makin teriak histeris dong karena emang sakit minta ampun. Suami berusaha menghibur saya tapi malah jadi lupa nyari itu tawon, alhasil nggak tahu deh itu tawon ada di mana keberadaannya sampai sekarang. Agak parno juga kalau mau masuk kamar lagi, takut disengat euy.


Btw ini bukan kali pertama saya disengat tawon atau lebah. Dulu waktu masih kecil mah sering banget disengat, tapi rasanya kok nggak sesakit yang sekarang ini? Why oh why? Langsung panik sepanik-paniknya karena emang sakit luar biasa, saya sampai menangis jerit-jerit. Lebay sih tapi mau bagaimana lagi, hahaha.


Suami langsung searching pengobatan pertama bila disengat tawon itu harus apa. Ada yang nyuruh pakai soda kue, ada yang nyuruh olesin aloe vera alias lidah buaya. Suami langsung siaga nyari soda kue dan lidah buaya, tapi tangan saya sudah mulai bengkak dan membiru. Saya takut racunnya makin menyebar ke seluruh tubuh.


Sayangnya saya nggak sempat fotoin jempol tangan yang sempat membiru. Ya iyalah, lagi kesakitan mana kepikiran buat foto-foto, hahaha.


Jempolku disengat tawon


Berhubung benar-benar tidak kuat, saya minta diantar ke rumah sakit. Drama baru dimulai saat itu, wkwkwkw. Posisi kan sudah malam hari, otomatis Kenzo anak saya sudah pasti tidur. Dibangunin, dielus-elus, bahkan digoyang-goyangin badannya nggak bangun juga. Saya benar-benar sudah kesakitan dan nggak kuat menahan rasa sakit, panas, dan nyut-nyutan di ibu jari saya.


Mau tidak mau, tega tidak tega akhirnya Kenzo kami tinggal sendirian di rumah, hadewwwwww. Suami langsung ngebut anter saya ke klinik dekat rumah. Perasaan campuk aduk saat itu karena harus meninggalkan Kenzo sendirian. Mau minta tolong tetangga juga nggak enak karena udah malam dan semua rumah sudah mati lampunya.


Sesampainya di klinik saya langsung dibawa ke IGD hahahaha. Lucu banget digigit tawon langsung masuk IGD. Tapi emang beneran sakit sih, seumur-umur kayaknya ini tawon paling ganas yang pernah menggigit saya. Makin parno karena saat baca-baca di google tuh tawon bisa menyebabkan kematian.


Saya takut kalau yang menyengat adalah tawon vespa atau tawon ndas yang sedang marak diperbincangkan. Ya, tawon vespa kalau menyengat (dalam jumlah banyak) bisa menyebabkan kematian. Meskipun saya cuma disengat 1 sengatan dan belum yakin itu tawon apaan, ya saya takutlah. Takut kenapa-kenapa dan mati konyol cuma gara-gara tawon.


Di IGD saya ditanyain dokter, lalu perawat langsung dengan sigap membersihkan jari saya. Ya Allah sakitnya minta ampuuuuuuuuun. Dipegang perawat aja sakitnya naudzubillah, nggak mau keulang lagi. 


Setelah ibu jari dibersihkan, saya diwanti-wanti sama dokter seandainya dalam waktu 3 hari jari masih bengkak dan sakit, maka saya disuruh kembali ke klinik. Tapi dokter sih bilang jari saya sebenarnya nggak apa-apa, paling dalam hitungan jam juga rasa sakitnya hilang. Saya lalu diberi obat pereda nyeri dan peradangan yang harus ditebus di apotek. Cuma ya keluar dari IGD rasanya tetep aja nggak ada perubahan, jari saya masih sakit euy. 


Jempol kananku bengkak


Oh iya, saat kejadian masuk IGD ini saya sendirian lho guys hahaha. Karena suami buru-buru pulang untuk melihat keadaan Kenzo yang tertidur lelap di kasur dan nggak mau bangun. Kami khawatir Kenzo disengat tawon juga karena si tawon kan belum ketemu di mana keberadaannya.


Bayangin, jari sakit, masuk IGD sendirian, lalu panik karena anak sendirian juga di rumah. Semua kekhawatiran bercampur jadi satu. Benar-benar kejadian yang tak terduga malam itu. Niatnya mau tidur lebih cepat eh malah disengat tawon. Kalau kata suami mah saya ini lebay puol, tapi mau bagaimana lagi, sakitnya itu loh kagak nahan. Sebenarnya pengen ketawa kalau diingat-ingat mah. ๐Ÿ˜†


Setelah diperiksa dan menebus obat, saya dijemput pulang sama suami. Udah hampir jam setengah 11 malam dan Alhamdulillah Kenzo baik-baik saja. Saya buru-buru minum obat lalu berusaha tidur, tapi saat tidur rasanya kok senut-senut bahkan ada efek kejut. Alamaaaaaakkk makin parno dan malah nggak bisa tidur. Suami juga jadi ngomel katanya saya berisik. Yah, padahal kan emang sakit beneran.


Saya lalu berpindah tidur di sofa, Alhamdulillah ketiduran juga hahaha.


Sebenarnya apa sih yang harus dilakukan biar terhindar dari sengatan tawon?


๐Ÿ’ชRajin membersihkan rumah

Entah kenapa kok rumah saya ini banyak banget binatang-binatang yang aneh. Heran akutuh guys ๐Ÿ˜ tapi daripada mencari-cari kesalahan, emang paling cocok adalah rajin bersih-bersih rumah. Kalau rumah bersih kan binatang juga segan buat masuk ๐Ÿ˜…

๐Ÿ’ช Jangan ganggu tawon

Ya sama kayak kita manusia, nggak mau diganggu ya jangan mengganggu. Intinya tawon akan bereaksi saat merasa terancam. Sama persis kejadian saya kemarin, padahal nggak ada niatan buat ganggu si tawon tapi karena sama-sama nggak tahu jadi tawon nyengat deh.

Lalu apa yang harus dilakukan saat tersengat tawon?

✅ Keluarkan sengatan sesegera mungkin

Biasanya tawon akan meninggalkan duri sengatannya di kulit. Dan benar loh, kemarin di jempol saya juga ada durinya. Sayang baru bisa diambil setelah semingguan wkwkwkw parah sih ๐Ÿ˜

✅ Bersihkan dengan air mengalir

Yups harus segera dicuci supaya kotoran yang menempel nggak bikin infeksi. Kemarin itu juga jempol saya langsung dibersihkan sama perawat, meski sebelumnya sudah dibersihin sama suami, kurang bersih katanya hahaha.

✅ Kompres dengan air es

Kompresan air es ini bisa sedikit menghilangkan rasa nyeri pasca disengat tawon. Cobain deh! Eh jangan ding, emangnya mau disengat tawon? hmmmm

✅ Pergi ke dokter

Alternatif paling tepat bila udah nggak kuat nahan sakit ya ke dokter, biar diperiksa dan diberi obat yang tepat.

Begitulah kejadian receh yang saya alami teman-teman. Alhamdulillah sekarang sudah sembuh. Tetap jaga diri ya dan jauh-jauh deh dari tawon, karena sengatannya sungguh menyakitkan, hahaha.

Ada yang pernah disengat lebah atau tawon juga? Coba tulis di kolom komentar ceritanya ya!

Salam,
@meifariwis

13 komentar

  1. mungkin keliatan sepele sih ya di sengat tawon, tapi kalau dianggap sepele trus ternyata berbahaya kan lebih miris lagi mba :( mending langsung di periksa sama ahlinya ya

    BalasHapus
  2. ya ampun, semoga sekarang sudah membaik kondisinya. aku juga takut banget sama tawon, takut disengat gitu karena bisa berbahaya

    BalasHapus
  3. kadang hal yang kita anggap sepele, malah jadi hal besar ya mba, aku bacanya aja beneran ini, tapi memang bahaya juga kalau sudha sakit masih dibiarin ya. jadi pelajaran juga buat aku harus rajin2 bersih2 rumah

    BalasHapus
  4. Suamiku dulu juga disengat lebah, dan sesuai dengan tips diatas suami ga panik dan langsung ambil duri yang nempel. Kalo dulu suami inisiatif diolesin bawang merah dan minyak kelapa hehehe... Untungnya langsung sembuh dan ga terlalu bengkak banget..

    BalasHapus
  5. jadi inget mba trinity kapan hari, emang kudu ati2 si mba.. karena ada bberapa tawon yang agak gede dan sengatannya berbahaya

    BalasHapus
  6. Aku jadi ingat waktu kecil pernah pegang anak tawon, padahal anaknya loh tapi tanganku bengkak banget sakit banget badan berasa panas dingin.

    BalasHapus
  7. Ngeri bgt itu mba bisa ada cobra masuk rumah �� , dulu pernah kesengat lebah di jari eh bengkaknya se punggung tangan kwkwk sakit bgt

    BalasHapus
  8. Kesengat lebah itu bukan hal yang sepele lho mbak kadang bengkaknya emang gak bisa santai, dan bisa berhari-hari gak kempes

    BalasHapus
  9. ya ampun mbak, untuk cepat dibawa ke ugd ya karena serem juga kalau ada efek sampingnya. btw itu ular cobra masuk rumah juga serembanet loh.

    BalasHapus
  10. Ngilu banget yaa, kak..
    Aku pernah juga disengat tawon, di telapak kaki.
    Sakitnya memang, ya Allah....kaya nginjek jarum.

    BalasHapus
  11. Makasih tipsnya kak. Kalo ada tawon emg kudu hati2 dan jgn diganggu biar ga disengat >.<

    BalasHapus
  12. Mbaaa di rumahku banyak tawonnya, aku rajin beresin si bagian ruanganku hahaah kalo ruangan mertua kan gak berani. Karena nggak ada plafonndnya jadnya ya pucuk-pucuk kayu dibuat sarang.

    BalasHapus
  13. Ya ampuuun itu serem sih mba. Eh tapi katanya, kalo tawon udh menyengat, dia bakal mati. Itu cm pertahanan diri paling akhir dari seekor tawon. Katanya begitu :D. Aku blm cek lg bener ato ga

    Aku pernah di gigit tawon pas kecil. Samaaa dibawa ke igd juga hahahaha. Jd waktu itu di rumah sedang enak2 nonton, trus aku ngerasain aja gitu leherku di belakang suakiiiit bangeeeet. Secara anak kecil yaa, lgs jerit nangis lah. Ternyata tawon.

    Sejak itu aku memang trauma sih Ama tawon. Kalo udh ngeliat itu hewan, jauh2 deh mendingan

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis